Beranda Tiket Wisata

Alun-Alun Lamongan Tiket & Ragam Wahana - Juli 2022

0
Harga Tiket Masuk Alun-alun Lamongan : GratisJam Buka: 24 JamNo Telp: -Alamat: Jl. Lamongrejo, Tumenggungan, Lamongan, Lamongan, Jawa Timur, Indonesia, 62214

Alun-Alun Lamongan kini jadi magnet baru bagi wisatawan. Tampil semakin mentereng, ruang terbuka publik terbesar di Lamongan ini makin pantas untuk dijadikan tempat rekreasi keluarga. Selain nyaman, rekreasi di taman seluas  setidaknya 2,3 hektar ini pun gratis!

Harga Tiket Masuk Alun-alun Lamongan

Sebagai ruang publik, pengunjung tidak perlu membayar biaya sama sekali untuk masuk ke alun-alun. Pengunjung cukup membayar tarif parkir jika membawa kendaraan, atau merogoh kocek untuk wisata kuliner.

Harga Tiket Masuk
Tiket MasukGratis
ParkirRp2.000 – Rp5.000
BianglalaGratis

Baca: WBL Lamongan Tiket & Wahana

Jam Buka

Pengunjung bisa datang kapan saja ke alun-alun ini. Namun, perlu memperhatikan jam operasional bagi yang ingin menaiki wahana bianglala.

Jam Operasional
Setiap Hari 24 Jam
Bianglala
Senin-Sabtu19.00 – 22.00 WIB
Minggu/Libur09.00 – 11 WIB, 15.00 – 17.00 WIB

Keseruan di Alun-Alun Lamongan

Alun-Alun Lamongan
Suasana alun-alun di malam hari yang lebih semarak dengan sorot lampu hias – Foto: Google Maps/Lifatin Sakdiyah

Alun-Alun Lamongan adalah salah satu fasilitas umum yang terletak di jantung Kota Lamongan, Jawa Timur. Berbentuk Plasa atau lapangan terbuka, alun-alun ini jadi salah satu tempat favorit bagi warga Lamongan menghabiskan waktu senggangnya sejak lama.

Sebagai salah satu pusat keramaian, tempat ini juga menarik banyak rasa penasaran wisatawan yang datang ke Kota Soto tersebut. Setelah proses renovasi, Alun-Alun Lamongan kini menyajikan kenyamanan sekaligus keindahan dari sisi estetikanya. Di samping taman yang indah dan nyaman, alun-alun ini juga memiliki beragam ornamen dan wahana menarik lainnya yang cocok untuk rekreasi bersama keluarga.

Baca: WEGO Lamongan Tiket & Wahana

Bianglala

Bianglala di samping masjid
Wahana bianglala yang berdampingan dengan MAsjid Agung Lamongan – Foto: Google Maps/Donat Bulat

Ini dia wahana yang kini jadi pusat perhatian utama di alun-alun. Meski jadi wahana paling anyar dan paling muda, namun antusiasme paling tinggi dari pengunjung biasanya tertuju pada wahana berbentuk lingkaran raksasa ini.

Resmi berdiri akhir tahun 2019, bianglala raksasa ini tidak pernah sepi dari atrean wisatawan yang ingin mencobanya. Selain karena menjadi wahana paling mencolok, pengunjung masih boleh naik secara cuma-cuma alias gratis-tis-tis. Siapa saja boleh naik, asalkan memerhatikan peraturan yang berlaku.

Menaiki wahana berputar raksasa ini jadi salah satu kegiatan favorit di Alun-Alun Lamongan. Dari ketinggian, pengunjung bisa melihat pemandangan Kota Lamongan sejauh nyaris 360 derajat. Jika berkunjung kemari, jangan sampai melewatkan naik salah satu ikon kota ini, ya!

Swafoto Pagi Sampai Malam

Suasana siang hari
Tanaman hias yang mempercantik dan meneduhkan kawasan alun-alun – Foto: Google Maps/SATRIA TV

Setelah melewati masa renovasi yang tidak terbilang singkat, Alun-Alun Lamongan tampil lebih cantik. Setiap sudutnya berisi berbagai tanaman hias. Tidak hanya meneduhkan, tetapi juga enak dipandang dan membuat hati tenteram.

Kemudian tepat di tengah lapangan, terdapat sebuah bekas pesawat TNI yang terpajang gagah. Monumen pesawat ini juga salah satu ciri khas Alun-Alun Lamongan. Monumen ini menjadi ornamen unik tersendiri yang cocok sebagai objek foto bersama.

Selanjutnya di sudut lain, terdapat kolam air mancur yang tak kalah menarik. Di sisi lainnya, terowongan bunga melengkung dengan kokoh menghiasi taman. Malam hari jadi waktu yang tepat untuk melihat keindahan kawasan ini. Lampu-lampu hias aneka warna menambah semarak alun-alun, menjadikannya spot favorit untuk berfoto.

Aktivitas Outdoor

Lapangan basket
Salah satu fasilitas olahraga yang ada di Alun-Alun Lamongan – Foto: Google Maps/Pardi Majumapan

Akhir pekan bagi beberapa orang mungkin jadi waktu yang tepat untuk berolahraga. Di Alun-Alun Lamongan, terdapat sejumlah fasilitas olahraga yang bisa menambah semangat. Di antaranya yaitu lapangan basket, lapangan sepak bola, dan area jogging.

Hari Minggu pagi, kawasan alun-alun ini akan ramai oleh para peserta acara senam rutin. Acara senam MINCE alias Minggu Ceria ini boleh diikuti siapa saja, termasuk wisatawan dari luar daerah. Di sudut lain, tersebar beberapa wahana bermain untuk anak-anak. Fasilitas seperti jungkat-jungkit dan ayunan sudah pasti ada di sini.

Masjid Agung Lamongan

Masjid Agung Lamongan
Masjid Agung Lamongan yang juga menjadi bagian dari alun-akun – Foto: Google Maps/Nur Rahman

Sisi barat Alun-Alun Lamongan ditempati oleh Masjid Agung Lamongan. Masjid bersejarah ini memiliki ciri khas sepasang menara kembar yang menjulang mengapit bangunannya. Di halamannya, terdapat dua gentong peninggalan Putri Kediri. Tidak hanya hiburan, alun-alun ini juga menawarkan edukasi sejarah yang menarik.

Wisata Minggu

Hari Minggu biasanya jadi hari yang paling ditunggu-tunggu bagi para pengunjung alun-alun. Beragam acara akan meramaikan kawasan ini, seperti senam pagi, perpustakaan keliling, hingga pasar kaget. Ratusan pedagang menjajakan aneka barang, mulai dari pakaian hingga perabotan.

Jangan lewatkan untuk berwisata kuliner di alun-alun ini. Pengunjung tinggal memilih jenis makanan yang ingin dicoba dari banyaknya pilihan yang tersedia. Makanan wajib seperti soto, tahu campur, hingga makanan khas Lamongan bisa dengan mudah ditemukan di sini.

Fasilitas

Alun-Alun Lamongan sudah dilengkapi fasilitas memadai seperti area parkir dan toilet. Bagi yang ingin melaksanakan ibadah, cukup kunjungi Masjid Agung Lamongan. Pendopo untuk berkumpul dan beragam fasilitas olahraga maupun wahana bermain anak pun tersedia di sini.

Lokasi Alun-alun Lamongan

Alun-alun ini terletak di Jalan Lamongrejo, Tumenggungan, Kecamatan Lamongan, Kabupaten Lamongan, Jawa Timur. Lokasinya yang berada di pusat kota membuatnya mudah dijangkau dengan kendaraan pribadi atau angkutan umum.

Tanggapan:

4.5 / 5. dari 21

Berikan Rating

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan berkomentar
Silakan masukkan nama Anda di sini