Bakauheni Harbour City – Tiket Masuk, Spot Wisata dan Fasilitas Februari 2024

BAKAUHENI HARBOUR CITY

  • Harga Tiket Masuk: Rp10.000 - Rp200.000
  • Jam Buka: 24 Jam
  • Nomor Telepon: -
  • Alamat: Jl. Lintas Sumatra, Bakauheni, Lampung Selatan, Lampung, Indonesia , 35592

Bakauheni Harbour City (BHC) adalah kawasan wisata tepi laut terintegrasi di Bakauheni, Lampung. Kawasan ini memiliki sejumlah objek wisata menarik, seperti Krakatau Park dan Masjid BSI. BHC menjadi daya tarik baru bagi wisatawan untuk menikmati kawasan Bakauheni dengan pengalaman berbeda.

Harga Tiket Masuk

Tiket masuk ke Bakauheni Harbour City pada dasarnya gratis. Wisatawan dapat melintasi atau berkunjung ke beberapa spot wisata secara cuma-cuma. Ada juga yang memberlakukan tiket parkir mulai dari Rp10.000 seperti Masjid BSI atau Menara Siger. Wisatawan yang ingin berkunjung ke Krakatau Park juga perlu membayar tiket seharga Rp180.000 hingga Rp200.000. 

Baca: LENGKUNG LANGIT Lampung Tiket & Ragam Wahana

Jam Buka

Bakauheni Harbour City memiliki jam operasional yang beragam sesuai spot wisatanya. Akan tetapi, secara umum tempat ini terbuka 24 jam setiap hari. Beberapa tempat seperti Krakatau Park memberlakukan jam operasional tertentu. 

Spot Menarik di Bakauheni Harbour City

Bakauheni Harbour City atau BHC adalah sebuah proyek kawasan wisata terintegrasi dari Pelabuhan Bakauheni. Proyek ini menggabungkan beberapa spot wisata yang terhubung satu sama lain. Dalam satu kawasan, wisatawan bisa mendapatkan beragam pengalaman rekreasi di berbagai tempat wisata yang berbeda.

Kawasan BHC ini merupakan proyek dari PT ASDP Indonesia Ferry (Persero). Tujuan pembangunannya yaitu mengintegrasikan layanan operasional pelabuhan, transportasi ferry, dan wisata tepi laut. Total lahan kawasan ini mencapai 160 hektar dan terbagi dalam 3 distrik.

Tiga distrik ini merupakan Distrik 1 – Harbourside, Distrik 2 – Harbourview, dan Distrik 3 – Harbourtown. Setiap distrik memiliki spot wisata yang menyorot kelebihan masing-masing area. Dari ketiga distrik tersebut, ada delapan atraksi utama yang menjadi daya tarik. 

Delapan atraksi utama ini menyasar beberapa tujuan wisata tertentu. Ada area yang menjadi landmark Provinsi Lampung, tempat rekreasi, area konservasi alam, dan area komersial serta kegiatan komunitas. Selain itu ada juga area wisata bawah laut, eksplorasi kepulauan sekitar Lampung Selatan, eksplorasi perbukitan, dan spot observasi langit. 

Saat ini pembangunan kawasan BHC masih terus berlangsung dalam beberapa tahap. Akan tetapi, sudah ada sejumlah spot wisata yang rampung dan bisa dikunjungi wisatawan. Simak apa saja destinasi wisata BHS berikut ini.

Masjid BSI

Masjid BSI
Bentuk masjid yang terinspirasi dari Ka’bah dan memadukan gaya arsitektur Lampung – Foto: Gmaps/Syafiq Abdill

Masjid BSI adalah masjid terbesar di kawasan Bakauheni Harbour City. Nama ‘BSI’ merupakan singkatan dari Baitus Salamil Ikram. Bangunan masjid ini hadir dengan gaya arsitektur yang unik. Di mana gaya arsitektur khas Lampung berpadu dengan bentuk Ka’bah yang menjadi kiblat umat Muslim. 

Masjid ini berdiri di atas lahan seluas 3 ribu meter persegi. Kapasitasnya mampu menampung hingga 2 ribu jemaah dan seringkali menjadi destinasi wisata religi. Bangunan masjid dikelilingi balkon yang berbentuk lingkaran. Wisatawan bisa menikmati lingkungan sekitar masjid sejauh 360 derajat dari sini. 

