Maraknya penggunaan media sosial turut memiliki andil dalam berkembangnya sektor wisata di Indonesia. Banyak tempat wisata bermunculan dan semakin dikenal melalui media sosial. Terlebih jika tempat wisata tersebut memiliki spot foto keren, pasti cepat viral. Salas satunya adalah Bukit Cinta Watu Prahu.

Selain banyak spot foto menarik, tempat wisata ini begitu bersih. Hal ini karena banyak tempat sampah yang tersedia dan dimanfaatkan dengan baik.

Harga Tiket Bukit Cinta Watu Prahu

Tiket masuk ke bukit cinta watu prahu tergolong murah, hanya Rp5.000. Parkir kendaraannya pun juga standar, untuk sepeda motor Rp2.000, mobil Rp5.000.

Harga Tiket Masuk Bukit Cinta Watu Prahu
Tiket MasukRp5.000

Baca: UMBUL COKRO TULUNG Waterboom Klaten Tiket & 5 Aktivitas Top

Jam Buka Bukit Cinta Gunung Gajah

Kawasan wisata ini bisa dikunjungi setiap hari mulai pagi hingga sore hari. Jam buka mulai pukul 06.00 pagi sampai 5 sore.

Jam Buka
Setiap Hari06.00 – 17.00 WIB

Legenda Dibalik Bukit Cinta Watu Prahu

Berbagai spot foto bertema cinta di Bukit Cinta Watu Prahu
Berbagai tema cinta di setiap sudut bukit cinta Watu Prahu Gunung Gajah. Foto: Google Maps/Moedji Adja

Selain menjadi situs geologi, tempat ini ternyata juga menyimpan sebuah legenda. Konon seorang sakti bernama Joko Tuo jatuh cinta kepada wanita bernama Roro Denok. Ketika akan dilamar, Roro Denok memberikan sebuah syarat kepada Joko Tuo.

Syarat yang diberikan Roro Denok cukup tak masuk akal. Roro Denok ingin dibuatkan kapal hanya dalam waktu semalam. Namun Joko Tuo menyanggupi persyaratan tersebut.

Berbagai upaya dilakukan Roro Denok untuk menggagalkan pembuatan kapal itu. Hingga akhirnya kapal yang masih dalam proses tersebut terbalik. Masyarakat meyakini jika watu prahu merupakan wujud kapal itu, karena menyerupai kapal terbalik.

Spot Foto Romantis di Atas Bukit

spot foto romantis
Hasilkan foto-foto romantis dari berbagai spot foto bukit cinta watu preahu. Foto: Google Maps/riani nur

Meski berada di bukit, untuk masuk ke sana tidaklah terlalu sulit. Jalannya memang menanjak, namun tidak terlalu panjang. Hanya sekitar 5-10 menit, pengunjung sudah sampai di puncak bukit.

Di puncak bukit ini, pengunjung dapat menikmati beragam spot foto keren. Sesuai namanya, bukit ini banyak menawarkan spot foto romantis. Berfoto di sini dengan pasangan sah, tentu akan menambah momen tak terlupakan.

Nama spot foto di sini memang disesuaikan dengan temanya yang mengandung cinta. Diantara nama tersebut: gardu pandang cinta, dermaga cinta, gembok cinta hingga sarang cinta. Berikut ulasan dari spot foto bertemakan cinta tersebut.

Gardu pandang cinta

Gardu Pandang Dermaga Cinta Bukit Cinta Watu Prahu
Gardu Pandang yang dibuat menyerupai simbol cinta. Foto: Google Maps/Mas No Alvin Game

Gardu pandang yang terbuat dari kayu ini memiliki diameter sekitar 3 meter. Disebut gardu pandang cinta karena alasnya membentuk seperti daun cinta. Gardu pandang ini semakin indah dengan persawahan dan perkebunan yang menjadi latar belakangnya.

Menikmati sejuknya udara dan asrinya suasana, merupakan sensasi yang dirasakan pengunjung di sini. Agar lebih eksotis, nikmati juga eloknya matahari tenggelam dari gardu pandang ini. Tak heran jika pengunjung dari luar kota banyak berdatangan mencoba gardu pandang cinta.

Dermaga cinta

Dermaga cinta menjadi salah satu spot favorit kawasan wisata bukit cinta watu prahu. Hal ini karena indahnya pemandangan yang dapat dilihat melalui dermaga cinta. Hamparan hijau di bawah dermaga cinta akan membuat pengunjung dalam keadaan rileks maksimal.

Pemberian nama dermaga cinta ternyata memiliki maksud tersendiri. Secara bahasa, dermaga bisa diartikan sebagai tempat pemberhentian kapal. Sehingga nama dermaga cinta bisa diartikan sebagai tempat berlabuhnya sebuah cinta.

Baca: UMBUL PONGGOK Kolam Alami Tiket & Aktivitas Seru

Gembok Cinta

Pengelola di sini sangat terbuka dengan berbagai masukan bagi kemajuan kawasan wisata. Salah satu usulan yang telah direalisasikan adalah membuat gembok cinta. Adanya gembok cinta di bukit ini seperti gembok cinta yang ada di Korea.

Gembok cinta di bukit cinta watu prahu
Gembok cinta di bukit cinta watu prahu. Foto: google maps/Agus riyadi

Sarang cinta

Spot foto yang satu ini juga cocok dicoba dengan pasangan sah pengunjung. Sarang cinta merupakan spot foto berbentuk seperti sarang burung yang besar. Yang menarik dari sarang ini adalah hiasan bunga dan latar belakangnya.

Fasilitas di Bukit Cinta Watu Prahu

Pengelolaannya yang baik membuat tempat ini memiliki fasilitas-fasilitas memadai. Dimulai dari parkirannya yang luas, kemudian juga warung makan di sepanjang jalan tanjakan. Tak ketinggalan adanya toilet bersih semakin melengkapi fasilitas di sini.

Lokasi Bukit Cinta Watu Prahu

Wisata bukit cinta watu prahu masih ikut Kabupaten Klaten, Jawa Tengah. Dibutuhkan waktu sektiar 40 menit untuk menuju tempat ini dari Kota Klaten. Alamat lengkapnya di Dusun II, Gn. Gajah, Bayat, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah 57462.

Perhatian: Harga Tiket dapat mengalami perubahan sewaktu-waktu terutama pada musim liburan dan lebaran. Ada baiknya untuk kepastian harga tiket langsung menghubungi tempat wisata terkait.