Beranda Tiket Wisata

HARAU VALLEY Tiket & Ragam Daya Tarik - September 2020

Harau Valley
Harga Tiket: Gratis Jam Buka: 24 Jam No. Telepon: - Alamat: Sarilamak,Harau,Lima Puluh Kota,Sumatera Barat,Indonesia,26271.

Lembah Harau atau Harau Valley merupakan salah satu destinasi wisata yang terkenal di Sumatera Barat. Objek wisata alam ini menawarkan panorama lembah yang terbentuk akibat aktivitas lempeng bumi. Banyak objek wisata yang ditawarkan dari lokasi ini.

Dari wisata alam hingga wisata edukasi juga tersedia di Lembah Harau. Wisatawan yang berkunjung ke Lembah Harau tidak perlu khawatir merasa bosan. Segudang aktivitas yang dapat dilakukan dari lembah hingga puncak bukit.

Harga Tiket Wisata Harau Valley

Berikut harga tiket masuk yang diperlukan ketika bermain di Lembah Harau:

Harga Tiket Wisata di Harau Valley
Kampung SarosahRp 5.000
Guide lokalRp 100.000/ rombongan (dapat nego)
Penyewaan HomestayRp 500.000 – 2.300.000/ malam
Paket Belajar di Kampung InggrisRp 600.000 – Rp 3.200.000

Baca: Tempat-tempat wisata menarik di Lima Puluh Kota

Jam Operasional

Secara umum tidak ada jam tutup khusus untuk mengakses Lembah Harau. Hanya saja untuk beberapa objek wisata perlu mempertimbangkan waktu dan kondisi. Masyarakat setempat juga masih memiliki kepercayaan bahwa tidak boleh ada aktivitas di larut malam.

Waktu Operasional
Senin – Minggu24 Jam

Beragam Aktivitas Wisata Di Harau Valley

Panorama Lembah Harau
Panorama Harau Valley yang siap memanjakan mata dan pikiran para pengunjungnya. – Foto: Instagram/ backpackertampan

Tidak ada yang menyangkal keindahan panorama Harau Valley. Lokasi yang menjadi situs cagar alam ini memiliki total luas area 669 hektar. Bentangan penggunaan lahannya beragam dari hutan, sawah, semak-semak, hingga sungai.

Keindahan Harau Valley sudah diakui sejak tahun 1926. Hal ini didukung dengan adanya prasasti yang berada di sekitar area Sarasah Bunta. Wisatawan dapat menikmati panorama Harau Valley dari landmark yang baru dibangun.

Baca: HARAU DREAM PARK Tiket & Ragam Wahana

Staycation

homestay di Lembah Harau
Salah satu home stay yang tersedia di Harau Valley – Foto: Instagram/ faizeh_homestay

Staycation merupakan salah satu kegiatan yang belakangan ini banyak digemari oleh sejumlah kalangan. Harau Valley dapat menjadi pilihan lokasi untuk melakukan staycation. Suasana yang tenang dan bentang alam yang hijau tentu menjadi nilai jual bermalam di lokasi ini.

Terdapat berbagai macam penginapan yang berada di Harau Valley. Wisatawan dapat memilih penginapan sesuai budget dan fasilitas yang ditawarkan. Adapun beberapa rekomendasi penginapan di Harau Valley meliputi: Sarasah Boenta Homestay, Abdi Homestay, Rumah Abdoe café and homestay, A Family Homestay ‘Dangau Pitossa’.

Trekking

Kebun Gambir
Penampakan kebun Gambir yang menjadi salah satu sumber mata pencaharian masyarakat lokal – Foto: Instagram/ kapurix_news

Lembah Harau diapit oleh beberapa bukit di sekitarnya. Bukit-bukit tersebut meliputi Bukit Air Putih, Bukit Jambu, Bukit Singkarak, dan Bukit Tarantang. Banyak wisatawan yang melakukan aktivitas trekking ke puncak bukit.

Aktivitas trekking ke puncak bukit dapat dilakukan dalam 3 jam perjalanan. Wisatawan wajib trekking dengan pemandu lokal yang telah mengetahui kondisi medan. Di sepanjang perjalanan, wisatawan akan melihat banyak penggunaan lahan. Salah satunya adalah kebun gambir yang menjadi salah satu mata pencaharian masyarakat lokal.

