Setu Babakan Kampung Betawi Jakarta merupakan objek wisata dengan suasana khas budaya Betawi asli. Perkampungan ini dianggap masih mempertahankan dan melestarikan budaya khas Betawi. Seperti bangunan, dialek bahasa, seni tari, seni musik, dan seni drama.

Tempat Wisata ini ditetapkan Pemerintah DKI Jakarta sebagai tempat pelestarian dan pengembangan budaya Betawi. Luas areanya mencakup 32 hektar lahan dan perairan. Setu Babakan sebagai kawasan cagar Budaya Betawi diresmikan pada tahun 2004.

Harga Tiket Masuk Setu Babakan Kampung Betawi

Wisatawan yang berkunjung di Kawasan Setu Babakan ini tidak dikenai biaya tiket masuk. Pengunjung hanya dikenakan tarif parkir kendaraan berkisar Rp. 2.000 – Rp. 5.000.

Harga Tiket Masuk Setu Babakan Kampung Betawi
Tiket Gratis
Wahana Rp10.000 – Rp15.000

Baca: Dufan Ancol Tiket & 12 Wahana Top

Jam Buka Setu Babakan

Wisatawan bisa berkunjung ke kampung betawi ini mulai pagi hingga sore hari. Baik hari biasa maupun akhir pekan.

Waktu operasional
Senin – Minggu Pk. 06.00 – 18.00

Daya Tarik Wisata Setu Babakan Kampung Betawi

Pemandangan Setu Babakan Jakarta dari udara - prasdanzkaren
Pemandangan area Setu Babakan Jakarta dari udara.
Foto : Instagram/prasdanzkaren

Pusat Budaya Betawi ini menyimpan potensi seni dan budaya yang tetap dilestarikan. Suku Betawi tidak ketinggalan ikut serta dalam melestarikan budaya, khususnya di tanah kelahirannya.

Revitalisasi kawasan Setu Babakan menjadi Kampung Betawi dilakukan oleh Pemprov DKI Jakarta. Pengelolaannya bekerjasama dengan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan.

Kawasan wisata Setu Babakan terbagi menjadi 3 zona wilayah, yaitu:

Zona A: Pelestaria Budaya Betawi

pra-wedding sepasang kekasih di rumah adat kampung betawi
Setu Babakan Jakarta menjadi latar prewedding bertema Betawi. Foto : Instagram/footagestory

Wilayah ini dikembangkan menjadi pusat pelestarian pengembangan budaya khas Betawi. Luas areanya sekitar 3,2 ha. Pada zona ini dikembangkan berbagai rumah adat khas Betawi. Contohnya antara lain rumah adat gudang, kebaya, joglo, bapang, pesisir dan pulau seribu. Zona ini dilengkapi juga dengan museum sejarah dan purbakala. Selain itu terdapat juga gedung teater dan gedung modern bernuansa Betawi.

Di zona ini pada Januari 2018, dibuka gedung serbaguna dan bisa dipakai. Gedung ini berbentuk bulat bercat putih dengan tema kayu. Tempat ini biasa digunakan untuk teater tertutup, perpustakaan, dan galeri khas Betawi. Di tempat ini wisatawan dapat menyaksikan teater lenong Betawi yang acap kali digelar oleh sanggar budaya.

Baca: Jakarta Aquarium Tiket & Atraksi

Zona B: Pusat Kuliner Betawi

penjual es selendang setu babakan kampung betawi
Di Zona kuliner ini terdapat deretan penjual makanan khas betawi di sepanjang pinggir setu. Foto: google Map/Mayangdiah Diah

Zona ini dikembangkan sebagai pusat kuliner nusantara dengan tema Betawi untuk Indonesia. Zona ini berdiri diatas lahan seluas 3.700 meter persegi.

Di dalam zona ini terdapat sekitar 250 pedagang kuliner. Santapan yang disajikan di sini menjajakan makanan khas Betawi dan budaya Indonesia lainnya.

Zona C: Studi Budaya

Pulau Buatan dengan rumah-rumah adat Betawi
Pulau Buatan dengan rumah-rumah adat Betawi di Setu Babakan Jakarta.
Foto : Instagram/Bayu Kris

Area zona C  berdiri diatas lahan seluas 2,8 ha. Wilayah ini dikembangkan menjadi zona komersial dan studi alam. Di zona ini dibangun replika perkampungan Betawi. Replika tersebut dilengkapi rumah adat, sawah dan empang (danau kecil).

Di zona ini tepat Di tengah Setu Babakan, terdapat sebuah pulau buatan sebagai replika perkampungan Betawi. Sebanyak 16 buah rumah tradisional Betawi dibangun di sini. Pulau buatan ini akan menceritakan aktivitas orang Betawi dalam kesehariannya.

Baca: SEAWORLD Ancol Tiket & Aktivitas

Pertunjukan Seni Budaya Betawi

Pertunjukan seni tari Betawi di setu babakan kampung betawi
Pertunjukan seni tari Betawi di Setu Babakan Jakarta.
Foto : Instagram/yulidyna

Masyarakat Setu Babakan masih mempertahankan budaya dan cara hidup khas Betawi. Memancing, bercocok tanam, berdagang, membuat kerajinan tangan dan membuat makanan khas Betawi. Melalui cara hidup inilah, mereka aktif menjaga lingkungan dan meningkatkan taraf hidupnya.

Acara rutin diadakan setiap hari Minggu Pukul 13.00 – 16.00. Ditampilkan berbagai kesenian khas Betawi seperti kesenian tari, musik tanjidor, ondel-ondel, dan lenong. Ada juga pertunjukan gambang kromong dan pencak silat. Selain itu, setiap hari Rabu dan Minggu sore terdapat juga pelatihan kesenian tari dan musik. Serta beladiri betawi yaitu Silat Beksi.

Baca: Taman Mini TMII Tiket & 10 Zona Wahana

Festival Budaya di Kampung Betawi

Pengelola Setu Babakan acap kali menyelenggarakan festival dalam rangka tertentu. Misalnya bertepatan dengan liburan Hari Raya Idul Fitri. Berbagai gelaran budaya disajikan.

Mulai dari Gambang Kromong, Lenong Betawi, Silat Betawi, Gambus, Rebana Biang, dan Keroncong. Tersaji juga Tari Samrah, Palang Pintu, Sohibul Hikayat, Prosesi Hantaran, Qosidah, dan Marawis. Kuliner khas Betawi, fesyen, dan mewarnai gambar juga turut meramaikan gelaran tersebut.

Museum Budaya Betawi

museum budaya betawi
Wisatawan juga bisa mengunjungi museum budaya betawi untuk melihat berbagai koleksi benda-benda khas betawi. Foto: Instagram/matajkt

Museum Budaya Betawi di sini menyajikan beragam produk budaya. Dipamerkan lukisan, benda-benda antik, bir pletok, alat musik klasik, batik, sepeda onthel, dan budaya Betawi lainnya. Lukisan yang dipampangkan antara lain aktor Betawi Benyamin Sueb, komposer Ismail Marzuki, dan tokoh ternama Betawi lainnya. Ada pula lukisan Gubernur DKI Jakarta dengan periode yang berbeda seperti Sutiyoso dan Fauzi Bowo.

Wisatawan juga bisa menyaksikan keberagaman pakaian Betawi yang menggambarkan hubungannya dengan beberapa negara. Misalnya, baju pengantin Betawi didesain atas pengaruh dari China dan Arab.

Di museum tersebut juga bisa melihat delapan ikon budaya Betawi yang disahkan pada awal 2017. Yakni Ondel-Ondel, Kembang Kelapa, Ornamen Gigi Baling, Baju Sadariah, Baju Kebaya Kerancang, Batik Betawi, Kerak Telor, dan Bir Pletok.

Baca: MONAS Monumen Nasional Tiket & Atraksi

Sajian Kuliner Betawi

roti buaya khas betawi
Salah satu kuliner khas Betawi adalah roti buaya yang juga sering disajikan pada saat pernikahan dalam Budaya Betawi. Foto: Instagram/rotibuayajkt

Aktivitas yang paling disukai di Perkampungan Budaya Betawi adalah menyantap sajian kuliner khas Betawi. Aneka makanan dan minuman tradisional ini tersaji di sepanjang jalan utama dan di bibir danau. Areanya pun lengkap dengan tempat bersantap sambil menikmati kesejukan wilayah setu.

Banyak warung dan deretan gerobak yang menjajakan kuliner khas Betawi. Seperti Ketoprak, Ketupat Nyiksa, Kerak Telor, Ketupat Sayur, Bakso, Laksa, dan Soto Betawi. Ada juga Roti Buaya, Bir Pletok, Toge Goreng serta Nasi Uduk. Tak ketinggalan Kue Apem, Arum Manis, Gulali Betawi, Es Potong Pelangi dan Tahu Gejrot.

Baca: Kebun Binatang Ragunan Tiket & Zona

Wisata Air di Setu Babakan Kampung Betawi

Perkampungan budaya ini juga menawarkan jenis wisata danau. Terdapat dua danau di sini, yaitu Mangga Bolong dan Babakan. Danau tersebut dimanfaatkan wisatawan untuk memancing dan menikmati suasana sejuk di pinggir danau.

Wisata Air ini juga merupakan daya tarik lain Setu Babakan. Wisatawan dapat menyewa perahu untuk menyusuri dan mengelilingi danau serta beberapa wahana permainan. Pihak pengelola juga menyediakan sepeda air yang dapat disewa oleh wisatawan.

Ada juga perahu Naga Perahu berhiaskan ukiran naga ini memiliki kapasitas sekitar 20 orang penumpang. Wisatawan dapat mengelilingi setu (danau) menaiki perahu naga tersebut. Untuk mengelilingi setu, wisatawan akan diminta mengenakan pelampung sebagai bagian dari prosedur keselamatan.

Lokasi Setu Babakan Kampung Betawi

Perkampungan Budaya Betawi Setu Babakan terletak di Jl. Moch. Kahfi II RT 009 / RW 008, Kel. Srengseng Sawah, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan, Telp. 021-7862861.

Perhatian: Harga Tiket Bisa mengalami perubahan sewaktu-waktu. Ada baiknya untuk kepastian harga tiket langsung menghubungi tempat wisata terkait.
Very PoorPoorAverageGoodExcellent 4,33 / 3 pembaca