Curug CimahiHarga Tiket: Rp24.000Jam Buka: 08.00 - 17.00No Telp: -Alamat: Jl. Kolonel Masturi No.325, Kertawangi, Cisarua, Bandung Barat, Jawa Barat , Indonesia, 40551

Seringkali wisata Bandung selalu berpusat di Kota Bandung dan Lembang saja. Padahal di Cimahi terdapat air terjun yang begitu mempesona, yaitu Curug Cimahi. Dari sekian banyaknya air terjun di wilayah Bandung, air terjun inilah yang tertinggi.

Menjadi yang tertinggi bukan satu-satunya hal unik yang dimiliki air terjun ini. Belakangan, objek wisata ini tenar karena air terjunnya yang begitu berbeda. Dimana akan menyala bagai pelangi ketika malam hari sehingga lebih dikenal dengan Curug Pelangi.

Baca: 49 Tempat Wisata Di Bandung Terlengkap

Harga Tiket Masuk Curug Cimahi

Untuk mengunjungi objek wisata nan indah ini, pengunjung dikenakan tarif masuk yang murah. Mendapatkan pemandangan nan indah dengan tarif murah merupakan suatu godaan yang hakiki.

Harga Tiket Masuk Curug Cimahi
Tiket MasukRp24.000

Baca: Wisata Curug Maribaya Tiket & Aktivitas

Jam Buka

Biasanya, objek wisata alam seperti air terjun akan tutup di sore hari. Namun berbeda dengan air terjun ini, dimana buka dari pagi hingga malam hari. Hal ini tentunya berhubungan dengan nyala pelangi air terjun kala senja hingga malam.

Jam Operasional
Setiap hari08.00 – 17.00 WIB

Berwisata Ria ke Curug Cimahi

Pemandangan Curug Cimahi dari gardu pandang. Foto: Gmap/Hotelvid

Nama Curug Cimahi kian tenar di kalangan wisatawan, karena keindahannya yang begitu mempesona. Berada di ketinggian 1.050 mdpl membuatnya memiliki suhu udara yang sejuk. Rata – rata, suhu di sini mencapai 18 – 22 derajat Celsius.

Untuk mendapatkan pemandangan sempurna air terjun, pengunjung harus menuruni 587 anak tangga. Air terjun yang memiliki tinggi 87 meter ini akan terlihat gagah disaksikan dari bawah. Namun, pengunjung tidak diperkenankan berenang di danau sekitar curug, karena kedalamannya mencapai 2 meter.

Baca: Dusun Bambu Lembang Tiket & Aktivitas

Pemberian nama air terjun sendiri diambil dari nama sungai yang mengalir di atasnya. Yaitu Sungai Cimahi yang berhulu di danau bernama Situ Lembang. Dimana Situ Lembang ini mengalir menuju ke Kota Cimahi.

Menikmati Pesona Keindahan Curug Cimahi

Aliran air Curug Cimahi. Foto: Gmap/nata liansyah

Kesejukan akan segera menyambut pengunjung ketika menginjakkan kaki di area wisata. Sayup – sayup terdengar suara derasnya air terjun yang turun. Ditambah lagi, semilir angin menghantarkan langkah kaki menuju Curug.

Suara hewan – hewan hutan turut menyambut kedatangan pengunjung. Bahkan, suara monyet pun turut serta memeriahkan. Dan tak jarang, pengunjung dapat menyaksikan monyet – monyet liar bergelantungan di dahan pepohonan.

Baca: CURUG Tilu Bandung Tiket & Pesona Keindahan

Tapi ingat, jangan pernah memberi makan monyet karena justru akan berbahaya bagi wisatawan. Percikan lembut air terjun akan mulai terasa seiring habisnya turunan anak tangga. Pertanda Curug Cimahi sudah di depan mata.

Air Terjun Pelangi di Malam Hari

Keindahan area wisata curug cimahi
Keindahan Curug Cimahi yang masih alami dengan pepohonan di sekitaranya. Foto: Gmap/Mou East

Curug Cimahi kini sudah dikelola dengan baik di bawah Perum Perhutani Bandung Utara. Perum Perhutani melakukan inovasi dengan memberikan lampu – lampu di sekitar air terjun. Saat petang, lampu – lampu ini akan menyala berwarna – warni menyerupai pelangi.

Dari sinilah muncul penamaan Curug Pelangi yang semakin hari semakin tersohor. Untuk menikmati keindahan warna – warni ini, pengunjung dapat datang sejak pukul 5 sore. Tentu akan ada cukup waktu untuk menuruni anak tangga hingga tiba di bawah curug.

Namun tentunya, cuaca sangat mempengaruhi kunjungan wisatawan ke objek wisata ini. Jika cuaca sedang tidak bersahabat, curug akan tutup lebih cepat. Sehingga tidak dibuka ketika malam hari.

Mengamati Curug dari Gardu Pandang

Di beberapa titik ketika menuruni anak tangga, terdapat gardu pandang yang dapat dimanfaatkan pengunjung. Di sini, pengunjung dapat beristirahat sembari menikmati pemandangan air terjun dari jauh. Tidak hanya itu, pengunjung juga dapat berfoto dengan latar belakang air terjun.

Fasilitas di Curug Cimahi

Berkembangnya objek wisata ini juga didukung dengan memadainya fasilitas yang ada. Di sini, terdapat mushola, toilet, lahan parkir, ruang ganti, serta warung yang dikelola penduduk lokal. Selain itu, disediakan juga gardu pandang dan pegangan sebagai pengaman di tangga.

Lokasi Curug Cimahi

Objek wisata air terjun ini berlokasi di Jalan Kolonel Masturi No.325, Kertawangi, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bandung Barat.

Untuk mengunjungi Curug Cimahi, diperlukan waktu kurang lebih satu jam perjalanan dari Kota Bandung. Sepanjang jalan menuju objek wisata air terjun, pengunjung akan disuguhi pemandangan yang indah. Jalanan berkelak – kelok juga menjadi pemacu adrenalin tersendiri sembari menikmati pemandangan.

Meskipun berada di pinggir jalan, pengunjung tidak akan merasakan kebisingan arus lalu lintas. Memasuki area wisata langsung membius dan meredupkan kebisingan. Berganti dengan suara alam nan indah menyambut.

Sangat BurukBurukBiasaBagusSangat Bagus 4,75 | 4 Pembaca

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan berkomentar
Silakan masukkan nama Anda di sini