Baca: PUNCAK MAS Lampung Tiket & Wahana

Menara Siger

MEnara Siger
Landmark Provinsi Lampung, Menara Siger – Foto: Gmaps/Triatmo Sugihartono

Menara Siger adalah bangunan berbentuk mahkota khas Lampung dan merupakan ikon provinsi ini. Bangunan ini sudah berdiri sejak tahun 2019 dan merupakan pemandangan yang tidak asing. Wujudnya langsung terlihat oleh orang-orang yang baru datang dari area pelabuhan. 

Atap bangunan ini memiliki bentuk mahkota siger. Terdapat sembilan kerucut dengan warna keemasan yang menjadi ciri khasnya. Bagian tengah bangunan ini merupakan menara pandang. Sedangkan lantai bawahnya berfungsi sebagai lounge atau balkon. 

Di kawasan menara ini juga terdapat tugu titik kilometer nol selatan dari Pulau Sumatera. Ke depannya, Menara Siger akan mengalami perkembangan menjadi spot wisata menarik. Rencananya akan ada museum sejarah hingga penginapan di sini.

Selasar Siger

Selasar Siger
Desain amphitheater yang unik di Selasar SIger – Foto: Gmaps/bakauheni harbourcity

Selasar Siger adalah plasa atau arena terbuka yang berfungsi sebagai tempat berbagai kegiatan. Biasanya menjadi tempat penyelenggaraan beragam kegiatan edukasi maupun hiburan. Bentuknya menyerupai amphitheater dengan beberapa balkon yang tersebar. Ada juga area semi-outdoor yang multifungsi. 

Krakatau Park

Seluncur Lava di Krakatau Park
Wahana Lava Seluncur yang memiliki pemandangan laut dan aktivitas pelabuhan – Foto: Gmaps/cyp sayang

Krakatau Park adalah taman hiburan terbesar saat ini di Lampung. Luas areanya mencapai 5 hektare dan menawarkan lebih dari 20 wahana permainan. Taman hiburan ini juga terbagi menjadi 5 taman tematik yang cocok untuk segala usia.

Di sini, pengunjung tidak hanya bisa menikmati berbagai wahana permainan. Ada juga spot-spot menarik dan instagramable untuk berfoto. Beberapa wahana permainan di Krakatau Park yaitu Lava Seluncur, Tunggang Banteng, Mobil Disko, Ayunan Terbang, dan Taman Tiktok. 

Masih dalam Tahap Pembangunan

Sejumlah fasilitas lainnya masih dalam proses pembangunan di Bakauheni Harbour City. Di antaranya yaitu Siger Market dan Siger Creative Hub. 

Siger Market direncanakan sebagai pusatnya wisata kuliner maupun belanja dari UMKM lokal Lampung. Di sini akan tersedia lebih dari 70 tenant untuk makanan hingga oleh-oleh. Di samping itu, tempat ini juga akan memiliki sarana Forest Walk. Pengunjung dapat berjalan kaki mengelilingi kawasan rimbun pepohonan yang sejuk. 

Sedangkan Siger Creative Hub hadir untuk memfasilitasi pengembangan industri kreatif di Lampung. Terutama untuk anak muda dan berbagai komunitasnya. Rencananya, Siger Creative Hub akan memiliki berbagai sarana yang menunjang kegiatan tersebut. Seperti galeri, ruang kelas kreatif, hingga studio. 

Fasilitas

Fasilitas di Bakauheni Harbour City yang sudah tersedia saat ini yaitu Masjid BSI, kawasan wisata Menara Siger, Selasar Siger, Krakatau Park, Siger Creative Hub, dan Siger Market. Setiap fasilitas ini sudah memiliki sarana umum seperti toilet, area parkir, dan musala.

Lokasi Bakauheni Harbour City

Bakauheni Harbour City berada di kawasan Lampung Selatan. Wisatawan bisa memasuki kawasan ini begitu keluar dari Pelabuhan Bakauheni. Untuk mengunjungi spot-spot wisatanya, wisatawan cukup mengikuti rambu-rambu arah jalan sesuai spot wisata yang ingin dikunjungi.

Berikan Rating

4.6 - 13 Pembaca

Berikan Nilai

Bagikan Konten ke: