Beranda Tiket Wisata

Curug Cipanas Lembang Tiket & Aktivitas - Februari 2020

Tgl. Update:Sabtu, Desember 28, 2019
Curug Cipanas Nagrak Harga Tiket: Rp5.000 - Rp10.000 Jam Buka: 08.00 - 23.00 No. Telepon: - Alamat: Jalan Nagrak Kulon Sukajaya Lembang, Cihideung,Parongpong,Bandung Barat,Jawa Barat,Indonesia,40391.

Siapa bilang berendam air panas harus merogoh kocek dalam? Kabupaten Bandung Barat punya solusi bagi pelancong yang ingin merasakan manfaat air panas pegunungan asli tanpa harus membayar mahal. Adalah Curug Cipanas Nagrak, objek wisata alam yang menawarkan pemandian air panas alami.

Pemandian air panas ini bahkan tidak hanya sekadar kolam, melainkan berupa air terjun alami di tengah kawasan perkebunan. Mata airnya mengalir deras menjadi sebuah air terjun kecil di tengah lahan perbukitan hijau. Pengunjung akan merasakan sensasi berendam di kolam air panas yang nyaman di tengah alam terbuka.

Tiket Masuk Curug Cipanas

Curug Cipanas Nagrak adalah pemandian air panas terbuka dengan tarif tiket masuk yang terjangkau. Dengan biaya tidak terlalu mahal, pengunjung bisa menikmati manfaat air panas dari mata air alami.

Harga Tiket Masuk
Parkir MotorRp5.000
Parkir MobilRp10.000
Siang
DewasaRp10.000
Anak-anak (2 – 12 tahun)Rp5.000
Malam (18.00 – 23.00 WIB)
DewasaRp15.000
Anak-anakRp10.000
BerkemahRp35.000 per orang
Sewa saungRp15.000
Sewa TikarRp10.000
Toilet/Kamar mandiRp2.000

Baca: 15 Tempat Wisata Menarik di Lembang Bandung

Jam Operasional

Pemandian air panas di sini buka untuk umum setiap hari selama 24 jam. Untuk pengalaman baru, pengunjung bisa mencoba berendam pada waktu malam hari.

Jam Buka
Setiap hari08.00 – 23.00

Daya Tarik Curug Cipanas Nagrak

berenang di curug cipanas nagrak lembang
Wisatawan bisa berenang di kolam yang terdapat di bawah air terjun. Foto: Google Maps/
Cadil Eka

Baca: CURUG Tilu Bandung Tiket & Pesona Keindahan

Sesuai namanya, Curug Cipanas Nagrak merupakan air terjun dengan aliran air panas yang berada di Kampung Nagrak, Lembang. Air panas yang mengalir ini bukanlah air panas buatan, melainkan berasal dari mata air alami yang bersumber dari panas bumi.

Airnya memiliki kandungan belerang yang bermanfaat untuk kesehatan. Kawasan air panas ini juga dilingkupi perbukitan dan perkebunan yang asri dan akan memanjakan mata.

Alam Cantik dan Asri

Kolam berundak
Curug Cipanas Nagrak dengan kolam yang nyaman di lahan berundak – Foto: Google Maps/Jasa Kontraktor Interior Jakarta

Baca: ORCHID FOREST Cikole Tiket & 6 Aktivitas Pilihan

Kolam pemandian air panas Curug Cipanas Nagrak berada di tengah kawasan perkebunan milik warga setempat. Meski tidak jauh dari jalan raya dan bisa diakses dari kawasan permukiman, namun lokasinya tersembunyi di balik rimbun pepohonan. Selain itu, letaknya juga agak di bawah dan diapit perbukitan.

Dari area parkir, pengunjung memang masih harus berjalan kaki untuk bisa sampai ke lokasi air terjun. Namun, perjalanan tidak akan terasa melelahkan meski sempit dan berupa jalan setapak tanah. Pemandangan hijau di sekeliling, udara yang sejuk, dipadukan dengan papan petunjuk bernada humoris dijamin akan membangkitkan semangat untuk terus berjalan.

Jalan setapak yang dipercantik dengan barisan tanaman hias akan membawa pengunjung menyeberangi beberapa kali kecil dengan aliran air panas. Jika musim hujan mungkin jalan ini akan cukup sulit untuk dilalui, terutama bagi pengguna kursi roda atau yang mengalami kesulitan berjalan.

Kolam Berundak

Kolam ketiga
Kolam paling luas dengan air terjun yang lebar, kolam ketiga – Foto: Google Maps/Ajeng Kartini

Baca: Dago Dream Park Tiket & 4 Wahana Terbaik

Air panas di kawasan wisata Cipanas Nagrak mengalir di tanah dengan kontur agak miring. Dengan sedikit inisiatif, dibuat beberapa undakan akan aliran air menjadi sebuah air terjun. Air terjun yang menjadi ikon merupakan air terjun dengan ukuran yang tidak terlalu besar. Air ini mengalir ke beberapa kolam yang dibuat di bawahnya.

Terdapat tiga lantai tanah dengan sebuah kolam di masing-masing undakannya. Kedalaman kolam rata-rata hanya 50 hingga 70 sentimeter sehingga aman untuk segala usia. Ketiga kola mini membentuk serangkaian tempat pemandian air panas yang dipisahkan oleh dinding batu dan jembatan bambu.

Kolam pertama berada tepat di bawah air terjun, konon temperatur airnya lebih hangat dibanding yang lain. Kolam kedua terbagi menjadi dua bagian, dengan salah satunya sengaja dibuat berbentuk hati jika dilihat dari atas. Kolam ketiga merupakan kolam paling luas dengan air terjun buatan yang lebar. Tempat ini paling cocok untuk bersantai atau bermain air.

Pemandangan Sekitar

Kolam air panas curug cipanas lembang
Curug Cipanas Nagrak memiliki aliran air panas alami dengan kandungan yang bermanfaat untuk kesehatan – Foto: Google Maps/ADIASSIDIK

Baca: D’Dieuland Bandung Tiket & Aktivitas

Air di pemandian Curug Cipanas Nagrak akan tampak biru kehijauan pada waktu sepi pengunjung. Karena memiliki kandungan belerang, warnanya pekat dan agak berbau.

Adanya belerang ini terbukti pada dinding batu yang berwarna kuning akibat residu belerang yang terbawa oleh aliran air. Pemandian air panas Curug Cipanas Nagrak menawarkan pengalaman berendam air panas di alam terbuka.

Berada di tengah perbukitan, wisatawan akan dimanjakan oleh manfaat air panas serta panorama alam yang hijau dan menyejukkan mata. Sambil merasakan kehangatan di tubuh, mata pun dibuat nyaman oleh pemandangan sekeliling yang kaya oleh pepohonan serta barisan kebun sayur.

Area berkemah
Tersedia area perkemahan bagi wisatawan yang ingin bermalam di sekitar curug – Foto: Google Maps/Dedi Priadi

Jika belum puas, tambah pengalaman dengan berkemah di sini. Bermalam di alam terbuka dengan ditemani suara gemercik air terjun dan kepulan uap panas akan menjadi pengalaman yang tak terlupakan. Cukup bawa peralatan berkemah kemari dan rasakan sensasinya.

Cantik untuk Diabadikan

Instagrammable
Barisan payung yang menghiasi jalan menuju kolam pemandian – Foto: Google Maps/bow denz

Baca: Farm House Lembang Tiket & 5 Wahana Unggulan

Selain rupa air terjun alami yang memesona, pengunjung juga akan dimanjakan oleh fasilitas yang layak. Sejak dibuka lagi setelah mengalami masa renovasi yang cukup lama, Curug Cipanas Nagrak kini tampil lebih mentereng.

Jalan setapak yang rapi, penataan warung dan saung yang tertib, serta spot-spot ciamik tersedia untuk para penggemar swafoto.

Saung nyaman
Saung-saung di sekitar kolam yang nyaman untuk tempat rehat – Foto: Google Maps/Mulyadi Hadiwijaya

Baca: TEBING KERATON Bandung Tiket & Aktivitas

Saung-saung peristirahatan yang tersedia tampak cantik karena dihias oleh tirai dan bantal duduk yang nyaman. Jalan setapak pun dirapikan dengan bebatuan di sisi-sisinya, membelah kolam aliran air panas alami.

Area ini semakin apik karena didekorasi dengan lampu yang digantung di balik tebaran payung berwarna-warni. Berada di Curug Cipanas Nagrak pun tidak akan terasa seolah sekadar berada di objek wisata alam di tengah kawasan perkebunan Bandung Barat, bukan?

Fasilitas Curug Cipanas Nagrak


Fasilitas yang tersedia di Curug Cipanas Nagrak cukup lengkap dan memadai. Fasilitas tersebut yaitu area parkir, toilet, kamar bilas, mushola, dan warung. Tersedia juga saung-saung peristirahatan yang nyaman serta area berkemah.

Lokasi Curug Cipanas Nagrak

Curug Cipanas Nagrak terletak di Jalan Nagrak Kulon, Desa Sukajaya, Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Barat. Lokasinya bisa diakses menggunakan kendaraan pribadi roda empat atau roda dua. Dari area parkir, pengunjung harus berjalan kaki untuk bisa mencapai lokasi air terjun dan kolam air panas.

Perhatian: Harga Tiket dapat mengalami perubahan sewaktu-waktu terutama pada musim liburan dan lebaran. Ada baiknya untuk kepastian harga tiket langsung menghubungi tempat wisata terkait.

Beri Komentar

Silahkan ketik komentar
Please enter your name here