PULAU MERAK KECIL Tiket Masuk dan Penyebrangan Februari 2024

PULAU MERAK KECIL

  • Harga Tiket Masuk: Rp2.000-Rp30.000
  • Jam Buka: 06:00 - 17:00
  • Nomor Telepon: -
  • Alamat: Mekarsari, Pulomerak, Cilegon, Banten, Indonesia, 42438

Pulau Merak Kecil berada di perairan Selat Sunda, Cilegon, Banten. Memiliki pantai berpasir putih serta air laut yang jernih dan keindahan bawah laut yang masih terjaga. Sehingga sangat cocok untuk berbagai aktivitas pantai. Seperti berenang, snorkeling, hingga menyelam.

Meskipun ukurannya kecil, pulau ini memiliki beberapa akomodasi yang bisa digunakan untuk bermalam seperti homestay dan tenda. Selain itu, terdapat warung-warung kuliner yang menyediakan makanan laut segar. Pulau ini dapat dicapai dengan menggunakan perahu sewaan dari dermaga yang terletak di belakang Polsek Pulomerak.

Harga Tiket Masuk Pulau Merak Kecil

Untuk memasuki kawasan ini, wisatawan perlu membayar biaya retribusi sebesar Rp2.000 – Rp20.000. Uang yang terkumpul akan digunakan untuk kegiatan pelestarian lingkungan. Sebelumnya, wisatawan juga harus membayar perahu untuk menuju pulau dan kembali ke daratan. Dan tak perlu khawatir, semuanya masih terhitung sangat terjangkau.

Jenis Tiket Harga
Tiket Retribusi Kebersihan PulauRp2.000
Registrasi Camping PelajarRp10.000
Registrasi Camping UmumRp20.000
Tiket Kapal Pergi – PulangRp15.000
Tiket Kapal Pergi – Pulang Khusus CampingRp30.000
Harga Tiket Masuk Pulau Merak Kecil

Baca: PANTAI ANYER: Tiket Masuk, Aktivitas & Wahana

Jam Operasional Pulau Merak Kecil

Waktu kunjungan wisatawan dibatasi mulai pukul 6 pagi hingga pukul 17.00 WIB. Karena perahu yang mengantarkan berhenti beroperasi di jam tersebut. Sementara jika berkemah, tidak perlu mengkhawatirkan batas waktu kunjungan ini. Karena dapat pulang dengan perahu keesokan harinya.

Berkunjung ke Pulau Kecil nan Mengagumkan

Pulau Merak Kecil
Pulau Merak Kecil. Foto: Gmap/djell achmad

Dari kejauhan, wisatawan dapat melihat gundukan pasir putih yang penuh dengan pepohonan rimbun. Itulah Pulau Merak Kecil, yang lokasinya tak jauh dari Pantai Mabak. Sebuah pantai yang ada di Cilegon, yang juga menjadi dermaga penyeberangan. Bahkan, dari Pantai Mabak wisatawan sudah dapat melihat keberadaan pulau yang jaraknya hanya ratusan meter ini.

Pulau Merak Kecil tidak berpenghuni untuk pemukiman. Hanya berfokus pada kegiatan wisata saja, karena luasnya hanya sekitar satu hektar. Meski begitu, daya tariknya bagai magnet dengan pasir putih yang mampu membelai kaki ketika menapaki hamparannya.

Pohon-pohon tropis seperti pohon kelapa, ketapang, dan semak turut mempercantik pulau ini. Menjadi peneduh pada saat siang hari yang terik. Terlebih ketika angin bertiup turut menggerakkan dedaunan, sehingga udara sekitar menjadi sejuk. Berada di tepian pulau ini juga dapat menjadi alternatif menghabiskan waktu.

Baca: PANTAI SAMBOLO Anyer Tiket Masuk & Aktivitas

Berkeliling Pulau Merak Kecil

Berkeliling Pulau dengan Menyusuri Tepian
Berkeliling Pulau dengan Menyusuri Tepian. Foto: Gmap/DINI SURYA EKAWATI

Pulau kecil tepat disandang sebagai nama tempat ini, karena ukurannya yang tak luas. Hanya sekitar satu hektar saja luasnya. Oleh karena itu, wisatawan dapat mengelilingi seluruh pulau hanya dalam waktu 1 – 2 jam saja. Ini bisa menjadi cara wisatawan untuk lebih mengenal lingkungan pulau ini.

Wisatawan bisa memulai dengan menyusuri sekeliling area berpasir di tepian pantai. Atau langsung berjalan menyusuri pepohonan di tengahnya. Tak hanya itu, bagi wisatawan yang membawa kano, bisa juga menyusurinya dengan kano. Akan ada sensasi seru yang didapatkan dengan menyusuri area perairannya.

Baca: PANTAI CARITA Tiket Masuk & Aktivitas

Menikmati Sore di Tepian Pantai

Pemandangan Sore dan Lalu lalang Kapal
Pemandangan Sore dan Lalu lalang Kapal. Foto: Gmap/Sugeng Raharjo

Sebelum pulang, wisatawan dapat menikmati sore di kawasan tepian pantai. Pemandangan matahari terbenam tentu akan menjadi fenomena yang ditunggu-tunggu. Yang mana akan terlihat jelas jika wisatawan berada di sisi barat pulau. Menghadap langsung ke arah tenggelamnya matahari.

