Cokro Tulung Waterboom Klaten
Cokro Tulung Waterboom Klaten

Objek Mata Air Cokro (OMAC) tersohor sebagai salah satu sumber air alami Jateng. Kini, ia menjadi alternatif bagi wisatawan yang hendak relaksasi dari penatnya keseharian. Kejernihan dan kesegaran air, ditambah suasana hijau alami, menjadi ciri khas wisata Umbul Cokro Tulung Waterboom.

HTM – Harga Tiket Masuk Umbul Cokro Tulung Waterboom

Wisatawan yang ingin bermain di Waterboom tidak perlu khawatir mahal. Harga tiket Masuk Umbul Cokro Tulung Waterboom ditawarkan mulai dari Rp10.000.

Harga Tiket Masuk Umbul Cokro Tulung Waterboom
Tiket RegulerRp10.000

Baca: UMBUL PONGGOK Kolam Alami Tiket & Aktivitas

Jam Buka Umbul Cokro Tulung Waterboom

Untuk mecoba berbagai wahana dan kolam alami di umbul cokro tulung pengunjung bisa datang mulai pagi hari. Umbul Cokro Tulung Waterboom dibuka mulai pukul 08.00 pagi.

Jam Buka Umbul Cokro Tulung Waterboom
Setiap Hari08.00 – 17.00 WIB

Beragam wahana dan aktivitas bisa dilakukan di tempat wisata ini. Berikut beberapa diantaranya.

Berenang dan Bersantai di  ‘Kolam Arus’ Alami

kolam alami cokro tulung
Kolam-kolam jernih yang bisa digunakan sebagai kolam berenang dan berfoto. foto: Dimas Arip

Menelusuri kolam arus buatan di Water park sudah biasa. Di Umbul Cokro Tulung Waterboom, kolam arus itu mengalir berbentuk sungai irigasi alami. Airnya segar, dengan warna biru kehijauan yang sangat jernih. Kesejukan berendam di sungai ini membuat pengunjung betah berlama-lama di Objek Wisata Mata Air Cokro.

Pengunjung pun bisa menyewa ban pelampung. Dengan ban ini, pengunjung dapat menelusuri dan menjelajah sungai dengan santai. Pun, dengan sungai yang tak begitu dalam, pengunjung segala umur dapat berenang sepuasnya.

Baca: TIRTONIRMOLO Waterpark Galuh Klaten Tiket & Wahana

Berfoto Sambil Menyelam di Kolam Jernih

Menyelam di kejernihan air cokro tulung
Menyelam dan berfoto di kejernihan air kolam alami cokro tulung. foto : Hartopo Septiono

OMAC tersohor di media sosial saat wisatawan mengunggah foto menyelam di sungai jernihnya. Kebeningan air di Objek Wisata Mata Air Cokro membuat batu-batu terlihat cantik. Saking cantiknya, ada pengunjung yang melakukan foto pernikahan di Objek Wisata Mata Air Cokro lho. Sebelum berfoto, pastikan wisatawan menggunakan waterproof hingga kamera bisa tahan dalam air.

Menantang Adrenalin dengan Rafting Seru

rafting di sungai
Rafting di sungai pilihan aktivitas yang cukup menantang. foto:  putut pindho

Nuansa alam di sekitar OMAC seakan tak ada habisnya. Salah satu cara menikmatinya adalah dengan bermain Rafting. Dengan jalur yang berbatu dan arus deras, keindahan itu bercampur dengan pengalaman mendebarkan. Di wahana ini, pengunjung diberi ban besar dobel dan pelampung, sehingga aman digunakan.

Selain melalui jalur yang menantang, Rafting akan membawa pengunjung pada sebuah air terjun. Meski tak terlalu tinggi, air terjun ini lebar dan sangat cantik. Meski tak melakukan Rafting, pengunjung juga bisa berfoto di sini sebagai kenang-kenangan.

Main Bersama Anak di Umbul Cokro Tulung Waterboom

Naik sedikit ke atas, anak-anak bisa diajak bermain di tempat yang lebih seru. Ada Water-boom yang menyediakan berbagai permainan mengasyikkan. Untuk masuk ke Water-boom ini, pengunjung tak perlu membayar lagi. Harga tiket di awal saat memasuki sungai kecil, sudah termasuk Waterboom.

berbagai wahana permainan air di waterboom cokro tulung
Berbagai wahana water park merupakan salah satu aktivitas yang bisa dilakukan. foto:  Dimas Suyatno

Di Waterboom ini, terdapat seluncuran yang berliku dan sangat tinggi. Seluncuran ini cocok bagi yang suka menguji nyali. Jangan salah, jalurnya yang tinggi membuat pengunjung bisa melihat pemandangan alam sekitar. Tingginya yang mencekam semakin membuat suasana seru.

Pun ada Race Slides, dua seluncuran berdempet yang bisa dimainkan bersama kawan-kawan. Sedangkan untuk balita, ember tumpah, air mancur, dan kolam seru penuh bola. Kolamnya tak terlalu dalam dan sangat aman untuk anak-anak.

Berseluncur di Flying Fox

Seiring waktu, OMAC semakin meningkatkan fasilitas dan wahana bermain. Salah satu yang dikembangkan adalah adanya Flying Fox. Tingginya lebih dari 20 meter. Di jalur yang menegangkan ini, pengunjung berseluncur dari ketinggian dan bebas berteriak sekencang-kencangnya.

Tradisi Padusan Sebelum Bulan Ramadhan

Ada tradisi unik yang kerap dilakukan di OMAC, yakni Padusan. Tradisi ini adalah aktivitas membersihkan diri sehari sebelum menjalankan ibadah puasa. Di sini, biasanya masyarakat berbondong-bondong untuk mandi, atau sekadar berendam di air jernih.

Sebelum melakukan Padusan, masyarakat membuka pagelaran dengan wayang dan tari Tirta Suci. Pun ada sejumlah hiburan yang dipersembahkan untuk masyarakat. Jika wisatawan ingin berendam sekaligus menyaksikan tradisi unik ini, disarankan datang sebelum Ramadhan.

Lokasi Umbul Cokro Tulung Waterboom

Umbul Cokro Tulung Waterboom berlokasi di Area Sawah, Cokro, Tulung, Klaten, Jawa Tengah 57474.

Very PoorPoorAverageGoodExcellent 4,00/9 Pembaca
Loading...