Galeri Nasional Indonesia
Gedung A (luas 1350 m² - kapasitas 150 karya) Galeri Nasional Indonesia

Pada tanggal 8 Mei 1999, Galeri Nasional Indonesia (GNI) resmi beroperasi yang disahkan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan saat itu, Yuwono Sudharsono. Awal berdirinya GNI merupakan salah satu wujud terbentuknya Pusat Pembangunan Kebudayaan Nasional. Struktur organisasi GNI pun telah banyak mengalami perubahan, terakhir saat berada di bawah Departemen Kebudayaan dan Pariwisata.

Gedung ini terletak di Konengsplein Cost 4 yang saat ini dikenal dengan Jalan Medan Merdeka Timur No. 14 Jakarta Pusat. Tahun 1817, gedung ini mulai dibangun dengan material bekas Kasteel Batavia oleh G.C. Van Rijk untuk membangun sebuah Indische Woonhuis.

Bangunan ini juga pernah dijadikan sebagai asrama khusus wanita untuk melaksanakan usaha pendidikan pertama di Hindia Belanda. Sebelumnya, gedung ini adalah bagian dari gedung pendidikan yang didirikan oleh Yayasan Kristen Carpentier Alting Stitching (CAS) pada tahun 1900 di bawah Ordo Van Vrijmetselaren.

Tiket Masuk Galeri Nasional Indonesia

Galeri Nasional Indonesia tak hanya menawarkan pengunjung untuk mengapresiasi karya seni saja melainkan dapat memanfaatkan fasilitas edukasi juga.

Tiket Masuk Galeri Nasional Indonesia
Tiket MasukGRATIS

Di sini, pengunjung yang hendak berkunjung tidak akan dipungut biaya apa pun, atau gratis. Pengunjung dapat menikmati beragam karya seni yang terpampang pada dua galeri, yaitu Galeri 1 dan Galeri 2. Seluruhnya memiliki 11 ruangan yang lengkap dengan teks informasi.

Jam Operasional Galeri Nasional Indonesia

Jam Buka Galeri Nasional Indonesia
Selasa – Minggu09.00 – 16.00 WIB
Pameran Temporer (Setiap Hari)10.00 – 19.00 WIB

Bagi pengunjung yang ingin menikmati Pameran Tetap, Galeri Nasional Indonesia bukan di hari Selasa hingga Minggu. Jam berkunjung dari pukul 09.00 sampai 16.00 WIB, dan libur di hari Senin.

Jika pengunjung ingin menyaksikan Pameran Temporer maka Galeri Nasional Indonesia dibuka setiap hari kecuali hari libur nasional. Jam kunjungan untuk Pameran Temporer dari pukul 10.00 hingga 19.00 WIB, hanya perlu menyesuaikan jadwal masing-masing Pameran Temporer melalui website resmi Galeri Nasional.

Aktivitas & Pameran Galeri Nasional Indonesia

Galeri Nasional Indonesia memiliki berbagai kegiatan seperti pameran, melaksanakan preservasi, akuisisi, seminar, diskusi, workshop, performance art, pemutaran film, festival, lomba, dan lainnya. Hal tersebut bertujuan untuk meningkatkan pemahaman, keterampilan, dan mengapresiasi masyarakat terhadap seni rupa. Selain itu, GNI juga memberikan pelayanan riset koleksi dan pemandu bagi pelajar, mahasiswa, dan juga masyarakat umum.

Pameran Permanen

Galeri Nasional Indonesia terdiri dari dua jenis pameran yaitu Pameran Tetap dan Pameran Temporer yang dapat dinikmati pengunjung. Pameran Tetap yakni menampilkan 109 koleksi yang telah ditetapkan sebagai koleksi negara yang sebagian besar merupakan karya para maestro.

Lalu, Pameran Temporer adalah sebuah kegiatan pameran seni tematis yang diadakan pada periode tertentu. Untuk pertunjukan Pameran Temporer biasanya menampilkan karya seni modern berupa lukisan, patung, grafis, instalasi, kria, dan lain sebagainya.

Lukisan Meraba Diri Galeri Nasional Indonesia
Galeri Nasional Indonesia lukisan Ivan Sagita – Meraba Diri (1988). img: http://galeri-nasional.or.id/collections/174-meraba_diri

Pameran tetap yang menjadi koleksi negara di Galeri Nasional Indonesia dan dikuratori oleh Suwarno Wisetrotomo dan Citra Smara Dewi. Pengunjung dapat menikmati pameran ini secara gratis pada hari Selasa sampai Minggu.

Selain mengamati karya seni, pengunjung juga akan mendapatkan nilai edukasi perihal karya seni yang terpampang. Kegiatan ini adalah aktivitas yang paling sering dijumpai di Galeri Nasional Indonesia.

Pameran Temporer

Pameran yang berisikan pameran seni tematis yang diadakan pada periode tertentu oleh Galeri Nasional ataupun kerja sama dengan pihak lain. Pengunjung dapat menyaksikan pameran ini tanpa dipungut biaya apa pun dengan jadwal yang telah ditentukan oleh pihak Galeri Nasional.

Pameran Temporer dikhususkan bagi karya seni modern berupa fotografi, patung, grafis, instalasi, seni media, dan yang lainnya. Untuk agenda Pameran Temporer, pengunjung bisa mengunjungi website Galeri Nasional.

Pameran Temporer Galeri Nasional Indonesia biasa diadakan di beberapa ruang seperi ruang pameran  Gedung A (1.350 M²), Gedung B (2.800 M²) dan Gedung C (750 M²). Beberapa pameran yang pernah diadakan diantaranya: P Open Biennale, Pameran Seni Rupa Nusantara, Asean New Media Arts Exhibition, OK Video, Jakarta Biennale, Pameran Besar Seni Rupa Indonesia: MANIFESTO, Indonesia Art Award Exhibition; Pameran Karya Anak2 Berprestasi; Pameran “The Jakarta International Photo Summit, dll serta pameran lain baik dari seniman dalam negeri maupun Internasioanl.

Pameran Keliling

Program ini merupakan kegiatan yang diselenggarakan minimal setahun sekali di dalam maupun di luar negeri. Tujuan diadakan Pameran Keliling adalah untuk mengenalkan eksistensi lembaga dan koleksi seni rupa Galeri Nasional Indonesia kepada masyarakat.

Selain itu, kegiatan ini merupakan ajang peningkatan kreativitas dan apresiasi seni bagi perupa di daerah. Program ini telah dilaksanakan di berbagai kota dan negara, seperti Medan, Manado, Balikpapan, Kalimantan Timur untuk skala nasional, juga Malaysia, Filipina, Bangkok, dan lainnya untuk skala internasional.

Baca: Wisata Monas Tiket, Aktivitas & Atraksi Menarik

Seminar

Ada kalanya Galeri Nasional mengadakan seminar terkait dengan karya seni rupa yang diselenggarakan di berbagai kota maupun di gedung GNI sendiri. GNI pernah menyelenggarakan seminar berskala internasional bernama Seminar Estetik di Bali.

Hal ini bertujuan untuk membuktikan upaya konsistensi GNI dalam menghimpun peminat di bidang kajian estetika, terutama di bidang seni rupa. Seminar yang diadakan oleh Galeri Nasional biasanya dilakukan rutin setiap tahunnya.

Workshop

GNI memberikan layanan edukasi di bidang seni rupa dengan tujuan untuk meningkatkan wawasan serta kreativitas terhadap seni rupa kepada masyarakat. Layanan edukasi tersebut tak hanya diselenggarakan di Jakarta melainkan di luar kota.

Pada kegiatan workshop, pengunjung mendapatkan kesempatan untuk terlibat dalam membuat sebuah seni rupa dan juga berdiskusi. Hal tersebut tentu merupakan pengalaman berharga untuk mengasah kreativitas pengunjung pada bidang seni.

Diskusi

Galeri Nasional Indonesia menyelenggarakan program diskusi bagi masyarakat yang ingin mengenal lebih dekat dengan GNI. Selain itu, disediakan pula ruang edukasi interaktif bagi publik agar mendapatkan kesempatan untuk terlibat dalam proses berkarya.

Tentunya ini sebuah kesempatan bagi masyarakat luas untuk mengasah kreativitas dalam bidang seni. Dan juga mengajak masyarakat agar mengapresiasi karya seni dan juga ikut serta dalam menciptakan karya seni.

Fasilitas Galeri Nasional Indonesia

Gedung Galeri Nasional Indonesia memiliki fasilitas yang bisa dinikmati oleh masyarakat seperti perpustakaan. Ada pula ruang laboratorium yang disediakan sebagai tempat untuk melakukan kegiatan konservasi-restorasi.

Selain itu ada juga ruang seminar untuk mendukung kegiatan diskusi maupun seminar mengenai seni rupa. Ruangan ini memiliki kapasitas 200 orang yang dilengkapi dengan pendingin ruangan.

Rute Angkutan ke Galeri Nasional Indonesia

Pengunjung bisa menggunakan armada Bus Transjakarta jurusan Kp. Melayu-Harmoni atau Pulogadung-Harmoni dan turun di Halte Gambir, lalu pengunjung dapat berjalan kaki menuju Galeri Nasional Indonesia.

Jika menggunakan kereta KRL, pengunjung dapat turun di Stasiun Gondangdia, kemudian disambung dengan Bus Kopaja P20 jurusan Pasar Senen, turun di jembatan penyebrangan Stasiun Gambir.

Alamat dan Kontak Galeri Nasional Indonesia

Galeri Nasional Indonesia beralamat di Jalan Medan Merdeka Timur No. 14, Gambir, Jakarta Pusat. Kontak telepon yang bisa dihubungi (021)34833954 atau melalui email galeri.nasional@kemdikbud.go.id.

Dan media sosial resmi milik Galeri Nasional Indonesia seperti Instagram @galerinasional dan Twitter @galerinasional_. Kunjungi juga Youtube GNI di Galeri Nasional Indonesia.

Berikan Nilai: 4,13 Very PoorPoorAverageGoodExcellent 16 Voted
Loading...