Selain itu, pemandangan lain yang tak boleh diabaikan adalah kapal dan perahu. Lalu lalang kapal feri yang menyeberang pulau menjadi suguhan indah tersendiri. Perahu nelayan yang siap untuk pulang pun tak luput menjadi suguhan menarik. Suara klakson dari kapal pun menambah suasana semakin semarak.

Baca: PANTAI SAMBOLO Anyer Tiket Masuk & Aktivitas

Berkemah Seru di dalam Pulau

Meskipun tidak berpenghuni, di sini wisatawan dapat berkemah. Tentunya dengan membawa perlengkapan sendiri seperti tenda dan alat memasak. Tepian pantai atau di dalam pepohonan dapat menjadi lokasi yang tepat untuk mendirikan tenda.

Dengan berkemah di sini, wisatawan dapat menikmati suasana dari pagi hingga pagi lagi. Menyaksikan matahari terbit di pagi hari, dan matahari terbenam di sore hari. Menikmati sunyi dengan suara alam dan deburan ombak di malam hari.

Sayangnya, pencahayaan masih minim di sini. Serta keberadaan air netral juga belum tercukupi. Sehingga pengunjung dapat membawa sendiri kebutuhan air bersih sesuai kebutuhan.

Baca: PANTAI KARANG BOLONG Tiket Masuk & Eksotisme

Berenang dengan Tenangnya Air Laut

Bermain dan Berenang di tepian Pantai
Bermain dan Berenang di tepian Pantai. Foto: Gmap/Dadi Mulyana

Ombak di pulau ini tidak terlalu tinggi, bahkan cenderung tenang. Apalagi, perairan di sekitar pantai juga terbilang dangkal. Lokasi yang tepat jika ingin berenang di perairannya.

Air yang masih jernih, begitu nyaman jika digunakan sebagai lokasi untuk berenang. Wisatawan bisa juga membawa pelampung untuk merasakan gulungan ombak. Lokasi yang tepat jika ingin berenang sebaiknya tidak di dekat dermaga. Supaya tidak terganggu dengan lalu lalang perahu yang datang.

Baca: Pantai Tanjung Pasir Tiket Masuk & Ragam Aktivitas Wisata

Uniknya Penyelam Koin di Pelabuhan

Sebelum menyeberang ke pulau, wisatawan tentu akan menunggu perahu atau kapal di dermaga. Tak seperti dermaga lainnya, di sini banyak anak-anak kecil yang menjadi penyelam. Tentunya bukan menyelam untuk olahraga, melainkan untuk mencari uang.

Anak-anak usia SD ini menyelam perairan dengan peralatan seadanya. Bahkan tidak mengenakan pakaian selam maupun alat bantu pernafasan. Mereka menunggu pengunjung yang datang untuk melempar uang koin ke dalam laut. Lalu dengan sigap, anak-anak ini akan menyelam untuk mengambil uang koin tersebut.

Menjadi hiburan unik tersendiri ketika berada di dermaga. Melihat betapa piawainya anak-anak ini mengambil uang tanpa peralatan selam khusus. Meskipun sukarela, tak ada salahnya bagi wisatawan untuk memberi uang koin kepada penyelam cilik ini. Yang juga menggantungkan nasib pada koin yang dilempar wisatawan.

Fasilitas Pulau Merak Kecil

Objek wisata ini belum memiliki fasilitas yang lengkap bagi wisatawan. Hanya ada toilet dan musala dengan air seadanya. Bahkan, air tawar bersih cukup sulit disediakan, karena sumur di sini pun mengeluarkan air asin. Meski begitu, tak sedikit masyarakat sekitar yang membuka warung makanan kecil di kawasan pulau.

Cara Ke Pulau Merak Kecil

Untuk sampai ke Pulau Merak Kecil atau Pulau Merak Besar, bisa menggunakan perahu melalui Pantai Mabak yang terletak di belakang Polsek Pulomerak Cilegon. Di pantai tersebut, terdapat dermaga sederhana dari kayu. Kemudian untuk tiket perahu hanya Rp15.000  untuk ke Pulau Merak Kecil dan Rp25.000 untuk Pulau Merak Besar. Dengan biaya tersebut sudah termasuk pulang-pergi.

Sedangkan jika dari Jakarta, bisa naik bus dari Kampung Rambutan atau Tanjung Priok, kemudian turun di terminal Merak. Setelah itu, lanjutkan perjalanan dengan angkot warna merah ke arah pusat kota Cilegon. Mintalah turun di Polsek Pulomerak. Kemudian masuk ke arah Pantai Mabak melalui jalan kecil yang berada di sampingnya.

Lokasi Pulau Merak Kecil

Wisata pulau ini berlokasi di Mekarsari, Kecamatan Pulomerak, Kota Cilegon, Banten.

Berikan Rating

4.8 - 35 Pembaca

Berikan Nilai

Bagikan konten ke: