Beranda Tiket Wisata

UMBUL BRINTIK Tiket & Aktivitas Desember 2021

Umbul BrintikHarga Tiket: Rp10.000Jam Buka: 07.00 - 17.00No Telp: -Alamat: Brintik, Malangjiwan, Kebonarum, Klaten, Jawa Tengah, Indonesia, 57486

Bagi masyarakat Klaten, Umbul Brintik bukan hanya sekadar kolam renang, melainkan juga sebagai kolam terapi. Karena air kolam di umbul ini memiliki Ph dan kadar oksigen yang tinggi. Banyak khasiat jika berenang di kolam umbul ini, salah satunya klaimnya yaitu dapat meredakan nyeri dari urat kejepit.

Selain memiliki khasiat, banyak masyarakat yang memilih rekreasi ke sini karena tiket masuknya yang sangat terjangkau. Kemudian, tersedia pula terapis gratis yang sengaja ditawarkan pengelola bagi yang membutuhkan. Pengunjung terapi bisanya kebanyakan lansia yang sedang mencari pengobatan alternatif.

Harga Tiket Masuk Umbul Brintik

Biaya tiket masuk untuk menikmati berbagai fasilitas rekreasi di Umbul Brintik memang sangat murah. Biaya tambahan hanya untuk parkir yang besarnya tergantung jenis kendaraan.

Harga Tiket Masuk
PerorangRp10.000
Biaya Fasilitas
Parkir MotorRp 2.000
Parkir MobilRP 3.000
Sewa Ban PelampungRp 3.000
Sewa LokerRP 3.000

Baca Juga: 11 Destinasi Wisata Klaten Terbaik

Jam Operasional Umbul Brintik

Umbul Brintik akan mulai beroperasi dari pagi hingga sore setiap harinya. Meski begitu, banyak pengunjung yang datang sebelum jam buka karena ingin menikmati air pertama di umbul ini pada hari tersebut. Jika ingin berenang dengan tenang di sini, sebaiknya pilihlah hari biasa untuk datang ke sini. Hal itu karena pada akhir pekan atau hari libur, pengunjung yang datang lebih ramai.

Jam Operasional
Setiap Hari07.00 – 17.00

Berenang di Kolam Terapi

Banyak pengunjung yang berenang di Umbul Bintik
Rata-rata pengunjung yang berenang di sini yaitu yang berusia lanjut karena ingin mencari pengobatan alternatif. Foto: Instagram/umbulbrintik

Tujuan utama kedatangan pengunjung ke sini yaitu ingin berenang di kolam terapi yang tersedia. Terdapat 10 mata air yang berada di dasar kolam induk, sebutan bagi kolam terapi. Kemudian, terdapat pula 5 buah kolam, dengan 1 kolam terapi dan 4 kolam biasa. Selanjutnya, untuk keamanan di tepi kolam ini juga sudah terpasang pegangan besi untuk berpegangan bagi para lansia yang ingin berenang.

Kolam induk di umbul ini berukuran 15 x 7 meter dengan kedalaman 1,5 meter. Dasar kolam ini sudah berlapis batuan andesit dan pasir hitam. Mata airnya menyembur sambil mengeluarkan gelembung-gelembung air. Hal inilah yang mendasari penamaan Umbul Brintik. Ada kepercayaan berenang di sini dapat mengobati beragam penyakit, seperti rematik, saraf kejepit, sampai stroke.

Terapi Punggung di Pancuran Kolam

Terapi di pancuran kolam Umbul Brintik
Pengunjung dapat melakukan terapi punggung di pancuran air sambil berenang di kolam Umbul Brintik. Foto: Instagram/umbulbrintik

Di salah satu kolam buatan di sini, terdapat pancuran yang peruntukkannya bagi yang ingin terapi punggung. Terdapat sekitar 7 pancuran yang dapat digunakan oleh pengunjung. Berdirilah membelakangi pancuran sambil agak menundukkan kepala. Kemudian, nikmati sensasi pijatan dari arus air yang keluar.

Arus air di sini tidak dapat diatur deras atau pelannya.Karena airnya berasal dari kolam yang berada di atasnya. Namun, pengunjung harap berhati-hati jika berada di pancuran ini. Letak pancuran ini bukan berada di tepi kolam, melainkan dipasang di dinding pembatas dengan kolam atas. Oleh karena itu, jika tidak bisa berenang tapi ingin mencoba wahana ini sebaiknya dengan pendamping yang bisa berenang.

Pijat Gratis oleh Terapis

Terapis yang sedang memijat salah satu pengunjung
Terapis di Umbul Brintik disediakan untuk mengarahkan bagaimana cara terapi di kolam dan sesekali memijat pengunjung jika dibutuhkan. Foto: Instagram/umbulbrintik

Fasilitas lainnya yang sangat diminati oleh pengunjung yaitu dipijat oleh terapis. Para terapis akan memijat bagi yang membutuhkan bantuan penyembuhan di dalam kolam. Hal ini agar pengunjung dapat lebih rileks saat dipijat ketika berada di dalam air. Selain itu, agar pengobatan dapat lebih efektif karena sambil berendam di air terapi. Tidak hanya memijat, terapis juga akan menuntun gerakan-gerakan untuk terapi.

Bagi yang membutuhkan terapis dapat memberitahukan kepada petugas atau langsung kepada terapis. Fasilitas ini tersedia secara gratis di bawah pengelolaan pemerintah daerah setempat. Pemberian tersebut karena melihat fungsi dari Umbul Brintik itu sendiri sebagai tempat terapi. Pemda beranggapan, sekalian saja disediakan terapis agar pengobatan dapat berjalan secara maksimal.

Memancing di Sungai Aliran Umbul Bintik

Selain berenang, di sekitar Umbul Bintik juga terdapat area pemancingan. Area ini terletak di Dukuh Gatak. Jika ingin memancing di sini tidak perlu mengeluarkan biaya tiket masuk. Hal itu karena area ini merupakan area perkampungan warga di luar wilayah Umbul Brintik.

Pengunjung harus membawa peralatan mancing dari rumah karena di sini tidak ada tempat yang menyewakan peralatannya. Jangan lupa membawa minuman dan camilan agar tidak terlalu bosan saat menunggu pancingan. Ikan yang didapatkan di sini yaitu jenis-jenis ikan yang hidup di air tawar

Berfoto dengan Patung Air Mancur Singa

Patung singa yang mirip dengan patung Merlion Singapura
Pengunjung dapat berfoto dengan patung air mancur singa yang merupakan replika dari patung Merlion di Singapura. Foto: Instagram/umbulbrintik

Ada hiasan kolam yang unik di umbul ini. Hiasan tersebut yaitu patung singa yang mirip dengan patung Merlion di Singapura. Patung ini terletak di salah satu kolam buatan. Dari patung ini menyemburkan air dari mulutnya dan memancur ke dalam kolam kecil berbentuk lingkaran.

Patung singa ini bisa menjadi objek berfoto yang unik. Ajaklah teman atau keluarga untuk berfoto bersama di sini. Foto yang dihasilkan tersebut tentu akan menjadi sesuatu yang lucu dan menyenangkan untuk dikenang.

Fasilitas di Umbul Brintik

Fasilitas yang ada di sini semakin lengkap setelah berlangsung proses perbaikan. Pengunjung dapat menikmati beberapa fasilitas umum seperti kamar mandi bilas, warung makan, toilet, lahan parkir, dan musala. Selain itu, sudah tentu tersedia kolam-kolam untuk berenang beserta wahana perosotan. Kemudian, di sini juga tersedia tempat penyewaan loker penyimpanan dan ban pelampung.

Lokasi Umbul Brintik

Umbul Brintik terletak di Dusun Brintik, Desa Malangjiwan, Kecamatan Kebonarum, Klaten, Jawa Tengah. Jika berangkat dari pusat Kota Klaten, maka harus menempuh jarak sekitar 5 kilometer ke arah Barat. Lokasi Umbul Brintik ini mudah untuk ditemukan karena sudah terkenal dengan kolam pengobatannya. Jika hendak ke sini, sebaiknya menggunakan aplikasi Google Map agar tidak tersasar.

Tanggapan:

4.4 / 5. dari 13

Kasi Bintang