Beranda Tiket Wisata

Alun-alun Klaten: Pusat Hiburan Warga Tengah Kota Oktober 2021

Alun-alun KlatenHarga Tiket: GratisJam Buka: 24 jamNo Telp: -Alamat: JL MH Thamrin, Klaten Tengah, Klaten, Jawa Tengah, Indonesia, 57413

Alun-alun Klaten salah satu pilihan rekreasi dan pusat keramaian di kota kecil ini. Tidak hanya siang, malam hari pun tempat ini menjadi tujuan untuk melepas penat sejenak. Kota yang menjadi penghubung dua kota besar, yaitu Jogja dan Solo ini, memiliki daya tariknya tersendiri.

Berbagai hiburan hadir mengisi taman sejuk seluas tak kurang 1 Hektar ini. Mulai dari Kuliner, mainan anak, hingga toko baju dan souvenir hadir menggelar lapak di lapangan rumput alun-alun. Bahkan, acara-acara besar tak jarang berlangsung di alun-alun. Hal ini tentu menjadi magnet bagi masyarakat setempat dan wisatawan untuk berkumpul.

Harga Tiket Masuk Alun-alun Klaten

Objek wisata ini tidak memberlakukan tiket masuk. Wisatawan hanya perlu menyiapkan uang untuk parkir kendaraan. Selain itu siapkan juga uang jika ingin mencoba berbagai kuliner di sekitar.

Harga Tiket Masuk
Tiket masukGratis

Baca: 10 Destinasi Wisata Terbaik di Klaten

Jam Operasional Alun-alun Klaten

Objek wisata ini terbuka untuk umum setiap hari. Pagi, siang, sore, bahkan hingga malam hari. Namun selama pandemi Covid-19 ini, biasanya akan ditertibkan di malam hari. Sehingga tidak dapat berkunjung hingga larut malam.

Jam Operasional
Setiap hari24 jam

Menikmati Teduh Rimbunnya Alun-alun Klaten

Tanaman Peneduh di Alun-alun Klaten
Tanaman Peneduh di Alun-alun Klaten. Foto: Gmap/Yulius Setiawan

Alun-alun Klaten memiliki ciri khasnya sendiri. Meskipun berada di tengah kota, namun tempat ini tetap memiliki kesan teduh dan rimbun. Banyaknya pepohonan yang mengelilingi alun-alun membuat kawasan begitu teduh. Apalagi, daunnya yang tumbuh dengan lebat, turut membuat pandangan menjadi lebih tenang.

Di bagian tengah alun-alun penuh dengan rerumputan. Ada sedikit bagian yang berkeramik sebagai tempat tiang bendera berdiri. Untuk memudahkan petugas upacara ketika berlangsung upacara peringatan hari kemerdekaan atau hari besar lainnya. Keramik-keramik ini juga mengelilingi kawasan alun-alun, terselengi dengan tiang-tiang lampu dengan bentuk unik.

Tempat ini terbilang unik dan ramah wisatawan, karena kawasan alun-alun tidak langsung menyentuh area jalan raya. Melainkan ada jalan kecil beraspal yang berbatasan dengan trotoar serta penuh dengan tanaman. Sehingga lebih aman karena tidak langsung ke jalan raya. Sedangkan di trotoar ini terdapat banyak bangku bagi wisatawan untuk beristirahat atau sekedar duduk menikmati suasana.

Baca: Bukit Cinta Watu Prahu Klaten Tiket & Spot Foto

Spot Foto yang tidak boleh Terlewatkan

Spot Foto Alun-alun Klaten
Spot Foto Alun-alun Klaten. Foto: Gmap/Yossi Kusumabakti

Mengunjungi objek wisata unggulan suatu daerah, tentu ada baiknya menyempatkan diri untuk berfoto. Sama halnya ketika berkunjung ke Alun-alun Klaten. Wisatawan dapat mengambil kenang-kenangan di spot yang menjadi ikon tempat ini. Yaitu di bagian trotoar yang terdapat tulisan “Alun-alun Klaten”.

Di sini, terdapat tulisan “Alun-alun” kecil dan di bawahnya terdapat tulisan “Klaten” yang ukurannya jauh lebih besar. Kemudian di bagian depannya terdapat bangku dari semen dan kayu. Wisatawan sering mengambil foto sambil duduk di bangku ini. Dimana nanti akan mendapatkan latar belakang tulisan “Alun-alun Klaten” tersebut.

Tidak hanya itu, malam hari juga waktu yang tepat untuk mengabadikan momen. Lampu-lampu di tepi alun-alun membuat suasana tempat ini semakin terang. Cahayanya memancar menembus kegelapan. Apalagi terdapat tiang lampu begitu unik dan fotogenik.

Baca: Umbul Manten Klaten Tiket & Aktivitas

Menikmati Pagi sambil Berolahraga

Pagi hari adalah waktu yang tepat untuk berolahraga di Alun-alun Klaten. Wisatawan dapat jogging di area keramik yang mengelilingi alun-alun. Jogging santai sambil menikmati pagi yang cerah di kawasan alun-alun.

Selain itu, wisatawan juga dapat memanfaatkan area rerumputan untuk berolahraga. Misalnya badminton, bermain bola, atau voli. Di sore hari, anak-anak sekitar seringkali memanfaatkan area lapangan ini untuk bermain bola.

Setelah olahraga, biasanya perut akan terasa lapar. Di tepi alun-alun, sudah banyak tenda makanan yang berjualan. Ada bubur ayam, lontong sayur, dan makanan unggulan yaitu pecel. Menyantap kuliner sambil duduk lesehan di sepanjang tepian alun-alun memberikan kesan tersendiri.

Baca: TAMAN LAMPION Klaten Tiket & Zona Rekreasi

Wisata Malam di Alun-alun Klaten

Malam di Alun-alun Klaten
Malam di Alun-alun Klaten. Foto: Gmap/Ika Yuni Anggrahini

Sore hingga malam hari, objek wisata ini akan penuh dengan berbagai hiburan untuk pengunjung. Di sini, wisatawan dapat membeli berbagai pernak-pernik. Seperti baju anak-anak, kaos dewasa, bahkan daster tersedia di sini. Barang oleh-oleh seperti topi, gantungan kunci, hingga gelang manik-manik turut menjadi incaran wisatawan.

Selain itu, wisatawan juga dapat mencoba berbagai hidangan kuliner. Ada sosis bakar, mie ayam, siomay, dan tentunya pedagang angkringan di sini. Jika ingin menghangatkan tubuh, wisatawan dapat mencoba wedang ronde. Minuman jahe ini akan membuat tubuh semakin hangat, dan kenyang dengan ronde dan kacang di dalamnya.

Anak-anak akan semakin senang berada di sini pada saat malam hari. Karena banyak sekali mainan dan wahana permainan yang dapat yang tersedia. Ada juga wahana kereta mini yang berputar di sekitar kawasan alun-alun. Untuk wahana kereta mini ini, anak-anak dapat naik bersama orang tuanya.

Baca: BUKIT SIDOGURO Klaten Tiket & Ragam Wahana

Berbagai Acara Besar

Tempat Digelar Acara
Tempat Berlangsung Acara. Foto: Gmap/sobripandu 87

Pada saat pagi hari, Alun-alun Klaten menjadi ruang terbuka hijau yang teduh dan menenangkan. Dan saat malam hari, tempat ini berubah seolah pasar malam. Sebagai tempat hiburan masyarakat yang begitu menarik. Selain sebagai pusat hiburan, objek wisata ini juga seringkali menjadi tempat terselenggaranya acara-acara besar.

Seperti upacara peringatan hari kemerdekaan, atau hari-hari besar lainnya sering berlangsung di alun-alun ini. Biasanya acara besar ini juga dihadiri oleh petinggi-petinggi daerah Kabupaten Klaten. Serta tak jarang, hiburan juga ada dalam peringatan hari besar ini.

Tidak hanya itu, hiburan rakyat juga seringkali berlangsung di sini. Beberapa waktu lalu, penyanyi dangdut Nella Kharisma dan Via Vallen turut hadir. Memeriahkan acara yang berlangsung di Alun-alun Klaten. Tidak hanya menjadi hiburan masyarakat, tapi juga menjadi daya tarik wisatawan untuk berkunjung ke Klaten.

Lokasi Alun-alun Klaten

Objek wisata ini berlokasi di pusat Kota Klaten. Tepatnya di Kecamatan Klaten Tengah, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah.

Tanggapan:

5 / 5. dari 1

Kasi Bintang

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan berkomentar
Silakan masukkan nama Anda di sini