BATU GRANIT Tiket, Daya Tarik, Fasilitas dan Lokasi Februari 2024

BATU GRANIT

  • Harga Tiket Masuk: Gratis
  • Jam Buka: 24 jam
  • Nomor Telepon: -
  • Alamat: Jl. Tj. Bintang Raya, Jati Indah, Tj. Bintang, Lampung Selatan, Lampung , Indonesia, 35361

Obyek wisata Batu Granit menjadi salah satu tempat rekreasi yang cukup menarik untuk dikunjungi. Kawasannya menawarkan pariwisata alami yang unik dan cocok untuk healing.

Tempatnya masih terasa sepi dan tenang karena masih belum banyak pengunjungnya dibanding dengan wisata lain di Lampung. Meskipun begitu, tempat wisata ini bisa memberikan pengalaman menyenangkan saat berkunjung.

Ketika tiba di tempat wisata ini, akan tampak batu-batu berukuran raksasa. Bebatuan bertumpuk-tumpuk sehingga terbentuklah bukit batu yang tinggi.

Adanya batu raksasa tersebut merupakan keajaiban alam yang terbentuk secara alami. Pengunjung yang mengabadikan momen di atas batu raksasa akan mendapatkan hasil foto yang Instagramable.

Harga Tiket Masuk Batu Granit

Bila hendak mengunjungi kawasan ini tidak usah mengeluarkan uang. Sebab berwisata di tempat ini gratis bagi siapa saja. Tempat wisata Batu Granit belum terkelola secara profesional sehingga masih merupakan alam bebas. Wisatawan bisa menikmati keindahan alamnya dan berekreasi secara cuma-cuma

Baca: Wira Garden Bandar Lampung Tiket & Daya Tarik

Jam Buka

Batu Granit masih merupakan alam terbuka yang bebas dikunjungi. Sehingga tidak ada pemberlakuan jam operasional jika mau berkunjung ke sini. Berkunjung ke Batu Granit sebaiknya pada waktu sore menjelang sunset. Sebaiknya wisatawan datang pada pukul 17.00 WIB untuk bersiap-siap menyaksikan sunset.

Daya Tarik Unik Wisata Batu Granit

Batu Granit menawarkan panorama tumpukan batu raksasa yang terjadi secara alamiah. Di bawahnya terdapat lanskap hijaunya perkebunan yang begitu memukau serta asri. Maka lokasi pariwisata berlatar alam berikut wajib dikunjungi saat wisatawan berada di Lampung. Berikut ialah hal-hal yang menjadi daya tarik obyek wisata Batu Granit.

Batu Berukuran Raksasa

Obyek wisata Batu Granit
Pemandangan bentang alam memukau di sekitar objek wisata. Foto: google maps/Mahar M

Walaupun hanya batu, tapi inilah keunikannya. Di sini banyak batu-batu besar yang memberikan kesan eksotis serta indah. Apalagi di bawahnya pengunjung bisa menyaksikan pemandangan segar yang menyejukkan mata.

Secara harfiah nama objek wisata ini merepresentasikan jenis batuan yang ada di sana. Batu Granit ialah batuan beku abu-abu terang yang berasal dari muntahan magma perut bumi. Batuan yang ada di sini ukurannya bermacam-macam, ada juga yang ukurannya sebesar kapal. Batu paling besar berada di bagian puncak.

Baca: PANTAI SEBALANG Harga Tiket & Daya Tarik

Tempatnya Tenang

Mendatangi lokasi ini menjadikan pengunjung merasa lebih menyatu dengan alam. Sebab lokasinya yang terpisah dari pemukiman, agak terpencil, dan minim kebisingan. Tempat yang pas untuk mencari ketenangan jauh dari hingar bingar kota. Hanya bermodal bensin sudah bisa healing di tempat ini.

Tempat Sempurna Menyaksikan Sunset

Melihat sunset dari atas Batu Granit
Melihat sunset yang dramatis dari puncak bebatuan. Foto: google maps/Angel gie

Matahari terbenam di kawasan Tanjung Bintang, Lampung biasanya terjadi pada pukul 18.00 WIB. Artinya jika ingin menyaksikan perjalanan terbenamnya matahari, pengunjung harus datang sebelum jam tersebut. Pengunjung bisa datang lebih awal misalnya di jam 17.00 WIB. Suasana sunset sangat menarik karena keindahan siluet batu besar diterpa sinar jingga.

Piknik di Atas Batu Raksasa

Areanya juga menjadi tempat yang seru untuk santai bersama keluarga, sahabat, atau orang tercinta. Obyek wisata itu merupakan lokasi piknik yang menyenangkan. Pengunjung bisa membawa tikar ataupun karpet guna menjadi alas duduk di atas batu besar. Kegiatan piknik bisa dilakukan sambil menunggu sunset di sore hari.

Piknik di sini paling asyik kalau membawa makanan sendiri dari rumah. Sebab pada area wisata tersebut belum ada pedagang yang berjualan. Namun pengunjung tetap harus ingat untuk membawa pulang sampah bekas makanan atau minumannya. Hal itu supaya kebersihan dan kelestarian alam areanya tetap terjaga.

Spot Selfie yang Indah

Obyek wisata Batu Granit sangat instagrammable
Obyek wisata Batu Granit sangat Instagramable. Foto: google maps/Redha Andika Ahdi

Batu Granit mempunyai spot Selfi yang juga didukung dengan panorama indah. Spot terbaik untuk berfoto berada tepat di puncak batu raksasa tertinggi. Latar belakang foto akan sangat indah karena memuat pemandangan perkebunan hijau serta langit biru. Bukit batu juga terlihat sangat eksotis.

Berpetualang ke Puncak Batu Granit

Destinasi wisata ini mungkin akan memiliki nilai tersendiri di mata para pecinta alam. Apalagi jika wisatawan suka berpetualang, maka tempat ini adalah pilihan yang tepat. Petualangan menuju puncak cocok untuk kegiatan hiking.

Untuk mencapai Batu Granit, pengunjung harus berpetualang menyusuri jalanan perkampungan warga. Sepanjang perjalanan pengunjung akan dimanjakan oleh panorama pepohonan. Medan menuju ke lokasinya berupa jalanan setapak. Di sekelilingnya merupakan hamparan perkebunan karet yang rimbun.

Bersepeda Ke Batu Granit

Bersepeda ke Puncak Batu Granit
Seorang pengunjung bersepeda hingga ke Puncak. Foto: google maps/Arul

Menuju ke tempat wisata ini lebih asyik dengan mengendarai sepeda gunung. Sudah banyak goweser yang menjadikan tempat lokasi ini sebagai tujuan saat bersepeda. Jalur yang dilalui cukup bagus dan udaranya sejuk menjadikannya sempurna untuk olahraga sepeda. Ketika sampai di puncak, pengunjung dapat melepas lelah sambil berselfi.

Fasilitas

Tempat ini belum memiliki fasilitas layaknya tempat wisata komersial. Di sini belum tersedia fasilitas toilet. Sehingga wisatawan mesti meminjam toilet di perumahan warga setempat. Akan tetapi tak usah khawatir karena warga sekitar Batu Granit terkenal ramah-ramah.

Lokasi Wisata Batu Granit

Objek wisata alam ini berlokasi di Jl. Tj. Bintang Raya, Jati Indah. Kecamatan Tanjung Bintang, Kabupaten Lampung Selatan, Lampung 35361. Dari Kota Bandar Lampung menuju ke lokasi berjarak 28,9 km melalui Jalan Ir. Sutami. Bila menempuhnya menggunakan kendaraan dalam keadaan lalu lintas normal memakan waktu sekitar 55 menit.

Rating Pembaca

4.7 - 24 Pembaca

Berikan Nilai

Bagikan Konten ke: