ALUN-ALUN JONGGOL Tiket Gratis Banyak Wahana dan Kuliner Juni 2024

  • Harga Tiket Masuk Alun-alun Jonggol: Gratis
  • Jam Buka: 24 Jam
  • Nomor Telepon: -
  • Alamat: Jalan Alun-alun Jonggol, Jonggol, Bogor, Jawa Barat , Indonesia, 16830

Alun-alun Jonggol adalah fasilitas publik yang berada di Kecamatan Jonggol, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Alun-alun sederhana ini seringkali menjadi tempat rekreasi di akhir pekan bagi masyarakat sekitar Jonggol. Kawasan ini merupakan salah satu pusat wisata kuliner di Jonggol. Alun-alun ini juga sering menjadi area bermain anak-anak karena banyaknya wahana permainan berbayar yang menarik. 

Harga Tiket Masuk Alun-alun Jonggol

Rekreasi di Alun-alun Jonggol tidak memerlukan tiket masuk. Pengunjung tinggal masuk ke area alun-alun tanpa harus membayar tiket alias gratis. Hanya saja pengunjung yang membawa kendaraan mungkin perlu membayar biaya parkir yang dikelola warga sekitar.

Baca: JONGGOL GARDEN Harga Tiket Masuk, Jam Buka dan Wahana

Jam Buka Alun-Alun Jonggol

Alun-alun Jonggol terbuka untuk umum 24 jam setiap hari. Pedagang biasanya mulai berjualan pada sore hari atau menjelang malam hari. Akhir pekan selalu menjadi waktu kunjungan paling ramai. Sesekali juga digelar pasar malam di kawasan ini.  

Wisata Populer Bogor

Daya Tarik Rekreasi Alun-Alun Jonggol

Ruang publik seperti taman kota dan alun-alun merupakan opsi terbaik untuk wisata murah-meriah. Tempat seperti ini biasanya tidak memungut biaya tiket masuk dan bisa terbuka untuk umum setiap hari. Sehingga, seringkali menjadi destinasi untuk rekreasi sederhana yang tidak menguras dompet. Salah satunya adalah Alun-alun Jonggol yang berada di Kecamatan Jonggol, Kabupaten Bogor.

Taman kota ini sudah lama menjadi pusat keramaian di kota kecil ini. Alun-alun sederhana ini merupakan pelipur kebosanan bagi warga sekitar. Selain itu, banyak wisatawan yang melintasi Jonggol ke arah Cianjur atau Bandung juga berhenti di alun-alun ini. 

Alun-alun ini hadir sebagai ruang untuk berbagai aktivitas rekreasi. Hampir semua kalangan usia bisa menemukan kegiatan yang bisa dinikmati di sini. Berikut ini beberapa pilihan kegiatan yang dapat dilakukan di kawasan Alun-alun Jonggol.

Olahraga

Kawasan alun-alun
Alun-alun Jonggol tampak dari atas – Foto: Gmaps/Muhammad adrian mustofa

Alun-alun yang merupakan lapangan terbuka ini memiliki banyak ruang yang bisa dimanfaatkan untuk berolahraga. Pengunjung bisa menikmati jogging atau lari keliling alun-alun. Bisa juga menggunakan area alun-alun yang kosong untuk senam. 

Olahraga permainan seperti sepak bola atau basket mungkin agak sulit dilakukan di sini. Namun, pengunjung bisa mencoba bermain bulutangkis atau jenis olahraga lainnya yang tidak membutuhkan banyak ruang.

Lokasi Sarapan dan Kuliner 24 Jam

Aneka jajanan
Beragam stand jajanan yang menarik – Foto: Gmaps/Dwiyanto Nugroho

Alun-alun ini adalah salah satu pusat wisata kuliner di Jonggol. Banyak pedagang kaki lima yang membuka lapak di sini, termasuk penjual makanan untuk sarapan. Setelah berolahraga, pengunjung bisa menepi sejenak untuk mengisi perut.

Pengunjung tinggal memilih dari berbagai pilihan untuk sarapan yang tersedia. Harganya terjangkau dan tidak akan menguras dompet.

