CURUG SERWITI Tiket Masuk dan Daya Tarik Maret 2024

CURUG SERWITI

  • Harga Tiket Masuk: Rp10.000
  • Jam Buka: 07.00 - 17.00 WIB
  • Nomor Telepon: 081215279702 / 085647964665
  • Alamat: Dusun Kalengan, Desa Guci, Bumijawa, Tegal, Jawa Tengah , Indonesia, 52466

Curug Serwiti adalah objek wisata alam yang terletak di Desa Guci, Kabupaten Tegal. Berjarak hanya sekitar 1 jam dari Slawi dan Tegal, curug ini adalah pilihan menarik untuk liburan keluarga.

Di sini, wisatawan dapat menikmati keindahan dan kesegaran aliran curug. Penataan kawasan wisatanya yang rapi dan indah membuat wisatawan akan betah berlama-lama di sini.

Harga Tiket Masuk Curug Serwiti

Tiket masuk ke Curug Serwiti sangat terjangkau. Pengunjung hanya perlu membayar 10 ribu rupiah untuk bisa menikmati rekreasi di objek wisata alam ini.

Jenis TiketHarga 
Tiket MasukRp10.000
Harga Tiket Masuk Curug Serwiti

Baca: GUCI HOT Water Boom Tiket dan Wahana Air Panas

Jam Buka Curug Serwiti

Wisatawan bisa mengunjungi Curug Serwiti mulai pukul 7 pagi hingga pukul 5 sore.

HariWaktu
Setiap Hari07.00 – 17.00 WIB

Wisata Guci Tegal

Curug Serwiti adalah objek wisata alam berupa air terjun alami dan taman yang berada di kawasan wisata Guci, Kabupaten Tegal. Air terjun dengan ketinggian 15 meter ini berkembang menjadi spot wisata pilihan, terutama bagi keluarga.

Kawasan sekitarnya dibuat menjadi taman yang rapi dan cantik dengan tambahan beberapa fasilitas menarik. Lokasinya sendiri berada tepat di atas Taman Wisata Alam Pancuran 13 Guci.

Kawasan Guci belakangan memang semakin populer karena banyaknya spot wisata menarik. Daerah ini merupakan kawasan kaki Gunung Slamet, sehingga memiliki udara yang sejuk dan suasana alam yang asri. Selain Curug Serwiti, Guci juga merupakan rumah bagi objek wisata Guci Ashafana dan Guci Baron Hills.

Berwisata ke Curug Serwiti adalah opsi berlibur singkat di akhir pekan bagi banyak kalangan. Tiket masuknya terjangkau dan memiliki beragam sarana-prasarana lengkap. Dengan dua alasan ini saja cukup menjadikan Curug Serwiti sebagai destinasi berlibur untuk berbagai kalangan. 

Daya Tarik Curug Serwiti

pintu masuk curug
Akses masuk curug yang nyaman dan tertata rapi, ramah untuk anak-anak – Foto: Gmaps/Risma Lumbanraja

Curug Serwiti sendiri adalah air terjun alami yang memiliki ketinggian hingga 15 meter. Air yang mengalir di curug ini berasal dari hulu sungai di Gunung Slamet.

Nama ‘Serwiti’ konon berasal dari burung sriti atau burung layang-layang yang dulu sering masyarakat jumpai di sekitar air terjun ini. Lokasi curug berada di atas objek wisata pemandian Pancuran 13 Guci.

Air terjun ini memiliki karakteristik aliran air tunggal. Di sekitarnya adalah area hutan yang masih terjaga keasriannya. Airnya mengalir deras dan jernih terutama di musim pancaroba menjelang musim hujan. Pengunjung tidak boleh berenang terlalu dekat dengan jatuhan air terjun karena mewaspadai adanya pusaran air.

Untuk menikmati curug ini, pengunjung bisa bermain air di sekitar kolam dan aliran sungainya. Sungai dari curug ini cukup banyak berhiaskan bebatuan sungai yang khas. Bebatuannya memiliki ukuran yang besar dengan permukaan yang halus. 

Taman dan Spot Foto

objek wisata keluarga
Cocok sebagai destinasi liburan bersama anak-anak – Foto: Gmaps/Mitra Purwidya

Memasuki kawasan wisata Curug Serwiti, pengunjung seolah menyambangi taman yang indah. Tatanan jalan yang rapi dan elok langsung menyambut di area loket tiket.

Alih-alih jalan beratu yang kasar, di sini justru terdapat jalan setapak yang tertata dengan baik. Lengkap dengan barisan lampu penerangan dengan bentuk penuh estetika. 

Pengunjung akan segera menjumpai beberapa spot untuk duduk yang nyaman. Kursi taman dari rotan, kursi kayu, hingga ayunan tersedia di sini untuk beristirahat. Tangga menuju lokasi curug pun sudah rapi dan berlapis batu. Sehingga nyaman untuk dipijak dan ramah untuk anak-anak. 

Selain kursi-kursi cantik, taman Curug Serwiti juga berhiaskan lukisan mural lantai di sejumlah titik. Ada juga beberapa gazebo dan meja piknik. Di spot lainnya, ada kolam dengan jembatan layaknya taman nan indah. 

Semua akses jalan merupakan jalan setapak dengan batu alam dan lapisan rumput centipede yang biasa ada di taman-taman kota. Taman ini juga sudah terpasang lampu penerangan hingga mendekati area air terjun. Kenyamanan berwisata di Curug Serwiti pun tidak perlu diragukan lagi.

Kolam Renang

penerangan ke curug
Suasana di sekitar air terjun ketika lampu penerangan dinyalakan – Foto: Gmaps/Widia Nuramalia04

Sebagai variasi aktivitas rekreasi di sekitar Curug Serwiti, telah tersedia pula fasilitas kolam renang. Fasilitas ini bisa diakses dari jalan setapak di bawah air terjun. Kolamnya tidak terlalu luas, namun sudah tertata rapi dengan batu alam di sekitarnya. Terdapat fasilitas toilet untuk bilas di dekat kolam.

Kolam ini terdiri dari kolam dewasa dan kolam anak-anak. Wisatawan bisa memanfaatkannya sebagai alternatif tempat bermain dan menikmati segarnya air dari Curug Serwiti. Pengunjung juga bisa menikmati keindahan curug dari sekitar kolam. 

Piknik & Jajan

area duduk
Fasilitas tempat duduk, gazebo, dan ayunan untuk bersantai di sekitar air terjun – Foto: Gmaps/Imam Ruba’i

Wisatawan boleh mengadakan piknik di kawasan sekitar curug. Tinggal membawa tikar dan perbekalan, kemudian memilih spot piknik yang paling nyaman. Bisa juga menggunakan fasilitas tempat meja piknik dan gazebo yang tersebar di sekitar air terjun.

Untuk mengisi perut, di sini sudah tersedia kedai makanan. Kedai ini berada tak jauh dari loket tiket masuk. Menu yang disajikan merupakan aneka cemilan yang cukup mengenyangkan dengan harga sangat terjangkau. Pengunjung bisa menikmati burger, kebab, corndog, hingga sate seafood dengan harga mulai dari 3 ribu rupiah saja. 

Fasilitas

Fasilitas yang tersedia di Curug Serwiti yaitu area parkir, toilet, musala, meja-kursi, gazebo, kolam renang, dan kedai makanan.

Lokasi Curug Serwiti

Air terjun ini berada di Dusun Kalengan, Desa Guci, Kecamatan Bumijawa, Kabupaten Tegal, Jawa Tengah. Wisatawan bisa mengaksesnya menggunakan motor atau mobil. Mendekati lokasi terdapat beberapa titik jalan dengan kondisi curam ekstrim sehingga perlu kehati-hatian saat berkendara. Untuk informasi, hubungi nomor 081215279702 atau 085647964665.

Akses ke Curug Serwiti

Untuk menuju lokasi curug ini, wisatawan bisa lebih disarankan menggunakan motor. Meski akses jalannya sudah mulus dan baik, namun jalannya cukup sempit untuk ukuran mobil. Beberapa titik jalan mendekat curug juga memiliki kemiringan yang cukup ekstrem. Sehingga akan lebih nyaman jika menggunakan motor kemari. 

Jarak ke air terjun dari Kecamatan Slawi yang merupakan ibukota Kabupaten Tegal adalah sekitar 50 menit sampai 1 jam. Wisatawan tinggal mengarahkan kendaraan ke selatan menyusuri Jalan Bojong. Ikuti terus jalan ini sampai melewati Pasar Bojong. Jika sudah melewati pasar ini, artinya sebentar lagi pengunjung akan tiba di kawasan wisata Guci. 

Kawasan wisata Guci ditandai dengan gerbang kedatangan di pertigaan Jalan Moga-Guci. Butuh waktu sekitar 20 menit untuk sampai di lokasi curug. Wisatawan akan menemukan jalan masuk setelah melewati Jembatan Wisata Guci. Jika berkunjung di hari Minggu, wisatawan mungkin perlu melewati area pasar kaget yang akan memperlambat jalan. 

Berikan Rating

4.7 - 24 Pembaca

Berikan Nilai

Bagikan konten ke: