Danau Kenanga UI: Pesona Alam di Jantung Kampus Ternama Februari 2024

DANAU KENANGAN UI

  • Harga Tiket Masuk: Gratis
  • Jam Buka: 24 Jam
  • Nomor Telepon: -
  • Alamat: Jl. Prof. DR. Mahar Mardjono, Pondok Cina, Beji, Depok, Jawa Barat, Indonesia, 16424

Dua kali dalam setahun, Danau Kenanga UI ramai oleh para mahasiswa bertoga bersama keluarganya. Para wisudawan mengabadikan momen kelulusan bersama kerabat di danau ini. Dengan arsitektur yang khas, Gedung Rektorat menjadi latar yang ikonik para wisudawan UI. Ini tidak mengherankan karena Danau Kenanga memang terletak dekat sekali dengan gedung rektorat Universitas Indonesia.

Selain di momen tersebut, danau Kenanga memang tidak terlalu ramai. Tetapi, di tempat ini pengunjung bisa mendapatkan ketenangan dan atmosfer yang sejuk. Sehingga ada saja sekumpulan orang yang terlihat beraktivitas di lingkungan yang tenang ini. Para mahasiswa sering menghabiskan waktu di sini untuk beristirahat, bersantai, sampai berdiskusi.

Meskipun terletak di lingkungan universitas, tempat ini terbuka juga bagi masyarakat umum. Ada yang sekedar mampir untuk beristirahat sejenak setelah bermotor dari tempat kerja. Selain itu ada yang memanfaatkan fasilitas untuk berjoging di pagi dan sore hari. Ada juga yang datang bersama pasangan untuk sekedar duduk-duduk di tepi danau. Beberapa tahun yang lalu juga tampak orang yang memancing di danau.

Harga Tiket dan Biaya

Untuk menikmati atmosfer danau yang sejuk, pengunjung tidak dipungut biaya apa pun. Tidak ada biaya tiket masuk bahkan parkir pun gratis.

Baca: Taman Pemuda Pratama Tiket & Wahana

Jam Buka Danau Kenanga

Danau Kenanga buka selama 24 jam. Tetapi, malam hari tidak akan cukup terang karena hanya ada penerangan jalan saja.

Lokasi Berfoto Para Wisudawan

Danau Kenanga adalah salah satu dari enam danau yang ada di lingkungan Universitas Indonesia. Berada di kampus UI Depok, danau ini lebih mudah dijangkau dari Stasiun Pondok Cina. Suasana yang sejuk, nyaman dan tenang menjadikan tempat ini sering menjadi tujuan untuk bersantai. Lokasinya terletak di antara Gedung Rektorat balairung dan Masjid UI.

Dengan gaya arsitektur yang khas, gedung Rektorat menjadi ikon sebagai latar berfoto di danau ini. Karena itu pula, lokasi ini menjadi spot yang sering menjadi pilihan pada saat hari wisuda tiba. Dua kali setahun pada sekitar Maret dan September, Danau Kenanga akan ramai mahasiswa bertoga. Ditemani orang tua atau kerabat, wisudawan mengabadikan momen kelulusan di danau ini.

Baca: TRANS STUDIO CIBUBUR Tiket & Wahana

Daerah Resapan Air dan Hutan Kota

Para mahasiswa bersantai dan berdiskusi di area Danau Kenanga UI
Para mahasiswa bersantai dan berdiskusi di area Danau Kenanga UI. Foto: Google Maps, Rini Panggabean.

Universitas Indonesia memang terkenal dengan julukan Green University. Ini tidak mengherankan karena sebagian lahan dialokasikan sebagai hutan kota. Di dalamnya, ada area resapan air yang berfungsi sebagai area konservasi juga. Area tersebut berupa enam danau yaitu Kenanga, Agathis, Puspa, Mahoni, Ulin dan Salam.

Danau kenanga sendiri memiliki luas 28 ha. Tujuannya adalah sebagai resapan air dan konservasi yang menunjang daya dukung wilayah Depok. Ada beberapa jenis ikan yang disebar pengelola di Danau Kenanga. Di antaranya ialah mujair, nila, dan ikan sapu-sapu. Namun demikian, memancing merupakan aktivitas yang tidak boleh di danau ini.

Baca: Taman Herbal Insani Tiket Masuk, Aktivitas, Wahana dan Fasilitas

Perlintasan Migrasi Burung Dunia dan Satwa Endemik

Biawak tertangkap kamera pengunjung di tepi Danau Kenanga
Biawak tertangkap kamera pengunjung di tepi Danau Kenanga. Foto: Google Maps, Horeee aja.

Danau-danau menjadi bagian dalam hutan kota yang ada di lingkungan Universitas Indonesia. Selain sebagai daerah resapan, danau menyediakan air untuk minum satwa-satwa yang ada. Jadi bisa dibayangkan, perpaduan antara air yang tenang dan pepohonan yang rindang. Suasana yang sejuk dan tenang sudah pasti terasa selama berada di sini.

Tidak hanya ikan, biawak juga menjadi fauna yang sering tampak di sekitaran danau. Selain itu, wilayah udara di atas hutan kota UI juga menjadi perlintasan migrasi burung dari Eropa dan Asia ke Australia. Ada juga burung yang berkembang di sini seperti parkit, balam, dan kutut. Jika beruntung, pengunjung bisa melihat satwa-satwa tersebut dan mengabadikannya di foto.

Perpaduan alam dan sentuhan manusia terlihat dari pemandangan danau, pepohonan, dan arsitektur gedung rektorat. Gedung Perpustakaan juga menjadi pemandangan yang cantik dalam foto. Selain itu, fauna yang ada juga tidak kalah menarik menjadi obyek foto bagi pehobi fotografi.

Spot Olah Raga dan Piknik Keluarga

Seorang anak bersepeda mengelilingi lintasan di taman Danau Kenanga
Seorang anak bersepeda mengelilingi lintasan di taman Danau Kenanga. Foto: Google Maps, Kris ajalah

Meskipun berada di area kampus, Danau Kenanga merupakan Ruang Terbuka Hijau bagi masyarakat sekitarnya. Di hari biasa memang kebanyakan mahasiswa yang nongkrong di danau ini. Kebanyakan pengunjung membawa alas duduk dan camilan serta minuman. Selain untuk bersantai melepas penat, banyak juga yang memanfaatkan untuk tempat berdiskusi.

Fasilitas Jogging Track yang terdapat di sini juga dimanfaatkan masyarakat di pagi dan sore hari. Di hari Minggu, orang-orang berlari kecil atau sekedar berjalan berkeliling untuk berolah raga. Tidak jarang juga yang memanfaatkan spot ini untuk piknik keluarga.

Anak-anak berkeliling di satu area menggunakan sepeda yang dibawa orang tuanya. Sementara para orang tua duduk-duduk mengawasi sambil menikmati camilan. Meskipun berada di tengah kota, banyak orang tampak menikmati suasana sore hari. Ada pula yang sengaja tinggal untuk membidik matahari tenggelam sebagai latar foto.

Fasilitas di Danau Kenanga

Danau Kenanga terletak di antara Gedung Rektorat Balairung dan Masjid UI. Tidak terdapat area khusus parkir bagi pengunjung karena area ini termasuk area perlintasan umum.  Pengunjung kebanyakan datang untuk sekedar beristirahat saat melintas, atau berfoto saat wisuda. Selain gedung rektorat, area hutan kota dan danau menjadi spot foto bagi pengunjung.

Sayangnya, di tempat yang teduh ini tidak terlalu banyak fasilitas tempat duduk. Pengunjung yang ingin berpiknik harus membawa tikar untuk alas duduk. Lokasinya dekat dengan Masjid kampus UI sehingga mudah sekali jika ingin beribadah.

Jika memerlukan, pengunjung bisa menumpang ke toilet masjid. Makanan, minuman, atau kudapan, bisa dibeli di Kantin yang terletak tidak jauh dari danau. Harga yang ditawarkan antara Rp10.000 sampai Rp20.000.

Lokasi Danau Kenanga UI

Danau Kenanga terdapat di Kompleks Kampus UI Depok. Meskipun UI memiliki stasiun commuter line sendiri, danau ini lebih dekat dijangkau dari Stasiun Pondok Cina. Pengunjung cukup berjalan kaki selama 6 menit dari stasiun ini.

Berikan Rating

4.8 - 11 Pembaca

Berikan Nilai

Bagikan Konten ke: