Beranda Tiket Wisata

Wisata Alun-Alun Kota Cilegon Tiket Gratis Fasilitas Lengkap – Desember 2022

0
Harga Tiket Masuk Alun-Alun Kota Cilegon : gratisJam Buka: 24 jamNo. Telepon: -Alamat: Jl. Jenderal Sudirman, Ramanuju, Purwakarta, Cilegon, Banten, Indonesia, 42431

Alun-Alun Kota Cilegon merupakan ruang terbaku hijau sekaligus taman kota dengan sarana dan prasarana lengkap. Baik untuk anak-anak seperti tersedianya wahana permainan. Ataupun untuk pengujung dewasa dengan berbagai fasilitas. Seperti jogging track, lapangan basket, bersepeda, dll.

Selain itu di sekitar taman juga bayak terdapat penjaja jajanan dan makanan. Tak heran jika taman yang terkenal dengan air mancur menari ini selalu ramai pengunjung.

Harga Tiket Masuk Alun-alun Kota Cilegon

Seperti taman kota pada umumnya untuk rekreasi di alun-alun tidak ada pungutan biaya. Tidak saja untuk tiket masuknya, bahkan untuk fasilitas dan wahananya pun gratis.

Harga Tiket Masuk
Setiap hari gratis

Baca: CILEGON GREEN WATERPARK Tiket & Wahana

Jam Buka

Alun-alun ini dibuka tanpa batasan hari dan jam. Namun untuk menyaksikan tarian air mancur hanya berlangsung di hari Sabut dan Minggu saja.

Jam Buka
Setiap hari 24 jam
Jam Tarian Air Mancur
Sabtu dan Minggu 20.00-22.00

Wahana Alun-Alun Kota Cilegon

Alun-Alun Kota Cilegon memiliki berbagai fasilitas dan wahana yang menjadi daya tariknya. Salah satunya tarian air mancur yang menjadi kebanggaan. Persembahan dari pemerintahan kepada masyarakat dengan menyajikan ruang terbuka hijau seluas 3,3 hektar.

Tarian Air Mancur yang Menawan

tarian air mancur alun-alun cilegon - firda maulidia
Eloknya tarian air mancur di alun-alun kota cilegon (foto: Google Maps/ Firda Maulidia)

Sebuah kebanggaan tersendiri bagi warga Cilegon dengan keberadaan taman kota yang terdapat atraksi air mancur. Atraksi air mancur yang menari-nari dengan perpaduan sinar lampu LED. Ada yang semburannya tinggi, ada pula yang pendek. Nyala warna lampu juga bervariasi dan terus bergantian. Hasil kolaborasi yang apik antara tarian air dengan variasi warna-warni lampunya.

Namun atraksi air mancur tidak berlangsung setiap hari hanya pada hari Sabtu dan Minggu saja. Biasanya akan mulai menyala pada malam hari sekitar jam delapan hingga jam sepuluh malam. Jika berencana menonton atraksi air mancur ini datanglah sebelum jam tersebut.

Baca: AQUALAND Serang Tiket & 5 Wahana

Wahana Permainan Anak di Alun-alun Kota Cilegon

wahana bermain anak di alun alun cilegon - fit M
Anak-anak yang tengah asik bermain di playground alu-alun Cilegon (Foto: Google Maps/Fit M)

Alun-alun Kota Cilegon merupakan taman kota yang cocok untuk wisata keluarga. Tidak hanya berbagai fasilitas bagi orang dewasa saja, anak-anak juga turut diperhatikan. Telah tersedia wahana permainan yang ramah anak. Terdapat sebuah perosotan sebagai wahana utama dengan desain cantik. Perosotan ini memiliki 2 peluncuran berbentuk terowongan dengan warna-warna cerah dengan ketinggian berbeda.

Selain perosotan, anak-anak juga dapat bermain ayunan, odong-odong dan juga pikler. Ayunan terbuat dari tali namun tetap estetik dan aman digunakan. Kemudian untuk odong-odong tersebar di sekitar perosotan dengan aneka model. Ada yang berbentuk mode aneka transportasi seperti mobil dan aneka hewan misalnya kuda. Sementara pikler yaitu rangka kokoh penuh lubang untuk dipanjat. Berbagai wahana ini tentu akan disukai oleh anak-anak.

