BUKIT ASLAN Tiket, Daya Tarik & Fasilitas Juni 2024

  • Harga Tiket Masuk Bukit Aslan: Rp35.000 - Rp45.000
  • Jam Buka: 14.00 - 22.00 WIB
  • Nomor Telepon: 087788827526 / 081999927526.
  • Alamat: Jalan Bukit Aslan nomor 2, Kelurahan Way Gubak, Kecamatan Sukabumi, Kota Bandar Lampung, Provinsi Lampung , Indonesia, 35244

Jika sedang berlibur di Bandar Lampung, akan menyenangkan apabila menyempatkan untuk bertandang ke tempat wisata bernama Bukit Aslan. Tempat ini merupakan destinasi untuk nongkrong bersama keluarga atau kerabat di dataran tinggi. 

Berlokasi di puncak bukit, objek wisata ini menawarkan pemandangan perbukitan sekaligus pemandangan laut dari ketinggian sebagai daya tarik. Serta fasilitas pendukung rekreasi lainnya akan melengkapi waktu berlibur menjadi semakin tak terlupakan.

Harga Tiket Masuk Bukit Aslan

Pengunjung dapat menikmati rekreasi di Bukit Aslan dengan dua opsi untuk membayar tiket masuk, yaitu tunai dan non tunai. Ada potongan bagi pengunjung yang membayar dengan menggunakan sistem non tunai. Tiket masuk ini belum termasuk tiket untuk camping dan aktivitas permainan seperti ATV. Sedangkan untuk anak usia kurang dari 5 tahun tiket masuk gratis.

Jenis TiketHarga
Selasa – Jumat Rp25.000 (E-Payment) & Rp35.000 (tunai)
Sabtu – Minggu dan Hari Libur Rp35.000 (E-Payment) & Rp45.000 (Tunai)
Parkir Motor, MobilRp5.000, Rp10.000
Parkir Mobil Rp10.000
Tiket Camping Rp20.000/orang/malam
ATVRp50.000 – Rp135.000
Sewa TendaRp55.000 – Rp160.000
Sewa Perlengkapan Camping (kursi, meja, grill, gas)Rp65.000
Paket Masak Grill Rp155.000 – Rp385.000
Paket Suki Rp90.000 – Rp120.000
Pre-WeddingRp260.000 – Rp460.000 per 5 orang
Harga Tiket Masuk dan Sewa di Bukit Aslan

Baca: KRAKATAU PARK: Tiket Masuk, Jam Buka, Wahana dan Lokasi

Jam Buka Bukit Aslan

Tempat wisata ini buka setiap hari dan tutup pada hari Senin. Waktu terbaik untuk berkunjung adalah sore hari menjelang malam karena suasana teduh dan lebih nyaman.

Hari/WaktuJam Operasional
Selasa – Sabtu14.00 – 22.00 WIB
Minggu & Hari Libur10.00 – 22.00 WIB
SeninTutup
Last Entry21.30 WIB
Camping Last Entry20.30 WIB
Jam Buka Bukit Aslan

Daya Tarik Bukit Aslan

Teluk Lampung, pesisir, pemandangan laut
Pemandangan laut di Teluk Lampung yang terlihat dari Bukit Aslan – Foto: Gmaps/Bukit Aslan

Bukit Aslan adalah pilihan tujuan tempat rekreasi bagi warga atau wisatawan Bandar Lampung. Objek wisata yang berada di atas perbukitan dan menyajikan pemandangan bentang alam yang sempurna. Dari puncak bukit, pengunjung akan mendapatkan suguhan lanskap bukit, hutan, laut, hingga pemandangan Kota Bandar Lampung yang berada di tengahnya.

Menuju ke Bukit Aslan tidak memakan waktu lama jika mengambil titik dari pusat Bandar Lampung. Akan tetapi, butuh sedikit kesabaran dan keahlian mengemudi saat mengakses jalan ke lokasi. Hal ini terutama bagi para pengendara mobil berukuran besar. 

Baca: Trans Studio Mini Lampung Tiket dan 7 Wahana Favorit

Pemandangan Gunung, Hutan, dan Laut

sunset Bukit Aslan
Pemandangan memukau langit senja dari ketinggian bukit di malam hari – Foto: Gmaps/Bukit Aslan

Pemandangan bentang alam adalah daya pikat utama kawasan wisata alam ini. Bukit Aslan berdiri di atas lahan seluas kurang-lebih 10 hektare tepat di punggung Gunung Balau. Tempat ini merupakan perpaduan dari beberapa bentuk area wisata. Terdiri dari taman, taman bermain, area berkemah, dan area hiking

Area utama Bukit Aslan adalah plasa dan teras terbuka yang menyuguhkan pemandangan tiga bentang alam: gunung, hutan, dan laut. Tegak lurus ke arah selatan, tersaji pemandangan Teluk Lampung dengan pesisir dan lautnya yang tenang.

Bergeser ke sisi barat, terdapat lekuk pegunungan yang mengelilingi Kota Bandar Lampung di tengahnya. Sementara itu, sisi timur berhiaskan hamparan hutan jati nan hijau menyejukkan mata.

Pemandangan dari tiga arah ini memberikan kesempatan bagi pengunjung untuk suguhan sunrise dan sunset yang sempurna. Tempat ini memang populer sebagai salah satu tujuan untuk mengejar lukisan terbaik langit ketika matahari terbenam. Indahnya perubahan warna langit berpadu dengan bentang alam di bawahnya yang terhampar.

Untuk menikmati semua pemandangan ini, pengunjung bisa menempati sejumlah gazebo yang tersedia. Jika hari sudah cukup teduh, pengunjung bisa duduk-duduk di area terbuka yang ada.

Bahkan di hari tertentu, petugas akan menyalakan api unggun untuk menghangatkan suasana. Lokasinya yang berada di ketinggian membuat objek wisata ini memiliki temperatur udara yang rendah dan menggigit kulit.

Baca: Taman Nasional Way Kambas Tiket dan Aktivitas

Camping di Bukit Aslan

Camping di Bukit Aslan bermalam di tenda-tenda tengah pepohonan
Area berkemah di hutan jati – Foto: Gmaps/Eru Rengga Patra

Aktivitas yang dapat dicoba selain menikmati pemandangan yaitu berkemah. Terdapat area berkemah khusus dengan fasilitas dan penyewaan perlengkapan camping yang lengkap. Area ini berada di antara barisan pohon jati yang teduh. 

Pengunjung bisa membawa sendiri tendanya. Jika tidak ingin repot, cukup datang dan menyewa perlengkapan yang ada. Tersedia berbagai ukuran tenda yang bisa ditempati hingga 6 orang.

Fasilitas pendukung seperti toilet, musala, dan kantin pun hadir dalam kondisi lengkap dan bersih. Sangat cocok bagi wisatawan yang ingin mencoba aktivitas berkemah untuk keluarga besar. 

Baca: LENGKUNG LANGIT Tiket dan Ragam Wahana

Playground Anak

area bermain anak, playground, taman bermain
Taman bermain untuk anak-anak yang dapat dinikmati sepuasnya – Foto: Gmaps/Bukit Aslan

Pengunjung anak-anak dapat menghabiskan waktunya dengan bermain di playground yang ada sepuasnya. Area bermain ini hadir dengan beragam pilihan wahana permainan yang tidak pernah membuat bosan. Wahana seperti seluncuran, ayunan, dan jungkat-jungkit dapat dijumpai di sini.

Untuk menjaga keamanan dan kenyamanan, area ini beralaskan pasir halus. Tujuannya untuk mengurangi risiko cedera dan luka ketika anak-anak terjatuh.

Aktivitas Outdoor

api unggun
Suasana ketika api unggun sudah dinyalakan – Foto: Gmaps/Bukit Aslan

Sejumlah aktivitas rekreasi lain seperti ATV, hiking, dan arena voli turut dihadirkan di sini. Pengunjung dapat menyusuri sejuknya hutan jati dengan pendakian kecil-kecilan atau ATV.  Kegiatan ini dapat menjadi variasi aktivitas selama berekreasi di bukit ini. 

Fasilitas

Pengunjung Bukit Aslan akan mendapatkan akses ke fasilitas lengkap seperti area parkir luas, toilet, musala, koneksi WIFI gratis, dan kantin. Fasilitas pendukung lainnya yaitu berbagai spot foto, area bermain anak, dan area serbaguna. 

Lokasi Bukit Aslan

Wisata perbukitan ini bertempat di Jalan Bukit Aslan nomor 2, Kelurahan Way gubak, Kecamatan Sukabumi, Kota Bandar Lampung, Provinsi Lampung 35244. Tidak sulit untuk mencari lokasinya karena hanya terdapar satu akses jalan. Akan tetapi, jalan ini berukuran cukup sempit jika ada dua mobil melewatinya berpapasan. 

Sebaiknya berkunjung ke tempat ini menggunakan kendaraan roda dua seperti sepeda atau motor. Hindari datang di malam hari karena penerangan jalan sangat minim.

Akses Jalan

Untuk menuju lokasi area wisata ini, cukup mengarahkan kendaraan ke Kantor Kelurahan Way Gubak dengan panduan aplikasi Google Maps. Jalan masuknya bisa diakses dari Jalan Lintas Sumatera. Dari kantor kelurahan ini, cukup lurus terus mengikuti jalan.

Sayangnya, jalan menuju lokasi ini memiliki lebar jalan yang kurang memadai untuk dua mobil. Jalan ini hanya cukup menampung satu mobil secara bergantian. Jika berpapasan dengan mobil lain, salah satu harus mengalah untuk berhenti dan menepi terlebih dahulu.

Berkunjung ke sini bersama rombongan yang menggunakan bus tentunya akan menjadi tantangan. Sekalipun tempat wisata ini menyajikan area parkir yang luas dan cukup untuk puluhan mobil. Oleh karena itu, pertimbangkan baik-baik moda transportasi apa yang akan digunakan ketika berwisata kemari.

Ulasan Pembaca

4.7 - 21 Pembaca

Berikan Nilai

Harga dapat berubah sewaktu-waktu terutama pada saat peak season seperti Hari Raya Lebaran, Musim Liburan serta Natal dan Tahun Baru. Oleh karena itu ada baiknya pembaca langsung menghubungi kontak tempat wisata atau akomodasi terkait. Meskipun begitu kami juga secara berkala melakukan pembaruan harga.
Bagikan konten ke:

Berikan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *