Beranda Tiket Wisata

Taman Tabebuya 5 Daya Tarik Wisata Tengah Kota - Mei 2021

Taman Tabebuya Harga Tiket: Gratis Jam Buka: 07.00 - 18.00 No. Telepon: - Alamat: Jalan Muhammad Kafi No.1, RT.1/RW.2, Ciganjur, Jagakarsa, Jakarta Selatan, DKI Jakarta, Indonesia, 12630.

Di Jakarta Selatan, tepatnya kawasan Ciganjur, ada sebuah taman bernama Taman Tabebuya. Nama lainnya adalah Taman Turunan Herman Soesilo karena lokasinya yang ada di turunan. Ada juga yang menyebutnya sebagai Taman Moch. Kafi 1 sesuai nama jalannya. Apapun namanya, taman ini digadang-gadang salah satu taman terbaik di Jakarta Selatan.

Taman Tabebuya terkenal dengan keberadaan Pohon Tabebuya yang jadi ciri khasnya. Taman ini juga memiliki lanskap berbukit yang unik. Memiliki kolam dan sungai kecil, Taman Tabebuya jadi surga kecil bagi warga Jakarta Selatan. Suasananya yang sejuk dan tenang membuatnya jadi tempat rehat yang nyaman.

Tiket Masuk Taman Tabebuya

Objek wisata dan rekreasi ini merupakan fasilitas umum. Maka publik boleh memanfaatkan sarana ini tanpa harus membayar biaya apapun. Siapa saja boleh mengunjungi taman ini untuk beraktivitas, mulai dari rekreasi hingga olahraga.

Tiket Masuk
Harga Tiket MasukGratis

Baca: 33 Tempat Wisata di Jakarta Terbaik

Jam Buka

Taman kota ini buka setiap hari. Jam operasionalnya mulai pagi hari hingga menjelang malam hari. Jika ingin melihat bunga Tabebuya mekar, waktu terbaik adalah di bulan Oktober.

Jam Operasional
Setiap Hari06.00 – 18.00 WIB

Kecantikan Taman Tabebuya

Jakarta Selatan memang terkenal sebagai kawasan yang eksentrik dan gaul. Namun, siapa sangka ternyata kawasan ini memiliki ruang terbuka hijau yang indah. Namanya adalah Taman Tabebuya yang berada di Jalan Moch. Kafi 1, Ciganjur, Jagakarsa. Warga Jakarta Selatan tentu sudah familiar dengannya.

Taman dengan nama yang unik ini adalah salah satu taman kota yang pengelolaannya oleh pemerintah. Sebelum menjadi taman, lahannya merupakan daerah rawa. Pada tahun 2011, kawasan ini diresmikan setelah mengalami renovasi. Taman Tabebuya kini jadi udara segar referensi rekreasi warga lokal maupun wisatawan.

Baca: Taman Menteng Jakarta 5 Daya Tarik Wisata Hemat

Oasis Jagakarsa

Jalur pedestrian Taman Tabebuya
Menyusuri jalur pedestrian Taman Tabebuya yang nyaman dan dikelilingi suasana sejuk nan asri – Foto: Google Maps/Ivan Volt

Lokasi taman memang berada persis setelah jalan berupa turunan. Di jalan ini, terdapat rumah milik seorang dokter bernama Herman Soesilo. Dokter ini sempat populer karena pernah mengisi acara di TVRI dulu. Inilah alasan mengapa Taman Tabebuya juga terkenal sebagai Taman Turunan Herman Soesilo.

Pada saat akhir pekan, taman seluas 9.626 meter persegi ini selalu tampak ramai. Warga sekitar memang sering memanfaatkan taman ini sebagai sarana rekreasi. Kebanyakan adalah keluarga yang membawa serta anak-anaknya.

Memasuki taman, pengunjung dapat langsung menikmati lahan hijau yang luas. Pepohonan berbagai jenis tersebar di seluruh area. Semuanya merupakan tanaman yang rindang dan meneduhkan. Sehingga cocok jika ingin mengadakan piknik di sini.

Baca: Taman Suropati: 5 Daya Tarik Wisata Hemat

Kolam Teratai

Taman Tabebuya dan kolam teratainya
Kolam teratai, objek lainnya yang menjadi daya tarik bagi pengunjung Taman Tabebuya – Foto: Google Maps/Didik N

Selain suasana yang sejuk dan teduh, Taman Tabebuya juga memiliki sebuah kolam. Kolam ini cukup luas dan berhias tanaman teratai di permukaannya. Kolam ini juga jadi habitat bagi beberapa jenis ikan seperti ikan gabus dan patin.

Di sekeliling taman juga terdapat sungai kecil. Terdapat sebuah jembatan pendek untuk menyeberanginya. Selanjutnya di seberang jembatan, terdapat sebuah gazebo. Gazebo ini bebas digunakan untuk beristirahat bagi siapa saja.

Baca: Taman Situ Lembang: 5 Aktivitas Seru

Tanaman Tabebuya

Seluncuran dan ayunan di area bermain
Ragam wahana permainan sederhana untuk anak-anak yang dinaungi pepohonan rindang – Foto: Google Maps/ifey Doank

Di samping kolam teratainya yang cantik, ada juga ciri khas lain taman ini. Ciri khas tersebut yaitu tanaman Tabebuya yang ada di salah satu sudut taman. Tabebuya adalah tanaman yang berasal dari Brasil. Sejauh ini tidak banyak yang mengenal tanaman berbunga ini.

Daya tarik tanaman ini akan tampak ketika berbunga di sekitar bulan Oktober. Pohon Tabebuya di taman ini memiliki bunga berwarna merah muda yang manis. Pada saat mekar, pohon akan tampak seperti Pohon Sakura dari Jepang. Terlebih jika bunga-bunganya berguguran dan mewarnai tanah di sekitar pohon menjadi pink lembut.

Sarana Rekreasi dan Olahraga

Piknik santai di lahan rumput taman
Pengunjung datang berkelompok untuk bercengkerama sambil menikmati udara segar Taman Tabebuya – Foto: Google Maps/Fazhar Sumantri

Taman Tabebuya memiliki jalur pedestrian yang mengelilingi area taman. Jalur ini bermanfaat salah satunya sebagai tempat jogging atau jalan santai. Beberapa area yang luas juga tersedia untuk senam atau yoga. Pengunjung bisa bermain olahraga di area paving blok ataupun di lahan rumputnya.

Di sisi lain, terdapat arena bermain untuk anak-anak. Arena ini berisi beberapa wahana permainan seperti seluncuran dan ayunan. Di hari Sabtu, terdapat perpustakaan keliling yang dibuka. Siapapun boleh membaca buku sambil menikmati suasana sejuk taman ini.

Tidak ada larangan untuk membawa makanan atau minuman kemari. Pengunjung boleh membawa alas dan menggelarnya untuk piknik. Namun, ingat untuk selalu menjaga kebersihan dengan membuang sampah pada tempatnya.

Keindahan taman ini tidak hanya bermanfaat sebagai tempat rekreasi keluarga. Kegiatan seperti foto pre-wedding juga sering mengambil lokasi di beberapa sudut taman. Bahkan beberapa kali syuting film atau sinetron pun berlangsung di sini.

Fasilitas Taman Tabebuya

Fasilitas umum yang ada di taman ini antara lain toilet, gazebo, bangku taman hingga area parkir. Terdapat sarana olahraga berupa jogging track yang nyaman. Ada juga arena bermain anak-anak dengan wahana seperti ayunan, seluncuran, dan jungkat-jungkit.

Lokasi Taman Tabebuya

Taman Tabebuya terletak di Jalan Moch. Kafi I, Ciganjur, Jagakarsa, Jakarta Selatan. Lokasinya berada di pinggir jalan besar sehingga mudah dijumpai. Pengunjung bisa menggunakan mobil ataupun motor kemari. Selain itu jalan ini juga dilewati oleh angkot Pasar Minggu – Ciganjur. Sehingga memudahkan pengguna transportasi umum.

Perhatian: Harga Tiket dapat mengalami perubahan sewaktu-waktu terutama pada musim liburan dan lebaran. Ada baiknya untuk kepastian harga tiket langsung menghubungi tempat wisata terkait.
Sangat BurukBurukBiasaBagusSangat Bagus 5,00 | 1 Pembaca

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan berkomentar
Silakan masukkan nama Anda di sini