Baca: Water World KRAKATAU Tiket & Wahana

Jalur Joging, Lapangan Basket dan Papan Panjat Tebing

lapangan basket yang terlihat dari taman alun-alun kota Cilegon (foto: Google Maps/ Fit M)

Selain untuk menikmati wahana sajian dari taman ini, pengunjung juga dapat berolahraga. Terdapat lapangan luas untuk jalan santai maupun berlari. Di sekitar taman juga terdapat jalur bagi pejalan kaki maupun pesepeda. Bersepeda di taman kota tentu akan memberi pengalaman yang menyenangkan. Menyaksikan panorama taman sambil menyehatkan tubuh.

Aktivitas lain yang dapat dilakukan yaitu bermain basket. Taman ini menyediakan lapangan basket dengan ring yang dapat dipindahkan dengan mudah. Lapangan ini dapat digunakan untuk latihan maupun pertandingan antar tim. Saat berlangsung pertandingan, biasanya akan menjadi tontonan gratis bagi pengunjung.

Selain lapangan basket, terdapat fasilitas papan panjat dinding. Para komunitas pecinta alam biasanya akan berlatih panjat tebing dengan papan ini. Meskipun papannya telah tersedia namun peralatan pelengkap perlu disediakan mandiri. Misalnya tali keamanan dan matras, dll.

Wisata Kuliner dengan Deretan Jajanan Kekinian

Bagi penikmat jajanan kekinian, tempat ini merupakan jawabannya. Puluhan pedagang kaki lima turut memadati area taman ini. Terutama saat berlangsung pagelaran acara atau saat ada pasar malam. Bagi pemburu wisata kuliner tentu akan menyukainya.

Pengunjung akan dibuat bingung menentukan opsi jajanan yang dipilih. Sebab banyaknya pilihan menu dari banyaknya pedagang. Pedagang jajanan hits dari cilok hingga es boba turut andil di dalamnya. Dari makanan cepat saji, jajanan anak SD hingga aneka cemilan. Bahkan warung makan kecil hingga pedagang sandang pun turut hadir.

Menonton Berbagai Gelaran Acara

Selain berbagai fasilitas wahana terdapat pula acara hiburan bagi pengunjung. Acara hiburan yang biasanya berlangsung pada peringatan hari-hari nasional, kebudayaan hingga keagamaan. Berbagai acara pagelaran di kota ini selalu dipusatkan pada alun-alun tersebut.

Upacara hari nasional juga selalu diselenggarakan di taman ini. Terdapat tiang bendera menjulang di tengah lapang. Mengingat tempat ini memang dulunya sebuah lapangan. Selain itu berbagai acara karnaval juga sering dipusatkan di sini.

Ikon Papan Nama Sebagai Tempat Berfoto

ikon tulisan alun-alun cilegon triwahyuni wans
Pengunjung yang berfoto di spot ikon Alun-alun Kota Cilegon

Salah satu pesona dari Alun-Alun Kota Cilegon adalah ikon tulisannya. Baik siang maupun malam hari pengunjung biasanya menyempatkan diri menjadikannya latar foto. Meskipun gelap, ikon ini akan tetap terlihat sebab pencahayaan lampu di sekelilingnya. Spot ini juga menjadi favorit bagi pelancong dari luar Cilegon. Sebab berfoto di depannya seolah menjadi bukti pernah mendatangi Alun-Alun Kota Cilegon.

Taman kota ini juga memiliki tempat berteduh berupa payung-payung baja yang jadi ciri khasnya. Selain jadi tempat berteduh dari hujan, spot ini juga dapat untuk berlindung dari terik. Di bawahnya terdapat kursi untuk sekedar beristirahat maupun menyaksikan panorama sekitar. Saat malam hari, payung peneduhan ini juga dihiasi lampu berwarna ungu. Tentu akan menambah cantik suasana sekitarnya.

Fasilitas

Alun-Alun Kota Cilegon telah memiliki fasilitas memadai. Beberapa di antaranya yaitu area parkir, musala, toilet, wahana bermain, taman, area olahraga serta berbagai gerai kuliner di sekitar taman.

Lokasi Alun-alun Kota Cilegon

Alun-Alun Kota Cilegon berada di tengah kota. Tepatnya berlokasi di Jl. Jenderal Sudirman, Ramanuju, Kecamatan Purwakarta, Kota Cilegon, Banten.

Tanggapan:

4.5 / 5. dari 26

Berikan Rating

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan berkomentar
Silakan masukkan nama Anda di sini