Kawasan kulinernya tidak hanya buka pada pagi hari. Pengunjung dapat menjumpai berbagai jenis jajanan unik dan menarik setiap hari hingga malam hari. Mulai dari jajanan murah hingga minuman yang menyegarkan ada di sini.

Arena Bermain Anak

Bermain di Alun-alun Jonggol
Anak-anak bisa memilih berbagai permainan dan kegiatan rekreasi di sini – Foto: Gmaps/Budi Pristiar Santoso

Selain pedagang kaki lima, pengunjung dapat menemukan berbagai permainan untuk anak-anak. Misalnya mobil-mobilan listrik, otopet, kereta mini, hingga melukis. Harga sewa setiap permainan bisa bervariasi, mulai dari 10 ribu hingga 15 ribu rupiah. Di samping itu, banyak pedagang kaki lima yang berjualan mainan untuk anak kecil.

Pasar Malam

Suasana pasar malam
Pasar malam yang sering berlangsung pada waktu-waktu tertentu – Foto: Gmaps/Wangse TV

Dalam waktu tertentu, kawasan alun-alun ini berubah menjadi pasar yang meriah di malam hari. Gerai makanan dan minuman yang buka pun lebih banyak jumlahnya dari hari-hari biasa. Begitu juga wahana permainannya yang lebih beragam. 

Tidak hanya wahana untuk anak-anak, tersedia juga hiburan untuk semua kalangan usia. Misalnya bianglala, komidi putar, dan lain-lain. Namun, pasar malam ini tidak digelar setiap hari dan hanya pada bulan-bulan tertentu.

Destinasi Piknik

Piknik di alun-alun
Rekreasi murah-meriah di kawasan alun-alun – Foto: Gmaps/Reza Putra Wijaya

Alun-alun Jonggol menyajikan suasana yang teduh dan cukup asri. Barisan pepohonan yang rindang tumbuh menghiasi sekeliling area alun-alun. Di area tengah, terdapat beberapa titik yang ditumbuhi rerumputan.

Pengunjung boleh memanfaatkan area yang teduh ini sebagai lokasi piknik. Pengunjung tinggal membawa tikar dan memilih tempat yang terlindung dari terik matahari. Selanjutnya, pengunjung bisa bebas menikmati suasana alun-alun sambil menyantap bekal atau makanan yang sudah dibeli dari kawasan sekitar alun-alun.

Di beberapa titik, terdapat bangku untuk duduk-duduk santai. Tidak sedikit muda-mudi yang menikmati waktu kebersamaannya di alun-alun ini. Sambil menunggu matahari terbenam dan mencicipi jajanan yang tersedia di sekitar area alun-alun.

Selain itu taman ini juga sering menjadi tempat singgah sementara bagi orang-orang yang dalam perjalanan ke Cianjur atau Bandung. Banyaknya penjaja makanan di kawasan ini membuat alun-alun jadi tempat yang nyaman untuk beristirahat sejenak sebelum melanjutkan perjalanan.

Fasilitas

Fasilitas yang tersedia yaitu area parkir dan bangku. Tidak ada toilet umum atau musala khusus di sini. Pengunjung bisa menggunakan toilet di toko atau minimarket yang ada di sekitar kawasan ini. Tidak jauh dari taman ini, terdapat Masjid Agung Jonggol untuk tempat ibadah umat muslim.

Lokasi Alun-Alun Jonggol

Taman kota ini berada di Jalan Alun-alun Jonggol, Kecamatan Jonggol, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Di sebelah utara, terdapat Kantor Kecamatan Jonggol dan Polsek Jonggol. Sedangkan di sebelah timur berdiri Kantor Pemerintah Desa Jonggol dan UPT Pajak Daerah Kota Jonggol. Angkutan kota yang melewati alun-alun ini adalah angkot 64 jurusan Cibinong – Jonggol.

Ulasan Pembaca

5 - 1 Pembaca

Berikan Nilai

Harga dapat berubah sewaktu-waktu terutama pada saat peak season seperti Hari Raya Lebaran, Musim Liburan serta Natal dan Tahun Baru. Oleh karena itu ada baiknya pembaca langsung menghubungi kontak tempat wisata atau akomodasi terkait. Meskipun begitu kami juga secara berkala melakukan pembaruan harga.
Bagikan konten ke:

Berikan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *