Beranda Tiket Wisata

CURUG MALELA Tiket & Daya Tarik - Oktober 2020

Curug Malela
Harga Tiket: Rp10.000 Jam Buka: 08.00 - 17.00 No. Telepon: - Alamat: Sindangjaya,Gununghalu,Bandung Barat,Jawa Barat,Indonesia,-.

Curug Malela yang ada di Bandung Barat meski tidak tinggi tapi menawarkan pemandangan cukup eksotik. Air terjun yang melebar dengan beberapa tingkat melewati bebatuan besar.  Belum lagi area sekitar yang masih hijau dan asri di lokasi air terjun yang berada di ketinggian 837 MDPL.

Dulunya, air terjun ini begitu terpencil karena harus melewati hutan dengan pepohonan yang rimbun. Kini, Curug Malela telah disulap menjadi objek wisata yang menjadi tujuan utama wisatawan. Air terjunnya begitu unik, melebar dengan aliran yang deras, seolah seperti Air Terjun Niagara. Serta dibangunnya arena pejalan kaki dan panggung terbuka membuatnya tampak lebih indah.

Harga Tiket Masuk Curug Malela

Objek wisata ini begitu indah dengan pengelolaan yang baik. Meski begitu, tiket masuk bagi wisatawan masih sangat terjangkau. Selain tiket masuk, wisatawan juga akan dikenakan tarif parkir sesuai kendaraan. Jika tidak ingin kelelahan, wisatawan juga dapat menggunakan ojek yang tersedia di dekat pintu masuk.

Harga Tiket Masuk
Tiket masukRp 10.000
Tarif Parkir
MotorRp 2.000
MobilRp 5.000
Tarif OjekRp 30.000 (jika menggunakan ojek)

Baca: 7 Curug Terbaik di Bandung

Jam Operasional

Objek wisata ini dapat dinikmati dari pagi hingga sore hari. Karena pada malam hari, pencahayaan belum cukup memadai. Wisatawan pun belum dapat mengadakan camping di area air terjun. Karena arus air terjun cukup deras, sehingga dapat membahayakan keselamatan wisatawan.

Jam Operasional
Setiap hari08:00 – 17:00 WIB

Mengagumi The Little Niagara Milik Indonesia

Wisatawan Berfoto di depan Aliran Air Terjun
Wisatawan Berfoto di depan Aliran Air Terjun. Foto: Gmap/Apid Hidayat

Amerika boleh punya Air Terjun Niagara, tapi Indonesia tentu boleh punya Curug Malela. Tepatnya berada di Bandung Barat, berdiri sebuah air terjun indah bernama Curug Malela. Mata air terjunnya berasal dari hulu sungai bagian utara Gunung Kendeng. Dimana merupakan gunung berapi yang sudah tidak aktif, di sebelah barat Ciwidey.

Air terjun yang memiliki ketinggian 60 meter dan lebar 70 meter ini memiliki lima jalur aliran. Semua air terjunnya deras dan begitu jernih, hingga hanya terlihat putih seperti tirai. Kemegahan langsung terpancar dari air terjun ini, yang mempesonakan siapapun memandangnya. Bahkan, tak sedikit wisatawan yang menjulukinya sebagai The Little Niagara.

Baca: Wisata Curug Maribaya Tiket & Aktivitas

Dinding air terjun berupa batuan berwarna kecokelatan, tampak seluruhnya basah karena aliran air terjun. Di sekitar air terjun banyak tumbuh pepohonan dan semak yang begitu rimbun dan lebat. Bahkan, seolah menyelimuti seluruh kawasan di sekitar hingga hanya menyisakan bagian air terjun yang terbuka. Sungguh keindahan yang tampak begitu sempurna memanjakan mata.

Lokasi Instagramable Tersembunyi

Batuan di depan Air Terjun
Batuan di depan Air Terjun. Foto: Gmap/Vicka Indriastuti

Dulunya, air terjun ini begitu tersembunyi di dalam hutan dan sulit untuk dijangkau. Namun kini, jalur menuju air terjun sudah dibuka, bahkan dapat dilalui ojek motor. Objek wisata ini semakin dirawat dengan dilengkapinya berbagai spot foto. Meskipun air terjunnya sendiri sudah terlihat begitu indah.

Di sini, terdapat pelataran berbentuk lingkaran dengan tulisan Curug Malela. Di sekelilingnya terdapat pagar besi setinggi kurang lebih satu meter, sehingga pengunjung dapat dengan aman berfoto di sini. Ada juga jembatan yang menghubungkan pelataran ini, dengan lantai kayu dan pagar dari besi putih. Perpaduan warna cokelat dan putih begitu indah berpadu dengan latar belakang air terjun.

Baca: CURUG CIMAHI Bandung Tiket & Pesona Keindahan

Di depan air terjun, terdapat bongkahan batu – batuan besar. Dari sana pengunjung juga dapat berfoto, namun harus berhati – hati supaya tidak terpeleset. Spot foto favorit pengunjung adalah di pelataran dengan tulisan Curug Malela ini. Serta di bagian jembatan dengan latar belakang pemandangan air terjun yang mempesona.

Tahan Keinginan Berenang di Curug Malela

Pemandangan Indah menuju air terjun
Pemandangan Indah menuju air terjun. Foto: Gmap/Sadat Bahri

Curug Malela memang sangatlah indah. Pengunjung dapat berfoto dengan berbagai spot foto yang ditawarkan. Sayangnya, di sini tidak diperbolehkan untuk berenang. Hal ini dikarenakan kolam di bawah curug cukup berbahaya jika digunakan berenang.

Karena aliran air terjun yang begitu deras, sehingga berbahaya berada di dekatnya. Ditambah lagi, banyaknya batuan yang memenuhi hampir di seluruh sungai. Menyembul dengan ukuran yang besar hingga aliran air mengalir melalui sela – sela saja. Sehingga memang sebaiknya, di sini pengunjung tidak disarankan berenang.

Baca: Curug Cipanas Lembang Tiket & Aktivitas

Kisah Mistis di Curug Malela

Aliran Deras Curug Malela
Aliran Deras Curug Malela. Foto: Gmap/Rezha Arya Syahputra

Terlepas dari keindahannya, ternyata objek wisata ini menyimpan kisah mistis tersendiri. Kabarnya, nama Malela diambil dari nama Eyang Tadjimalela. Yang mana, beliau adalah penguasa kawasan air terjun. Dan terkadang, beliau menampakkan diri kepada para wisatawan.

Hal ini menurut pengakuan seorang pengunjung yang tengah berfoto dengan latar belakang air terjun. Ketika hasil jepretan dilihat, tertangkap soso bayangan kakek – kakek berjenggot dengan baju serba putih. Kebenarannya tentu masih dipertanyakan, apakah benar atau hanya mitos. Namun, begitulah kisah yang diyakini masyarakat sekitar.

Baca: CURUG CILENGKRANG Bandung Tiket & Aktivitas

Fasilitas di Curug Malela

Ramah akan wisatawan, tempat ini dilengkapi juga dengan berbagai fasilitas penunjang. Seperti toilet, area parkir, serta warung dengan berbagai menu hangat yang nikmat. Meski makanan yang dijual sederhana, namun kenikmatan tiada tara dengan pemandangan dihadapannya. Serta, terdapat wahana menara pandang dan spot foto keren.

Lokasi Curug Malela

Objek wisata ini berlokasi di Kampung Manglid, Desa Cicadas, Kecamatan Rongga, Kabupaten Bandung Barat. Tepatnya berada di perbatasan antara Bandung Barat dengan Kabupaten Cianjur.

Perhatian: Harga Tiket dapat mengalami perubahan sewaktu-waktu terutama pada musim liburan dan lebaran. Ada baiknya untuk kepastian harga tiket langsung menghubungi tempat wisata terkait.
Sangat BurukBurukBiasaBagusSangat Bagus 5,00 | 1 Pembaca

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan berkomentar
Silakan masukkan nama Anda di sini