Beranda Tiket Wisata

WADUK SAGULING: Wisata Danau Asri - November 2020

Waduk Saguling
Harga Tiket: Gratis Jam Buka: 24 Jam No. Telepon: - Alamat: Cibaregbeg Pasir Nangka,Saguling,Bandung Barat,Jawa Barat,Indonesia,-.

Wisata di Bandung Barat seringkali langsung dihubungkan dengan Lembang. Karena Lembang identik dengan pemandangan alamnya berupa pegunungan yang memukau. Serta kesejukan alamnya yang begitu nyaman. Namun, Bandung Barat juga memiliki wisata air yang tak kalah indah, yaitu Waduk Saguling.

Waduk Saguling merupakan salah satu waduk besar di Jawa Barat. Kini fungsinya tidak hanya sebagai PLTA dan bendungan saja. Tapi juga difungsikan sebagai objek wisata yang layak dikunjungi. Apalagi infrastrukturnya sudah dibangun dengan sangat baik, sehingga nyaman berwisata di sini.

Harga Tiket Masuk Waduk Saguling

Objek wisata ini merupakan objek wisata yang ramah wisatawan. Tidak hanya infrastruktur yang sudah dibangun dengan baik. Tapi juga tiket masuk yang sangat ramah, bahkan gratis tanpa biaya. Yang tentu membuat wisatawan tidak enggan untuk berkunjung.

Harga Tiket Masuk
Tiket masukGratis

Baca: 60+ Destinasi Wisata Terbaik di Bandung

Jam Operasional

Objek wisata ini lazimnya dikunjungi saat pagi hingga sore hari. Gerbang tiket pun dijaga dari pagi hingga sore. Dan memang, aktivitas wisatawan serta masyarakat sekitar aktif di siang hari. Dan pada malam hari menjadi sepi tanpa pengunjung.

Jam Operasional
Setiap hari24 jam

Wisata Indah Ramah Wisatawan

Bersepeda jadi salah satu Alternatif Menikmati Waduk Saguling
Bersepeda jadi salah satu Alternatif Menikmati Waduk Saguling. Foto: Gmap/Iqbal Dani Pradana

Sebelum memasuki kawasan waduk, dari jauh pengunjung akan disambut dengan pemandangan menara. Menara pengawas waduk ini bentuknya seperti cerobong asap. Dari sini, pengunjung akan melewati persimpangan menuju waduk. Baru selanjutnya, melewati pemukiman penduduk hingga sampai ke lokasi waduk.

Waduk Saguling begitu besar dan tampak megah untuk bangunan bendungan. Dimana, waduk ini dibendung oleh jembatan besar yang sudah dibeton. Yang mana jembatan membendung waduk untuk menahan aliran air waduk. Airnya begitu deras mengalir, tampak riak air yang begitu putih dari terjunannya.

Baca: 5 Danau Wisata Terbaik di Jawa Barat

Dilihat dari infrastruktur waduk, tempat ini memang telah dibangun dengan perhitungan yang baik. Bendungan dari batu membendung luasnya danau, seolah menjadi dinding penghalang yang kokoh. Danaunya sendiri memiliki air yang begitu jernih. Luas menghampar bak cermin alam yang memantulkan gambaran langit nan indah.

Dari PLTA hingga Tempat Wisata

Keindahan Pemandangan dari Waduk Saguling
Keindahan Pemandangan dari Waduk Saguling. Foto: Gmap/Anita Yuliani

Waduk Saguling berlokasi di ketinggian 643 mdpl, memang tidak terlalu dingin, namun udara cukup sejuk. Waduk ini menjadi salah satu waduk yang membendung Sungai Citarum. Dimana dua diantaranya adalah Waduk Cirata dan Waduk Jatiluhur. Yang kesemuanya dikelola oleh PT Indonesia Power, anak perusahaan dari Perusahaan Listrik Negara (PLN).

Awalnya, waduk ini dibangun dengan tujuan menghasilkan tenaga listrik, dengan kapasitas 700 MW. Namun, jika di kemudian hari ada peningkatan kebutuhan listrik, dapat ditingkatkan menjadi 1.400 MW. Dimana, peningkatan ini di bawah pertanggung jawaban dari Proyek Induk Pembangkit Hidro (PIKITDRO), dari PLN. Adanya tempat ini justru digunakan oleh masyarakat untuk kebutuhan sehari – hari, seperti mandi dan lainnya.

Baca: SITU PATENGGANG Tiket & Ragam Aktivitas Menarik

Melihat kondisi ini, dibangunlah infrastruktur tempat ini supaya menyaring kotoran – kotoran tersebut sehingga tidak mencemari. Kemudian dibangunlah pipa – pipa raksasa membelah perbukitan di sini. Infrastruktur juga semakin dipercantik dan dibangun dengan indah. Sehingga membuat wisatawan nyaman saat berkunjung ke sini.

Bunker Batujajar yang menjadi Spot Foto Incaran

Bungker Batujajar yang Fotogenik
Bungker Batujajar yang Fotogenik. Foto: Gmap/Novic Andriansyah

Di tepi sekitar Waduk Saguling, terdapat sebuah tempat bersejarah berupa bunker. Bunker ini diperkirakan sudah ada sejak zaman kolonial Belanda atau Jepang. Lokasinya berada di dekat waduk, tepatnya di kawasan militer TNI AD. Yang mana kawasan ini seringkali digunakan untuk latihan tembak para tentara.

Meski begitu, wisatawan bisa datang bebas di sini jika tidak ada latihan para TNI. Betapa tidak menggoda, lokasinya yang menyendiri dengan dikelilingi rerumputan sangatlah indah. Apalagi, posisi bungker berada di tepi waduk, dimana perairan danau terlihat begitu jelas. Tujuan utama wisatawan mengunjungi lokasi bungker adalah untuk berfoto.

Baca: Situ Ciburuy Wisata Di Kesejukan Danau Hijau

Bunker yang bentuknya setengah lingkaran dengan bangunan persegi di atasnya ini sangat menarik. Cat pada bagian luarnya yang sudah pudar menandakan tempat ini sudah lama tidak digunakan. Yang mana justru membuatnya terlihat begitu artistik, berpadu dengan rerumputan hijau di sekitarnya. Tak heran, hasil dari foto di lokasi ini begitu instagenik, dan lebih indah kala sore.

Berkeliling di Jernihnya Air Danau Waduk Saguling

Indahnya Pemandangan Sore di Waduk Saguling
Indahnya Pemandangan Sore di Waduk Saguling. Foto: Gmap/Novic Andriansyah

Di sini, wisatawan dapat berkeliling danau dengan perahu tradisional bermesin. Berkeliling di perairan membawa suasana damai yang menenangkan. Mendengar percikan air yang dilalui oleh perahu. Disertai bau khas perairan danau yang segar.

Tampak dari kejauhan, pepohonan hijau yang tumbuh di tepian waduk. Pemandangan nun jauh lainnya adalah pegunungan yang juga tampak hijau. Sesekali tampak pepohonan yang tentu jika dari dekat, adalah pohon yang paling besar. Pemandangan hijau dan jernihnya danau seolah menyatu dengan birunya langit.

Baca: FLOATING MARKET Lembang Tiket & Ragam Aktivitas

Dalam pelayaran perahu ini, pengunjung akan diajak mampir ke area tambak milik masyarakat. Tambak ini merupakan tempat untuk budidaya ikan air tawar. Pengunjung dapat langsung membeli ikan di sini. Untuk disantap di tepi waduk atau dibawa pulang sebagai oleh – oleh.

Lokasi Waduk Saguling

Seperti namanya, objek wisata ini berada di Kecamatan Saguling, Kabupaten Bandung Barat. Untuk mencapainya, wisatawan harus menggunakan kendaraan pribadi, karena tidak ada angkutan umum yang melintas.

Perhatian: Harga Tiket dapat mengalami perubahan sewaktu-waktu terutama pada musim liburan dan lebaran. Ada baiknya untuk kepastian harga tiket langsung menghubungi tempat wisata terkait.
Sangat BurukBurukBiasaBagusSangat Bagus 5,00 | 1 Pembaca

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan berkomentar
Silakan masukkan nama Anda di sini