Tebing Karaton
Harga Tiket: Rp15.000 Jam Buka: 08.00-16.00 WIB No. Telepon: - Alamat: Lembang, Ciburial,Cimenyan,Bandung Barat,Jawa Barat,Indonesia,40198.

Tebing Keraton atau lebih dikenal dengan Tebing Keraton berada di ketinggian 1200 mdpl. Tebing ini menawarkan keindahan alam dari jejeran hutan pinus. Selain itu saat dari tebing ini, hamparan keindahan kota Bandung bisa terlihat lebih apik. Tempat wisata yang sangat cocok bagi pencinta kegiatan alam.

Selain menawarkan keindahan alam dan perbukitan, beragam aktivitas bisa dilakukan di sini. Mulai dari kegiatan menantang sampai kegiatan relaksasi. Tidak salah memang tebing ini menjadi salah satu tujuan favorit wisatawan yang berkunjung ke lembang.

Harga Tiket Masuk Tebing Keraton Lembang

Wisatawan yang ingin menikmati keindahan alam di kawasan wisata ini akan dikenakan biaya tiket. Harga tiket masuk cukup terjangkau dibanding dengan pengalaman yang akan didapat.

Harga Tiket Masuk Tebing Keraton Bandung
Tiket Masuk*Rp15.000

Pengunjung yang datang dan membayar tiket Tahura sudah mendapat akses masuk ke Tahura Maribaya dan Tebing Keraton

Baca: Bukit Moko Bandung Tiket & Aktivitas

Jam Buka Tebing Keraton

Objek wisata ini bisa dikunjungi setiap hari. Jika tidak berkemah bisa datang pagi hari untuk menikmati sunrise di Tebing Keraton. Sedangkan bagi yang ingin menunggu sunset bisa datang sore hari.

Jam Buka Tebing Keraton
Setiap Hari08.00 – 16.00 WIB

Kegiatan Wisata di Tebing Keraton

Keindahan kota bandung dan alam perbukitan menjadi sajian utama kawasan wisata perbukitan ini. Bentang alam yang eksotik didukung oleh infrastruktur wisata yang baik menjadi salah satu keunggulannya. Tidak ketinggalan beragam kegiatan yang bisa dilakukan di sini, semua akan menambah pengalaman baru bagi pengunjung. Berikut beberapa kegiatan yang bisa dilakukan di objek wisata ini.

Befoto Berlatar Jurang & Bukit

jurang dan perbukitan tebing keraton bandung
Keindahan lanskap pemandangan bukit dan jurang di tebing keraton lembang. Foto: Google Map/lanskap

Tebing di Lembang memiliki pemandangan alam yang menakjubkan. Dikelilingi hamparan hutan, membuat wisatawan enggan untuk tidak berfoto. Terdapat beberapa tempat foto favorit dan salah satunya adalah di bebatuan yang berada di pinggir tebing.

Pengunjung bisa duduk santai atau bergaya di batu/pinggir tebing tersebut sebelum difoto. Hasil foto akan terlihat menakjubkan. Ditambah jika foto diambil pada pagi hari saat masih berkabut. Namun, jika ingin berfoto di pagi hari, sebaiknya sudah sampai di tebing pukul 05.00 WIB.

Selain di atas tebing, pengunjung juga bisa berfoto di sepanjang jalur pendakian yang dibuat pengelola. Hal tersebut dikarenakan di ujung tebing, ramai pengunjung yang antri berfoto. Untuk mendapatkan pemandangan alam yang indah, bisa juga berfoto dari gardu pandang.

Baca: Puncak Bintang Bandung Tiket & Atraksi

Tebing Keraton Sunrise & Sunset

Pemandangan sunrise dan sunset
Menikmati pemandangan perbukitan ketika sunset atau sunrise bisa dilakukan dari area kawasan wisata ini. Foto: Google Maps/ Debby Stevia

Berada di ketinggian memungkinan pengunjung bisa melihat pemandangan matahari terbit dan tenggelam. Jika datang waktu pagi hari, semburat kuning sinar matahari, berpadu dengan hijaunya hutan dan kabut. Sedangkan saat sore hari, sinar keemasan mataharari bisa menjadi latar belakang untuk berfoto.

Waktu terbaik untuk datang saat pagi hari yaitu 05.00-07.00 WIB. Namun, untuk mendapatkan foto yang lebih bagus dan meminimalisir noise, bisa datang saat hari biasa. Hal tersebut disebabkan akan lebih banyak pengunjung yang datang saat akhir pekan.

Baca: Stone Garden Bandung Tiket & Aktivitas

Berkemah

Di kawasan Tebing Keraton terdapat camping ground. Untuk penggunaannya, bisa meminta ijin terlebih dahulu ke pengelola. Setelah itu, malamnya bisa menikmati suasana Bandung dari tebing. Pengunjung bisa melihat pemandangan lampu-lampu dari atas tebing seperti sedang di langit. Bisa juga menghemat waktu untuk sampai di atas tebing di pagi hari, untuk berfoto.

Trekking Menuju Bukit

trekking menuju bukit keraton
Pengunjung akan melakukan trekking untuk sampai ke bukit keraton. Foto: Google Map/ Antoni Oen

Pengunjung yang datang ke Tebing Keraton, tidak bisa langsung sampai di atas. Kendaraan seperti mobil harus diparkirkan terlebih dahulu sebelum naik ke tebing. Untuk sampai ke tebing perlu waktu 15-30 menit dengan berjalan kaki.

Di sepanjang perjalanan dari tempat parkir ke puncak tebing, pemandangan hijau hutan lebih mendominasi. Pemandangan yang indah akan membuat trekking lebih menyenangkan, terutama jika beramai-ramai. Pengunjung bisa menyusuri lintasan sambil sesekali berfoto sebelum sampai ke atas tebing.

Baca: Farm House Lembang Tiket & Wahana

Sarana Belajar

Di Tebing Keraton, Lembang terdapat onformasi seputar Sesar Lembang. Sesar atau patahan ini menurut Pusat Studi Gempa Bumi memiliki panjang 29 km. dengan pergerakan 3-5,5 mm/tahun ini, Sesar Lembang bisa merusak Bandung dan sekitarnya.

Dengan adanya rambu Sesar Lembang di dekat Tebing keraton bisa meningkatkan kewaspadaan. Agar pengujung bisa belajar atau tahu lebih banyak, di papan rambu dilengkapi dengan QR Code. Pengunjung terutama kaum muda, bisa melakukan scan di QR untuk mendapatkan informasi tersebut. Sehingga, selain berwisata, juga bisa belajar untuk lebih waspada dan siaga terutama saat gempa bumi terjadi.

Bersepeda

Besepeda di tebing keraton
Bersepeda merupakan salah satu kegiatan yang sering dilakukan pengunjung di kawasan tebing keraton. Foto: Google Maps/Fadil Aziz

Untuk sampai ke Tebing Keraton tidak hanya dengan berjalan kaki namun juga bersepeda. Di kawasan wisata ini terdapat lintasan bersepeda yang bisa dilewati (lintasan apa?). Saat melintas, baik naik atau turun, tidak jarang sepeda harus digotong karena kondisi track yang berbatu. Selain saat naik, menuruni gunung dengan sepeda (downhill) menjadi salah satu atraksi favorit bagi pesepeda.

Bermeditasi

Di Tebing Keraton sudah dibangun dek dengan alas dari kayu dan dipinggirnya dipasang pembatas besi. Di tempat ini, pengunjung bisa bermeditasi. Duduk sambil menenangkan pikiran sambil menikmati udara segar.

Baca: D’Dieuland Bandung Tiket & Aktivitas

Menikmati Hamparan Pinus

Hamparan pohon pinus bisa langsung dilihat setelah mencapai anak tangga dari pintu masuk. Pengunjung bisa berfoto seperti di hutan pinus. Ataupun bisa naik melewati lintasan dari konblokuntuk sampai ke gardu pandang. Sehingga pemandangan Bandung dan hutan pinus bisa dinikmati dari atas.

Cara Ke Tebing Keraton

Transportasi menuju kawasan wisata ini tidak terlalu sulit. Memang akan lebih mudah jika menggunakan kendaraan peribadi. Namun jika pilihannya kendaraan umum pengunjung bisa memulai dari rute terminal Leuwipanjang. Dari sini lanjutkan naik damri jurusan Leuwipanjang – Dago turun di simpang Dago dan lanjutkan naik angkot Ciburial.

Wisatawan yang membawa mobil bisa memarkirkan kendaraan di Dago Pakar. Lalu trekking menuju Tebing Keraton. Pengunjung yang membawa motor bisa langsung ke lokasi namun harus berhati-hati karena kondisi jalan yang tidak terlalu bagus.

Pilihan lainnya adalah menggunakan jasa ojek pangkalan. Biaya yang dikeluarkan tentu negosiasi, tapi rata-rata Rp30.000 untuk sekali jalan. Sedangkan jika meminta ojek menunggu dikenakan biaya Rp50.000 sudah termasuk untuk turun.

Fasilitas di Tebing Keraton Bandung

Pengelola kawasan wisata ini sudah menyediakan fasilitas umum. Beberapa diantaranya adalah tempat untuk beribadah dan juga kamar mandi. Di sekitar area wisata, banyak warung dengan beragam makanan dan minuman.

Lokasi Tebing Keraton Lembang

Kawasan wisata ini berada di Lembang, Ciburial, Cimenyan, Bandung Barat, Jawa Barat 40198. Untuk informasi, misalnya untuk pengambilan gambar prewedding atau iklan, bisa menghubungi (022) 2515895.

Perhatian: Harga Tiket dapat mengalami perubahan sewaktu-waktu terutama pada musim liburan dan lebaran. Ada baiknya untuk kepastian harga tiket langsung menghubungi tempat wisata terkait.
Sangat BurukBurukBiasaBagusSangat Bagus 4,68 | 41 Pembaca

7 KOMENTAR

    • Untuk kunjungan ke Tebing Keraton, Pengunjung dapat melakukan reservasi tiket melalui tahuradjuanda.jabarprov.go.id/contact. Terima Kasih

  1. Halo min, mau tanya. Apa tebing keraton sudah dibuka kembali untuk umum? Dan kalo udah buka, pembelian tiketnya online atau secara langsung?

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan berkomentar
Silakan masukkan nama Anda di sini