Beranda Tiket Wisata

Penangkaran Rusa Cariu Tiket & 5 Aktivitas Seru - Februari 2020

Tgl. Update:Jumat, Desember 20, 2019
Taman Wisata Rusa Tanjungsari Harga Tiket: Rp10.000 Jam Buka: 07.00 - 16.00 No. Telepon: - Alamat: Buanajaya,Tanjungsari,Bogor,Jawa Barat,Indonesia,16840.

Penangkaran Rusa Cariu Bogor bisa dikatakan taman rekreasi yang cukup unik. Di sini pengunjung tidak hanya bisa melihat puluhan rusa tetapi juga bisa berinteraksi langsung. Di tengah suasana alam yang masih asri. Sangat cocok sebagai tempat rekreasi keluarga.

Taman yang juga dikenal sebagai Taman Rusa Tanjungsari dan Taman Rusa Giri Jaya ini menawarkan pengalaman berinteraksi dengan rusa-rusa jinak. Sambil menikmati keasrian alam, wisatawan bisa mendapatkan pengalaman memberi makan rusa secara langsung.

Tiket Masuk Penangkaran Rusa Cariu

Pengunjung bisa mendapatkan pengalaman bercengkerama dengan rusa di alam bebas dengan hatga tiket yang terjangkau. Tiket ini belum termasuk biaya outbond, berkemah, dan berenang.

Harga Tiket Masuk
Tiket masukRp10.000
Makanan rusaRp5.000 – Rp10.000
Parkir roda duaRp2.000
Parkir mobilRp5.000

Baca: 18 Taman Rekreasi Menarik Di Bogor

Jam Operasional

Wisatawan bisa mengunjungi Penangkaran Rusa Cariu setiap hari. Waktu paling tepat untuk bertemu rusa adalah pukul 10 pagi dan antara pukul 2 hingga pukul 4 sore.

Jam Buka
Setiap hari07.00 – 16.00 WIB

Aktivitas Seru di Penangkaran Rusa Cariu

Dekat dengan rusa
Pengunjung bisa berinteraksi langsung dengan beragam jenis rusa di Penangkaran Rusa Cariu – Foto: Google Maps/Joseph Tarigan

Baca: Wisata Selfie di JONGGOL GARDEN

Penangkaran Rusa Cariu merupakan lokasi pembiakan rusa yang berada di Desa Buanajaya, Kecamatan Tanjungsari, Bogor. Objek wisata ini juga dikenal sebagai Taman Rusa Tanjungsari dan Taman Rusa Giri Jaya. Penangkaran rusa ini sebenarnya sudah ada sejak tahun 1993 sebagai  kawasan konservasi dan penelitian di bawah pengelolaan Perum Perhutani.

Dibuka sebagai objek wisata sejak tahun 2003. Berdiri di lahan seluas 8,4 hektar, penangkaran rusa ini menampung berbagai jenis rusa. Di samping sebagai lahan konservasi, taman rekreasi ini juga berkembang menjadi kawasan wisata yang menawarkan beragam aktivitas rekreasi di alam terbuka yang cocok untuk keluarga.

Aneka Jenis Rusa

Memberi makan rusa dari jembatan
Melihat rusa-rusa dari jarak dekat – Foto: Google Maps/rino raines

Baca: Taman Sakura Wisata Alam Ala Jepang

Penangkaran Rusa Cariu awalnya merupakan kawasan konservasi yang digunakan sebagai lahan penelitian. Penangkaran seluas 8,4 hektar ini merupakan rumah bagi aneka jenis rusa. Beberapa di antaranya adalah Rusa Bawean, Rusa Totol, dan Rusa Timor.

Kawasan penangkaran berupa lahan berumput terbuka yang dikelilingi hutan. Sejumlah semak-semak pun menghiasi sudut-sudut area ini. Untuk faktor keamanan, area ini juga dikelilingi oleh pagar untuk mencegah agar rusa tidak keluar.

Pengunjung bisa memasuki kawasan penangkaran dengan melalui sebuah jalan layang yang terbuat dari kayu. Jalan yang menyerupai jembatan ini dibangun sebagai jalan untuk memasuki habitat rusa. Tingginya sekitar 3 – 4 meter dari tanah.

Rusa-Rusa Bersahabat

Rusa jinak di penangkaran rusa cariu
Rusa-rusa jinak yang ramah dan bersahabat – Foto: GOogle Maps/umam umamn

Baca: Kebun Raya Cibodas Tiket & Aktivitas

Pengunjung bisa turun ke lahan berumput dan langsung berinteraksi dengan rusa. Hewan herbivora ini dikenal tidak agresif dan ramah, sehingga tidak perlu takut untuk memberi makan langsung dengan tangan.

Pengunjung boleh membawa sayur untuk makanan rusa dari rumah atau membelinya di tempat. Rusa-rusa biasanya diberi makan ubi atau kacang panjang. Karena sifatnya yang tenang, rusa sangat aman untuk dijadikan teman untuk berfoto bersama.

Tidak jarang tempat penangkaran ini dijadikan lokasi untuk foto pre-wedding. Rusa juga tidak segan jika didekati dan dielus. Berkunjung dan berinteraksi dengan rusa bisa menjadi sarana edukasi yang menyenangkan bagi anak-anak untuk mengenalkan dunia hewan.

Waktu yang paling tepat untuk datang dan bertemu rusa-rusa lucu ini adalah pukul 10 dan antara pukul 2 hingga pukul 4 sore. Pada waktu ini, rusa biasanya keluar dari persembunyiannya untuk mencari makan. Selain di waktu tersebut, biasanya mereka tidur dan hanya satu-dua ekor yang berkeliaran.

Camping dan Outbond

Playground di taman rusa cariu
Area bermain anak dan bumi perkemahan – Foto: Google Maps/zainal ar

Baca: TAMAN SAFARI Cisarua Tiket & Atraksi Satwa

Selain sebagai lokasi penangkaran rusa, Penangkaran Rusa Cariu juga menawarkan beragam aktivitas menarik yang bisa dijajal bersama keluarga. Taman ini memiliki lahan untuk berkemah dengan fasilitas lengkap.

Lokasinya bisa menampung hingga 200 orang. Lahan ini juga cocok sebagai area outbond  untuk acara gathering bersama kerabat.

Arena Bermain Anak

Area kolam renang
Area kolam renang untuk anak-anak – Foto: Google Maps/Hendi Wahyudi

Untuk pengunjung dari kalangan anak-anak, Penangkaran Rusa Cariu juga memiliki area bermain. Lokasinya berdampingan dengan bumi perkemahan. Anak-anak juga bisa berenang di kolam renang dengan wahana permainan yang beragam.

Berburu Foto

Area selfie taman hammock
Area swafoto yang dilengkapi instalasi payung warna-warni dan hammock untuk santai – Foto: Google Maps/Choki MC Channel

Baca: Kebun Raya Bogor Tiket Rp15k & Aktivitas

Jangan lupa untuk mengabadikan kedatangan ke Penangkaran Rusa Cariu melalui foto. Selain berfoto dengan rusa-rusa yang lucu, pengunjung juga bisa menjajal berbagai spot foto yang tersedia. Terdapat area selfie dengan berbagai instalasi menarik.

Bangku-bangku aneka bentuk serta hammock dan payung warna-warni adalah beberapa di antaranya. Di samping itu, panorama alam di sekitar taman juga tidak kalah menarik untuk menyalurkan hobi fotografi.

Penangkaran Rusa Cariu berada di kawasan hutan yang asri, lengkap dengan aliran Sungai Cibeet yang mempesona. Pemandangan indah yang didapatkan dari atas jembatan ketika menyeberangi sungai pun pantas untuk diabadikan.

Fasilitas Penangkaran Rusa Cariu

Penangkaran Rusa Cariu dilengkapi dengan fasilitas umum yang memadai. Fasilitas tersebut yaitu lahan parkir, toilet, mushola, dan aneka warung. Fasilitas hiburan yang tersedia yaitu kolam renang, area bermain anak, area swafoto, dan bumi perkemahan.

Lokasi Penangkaran Rusa Cariu

Taman rekreasi ini berada di Desa Buanajaya, Kecamatan Tanjungsari, Bogor, Jawa Barat. Jaraknya sekitar 40 kilometer dari pintu keluar Tol Cibubur dari Cileungsi – Jonggol. Lokasinya lebih nyaman jika ditempuh dengan kendaraan pribadi seperti motor atau mobil.

Perhatian: Harga Tiket dapat mengalami perubahan sewaktu-waktu terutama pada musim liburan dan lebaran. Ada baiknya untuk kepastian harga tiket langsung menghubungi tempat wisata terkait.

Beri Komentar

Silahkan ketik komentar
Please enter your name here