BUNKER BATUJAJAR Harga Tiket Masuk & Daya Tarik Februari 2024

BUNKER BATUJAJAR

  • Harga Tiket Masuk: Gratis
  • Jam Buka: 24 Jam
  • Nomor Telepon: -
  • Alamat: Manglid, Cangkorah, Batujajar, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat , Indonesia, 40561

Bunker Batujajar sebuah situs bersejarah yang diperkirakan telah ada sejak masa penjajahan Belanda. Berdiri di tengah-tegah area hijau tepat di tepi waduk Saguling. Bunker pertahanan militer yang masih berdiri kokoh hingga saat ini. Meskipun warna catnya sudah memudar mengingat usia bangunannya sudah sangat tua.

Letak bunker yang berhadapan dengan waduk Saguling memang menjadi daya tarik tersendiri. Karena selain mengunjungi bangunan bersejarah, pengunjung bisa sekalian menikmati pemandangan danau. Banyak juga aktivitas seru dapat pengunjung lakukan seperti piknik, naik perahu hingga berkemah.

Harga Tiket Masuk Bunker Batujajar

Tidak ada pungutan tiket masuk bagi pengunjung yang datang ke Bunker Batujajar alias gratis. Semua keindahan alam danau dan bangunan tua eksotis ini bisa dinikmati secara cuma-cuma.

Baca: Danau Wakadobol Bandung & Wisata Ekstrem Terlarang

Jam Buka Bunker Batujajar

Lokasi wisata ini selalu buka setiap saat, Bunker Batujajar bisa didatangi kapan saja karena buka setiap hari. Waktu terbaik berkunjung adalah pagi sebelum jam 12 siang, atau sore sekitar jam 4. Hal itu untuk menghindari panas matahari, mengingat lokasinya berada di area lapang yang terbuka.

Daya Tarik Bunker Tua Yang Unik

Bangunan tua Bunker Batujajar
Bangunan bunker yang masih berdiri kokoh hingga saat ini . Foto: google maps/Radio backpacker guesthouse

Di lokasi ini terdapat bunker kecil yang ada di daratan pinggir waduk Saguling. Bagian depan bangunan bunker mempunyai ruang berbentuk setengah lingkaran dengan beberapa lubang di depannya. Kemudian ada ruangan lain yang menempel di belakangnya dan posisinya tinggi. Di bagian belakang bangunannya terdapat tangga dan pengunjung bisa menaikinya.

Bunker yang berwarna hijau terlihat sudah memudar khas bangunan tua. Meskipun pudar justru terlihat cantik sebagai obyek foto bertema vintage. Selain itu tak sedikit pula pengunjung yang berselfi di sekitar bangunan bunker.

Ada Batuan Mirip Bunker Di Dalam Air

Selain bunker pinggir waduk, ternyata di tempat ini terdapat bunker lain yang ada di dalam air. Mungkin bukan bunker asli, tetapi batuan unik yang mirip dengan bunker. Letaknya sekitar 25 meter dari Bunker Batujajar, di dalam waduk. Batuan yang mirip bunker tidak dibangun oleh siapapun tetapi terbentuk secara alami.

Batuan mirip bunker akan terlihat pada saat air waduk sedang surut. Biasanya di bulan Agustus atau September air akan surut sehingga pengunjung dapat melihatnya. Saat air pasang, sayangnya obyek tersebut tidak akan bisa terlihat.

Sunset Di Bunker Batujajar

Destinasi wisata Bunker Batujajar mempunyai lokasi yang nyaman dan asri. Areanya lapang ditumbuhi rerumputan hijau dan terdapat pohon-pohon untuk tempat berteduh. Selain untuk nongkrong menikmati keindahan Waduk Saguling, area ini juga sering menjadi lokasi menyaksikan sunset.

Sambil menunggu sunset, pengunjung bisa piknik dan menggelar karpet di rerumputan pinggir waduk. Pengunjung sebaiknya membawa makanan sendiri karena di tempat ini belum ada yang berjualan. Pengunjung yang ingin menyaksikan sunset bisa datang sebelum jam 6 sore. Panorama matahari terbenam di sekitar bunker sangat indah, terlebih dengan kombinasi perairan waduk.

Suasana Nyaman Untuk Healing

Healing di Bungker Batujajar
Healing dan santai di tepi danau sekitar bunker. Foto: google maps/Rizki Nursaefurohman

Kawasan bunker tersebut cocok bagi wisatawan yang menginginkan wisata sambil healing. Lokasinya yang tersebut cukup tersembunyi dan jauh dari keramaian. Udaranya sejuk berpadu dengan semilir angin yang menangkan akan melengkapi kenyamanan. Pemandangan waduk juga sangat cantik dan memanjakan mata, pengunjung bisa santai sambil menikmati panoramanya.

Naik Perahu Keliling Waduk

Naik perahu berkeliling Waduk Saguling
Naik perahu berkeliling Waduk Saguling. Foto: google maps/Indriani

Pengunjung yang datang ke Bunker Batujajar bisa mencoba wahana perahu. Sangat mengasyikkan untuk keliling Waduk Saguling menaiki perahu beramai-ramai. Wahana perahu ini berbayar namun harganya masih sangat terjangkau.

Ada juga perahu yang berfungsi sebagai transportasi ke kota sebelah. Melalui waduk, pengunjung bisa menyeberang dengan perahu untuk menuju ke Kota Baru Parahyangan. Begitu pun sebaliknya, dari Kota Baru Parahyangan bisa mengakses ke tempat wisata ini menggunakan perahu.

Camping Di Kawasan Bunker Batujajar

Berkemah di area Bungker Batujajar
Berkemah di area bunkerr. Foto: google maps/Shyfa Berlianty

Kawasan Bunker Batujajar sering menjadi lokasi camping bagi wisatawan karena areanya luas. Bagi yang ingin berkemah di area ini wajib membawa perlengkapan sendiri. Pengunjung bisa membawa kompor portable untuk memanggang barbeque.

Bagi yang tidak punya peralatan tenda di kawasan Batujajar terdapat tempat penyewaan tenda dan berbagai peralatan camping. Misalnya Arjuna Camp Rental atau Batujajar Rental Camp yang lokasinya 8 km dari Bunker Batujajar.

Sering Menjadi Lokasi Latihan TNI

Berfoto di atas Bungker
Pengunjung sedang berfoto di atas Bunker. Foto: google maps/pengelana. Saja

Bangunan Bunker Batujajar lokasinya di kawasan militer Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat. Tak heran kalau wilayah itu sewaktu-waktu bisa menjadi lokasi anggota tentara guna pelatihan fisik. Selain itu kadang area bunker bisa menjadi tempat pelatihan menembak. Tetapi di hari-hari biasa, lokasi tersebut akan menjadi destinasi wisata menarik sekaligus spot foto.

Akses Jalan

Lokasi dari Bunker Batujajar agak tersembunyi, beberapa jalur jalan masih belum beraspal. Aksesnya terbilang cukup sulit karena jalannya masih tanah dan berbatu. Sepanjang perjalanan menuju bunker, pengunjung bisa menikmati pemandangan perkebunan dan area persawahan. Sebaiknya datang pada musim panas karena kalau musim hujan akses jalan akan berlumpur.

Untuk mobil masih bisa mengakses lokasi ini tetapi jalan cukup sempit. Jalan di area persawahan hanya cukup untuk satu mobil saja. Pengunjung disarankan untuk membawa kendaraan roda dua.

Fasilitas

Di sekitar Bunker Batujajar belum terdapat fasilitas toilet dan belum ada penjual makanan. Pengunjung bisa menemukan toilet kalau perjalanannya menyusuri sisi dari arah Kota Baru Parahyangan. Di perjalanan akan ada toilet bersebelahan dengan warung kopi. Hal baiknya adalah tempat ini memiliki fasilitas rekreasi seperti perahu dan area perkemahan yang luas.

Lokasi Bunker Batujajar

Destinasi wisata ini berlokasi di Manglid, Cangkorah, Kec. Batujajar, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat 40561. Dari Pusat Kota Bandung ke Bunker Batujajar berjarak 21 km. Bila menempuhnya dengan berkendara memerlukan waktu sekitar 1,5 jam.

Rating Pembaca

4.6 - 27 Pembaca

Berikan Nilai

Bagikan Konten ke: