Beranda Tiket Wisata

UMBUL BESUKI: Tiket & Aktivitas - Juli 2022

0
Harga Tiket Masuk Umbul Besuki : Rp5.000Jam Buka: 07.00 - 16.00No Telp: -Alamat: Dk, Kiringan, Ponggok, Polanharjo, Klaten, Jawa Tengah, Indonesia, 57474

Umbul Besuki merupakan lokasi wisata air yang tidak jauh dari Umbul Ponggok hanya berjarak 500 meter saja. Menawarkan berbagai kolam renang alami di antara teduhnya pepohonan. Dengan pemandangan hijaunya area taman dan sawah sekitar kawasan wisatanya.

Umbul ini dibuka dengan tujuan untuk menjaga mata air yang muncul di wilayah Ponggok. Awalnya, di sini hanya muncul mata air yang kecil. Namun, setelah 8 bulan, kedalaman air di kolam umbul ini sudah mencapai 1,5 m. Pembukaan Umbul Besuki juga dilakukan apabila pengunjung di Umbul Ponggok membludak, maka bisa dialihkan ke sini. Dalam sebulan, pengunjung Umbul Besuki bisa mencapai 6.000 sampai 7.000 orang.

Harga Tiket Masuk Umbul Besuki

Harga tiket masuknya cukup terjangkau. Sedangkan untuk tiketnya sudah termasuk biaya untuk menikmati fasilitas seperti toilet atau kamar ganti. Namun, terdapat biaya tambahan untuk parkir kendaraan.

Harga Tiket Masuk dan Fasilitas
Tiket masukRp5.000/orang
Parkir motor/mobilRp2.000/Rp5.000
KulinerRp2.500-Rp60.000

Baca: Umbul Ponggok Tiket & Aktivitas

Jam Buka Umbul Besuki

Umbul Besuki buka setiap hari mulai dari pagi hingga sore hari. Jika ingin menikmati suasana yang teduh, pilih waktu pada pukul 08.00 atau 15.00. Selain itu, agar lebih nyaman saat berendam, datanglah ke sini pada hari biasa dan saat cuaca cerah.

Jam Operasional
Setiap hari07.00-16.00

Berenang Di Kolam Alami Umbul Besuki

pengunjung yang terlihat berendam di kolam Umbul Besuki
Umbul Besuki memiliki kolam yang berasal dari mata air alami yang terletak di dasar kolam dan mengandung beberapa mineral yang baik untuk kesehatan. Foto: Google Map/Dharyadi

Salah satu tujuan pengunjung datang ke sini yaitu untuk berendam di kolam yang tersedia. Airnya yang berasal dari mata air alami, dipercaya mengandung beberapa mineral yang berkhasiat untuk kesehatan. Terdapat 3 kolam rendam di sini, yakni 1 kolam dewasa dan 2 kolam untuk anak-anak. Selain kolam tersebut terdapat sebuah kolam lagi yang berisi ikan untuk terapi. Meski berisi ikan, kolam ini sama sekali tidak berbau amis.

Kedalaman kolam dewasa di sini berkisar 1,5 m sampai 1,7 m. Untuk kolam anak, kedalamannya menyesuaikan tinggi badan anak-anak pada umumnya. Diameter kolam renang yang ada di sini sekitar 10 sampai 15 meter. Mata air di umbul ini terletak di dasar salah satu kolamnya. Umbul Besuki dikelilingi oleh banyak pohon Jati Belanda. Hal itu membuat suasana berendam di sini menjadi sejuk. Selain suasana, udara di sini juga sejuk sehingga bisa membuat betah dan rileks. Tidak hanya pepohonan, di sekitar umbul juga terdapat pemandangan sawah, sungai, dan bukit.

Baca: Alun-alun Klaten: Pusat Hiburan Warga Tengah Kota

Menikmati Pemandangan

pemandangan di sekitar kolam Umbul Besuki
Kawasan wisata yang menawarkan pemandangan alam yang indah seperti pepohonan di sekitar kolam, hamparan sawah, sampai sungai yang berada di bawah lokasi umbul. Foto: Google Map/Widhan Fachrizal

Banyak cara untuk menikmati pemandangan dan suasana di Umbul Besuki, salah satunya yaitu di tepi kolam dan sekitarnya. Di sini terdapat jalan setapak yang nyaman untuk dilalui. Selain itu, tersedia juga beberapa bangku dengan payung café untuk bersantai. Tidak jauh dari bangku-bangku tersebut juga tersedia beberapa gazebo. Rimbunnya pepohonan merupakan pemandangan yang bisa dinikmati di sini.

Sambil duduk di sekitar kolam, pengunjung bisa bersantai sambil mencicipi kuliner yang ada restoran. Beberapa menu makanan yang tersedia seperti tempe mendoan, ikan bakar, lalapan, wedang uwuh, dan minuman dingin.

Selanjutnya, jika berjalan ke atas bukit yang juga merupakan lokasi berkemah, pemandangan hamparan padi di sawah akan terlihat. Setelah puas melihat sawah dari atas bukit, pengunjung bisa turun ke bawah melalui tangga batu. Di bawahnya terdapat aliran sungai dengan air yang menyejukkan sudah menanti.

Baca: TAMAN LAMPION Klaten Tiket & Zona Rekreasi

Area Berfoto Menarik

pengunjung yang berfoto di sungai yang ada di bawah Umbul Besuki
Salah satu tempat berfoto yang menarik di sini yaitu adanya sungai yang berlokasi di bawah area Umbul Besuki. Foto: Google Map/Yunan Smart

Salah satu kegiatan menarik di sini yaitu berfoto di dalam air kolam pemandian. Airnya yang jernih bisa membuat hasil foto terlihat jelas. Selain itu, di tepi kolam bisa menjadi tempat yang bagus untuk berfoto. Sambil mencelupkan kaki dan menikmati terapi ikan, pengunjung bisa sambil berfoto dengan latar pepohonan. Area lain yang tak jauh dari kolam dan cocok sebagai tempat berfoto yaitu di jalan setapak. Tidak hanya itu, gazebo dan bangku-bangku di sini juga bisa menjadi tempat berfoto yang ciamik.

Bukit perkemahan dan sungai yang berada di bawah umbul juga bisa menjadi tempat untuk berfoto. Di atas bukit, panorama hamparan sawah bisa menjadi latar belakang foto alam yang indah. Sedangkan di sungai, ambil foto dengan pose duduk atau sedang bermain air di tepi sungai. Jika berani, coba berfoto di tengah sungai. Tak perlu takut untuk berfoto tengah karena sungai ini memiliki arus yang tidak terlalu deras. Tidak hanya tempat-tempat tersebut, poster landmark area wisata ini juga bisa menjadi pilihan untuk berfoto.

Fasilitas

Area wisata Umbul Besuki sudah memiliki beberapa fasilitas dasar seperti toilet, kamar mandi bilas, musala, dan area parkir kendaraan. Selanjutnya ada tersedia restoran, gazebo, bangku dengan payung café, pendopo, wahana outbound, dan lokasi untuk berkemah. Bagi yang ingin bermalam bisa menginap di beberapa homestay yang ada di sekitar kawasan.

Lokasi Umbul Besuki

Umbul Besuki berlokasi di Dukuh Kringan, Desa Ponggok, Kecamatan Polanharjo, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah. Jarak area wisata ini dengan pusat kota Klaten yaitu 18,5 km jika melalui jalan Klaten-Ngupit. Lalu, untuk jalur tercepatnya, bisa melalui jalan Karanganom dengan jarak tempuh 14,8 km. Melalui jalan tersebut, pengunjung bisa menempuh perjalanan selama 28 menit.

Tanggapan:

4.6 / 5. dari 17

Berikan Rating