Batu Flower Garden Coban Rais
Batu Flower Garden Coban Rais. foto: instagram/batuflowergarden

Taman wisata Coban Rais populer belakangan setelah adanya taman bunga yang cantik. Taman wisata Coban Rais ini awalnya merupakan tempat wisata air terjun. Nama Coban berarti air terjun, dan Rais sendiri berasal dari nama salah satu warga sekitar. Kini, tempat ini lebih populer dikenal dengan nama Batu Flower Garden. Lokasinya terletak di Oro-oro Ombo, Kehutanan, Kecamatan Batu, Kota Batu, Jawa Timur.

Perpaduan air terjun dan area hijau menjadi daya tarik Batu Flower Garden ini. Obyek wisata ini juga berdekatan dengan tempat wisata terkenal Batu Night Spectacular (BNS).

Kehadiran tempat ini juga melengkapi tempat wisata yang sudah eksis yaitu Jatim Park dan Museum Angkut. Tempat ini dibangun di kawasan milik Perhutani, tepatnya di lereng Gunung Panderman.

Posisi daerah tempat wisata ini berada di dataran tinggi. Dengan ketinggian sekitar 1000 mdpl, taman ini mengusung konsep gardu pandang. Sebagaimana fungsi gardu pandang tersebut, pengunjung dapat melihat panorama Kota Batu dari ketinggian.

Baca: Batu Night Spectakuler, Wisata Malam Penuh Gemerlap Lampu

Tesedia gardu pandang dengan beraneka ragam bentuk yang menjadi sudut berfoto. Pihak pengelola sendiri mengklaim tempat wisata ini sebagai “Wana Wisata Selfie”.

Jam Buka Batu Flower Garden

Coban Rais Flower Garden sudah dibuka sejak pukul 09.00 WIB dan tutup pukul 15.00 WIB.

Jam Buka Batu Flower Garden
Hari Biasa09.00 – 15.00 WIB
Akhir Pekan08.00 – 15.00 WIB

Harga Tiket Batu Flower Garden

Pengunjung yang membawa motor akan dikenakan biaya parkir sebesar Rp2.500. Sementara pengunjung yang membawa mobil dikenakan biaya sebesar Rp10.000.

Untuk masuk ke taman wisata ini, pengunjung dikenakan biaya sebesar Rp25.000. Dengan harga tersebut, pengunjung sudah mendapatkan fasilitas pengambilan foto oleh fotografer profesional.

Harga Tiket Batu Flower Garden
Batu Flower GardenRp25.000
Wahana
AyunanRp10.000
PinusRp10.000
Goes AirRp20.000
I Love URp10.000
Hammock TowerRp20.000
Flying HammockRp20.000
Spider HammockRp20.000
Hammock GardenRp15.000
Tree TopRp35.000
Ayunan MiniRp10.000
Gowes MiniRp20.000
Hammock Tower MiniRp20.000

Pengunjung dapat berfoto sebanyak tiga kali di dua sudut foto yaitu gardu pandang love dan kebun bunga. File dengan foto terbaik dapat dikirim ke handphone pengunjung. Untuk anak usia di bawah dua tahun bebas dari biaya masuk.

Wahana & Atraksi Batu Flower Garden Coban Rais

Tempat wisata ini terbagi atas dua bagian penting, yaitu kebun bunga dan air terjun. Kebun bunga terletak di atas Bukit Bulu. Untuk menjangkaunya, pengunjung perlu berjalan kaki melalui jalan setapak sejauh 300 m.

Akan tetapi, semua kelelahan tersebut akan terbayar dengan keindahan bunga-bunga yang cantik. Sedangkan untuk menjangkau air terjun, pengunjung perlu berjalan kaki sejauh 3 km.

Gardu Pandang

Daya tarik lain dari Batu Flower Garden adalah adanya bermacam-macam jenis gardu pandang. Pengunjung dapat menaiki gardu pandang ini dan melihat panorama Kota Batu dari ketinggian.

Batu Flower Garden Coban Rais
Batu Flower Garden Coban Rais. foto: instagram/batuflowergarden

Pengunjung juga dapat mengambil foto di gardu pandang ini. Pengunjung akan mendapatkan latar belakang foto pemandangan alam nan asri. Salah satu gardu pandang yang terkenal adalah gardu pandang berlambang huruf I, lambang love, dan huruf U.

Baca: Jatim Park 3 Themepark Terbesar Di Kota Batu

Sehingga dari kejauhan, gardu pandang ini akan terlihat membentuk tulisan “I Love U”. Gardu yang satu ini cukup banyak diminati oleh pasangan-pasangan muda mudi. Sehingga saat sedang ramai, pengunjung yang ingin berfoto di tempat ini harus mengantre cukup lama.

Untuk mengambil foto di tempat ini, pihak pengelola menyediakan fotografer. Pengunjung hanya perlu membayar sebesar Rp10.000 untuk satu file foto.

Jika ingin menambah file, pengunjung dikenakan biaya ekstra hanya sebesar Rp5.000 untuk setiap file. Namun, pengunjung juga bisa bebas mengambil gambar sebanyak-banyaknya dengan menggunakan kamera sendiri setelah membayar biaya Rp10.000.

Bergelayut di Hammock

Hammock Tower

Di kawasan Batu Flower Garden juga terdapat fasilitas hammock yang dipasang di sisi sisi pepohonan rindang. Pengunjung dapat bersantai di atas hammock sambil tentu mengambil foto. Ada beberapa jenis hammock yang disediakan pihak pengelola.

