Beranda Tiket Wisata

Manta Point Nusa Penida Melihat Ikan Pari di Habitat Asli - Oktober 2020

Manta Point Nusa Penida
Harga Tiket: Rp200.000 Jam Buka: 24 Jam No. Telepon: - Alamat: Batukandik,Nusapenida,Klungkung,Bali,Indonesia,80771.

Nusa Penida adalah pulau kecil yang termasuk dalam Kabupaten Klungkung, Bali. Meskipun pulau kecil, namun pesona Nusa Penida tak kalah indahnya. Hal ini terbukti dengan banyaknya pantai-pantai indah dengan laut biru dan pasir putihnya. Dan satu lagi yang tidak boleh terlewat, yaitu Manta Point, tempat menyelam bersama ikan pari.

Bagi sebagian orang, berlibur di pantai kurang puas jika hanya bermain di daratannya saja. Tenang saja, di Manta Point ini pengunjung dapat melakukan snorkeling maupun diving. Tidak hanya bertemu ikan kecil, pengunjung akan bertemu dengan ikan pari manta. Berenang bersama ikan pari yang besarnya melebihi ukuran manusia.

Harga Tour Manta Point Nusa Penida

Biasanya, pengunjung yang ingin menyelam di Manta Point menggunakan jasa tour. Sehingga, biaya tergantung pada jasa tour yang digunakan masing-masing. Ada dua pilihan, travel agent yang ada di Nusa Penida, atau keseluruhan di Bali. Yang mana biasanya memungkinkan pengunjung untuk memulai tour di luar Nusa Penida.

Harga Tiket Masuk
Kisaran harga tourRp 200.000

Baca: 8 Tempat Wisata Paling Menarik di Nusapenida

Jam Operasional

Jam operasional tidak terlalu ketat, bahkan dapat dikatakan buka sepanjang hari. Namun tentu saja, untuk menyaksikan ikan pari tidak dapat dilakukan sembarangan. Biasanya, pengunjung menyelam untuk melihat ikan pari di pagi hari. Yaitu mulai dari pukul 08.00 pagi.

Jam Operasional
Setiap hari24 jam

Keindahan Pantai di Manta Point

Eloknya Pantai di Manta Point
Eloknya Pantai di Manta Point. Foto: Gmap/Anna Smoderek

Begitu memasuki pantai di Manta Point, pengunjung akan langsung disambut dengan suasana pantai yang khas. Deburan ombak kecil berkejaran, menimbulkan suara gemuruh yang menenangkan. Angin sepoi-sepoi turut hadir menyambut kedatangan pengunjung. Sesekali suara burung terdengar dari kejauhan, tak heran karena di belakang pantai terdapat banyak pepohonan.

Objek wisata ini memiliki air laut yang biru dan jernih. Ditambah lagi, pasir putih yang seolah menjadi pelengkap indahnya warna. Pohon kelapa banyak tumbuh di pantai, dan juga dimanfaatkan oleh warga setempat untuk diambil buahnya. Pengunjung pun dapat menikmati buah kelapa yang masih segar karena langsung diambil dari pohonnya.

Baca: AIR TERJUN SEGANING Eksotisme Panorama Laut Nusa Penida

Beberapa bukit karang tampak mengepung area pantai, tinggi menjulang dengan pepohonan yang lebat. Di tengah perairan pun tampak menyembul batuan karang yang juga sudah ditumbuhi semak dan pohon. Uniknya lagi, di area pantai seringkali dilakukan sabung ayam yang sudah menjadi tradisi masyarakat Bali. Yang membuat kearifan lokal masyarakat sangat terasa.

Menyelami Keindahan Manta Point

Besarnya Ikan Pari Manta di Manta Point
Besarnya Ikan Pari Manta di Manta Point. Foto: Gmap/rockarasta the original

Manta Point dikhususkan bagi mereka yang telah mahir menyelam. Hal ini dikarenakan, pengunjung akan menyelam langsung di laut lepas, bukan di penangkaran. Sehingga, harus benar-benar mahir berenang di lautan, apalagi bersama ikan pari. Area penyelaman berair biru, visibilitas atau jarak pandang sekitar 5-20 meter, serta tergantung pada cuaca.

Arus air cukup baik, tidak terlalu ekstrim karena gelombang. Dimana memiliki suhu sekitar 20-27 derajat, bahkan bisa mencapai 18 derajat, namun jarang terjadi. Di titik selam ini, pengunjung dapat menikmati berenang bersama ikan pari manta yang begitu besar. Pengunjung dapat bertemu ikan pari yang bergerombol maupun yang sedang berenang sendiri.

Baca: DIAMOND BEACH Nusa Penida Daya Tarik Memesona

Tentu menjadi pengalaman tersendiri yang tak akan terlupakan, menyaksikan ikan pari melayang di lautan. Membentangkan siripnya dan melayang seperti burung, yang terkadang mengelilingi para penyelam di lautan. Ikan pari termasuk hewan yang tenang, namun tetap harus berhati-hati. Karena dikhawatirkan ekornya dapat menusuk penyelam secara tidak sengaja, yang mana ekornya mengandung racun.

Tidak hanya Pari Manta, tapi Juga Hiu

Manta Point Nusa Penida
Manta Point Nusa Penida. Foto: Gmap/Trover

Di titik selam ini, pengunjung akan berjumpa dengan berbagai jenis ikan pari manta. Ada ikan pari yang berwarna bintik biru, yang seringkali bergerombol bersama dengan kawanannya. Ada juga yang berwarna hitam di bagian atas, namun putih di bagian bawahnya. Selain itu, ada juga ikan pari yang memiliki motif abu-abu yang khas.

Selain ikan pari, pengunjung juga dapat bertemu dengan ikan hiu di sini. Jenis ikan hiu di sini adalah hiu bambu, yang memiliki warna cokelat dengan corak khasnya. Hiu bambu senang berada di dasar laut, menempel pada koral dan terumbu karang. Ditambah lagi, beberapa penyu yang turut hilir mudik di perairan.

Baca: Pantai Kelingking Nusa Penida Keindahan Tebing Dan Pasir Putih

Pengunjung pun dapat bertemu dengan gurita yang sesekali muncul dari balik batuan kapur. Jika beruntung, dapat juga bertemu dengan ikan mola-mola yang berukuran besar. Selain itu, terumbu karang di sini masih sangat sehat. Yang mana menjadi tempat hidup ikan-ikan kecil warna-warni.

Berfoto dengan Ikan Pari

Tampak Beberapa Penyelam Bersama Ikan Pari
Tampak Beberapa Penyelam Bersama Ikan Pari. Foto: Gmap/Светлана Ёлкина

Biasanya, travel agent menyediakan tawaran berfoto di dalam perairan. Hal ini tidak boleh disia-siakan. Ketika menyelam pun pengunjung tetap akan ditemani oleh guide. Yang mana pengunjung dapat difotokan oleh guide ini.

Tentu hal yang sangat menyenangkan dapat mengabadikan momen di bawah laut bersama ikan pari. Yang bentangan siripnya dapat mencapai tiga meter bahkan lebih.

Lokasi Manta Point

Manta Point berada di Desa Batukandik, wilayah Kecamatan Nusa Penida, Bali. Tepatnya di sudut barat daya Nusa Penida, yang menjadi situs menyelam terjauh di Nusa Penida. Dari Pelabuhan Sanur, membutuhkan waktu kurang lebih 30 menit.

Perhatian: Harga Tiket dapat mengalami perubahan sewaktu-waktu terutama pada musim liburan dan lebaran. Ada baiknya untuk kepastian harga tiket langsung menghubungi tempat wisata terkait.
Sangat BurukBurukBiasaBagusSangat Bagus 5,00 | 1 Pembaca

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan berkomentar
Silakan masukkan nama Anda di sini