Baca: SARASAH BUNTA: Kawasan Wisata 5 Air Terjun

Pasa Harau

Pasa Harau
Kegiatan Pasa Harau yang rutin dilakukan setiap tahun. Festival ini menjadi tempat unjuk seni dan kuliner khas Nagari Harau – Foto: Instagram/ pasaharau

Pasa Harau atau Pasar Harau merupakan salah satu festival kebudayaan yang diselenggarakan di Lembah Harau. Festival ini biasa dilaksanakan setahun sekali pada bulan Agustus- September. Pada festival Pasa Harau wisatawan dapat melihat pertunjukan budaya dan mencicipi kuliner lokal khas nagari Harau.

Panjat Tebing

Panjat tebing Harau Valley
Lembah Harau surganya para pecinta olahraga panjat tebing. Selain jalurnya yang panjang juga kemiringan tebing diLembah Harau sangat menantang – Foto: Instagram/ jfo.harau

Lembah Harau menjadi spot favorit bagi para pecinta olahraga panjat tebing. Tebing di Lembah Harau terusun dari batuan granit dengan berbagai macam tingkat kecuraman. Lokasi ini memiliki lebih dari 70 jalur panjat tebing dengan tingkat kesulitan yang sangat beragam.

Bagi wisatawan yang berminat beraktivitas panjat tebing di Lembah Harau perlu mendapat izin dari Jorong setempat. Para pemanjat perlu memastikan cuaca ketika hendak memulai kegiatan. Berikut adalah beberapa jalur panjat tebing yang direkomendasikan oleh Wandering JFo:

  1. Jalur Wisata: Tingkat kesulitan grade 5.8 – 5.10. Ketinggian tebing < 25meter dengan kemiringan 120°. Lokasinya berada di samping kolam air terjun Aka Berayun.
  2. Jalur Toilet: Tingkat kesulitan grade 5.10 – 5.11. Ketinggian tebing sekitar 25 meter. Jalur ini terkenal dengan celahnya yang terbesar di dunia.
  3. Jalur Magribi: Tingkat kesulitan grade 5.10 – 5.11.b. Ketinggian tebing mencapai 70 meter.
  4. Jalur Biadab: Tingkat kesulitan grade 5.12b. Ketinggian 25 meter dengan kemiringan 90°.
  5. Jalur Liang Limbek (grade 5.13b): Tingkat kesulitan grade 5.13b. Panjang lintasan 20 meter. Jalur ini cukup menantang bagi pemanjat terlatih.
  6. Austraian route (grade 5.14c): Jalur dengan tingkat kesulitan grade 5.14c. Jalur ini disayembarakan bagi para pemanjat yang dapat menaklukannya berhak mendapatkan tiket gratis ke Australia.

Kampung Inggris Harau Valley

Kampung inggris Lembah Harau
Salah satu aktivitas belajar sambil bermain di Kampung inggris Lembah Harau – Foto: Instagram/ harauenglish

Sudah tahu belum di Lembah Harau juga ada Kampung Inggris? Yups, tempat ini serupa dengan Kampung Inggris di Pare, Kediri. Masyarakat Sumatera Barat bisa Belajar Bahasa Inggris intensif tanpa perlu jauh-jauh ke Jawa Timur.

Belajar di Kampung Inggris Lembah Harau bisa menjadi pilihan wisata edukasi bagi para pelajar dan pekerja. Paket belajar yang ditawarkan memiliki durasi 2 minggu hingga 12 minggu. Tak perlu khawatir untuk tempat tinggal karena tersedia fasilitas asrama. Selain itu, paket juga sudah termasuk simulasi TOEFL dan IELTS.

Kontak dan Lokasi Harau Valley

Harau Valley atau Lembah Harau terletak di Nagari Harau, Kabupaten Lima Puluh Kota. Lokasinya berjarak dari 51 km dari Kota Bukittinggi.

Objek Wisata Harau Valley dapat diakses menggunakan kendaraan pribadi maupun transportasi umum. Bagi wisatawan yang menggunakan transportasi umum, perlu beberapa kali menyambung kendaraan.

Pengunjung dari Bukittinggi dapat menggunakan bis jurusan Payakumbuh. Dari Payakumbuh dilanjutkan menggunakan angkot putih dengan tujuan Lembah Harau. Pengunjung dapat berhenti dan turun di Lembah Harau

Perhatian: Harga Tiket dapat mengalami perubahan sewaktu-waktu terutama pada musim liburan dan lebaran. Ada baiknya untuk kepastian harga tiket langsung menghubungi tempat wisata terkait.
Sangat BurukBurukBiasaBagusSangat Bagus 5,00 | 2 Pembaca

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan berkomentar
Silakan masukkan nama Anda di sini