Beranda Tiket Wisata

5 Aktivitas Seru di Air Terjun Peguyangan Nusa Penida - Oktober 2020

Air Terjun Peguyangan Nusa Penida
Harga Tiket: Gratis Jam Buka: 06.00 - 19.00 No. Telepon: - Alamat: Nusa Penida, Batukandik,Nusapenida,Klungkung,Bali,Indonesia,80771.

Air Terjun Peguyangan menambah panjang daftar destinasi wisata Bali. Objek wisata ini berada di Kabupaten Klungkung, Nusa Penida. Di  sini, wisatawan lokal dan mancanegara disuguhkan pemandangan yang luar biasa indah.

Jernihnya mata air yang menyegarkan mengalir langsung ke laut lepas. Aksesnya berupa ratusan anak tangga yang harus ditempuh wisatawan untuk menuju lokasi wisata. Tempat ini sekaligus menjadi tujuan wisata religi dengan keberadaan pura di dalam areanya.

Harga Tiket Masuk

Memasuki kawasan wisata air terjun ini pengunjung tidak perlu mengeluarkan biaya alias gratis. Cukup membayar parkir jika membawa kendaraan atau menyewa sarung/kain.

Harga tiket masuk Air Terjun Peguyangan
TiketGratis
Sewa Sarung/KainRp. 15.000
ParkirRp. 5.000

Baca: 4 Air Terjun Cantik di Bali

Jam Buka

Wisatawan bisa berkunjung ke air terjun ini setiap hari. Tidak ada batasan waktu untuk berkunjung ke objek wisata ini.

Jam Buka
Setiap Hari24 Jam

Aktivitas Menarik di Air Terjun Peguyangan

Wisata Air Terjun ini berada di Pulau Nusa Penida yang bisa diakses dengan perahu dari Pulau Bali. Lokasinya yang belum banyak diketahui agak sulit ditemukan bagi yang belum pernah mengunjunginya. Wisatawan dapat menggunakan kendaraan pribadi maupun bersama operator tur untuk menuju lokasi.

Selain wisata alam, objek wisata ini juga merupakan destinasi wisata religi umat Hindu. Beberapa aturan pun berlaku untuk memberikan kenyamanan bagi wisatawan dalam menikmati momen liburan.

1. Trekking Menuruni Ratusan Anak Tangga

Ratusan anak tangga menuju lokasi wisata Air Terjun Peguyangan Klungkung Bali
Ratusan anak tangga menuju lokasi wisata Air Terjun Peguyangan – Foto: Instagram/lifeofmogyi

Baca: Yellow Bridge Jembatan Ikonik Nusa Lembongan

Lokasinya berada di bawah mendekati ketinggian permukaan laut. Dari gerbang masuk, wisatawan akan menemui jalur turun yang sangat menantang. Disarankan untuk datang pada musim panas untuk menghindari jalur yang licin di musim penghujan.

Bagi wisatawan yang menyukai petualangan, medan yang dilalui akan sangat menantang. Wisawan harus menuruni sekitar 700 anak tangga dengan kemiringan hampir 80 persen. Medan yang curam dan memacu adrenalin ini wisatawan membutuhkan stamina yang fit.

Selama menuruni tangga, wisatawan dapat melihat pemandangan laut dengan tebing di tepiannya. Mendekati lokasi wisata, wisatawan juga akan menemukan pura bagi umat Hindu.

2. Menikmati Panorama Pantai Dari Air Terjun Peguyangan

Pemandangan birunya laut berpadu dengan langit yang bersih dan tebing hijau di Air Terjun Peguyangan Klungkung Bali
Pemandangan birunya laut berpadu dengan langit yang bersih dan tebing hijau – Foto: Instagram/peguyanganwaterfall

Baca: Pura GOA LAWAH Klungkung: 4 Daya Tarik Unik

Keindahan pemandangan birunya laut berpadu dengan langit yang bersih dan cemerlang. Berpadu dengan eksotisnya jajaran aneka tebing yang hijau di hadapan begitu indah. Panorama ini sudah bisa terlihat saat wisatawan menuruni anak tangga menuju lokasi wisata.

Lokasi Objek wisata Air Terjun Peguyangan berada di sisi barat laut Nusa Penida. Lautan di hadapan wisatawan berbatasan langsung dengan samudera Hindia. Ikan-ikan  terutama Manta dan ikan Mola-mola seringkali terlihat kemunculannya.

3. Mandi di Guyuran Aliran Mata Air

Mata air yang mengalir menyusuri lereng bertingkat di tepian laut menjadi keunikan Air Terjun Peguyangan Klungkung Bali
Mata air yang mengalir menyusuri lereng bertingkat di tepian laut menjadi keunikan Air Terjun Peguyangan – Foto: GoogleMaps/Peter and Greg Hickey

Baca: Air Terjun Banyumala Tiket & Ragam Aktivitas

Air Terjun Peguyangan merupakan  mata air yang mengalir menyusuri lereng bertingkat di tepian laut. Air terjun ini tidak terlalu tinggi dan tidak deras karena berasal dari limpahan mata air. Alirannya mengikuti jalur di sela tebing sebelum akhirnya menuju ke laut.

Mata air dari bawah batu di lereng jurang ini memiliki air yang sangat segar. Mata air ini merupakan sumber mata air yang disalurkan ke rumah-rumah penduduk Nusa Penida. Wisatawan dapat bermandikan guyuran segarnya aliran mata air ini di sisi tebing.

Air terjun Peguyangan bukanlah air terjun yang menumpahkan air dari ketinggian vertikal bermeter-meter. Tidak selayaknya air terjun lain yang berada di pegunungan, menjadi keunikan tersendiri. Letaknya yang berada di bibir pantai, membuat wisatawan dapat menikmati birunya laut.

4. Berendam dalam Infinity Pool Alami

Infinity Pool Alami terlihat menyatu dengan air laut
Infinity pool alami terlihat menyatu dengan air laut di tebing lokasi Air Terjun Peguyangan – Foto : Instagram/marieli.frenette

Baca: Tukad Cepung Pesona Air Terujun Dalam Goa

Satu spot paling menarik dari objek wisata Air Terjun Peguyangan adalah adanya ‘infinity pool’. Kolam tersembunyi dalam gua di dasar tebing ini memiliki beberapa level ketinggian. Bentuknya bagai aliran sungai yang begitu tenang dikelilingi dinding batu.

Tempat ini menjadi jacuzi alami dengan air yang sangat segar, jernih, dan memenuhi kolam. Wisatawan dapat berenang atau berendam ala spa di kolam renang alami ini. Dari kolam ini, pemandangan laut lepas terlihat cantik sempurna.

Tempat ini juga merupakan spot foto favorit karena sisi kolam terlihat menyatu dengan air laut. Saat hari beranjak siang, gelombang air akan naik. Hal ini menghasilkan percik deburan ombak pada tepi kolam.

5. Wisata Religi di Pura Segara Kidul

Pura Segara Kidul Klungkung Bali menjadi salah satu destinasi wisata religi umat Hindu Bali
Pura Segara Kidul merupakan salah satu destinasi wisata religi umat Hindu Bali – Foto: GoogleMaps/Gabor Kristofcsak

Baca: Air Terjun Tegenungan Paling Asik Di Gianyar

Setiap wisatawan yang mengunjungi objek wisata Air Terjun Peguyangan wajib mengenakan kain. Hal ini dikarenakan di dalam areanya terdapat sebuah pura bernama Pura Segara Kidul.

Di gerbang masuk kawasan wisata, biasanya kain akan disewakan untuk wisatawan yang berpakaian pendek. Sedangkan bagi wanita yang sedang datang bulan tidak diperkenankan masuk. Nuansa spiritual terasa kental, terlihat dari berbagai ornamen di area wisata ini.

Pura Segara Kidul yang tersembunyi di balik tebing ini terlihat menakjubkan. Sebuah gerbang candi bentar menandai pintu masuk area ibadah. Banyak wisatawan yang beragama Hindu khusus datang ke sini untuk bersembahyang.

Lokasi Air Terjun Peguyangan Nusa Penida

Wisata Air Terjun ini berada di Desa Batu Kandik, Nusa Penida, Kabupaten Klungkung, Bali 80771. Untuk mencapai Nusa Penida wisatawan harus menyeberang menggunakan kapal. Bisa dari Pantai Sanur atau dari Padang Bai.

Perhatian: Harga Tiket dapat mengalami perubahan sewaktu-waktu terutama pada musim liburan dan lebaran. Ada baiknya untuk kepastian harga tiket langsung menghubungi tempat wisata terkait.
Sangat BurukBurukBiasaBagusSangat Bagus 5,00 | 1 Pembaca

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan berkomentar
Silakan masukkan nama Anda di sini