Baca: Dinopark Jatim Park 3 Wahana Purba Dinosaurus

Diantaranya adalah Hammock Tower, Flying Hammock, Spider Hammock, dan Hammock Garden. Untuk menikmati hammock ini pengunjung dikenakan biaya Rp20.000 untuk setiap jenis hammock. Namun, khusus Hammock Garden hanya dikenakan biaya sebesar Rp15.000.

Untuk anak anak yang kurang berani untuk menaiki hammock dewasa, pihak pengelola menyediakan wahana Hammock Tower Mini. Wahana ini kurang lebih sama dengan Hammock Tower biasa, hanya perbedaan ketinggian. Hammock Tower Mini ini memang disesuaikan untuk anak-anak. Biaya untuk menikmati wahana ini sebesar Rp20.000.

Ayunan Ekstrem

Selain hammock, di tempat ini juga tersedia ayunan ekstrem untuk dewasa dan ayunan mini untuk anak-anak. Ayunan ekstrem mengajak pengunjung untuk bermain ayunan di atas jurang sedalam 50 m.

Ayunan Ektrem

Untuk dapat berfoto di wahana ini, pengunjung dikenakan biaya sebesar Rp10.000. Pengunjung tidak perlu khawatir untuk masalah keamaan saat pengambilan gambar. Hal tersebut karena ayunan ektrim ini sudah dilengkapi dengan sabuk pengaman.

Wahana Sepeda Langit – Sky Bike

Untuk fasilitas permainan, Batu Flower Garden menyediakan Sky Bike. Pengunjung akan menikmati sensasi menaiki sepeda di ketinggian. Sepeda ini berjalan di udara, namun tetap terhubung dengan sling baja. Pengunjung tidak perlu khawatir jatuh sebab keamanan wahana Sky Bike ini sudah dijamin oleh pihak pengelola. Khusus untuk anak-anak, tempat ini juga menyediakan arena gowes mini.

Wahana Sky Bike

Fasilitas Batu Flower Garden

Sebagai tempat wisata, pihak pengelola sudah menyediakan lahan parkir yang cukup luas. Tempat wisata ini juga sudah dilengkapi dengan toilet umum dan mushola.

Akan tetapi, untuk mushola sendiri hanya cukup untuk memuat satu shaf saja. Sehingga pengunjung perlu berganti-gantian. Di dekat pintu masuk terdapat Machate Café yang dikelilingi hutan pinus dan menyediakan makanan dengan harga terjangkau.

Transportasi Ke Batu Flower Garden

Dari stasiun Malang Kota Baru, wisatawan perlu berjalan kaki sejauh 120 m ke Jalan Trunojoyo. Kemudian, menaiki angkutan kota dengan kode AJG/AJH atau AMH/AMH menuju Jalan Raden Tumenggung Suryo 4.

Dilanjut dengan angkutan kota dengan kode CKL menuju Jalan Tlogosari. Wisatawan kembali menaiki angkutan kota dengan kode KL dan turun di Jalan Raya Dadaprejo. Dari sini, wisatawan perlu berjalan kaki atau menyewa ojek menuju tempat wisata karena tidak ada angkutan umum.

Jika dari Bandara Abdul Rachman Saleh, wisatawan harus berjalan kaki sejauh 1 km menuju Jalan Raya Cemorokandang. Kemudian, wisatawan menaiki angkutan kota dnegan kode CKL atau TGM menuju Jalan Ki Ageng Gribig.

Dilanjut dengan bergantu angkutan dengan kode MM menuju Jalan Kyai Haji Hasyim Ashari. Dari sini, wisatawan berganti angkutan lagi dengan kode GL menuju Jalan Tlogomas.

Terakhir berganti angkutan lagi dengan kode KL menuju Jalan Raya Dadaprejo. Dari jalan ini, wisatawan perlu berjalan kaki atau menyewa ojek menuju tempat wisata karena tidak ada angkutan umum

Tips untuk Wisatawan

Ada beberapa tips yang harus diketahui wisatawan sebelum berkunjung ke taman wisata ini. Tempat ini merupakan tempat wisata alam yang mengharuskan pengunjung berjalan kaki. Alangkah bainya jika pengunjung mengenakan pakaian dan alas kaki yang nyaman. Pastikan sandal yang dikenakan tidak licin.

Pengunjung yang membawa kamera juga sebaiknya menyiapkan dana lebih, karena akan dikenakan biaya tambahan sesuai jenis kamera. Untuk kamera jenis DSLR, pengunjung dikenakan biaya sebesar Rp15.000.

Untuk kamera action cam sebesar Rp10.000. Sementara untuk pengunjung yang membawa drone, akan dikenakan biaya sebesar Rp75.000.

Waktu yang enak untuk mengunjungi tempat ini adalah di sore hari. Selain udaranya yang sejuk dan tidak panas, pegunjung dapat menikmati semburat-semburat langit senja yang cantik. Jika memungkinkan, datanglah pada hari biasa.

Hal itu disebabkan karena di hari libur, tempat ini akan sangat padat dan ramai. Sehingga untuk berfoto di beberapa sudut foto, pengunjung harus mengantre lebih lama.

Alamat & Lokasi Batu Flower Garden

Batu Flower Garden berlokasi di Coban Rais tepatnya di alamat Oro-Oro Ombo, Kehutanan, Kec. Batu, Kota Batu, Jawa Timur 65151.

Very PoorPoorAverageGoodExcellent 4,05 - 21 Pembaca
Loading...