Beranda Tiket Wisata

Wisata Situ Rawa Kalong ini 5 Aktivitas Pilihan – Desember 2022

0
Harga Tiket Masuk Situ Rawa Kalong : GratisJam Buka: 24 JamNo. Telepon: -Alamat: Kelurahan Curug, Cimanggis, Depok, Jawa Barat, Indonesia, 16453

Situ Rawa Kalong taman wisata bertemakan keindahan danau  Kota Depok. Dengan beragam aktivitas wisata menarik. Seperti misalnya memancing, olahraga, foto-foto, bersantai, dan bermain wahana air.

Selain itu pemandangan danaunya juga cantik. Sejauh mata memandang wisatawan bisa melihat panorama danau yang dikelilingi pepohonan rindang. Ditambah dengan udara sekitar yang masih segar dengan kondisi alam yang masih asri.

Harga Tiket Situ Rawa Kalong

Wisata alam ini tidak mengenakan biaya apapun bagi wisatawan yang ingin berkunjung. Setiap orang bebas keluar masuk tanpa membayar tiket masuk. Meski gratis tapi pihak pengelola mengingatkan agar selalu menjaga kebersihan area wisata.

Harga Tiket Situ Rawa Kalong
Tiket masuk Gratis

Baca: TAMAN HERBAL INSANI Tiket Masuk & Aktivitas

Jam Buka Situ Rawa Kalong

Kawasan wisata ini selalu buka setiap hari. Waktunya juga tidak ada pembatasan jadi bisa datang kapan saja.

Jam Buka
Setiap Hari 24 Jam

Aktivitas Seru Di Situ Rawa Kalong

Kehadiran Situ Rawa Kalong semakin menambah daftar destinasi wisata di Kota Depok. Dulunya area ini hanyalah sebuah danau yang tak terawat. Namun setelah revitalisasi besar-besaran kini tampilannya sudah jauh lebih baik. Bahkan menjadi tempat favorit warga Depok untuk melakukan berbagai macam aktivitas.

Menikmati Suasana Pagi Dengan Berolahraga

Seorang wanita sedang bersepeda di pinggir Situ Rawa Kalong
Situ Rawa Kalong memiliki jalan pedestrian yang sangat cocok buat aktivitas olahraga seperti joging atau bersepeda. foto : Googlemap/pipiet harumsyah

Kawasan danau yang banyak pepohonan hijau memang paling pas untuk tempat olahraga. Dengan jalan setapak pedestrian yang biasa digunakan untuk olahraga pagi. Jalan setapak ini berada persis di pinggir danau. Keduanya saling berhadapan satu sama lain. Kondisinya benar-benar mulus dan nyaman dilalui oleh pejalan kaki. Kemudian tepi jalan setapak ini banyak tumbuh pohon besar di setiap sisi jalannya.

Tak heran jika banyak yang memadati kawasan pedestrian pada saat pagi atau sore hari. Sepanjang jalan akan terlihat kerumunan orang melakukan aktivitas olahraga. Ada yang bersepeda, joging, lari, dan berjalan santai. Sementara bagi yang lelah berolah bisa beristirahat di tempat duduk beton yang tersebar di sekitar area.

Baca: TAMAN WILADATIKA Tiket & Aktivitas

Bersantai di Tepi Danau

Tidak hanya bermanfaat untuk aktivitas olahraga saja. Area pedestrian Situ Rawa Kalong juga sering menjadi tempat bersantai. Biasanya area sekitar danau akan ramai pada saat menjelang sore hari. Banyak yang datang untuk bersantai sambil menikmati suasana matahari tenggelam.

Lokasi yang paling pas buat melihat keindahan sunset di pedestrian sebelah timur. Di sini tersedia bangku-bangku yang bisa digunakan sebagai tempat duduk. Bentuknya bulat membentuk angka delapan.

Pengunjung bisa duduk santai di bangku sambil menikmati keindahan sunset. Dari atas langit terlihat matahari mengeluarkan cahaya dan perlahan meninggalkan persinggahannya. Air danau juga ikut mengeluarkan cahaya kecil menyala bak lampu remang-remang. Langit yang tadinya biru perlahan berubah menjadi warna hitam pekat.

Baca: Godong Ijo Sawangan Tiket & Aktivitas

Memancing Ikan Di Sekitar Danau

Seorang pria tengah memancing di Situ Rawa Kalong
Situ Rawwa Kalong terkenal akan kehidupan biota airnya yang beragam. foto : Googlemap/Susan Kusman

Bagi yang suka memancing danau ini bisa menjadi pilihan. Karena dulunya lokasi ini merupakan tempat pemancingan. Salah satu titiknya ada di sisi kiri jembatan apung setelah pintu masuk. Di area tersebut banyak pengunjung tengah duduk menunggu tangkapan ikannya.

Banyak orang memilih memancing di sana karena suasananya sepi dan ikannya juga banyak. Kondisi yang tenang akan memudahkan para pemancing mendapatkan ikan dalam waktu singkat.

Baca: PONDOK ZIDANE Tiket & Wahana

Bermain Wahana Air

Bermain kano dan perahu dayung di Situ Rawa Kalong
Menikmati danau menggunakan perahu kayuh dan kano. Foto: Google Maps/Ira Puspitasari

Wisata Situ Rawa Kalong menyediakan sejumlah wahana permainan air yang seru. Di antaranya ada perahu kano dan perahu kayuh berbentuk mobil. Untuk menikmati kedua wahana tersebut pengunjung harus membayar tiket sewa terlebih dahulu.

Sementara untuk kapasitasnya berbeda tergantung pilihan perahu. Untuk perahu kano hanya bisa muat 1 orang. Sedangkan perahu kayuh mampu menampung maksimal 2 orang. Selama bermain pengunjung bisa mengitari danau dan menikmati pesonanya.

Jembatan Apung

Jembatan apung di membentang dari pinggir ke tengah danau
Jembatan Apung selain sebagai alat penyebrangan juga sering menjadi spot foto pengujung. Foto: Google Maps/ Aji Sasi Takari

Ciri khas dari wisata Situ Rawa Kalong yaitu floating deck. Atau masyarakat biasa menyebutnya dengan jembatan apung. Bentuknya memanjang dengan warna biru paling banyak mendominasi.

Keunikannya yang mengapung di atas air membuat orang-orang tertarik untuk berfoto di atas jembatan ini. Sayangnya wahana ini tidak beroperasi setiap waktu. Hanya pada libur akhir pekan, yaitu Sabtu dan Minggu.

Dalam satu hari jembatan apung terbagi menjadi 2 sesi. Sesi pertama dari Pukul 08.00 sampai 10.00 WIB. Sementara sesi kedua dimulai Pukul 15.00 sampai 17.00 WIB. Kemudian untuk per sesi pengujung dibatas waktu 30 menit saja.

Fasilitas Situ Rawa Kalong

Dibandingkan yang dulu kini fasilitas penunjang di Rawa Kalong sudah cukup memadai. Sekarang kawasan tersebut sudah tersedia tempat parkir, toilet, tempat makan, dan pedestrian. Menariknya lagi terdapat taman mural bergambar kartun karakter orang di sepanjang jalan pedestrian.

Lokasi Situ Rawa Kalong

Wisata ini terletak di Kelurahan Curug, Kecamatan Cimanggis, Kota Depok, Jawa Barat. Lokasinya tidak terlalu jauh dari Kantor Wali Kota Depok. Kurang lebih jaraknya sekitar 3 Km jika lewat Jalan Margonda Raya.

Tanggapan:

4.6 / 5. dari 21

Berikan Rating

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan berkomentar
Silakan masukkan nama Anda di sini