Pemandian Air Panas Guci adalah destinasi wisata paling populer di kabupaten Tegal. Letaknya berada di kaki Gunung Slamet. Kawasan Wisata Guci ini menyediakan air hangat alami dari perut bumi serta udara sejuk pegunungan.

Berada di ketinggian 1300 dpl,  suhu udara kawasan ini antara 17 ͦC–20 ͦC. Sedangkan suhu air panasnya berkisar ± 41 ͦC. Sumber air panas dari gunung api ini dipercaya memiliki banyak khasiat untuk kesehatan. Oleh sebab itu kawasan wisata ini selalu ramai dikunjungi wisatawan daerah sekitar Tegal.

Harga Tiket Masuk Pemandian Air Panas Guci

Untuk menikmati kehangatan pemandian di kawasan wisata Guci ini pengunjung akan dikenakan biaya tiket. Harga tiket masuk ke area pemandian masih sangat terjangkau.

Harga Tiket Masuk Pemandian Air Panas Guci
DewasaRp5.000
Anak-anakRp4.500

Baca: Guci Hot Water Boom Tiket & 4 Wahana Keren

Jam Buka Pemandian Air Panas Guci Tegal

Kawasan wisata Guciku buka setiap hari. Mulai dari pagi hingga malam hari. Waktu yang terbaik untuk berendam di kolam air panas ini adalah pagi atau sore menjelang malam.

Jam operasional
Senin – Minggu06.00 – 21.00

Aktivitas Wisata Pemandian Air Panas Guci Tegal

Kawasan Wisata Air Panas Guci Tegal Jawa Tengah
Pemandangan asri menyambut wisatawan saat memasuki kawasan Wisata Air Panas Guci Tegal. Foto : Instagram/wisataairpanasgucitegal

Air hangat pemandian berasal dari air terjun hangat yang mengalir deras dari atas bukit. Pemandian Air Panas Guci airnya panas dan jernih, tidak berbau, dan tidak berwarna. Pemandian Guci memiliki 25 pancuran air panas dengan suhu yang berbeda-beda.

Di kawasan wisata Guci, terdapat dua tipe pemandian air panas. Yaitu yang berbayar dan yang tak berbayar. Pemandian gratis dengan air pancurannya tersebar di 12 tempat di sekitar kawasan.

Pancuran 5, Pancuran 7, Pancuran 13

Kejernihan kolam pancur di area pemandian air panas guci tegal
Kolam pancuran air panas sangat jernih. Foto : Googlemap/riyan selvia Aktivani

Berendam air panas sangat menyehatkan. Membuat aliran darah lebih lancar, membuka pori-pori, dan menyehatkan kulit dari kandungan belerang. Di beberapa negara berendam air panas merupakan sebuah kemewahan, seperti Onsen di Jepang.

Terdapat beberapa pancuran yang merupakan pemandian umum di objek wisata Guci. Selain dipercaya menyembuhkan berbagai penyakit, dipercaya juga memberi tuah dan kesehatan.

Pancuran Pengasih

Pancuran Pengasih menjadi salah satu favorit di wisata pemandian Guci. Terutama bagi wisatawan yang belum menikah. Banyak yang percaya jika mandi di pancuran ini dapat memberi tuah mendekatkan jodoh.

Baca: RITA PARK Tegal Tiket & 28 Wahana Seru

Sungai Air Panas dan Kolam Alami

kolam dan sungai serta pancuran di pemandian air panas guci tegal
Aliran sungai ari panas yang bersumber dari gunung api. Foto : Googlemap/Karyo Stiker

Selain berendam di pemandian, pengunjung juga dapat berendam di sungai yang mengalir di tengah area wisata. Air sungai tersebut juga air panas yang memiliki kandungan sama dengan kolam, sebab sumber airnya sama.

Ketika pertama kali menyentuh airnya, pengunjung akan langsung merasakan panas. Tetapi, lambat laun, kulit akan beradaptasi dengan panasnya air sehingga berubah menjadi terasa hangat. Dan suasana relaksasi pun akan tercipta dengan segera.

Ada juga bermacam kolam yang bisa dipilih di sini. Ada kolam alami dengan banyak pancuran, kolam renang jernih kebiruan dan sungai alami dangkal dengan bebatuan.

Kolam Renang Air Panas di Hotel

Kolam air panas hotel di sekitar kawasan wisata guci
Kolam air panas Hotel di sekitar kawasan wisata guci. Foto : Googlemap/Slamet asari Bin warjono

Kolam-kolam hotel tersedia bagi tamu hotel yang menginap. Pengunjung luar hotel dapat memasukinya dengan tarif tertentu. Fasilitas kolam air panas hotel terlihat lebih terawat.

Di sini dilengkapi pula dengan papan peringatan untuk berhati-hati berendam di kolam. Terutama bagi wisatawan dengan penyakit jantung, darah tinggi, dan stroke.

Air Terjun di Kawasan Wisata Guci

Taman wisata air panas ini memiliki daya tarik tersendiri, selain tempatnya yang asri dan sejuk, juga terdapat air terjun yang menambah pemandangan semakin indah. Selain itu ada sebuah tanah lapang yang biasa di pakai untuk berkemah.

Pancuran Air Dingin

Selain air panas, ada juga pancuran air dingin. Berjarak 1 kilometer di atas pemandian air hangat, ada air terjun dengan air dingin yang bernama Air Terjun Jedor.

Ritual Mandi Bersama Malam Jumat Kliwon

Ritual mandi Malam Bersama saat Jumat Kliwon
Ritual mandi Malam Bersama saat Jumat Kliwon. Foto : Googlemap/Andri Awan

Yang lebih seru, setiap malam Jumat Kliwon ada ritual mandi bersama yang diikuti oleh pengunjung dari berbagai daerah. Menurut kisah, Pemandian ini dijaga oleh seekor naga yang menempati sebuah gua di lereng Gunung Slamet. Naga tersebut mampu memberi khasiat pada Pemandian Air Panas Guci. Ritual ini diadakan pada malam Jumat Kliwon karena malam itu dianggap suci.

Fasilitas Pemandian Air Panas Guci Tegal

Selain air panas, tempat ini juga menyediakan berbagai fasilitas. Wisata hutan, lapangan tenis, lapangan sepakbola, hotel, vila dan bumi perkemahan. Penginapan dan hotel bisa ditemui sampai sekitar 5 kilometer dari area pemandian.

Di tempat wisata Guci ini tersedia loker untuk menunjang kenyamanan dan keamanan. Tempat bersantap makan dan minum pun tersebar di kawasan. Sajiannya terutama teh poci khas tegal dan makanan tradisional lainnya.

Lokasi Kawasan Wisata Guci

Tempat Wisata Guci ini berada di Jl. Objek Wisata Guci, Kalengan, Guci, Bumijawa, Tegal, Jawa Tengah 52466.

Perhatian: Harga Tiket dapat mengalami perubahan sewaktu-waktu terutama pada musim liburan dan lebaran. Ada baiknya untuk kepastian harga tiket langsung menghubungi tempat wisata terkait.
Very PoorPoorAverageGoodExcellent 4,50 / 4 pembaca