Beranda Tiket Wisata

BUKIT HOLBUNG Tiket & Aktivitas November 2021

Bukit HolbungHarga Tiket: Rp5.000Jam Buka: 24 JamNo Telp: -Alamat: Dolok Raja, Harian, Samosir, Sumatera Utara, Indonesia, -

Bukit Holbung merupakan tempat wisata alam yang berada di Huta Holbung, Samosir. Bukit ini terkenal sebagai salah satu tempat terbaik untuk menikmati alam Toba. Tak hanya itu, banyak wisatawan yang memanfaatkan kawasan bukit ini untuk berkemah.

Huta Holbung merupakan sebuah desa yang berada di Kabupaten Samosir. Desa Holbung ini memiliki suasana yang cukup tenang dan nyaman. Jumlah penduduknya juga belum terlalu banyak yakni sekitar 500 penduduk. Banyak wisatawan yang datang untuk sekedar melepas penat dan lokasi yang paling banyak digemari adalah area perbukitan hijau ini.

Harga Tiket Masuk Bukit Holbung

Untuk dapat bermain ke area wisata ini, biaya masuknya cukup terjangkau. Untuk retribusi tenda bukan merupakan biaya penyewaan tenda melainkan biaya untuk keamanan saat berkemah.

Harga Tiket
Tiket MasukRp5.000

Baca: 4 Tempat Wisata Terbaik di Samosir

Jam Operasional

Seperti objek wisata alam pada umumnya, Bukit Holbung buka setiap hari dari pagi hingga malam.

Jam Operasional
Senin – Minggu24 Jam

Aktivitas Wisata di Bukit Holbung

Melihat keindahan Danau Toba dan sekitarnya dari Puncak Holbung
Inilah keindahan Danau Toba yang dapat terlihat dari Puncak Bukit Holbung – Foto : googlemaps/ Leonardo FW

Tak hanya sekedar menyaksikan fenomena alam semata, pengunjung dapat melakukan beragam aktivitas menyenangkan ketika berada di sini. Berikut hal menarik yang ada selama berada di area perbukitan hijau ini.

Baca: 5 Tempat Wisata Terbaik di Area Danau Toba

Menenangkan Diri di Puncak Bukit

Jalur pendakian menuju Puncak Bukti Holbung yang dapat dilalui pengunjung
Jalur setapak menuju Puncak bukit dengan pemandangan sabana yang hijau – Foto : Googlempas/ Andr Tv

Aktivitas satu ini merupakan aktivitas yang paling wisatawan gemari. Berada di Puncak Bukit Holbung, pengunjung dapat menyaksikan birunya air Danau Toba dengan barisan pegunungan di sekelilingnya. Udara yang sejuk dan suasana yang jauh dari kebisingan mampu membuat diri menjadi lebih tenang.

Perjalanan menuju puncak bukit memang cukup menguras tenaga dan waktu. Perlu sekitar 10 sampai 15 menit untuk bisa sampai ke puncak bukit melewati jalan setapak yang telah disemen dengan pemandangan ilalang di sisi-sisinya. Ketika berada di puncak, kegiatan menarik lainnya adalah menyaksikan matahari terbit atau terbenam.

Berkemah

Tenda-tenda pengunjung yang sedang berkemah di bukit
Area bukit kerap dijadikan tempat berkemah wisatawan – Foto : Googlemaps/ Ari Yansyah

Banyak pendaki sengaja datang ke sini untuk berkemah. Merasakan nikmatnya udara malam dari ketinggian bukit sembari menyaksikan keindahan alam sekitar. Lokasi yang paling sering digunakan untuk berkemah adalah puncak-puncak terdekat dari pintu masuk. Meski tak menutup kemungkinan ada pendaki yang membangun tendanya di puncak terakhir.

Baca: MENARA PANDANG TELE Tiket & Atraksi Terbaik

Sayangnya belum ada penyewaan tenda di objek wisata ini, sehingga pengunjung yang ingin berkemah perlu menyiapkan dan membawa tendanya sendiri. Demi kenyamanan pendaki juga sangat disarankan menggunakan sepatu selama pendakian. Sedangkan untuk masalah keamanan, keadaan saat malam hari cukup aman dan nyaman.

Pesona Alam Bukit Holbung

Pengunjung tengah berfoto dengan latar Danau Toba di area perbukitan
Keindahan panorama bentang alam Danau Toba dilihat dari area perbukitan. – Foto: Googlemaps / Ayu Ariska

Bukit Holbung ini mempunyai julukan saudara Kembar Bukit Padar di Labuan Bajo. Walau tidak identik namun keindahan alam yang disajikan cukup serupa. Bukit rumput yang memanjang dengan jurang yang curam menyusur danau di sisinya mampu mengingatkan pengunjung pada Bukit Padar.

Kecantikan alam yang tersaji amat sayang untuk dilewatkan. Tak sedikit wisatawan mengabadikan momen tersebut dalam foto. Berlatar belakang Danau Toba, rumput ilalang berwarna hijau menjadikan hasil foto sangat menarik hati.

Saat musim kemarau tiba pun, keindahan Bukit Teletubbies ini tak berkurang. Padang rumpu dan ilalang yang sebelumnya berwarna hijau akan berubah menjadi cokelat keemasan yang semakin memukau.

Baca: AIR TERJUN EFRATA Tiket & Ragam Aktivitas

Mitos Bukit Holbung

Bukit Holbung sebenarnya telah ada sejak lama, usia bukit ini telah mencapai 200 tahun. Kendati demikian, keindahan alam yang ada tetap terjaga sampai sekarang. Pengunjung dapat menghabiskan waktu sekedar menenangkan diri saat berada di puncak bukit.

Usut punya usut terdapat sebuah mitos terkait puncak bukit. Konon bagi siapapun yang berhasil mendaki hingga ke puncak di bukit ke delapan, maka perjalanan cintanya akan mulus. Terdengar mudah namun perlu waktu tempuh dan tenaga yang tidak sedikit untuk bisa menyelesaikan misi ini.

Fasilitas

Sebagai objek wisata alam terbuka, fasilitas yang ditawarkan oleh Bukit Holbung terhitung cukup lengkap dan baik. Fasilitas tersebut terdiri dari Parkir kendaraan, Toilet yang terletak dekat dengan pintu masuk, warung-warung penjual makan dan minuman di sekitaran pintu masuk. Untuk tempat ibadah berada sekitar 10 sampai 15 menit dari lokasi.

Baca: Batu Kursi Raja Siallagan Tiket & Ragam Atraksi

Lokasi Bukit Holbung

Objek wisata perbukitan hijau ini berada di Huta Holbung, Dolok Raja, Kecamatan Harian, Kabupaten Samosir, Sumatera Utara. Untuk mencapai lokasi Bukit Holbung, terdapat dua rute yang kerap digunakan oleh pengunjung. Rute pertama dari Kota Medan menuju Tele dan rute kedua dari Kota Medan menuju Siantar, Parapat dan berakhir di Samosir.

Tanggapan:

4 / 5. dari 2

Kasi Bintang