SAREN CLIFF POINT Menikmati Laut Biru Dari Tebing Karang Eksotik Desember 2023

Saren Cliff Point

  • Harga Tiket Masuk: Gratis
  • Jam Buka: 24 Jam
  • Nomor Telepon: -
  • Alamat Lokasi: Jl. Saren 1, Batumadeg, Nusa Penida, Klungkung, Bali , Indonesia, 80771

Saren Cliff Point salah satu tempat terbaik menikmati pemandangan laut dari atas tebing karang di Nusa Penida. Objek ini menampilkan panorama alam yang begitu asri. Cocok bagi yang menyukai objek wisata di alam terbuka serta memanjakan mata. Tidak hanya itu, di sini wisatawan dapat berburu foto keren untuk koleksi media sosial.

Wisatawan yang berencana pergi ke Pulau Nusa Penida dapat menjadikan tempat ini sebagai tujuannya. Nusa Penida yang masih menjadi wilayah Bali ini juga mempunyai sejumlah destinasi wisata serupa. Diantaranya yaitu Banah Cliff Point, Kelingking Beach, dan Paluang Cliff. Semua tempat tersebut memiliki panorama serupa seperti Saren Cliff Point, namun memiliki keunikan tersendiri.

Harga Tiket Masuk Saren Cliff Point

Tidak ada penjagaan atau petugas di kawasan ini, sehingga pengunjung bisa masuk secara gratis. Bahkan tempat parkir pun bisa digunakan secara gratis. Hal ini karena hingga sekarang Saren Cliff Point masih agak jarang dikunjungi.

Jam Buka

Tempat wisata ini buka sepanjang hari selama 24 jam. Tidak ada batasan jam operasional seperti di objek pariwisata lain. Karena destinasi wisata ini adalah wisata alam yang bebas untuk umum. Wisatawan bisa datang di hari apa saja.

Daya Tarik Saren Cliff Point

Daya tarik objek wisata ini ialah tebing-tebing yang sangat memukau serta cocok untuk healing. Wisatawan yang berdiri di puncak tebing akan disuguhkan pemandangan menakjubkan. Di mana terlihat samudera terhampar dari puncak ketinggian. Lanskap alam tersebut sangat sempurna, terutama ketika kondisi langit sedang cerah.

Tebing Menjulang Tinggi

Tebing karang di sini tampak menjulang sangat tinggi. Bahkan bila diperkirakan memiliki ketinggian kisaran 200 meter. Pengunjung yang berwisata harus selalu waspada karena belum ada pembatas di bibir tebing. Sehingga harus berhati-hati dalam melangkah agar tidak terperosok.

Tebingnya penuh dengan pohon dan rerumputan. Membuat lokasi ini cukup bagus untuk kegiatan outdoor. Misalnya seperti berkemah, piknik, dan sebagainya.

Trekking Menuju Puncak Tebing Saren Cliff Point

Trekking ke puncak bukit Saren Cliff Point cukup menantang
Trekking ke puncak bukit yang cukup menantang. Foto: google maps/Nadja Abigail Laurente

Jalan menuju ke Saren Cliff Point tidak mudah dilalui oleh kendaraan bermotor. Pengunjung harus melewati jalan tanah berbatu yang menyerupai lereng curam. Perjalanan menuju ke puncak lebih baik dengan cara berjalan kaki. Pengunjung bisa memarkirkan kendaraan sekitar 500 meter sebelum mencapai puncak tebing.

Trekking menuju Saren Cliff Point tidak terlalu sulit karena sudah ada papan petunjuk. Sehingga pengunjung yang baru pertama kali ke sini tidak kebingungan. Ketika musim penghujan, jalan tanah bisa berubah menjadi berlumpur. Meski jalan yang pengunjung lalui agak sulit, namun terbayar dengan panorama yang eksotis.

Pemandangan Pulau-Pulau Kecil

Saren Cliff Point menawarkan pemandangan pulau-pulau kecil
Pemandangan pulau-pulau karang kecil. Foto: google maps/Andra Swag

Pengunjung bisa menikmati panorama batu-batu karang besar yang berada di tengah laut. Batu karang itu terlihat seperti pulau-pulau kecil di tengah samudera biru. Pemandangan seperti itu terlihat unik sekaligus eksotis. Bagaikan lukisan alam yang sangat bagus guna dijadikan spot foto.

Suasana Tenang

Menikmati suasana tenang di Saren Cliff Point
Menikmati suasana tenang sambil menikmati keindahan laut. Foto: google maps/Chiara Buloncelli

Selain tempatnya yang menawan, tempat wisata ini mempunyai suasana yang damai serta tenang. Hal itu karena tidak banyak orang yang mengetahui keberadaannya. Wisata ini jarang terjamah oleh wisatawan sehingga masih sangat asri. Surga wisata tersembunyi ini kerap sepi pengunjung, namun mempunyai panorama yang memukau.

Ketenangan di tempat wisata ini dapat bermanfaat untuk menenangkan pikiran. Dapat juga menjadi lokasi nongkrong sambil mencari inspirasi. Cukup nyaman untuk menyendiri atau solo traveler yang ingin healing menjauh dari keramaian. Karena yang terdengar hanya alunan deburan ombak dan hembusan angin pantai.

Sunset yang Indah

Saren Cliff Point bisa menjadi rekomendasi tempat menyaksikan sunset. Karena sunset di sini begitu indah. Sinar jingga ketika mentari terbenam memantul pada air laut. Memunculkan kesan hangat serta romantis sehingga pengunjung bisa mengajak pasangan saat menyaksikan sunset.

Sunset di Saren Cliff Point terjadi sekitar jam 18.00 WITA. Maka wisatawan yang ingin menyaksikannya mesti datang sebelum jam tersebut. Menunggu sunset bisa sambil piknik di puncak tebing yang hijau.

Ayunan di Atas Tebing

Ayunan di Saren Cliff Point mengarah langsung ke pemandangan laut lepas
Terdapat wahana ayunan mengarah langsung ke pemandangan laut lepas. Foto: google maps/Inga B├╝sker

Wisatawan boleh menaiki ayunan yang terpasang di sebuah pohon. Ayunan menghadap langsung ke arah laut dan terlihat gugusan tebing karang. Sambil berayun, pengunjung juga bisa menikmati lansekap lautan luas. Ayunan tersebut dapat dijadikan spot foto yang sangat instagrammable.

Kemunculan Ikan Pari Manta

Jika pengunjung beruntung, maka akan dapat melihat kemunculan ikan Pari Manta. Menyaksikan ikan itu berseliweran di lautan akan membuat wisata ke Saren Cliff semakin menakjubkan. Biasanya Pari Manta akan terlihat dari atas tebing saat siang hari.

Fasilitas

Saren Cliff Point belum memiliki fasilitas memadai karena tempat ini belum terkelola. Tidak ada toilet dan tidak terlihat pedagang di objek wisata ini. Khusus tempat parkir, wisatawan bisa parkir di areal bebas kawasan Saren Cliff.

Lokasi Saren Cliff Point

Area tebing eksotik ini berlokasi di Jl. Saren 1, Batumadeg, Kec. Nusa Penida, Kabupaten Klungkung, Bali 80771. Untuk pergi ke sini, wisatawan harus menyewa kapal atau boat dari pelabuhan Sanur Bali. Penyeberangan dari Bali ke Pulau Nusa Penida membutuhkan waktu sekitar 40 menit.

Bagikan Konten ke:

Berikan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *