Beranda Tiket Wisata

Taman Nasional Way Kambas Tiket & Aktivitas - April 2020

Taman Nasional Way Kambas Harga Tiket: Rp5.000 - Rp7.000 Jam Buka: 08.00 - 18.00 No. Telepon: - Alamat: Jl. Taman Nasional Way Kambas,Labuhan Ratu,Lampung Timur,Lampung,Indonesia,34194.

Indonesia memiliki alam dan ekosistem yang luar biasa menakjubkan. Bahkan, banyak wilayah di Indonesia yang masih sangat alami dan asri. Bahkan, hewan-hewan endemik yang masih liar pun hidup di sana. Salah satunya adalah Taman Nasional Way Kambas, ekosistem alami yang terkenal dengan gajahnya.

Taman Nasional Way Kambas adalah satu dari dua Taman Nasional di Lampung. Ekosistem yang masih alami membuat berbagai flora dan fauna tumbuh dengan baik. Pengunjung pun dapat merasakan betapa alaminya ekosistem di Taman Nasional ini. Dengan hewan-hewan liar yang menempati ekosistem Way Kambas.

Harga Tiket Masuk Taman Nasional Way Kambas

Sebagai kawasan konservasi dan objek wisata, pengunjung yang datang memiliki tujuan tertentu. Ada yang memang berkunjung untuk berwisata, ada yang berkunjung untuk penelitian. Tidak hanya itu, ada juga yang berkunjung untuk membuat film atau video. Tarif yang dikenakan pun berbeda-beda tergantung pada tujuan kunjungan.

Tiket Masuk Pengunjung Umum (Min. 10 Orang)
Wisatawan Domestik Wisatawan Mancanegara
Hari biasa Rp 5.000 Rp 150.000
Hari libur Rp 7.000 Rp 225.000
Tiket Masuk Rombongan Pelajar / Mahasiswa (Min. 10 Orang)
Wisatawan Domestik Wisatawan Mancanegara
Hari biasa Rp 3.000 Rp 100.000
Hari libur Rp 3.000 Rp 100.000
Tarif Parkir
Roda 2 Rp 5.000
Roda 4 Rp 10.000
Roda 6 Rp 50.000
Sepeda Rp 2.000
Kegiatan Rombongan Wisata (Min. 10 Orang)
Kegiatan Umum Pelajar / Mahasiswa
Berkemah Rp 5.000 Rp 2.500
Penelusuran hutan Rp 5.000 Rp 2.500
Pengamatan kehidupan liar Rp 10.000 Rp 5.000
Outbound training Rp 150.000 Rp 75.000
Snapshot Film Komersial
Video Komersial Rp 10.000.000
Handycam Rp 1.000.000
Foto Rp 250.000
Kegiatan Penelitian di Kawasan Way Kambas
Warga Negara Indonesia Warga Negara Asing
<1 bulan Rp 100.000 Rp 5.000.000
1-6 bulan Rp 150.000 Rp 10.000.000
1-12 bulan Rp 250.000 Rp 15.000.000

Baca: 8 Tempat Wisata Menarik di Lampung

Jam Operasional

Waktu kunjungan Way Kambas bagi wisatawan umum yaitu dari pagi hingga malam. Untuk kegiatan lain misalnya penelitian atau semacamnya yang harus dilakukan di luar jam operasional, dapat menghubungi pengelola.

Jam Operasional
Setiap hari 08.00-18.00 WIB

Treking di Taman Nasional Way Kambas

Gajah sedang Mandi di Sungai
Gajah sedang Mandi di Sungai. Foto: Gmap/Tambayu Rizqi

Baca: PUNCAK MAS Lampung Tiket & Beragam Wahana Seru

Secara geografis, Way Kambas terletak di bagian tenggara Pulau Sumatera, tepatnya di Provinsi Lampung. Menempati luas kurang lebih 125.631,31 hektar, yang memiliki berbagai flora dan fauna serta alam yang asri.

Berdasarkan sejarah, pendirian Way Kambas telah dimulai sejak tahun 1936 oleh Resident Lampung, Mr. Rookmaker. Kemudian ditetapkan sebagai kawasan pelestarian alam untuk melindungi berbagai satwa liar.

Way Kambas memiliki kondisi topografi yang relatif datar hingga sedikit bergelombang, dengan ketinggian 0-50 mdpl. Di kawasan timur, merupakan daerah kawasan lembah yang terpotong oleh sungai, yang membentuk topografi bergelombang.

Selain itu, jenis tanah di kawasan taman nasional ini paling luas adalah podsolik. Rata-rata, usia tanah relatif muda, hal ini dikarenakan sedimentasi atau pengendapan.

Way Kambas juga memiliki area savana, hutan, hingga sungai. Pengunjung dapat berfoto langsung di savana bersama hewan-hewan yang umumnya adalah gajah.

Jika masuk ke dalam hutan, pengunjung pun akan menjumpai gajah-gajah yang sedang mandi. Atau berjalan di sungai sambil menyemburkan air ke seluruh tubuh.

Pusat Konservasi Gajah

Gajah Berjalan di Area Hutan
Gajah Berjalan di Area Hutan. Foto: Gmap/Oktora Wijayanto

Baca: BUKIT SAKURA Lampung Tiket & Beragam Wahana

Gajah merupakan salah satu hewan yang palig intensif dikelola oleh Taman Nasional Way Kambas. Gajah-gajah ini ditempatkan dalam Pusat Latihan Gajah (PLG). Awalnya, tujuan dibentuknya PLG supaya gajah-gajah terlatih dan tidak menyerang manusia. Karena, harapan PLG adalah dapat menjadi pusat konservasi gajah Sumatera yang berkualitas tinggi.

Gajah-gajah ini dilatih dengan berbagai latihan yang membuat gajah ini menjadi jinak. Diantaranya dilatih menangkap, atraksi, serta melakukan pekerjaan tertentu. Atraksi ini dapat disaksikan oleh pengunjung, bahkan pengunjung dapat berinteraksi langsung dengan gajah. Diantaranya atraksi gajah berjoget, menendang bola, parade, hingga melangkahi deretan manusia.

Selain itu, pengunjung juga dapat menunggangi para gajah berkeliling. Yang paling seru adalah safari night, dimana pengunjung dapat menyusuri hutan dengan mengendarai gajah. Atraksi menjadi seru karena dilakukan di malam hari, di dalam hutan yang gelap dan dingin. Di sinilah adrenalin pengunjung akan ditantang untuk berkeliling area PLG.

Mengamati Burung di Resort Way Kanan

konservasi gajah di Taman Nasional Way Kambas
Pawang bersama Gajah. Foto: Gmap/Faisal Reza Sukmawan

Baca: Lembah Hijau Lampung Tiket & Aktivitas Menarik

Selain Pusat Latihan Gajah, ada lokasi yang wajib dikunjungi, yaitu Resort Way Kanan. Di area ini terdapat tipe ekosistem yang beragam dan masih sangat asri. Letaknya begitu strategis menjangkau lokasi wisata alam menarik lain di sekitarnya. Dimana lokasi ini dekat dengan Kalibiru, Kuala Kambas, serta Wako.

Di sepanjang sungai Way Kanan hingga pantai Kuala Kambas, pengunjung akan menyaksikan pemandangan yang indah. Yaitu gradasi tipe ekosistem yang sangat menarik. Mulai dari ekosistem riparian, hutan payau, hingga hutan mangrove dan hutan pantai. Area ini dekat dengan alur sungai yang memiliki ekosistem hutan hujan dataran rendah serta rawa.

Pengunjung dapat melakukan pengamatan burung di area ini. Dimana terdapat berbagai jenis burung, yang beberapa diantaranya tergolong langka. Diantaranya adalah jenis mentok rimba, elang, rangkong, serta beberapa burung kecil lainnya. Jika kondisi tenang, pengunjung dapat mengamati burung-burung ini dari jarak sangat dekat.

Lokasi Taman Nasional Way Kambas

Taman Nasional ini terletak di Lampung, tepatnya di Kecamatan Labuhan Ratu, Lampung Timur. Berjarak kurang lebih 90 Kilometer dari kota Bandar Lampung. Dapat ditempuh dalam waktu 2,5 Jam berkendara.

Perhatian: Harga Tiket dapat mengalami perubahan sewaktu-waktu terutama pada musim liburan dan lebaran. Ada baiknya untuk kepastian harga tiket langsung menghubungi tempat wisata terkait.
Very PoorPoorAverageGoodExcellent5,00 | 1 Pembaca

Beri Komentar

Silahkan ketik komentar
Please enter your name here