LAPANGAN BANTENG Tiket Masuk, Aktivitas dan Fasilitas Juni 2024

  • Harga Tiket Masuk Taman Lapangan Banteng: Gratis
  • Jam Buka: 06.00 - 20.00
  • Nomor Telepon: -
  • Alamat: Ps. Baru, Sawah Besar, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10710

Lapangan Banteng merupakan salah satu taman kota terbesar di DKI Jakarta. Setelah mengalami proses revitalisasi dari tahun 2017 sampai 2018, kini ruang terbuka ini memiliki wajah baru dengan konsep taman bertaraf internasional. Daya tarik utama yang bisa kita dapatkan selain fasilitasnya, yaitu atraksi air mancur yang berlangsung pada malam hari.

Sedikit melihat sejarah dulunya taman ini bernama Waterlooplein atau berarti Lapangan Singa. Lapangan ini dibangun pemerintah Belanda pada masa kepemimpinan Daendels untuk menghina Prancis karena berhasil diusir dari Indonesia. Patung di Lapangan Banteng juga beberapa kali berganti. Hingga akhirnya, pada masa kepemimpinan Presiden Soekarno, patung tersebut berganti lagi dan bertahan hingga saat ini.

Harga Tiket Masuk Lapangan Banteng

Lapangan Banteng termasuk ke dalam taman kota yang pengelolaannya oleh pemerintah DKI Jakarta. Oleh karena itu, kita tidak perlu membayar biaya masuk maupun biaya penggunaan wahana.

Akan tetapi, meskipun dapat diakses secara gratis, kita perlu ikut menjaga kebersihan dan mematuhi peraturan yang ada di sini. Selain itu, jika membawa anak-anak, sebaiknya orang tua selalu mengawasinya saat bermain.

Baca Juga: 9 Taman Terbaik di Kota Jakarta

Buka sampai malam

Kita bisa berekreasi ke Lapangan Banteng mulai dari pukul 06.00 WIB sampai pukul 20.00 WIB. Jangan lewatkan pertunjukkan air mancur yang berlangsung malam hari.

HariJam Buka
Setiap Hari06.00 – 20.00 WIB
Air Mancur (Sabtu dan Minggu)18.30 & 19.30 WIB
Jam Buka Lapangan Banteng

Wisata Populer Jakarta

Aneka Kegiatan Menarik Di Lapangan Banteng

Lapangan Banteng yang berlokasi di Jakarta
Lapangan Banteng adalah taman kota yang menyajikan wisata sejarah dan juga sebagai tempat untuk berolahraga. Foto Instagram lapangan_banteng

Banyak kegiatan yang bisa dilakukan ketika berkunjung ke taman kota ini. Salah satunya adalah berolahraga, bermain, atau berjalan-jalan di wilayah tugu. Selanjutnya, bagi yang membawa anak, bisa menggunakan arena bermain anak yang tak jauh dari tugu.

Kemudian, tak lengkap rasanya jika tidak berfoto untuk mengabadikan momen rekreasi di sini. Terakhir, kita dapat menikmati senja sambil menunggu pertunjukkan air mancur dimulai.

Berolahraga dan Berjalan-jalan

Lapangan Banteng bisa menjadi pilihan area berolahraga yang tepat. Lapangannya yang luas dan trek yang rata membuat kita merasa aman dan nyaman ketika berlari atau bahkan senam di sini. Bagi yang ingin berolahraga bisa datang di pagi hari, sekitar pukul 06.00 WIB sampai 10.00 WIB untuk mendapatkan cahaya matahari terbaik.

Selain berolahraga, kita juga dapat berjalan-jalan santai di sekitar area taman. Nikmati udara sejuk di pagi hari dengan berjalan di area taman yang penuh dengan pepohonan. Kemudian, kita juga dapat bermain dan bersantai pada sore hari sambil menikmati keindahan matahari terbenam.

Arena Permainan Anak

Area bermain anak di tengah rimbunnya pepohonan
Area bermain anak memiliki suasana yang sejuk dan asri karena dikelilingi oleh rerimbunan pohon. Foto: Instagram lapangan_banteng

Di taman kota ini juga tersedia arena permainan untuk anak-anak. Terdapat beberapa wahana permainan antara lain ayunan, perosotan, dan jungkat-jungkit. Bagi orang tua yang membawa anak-anak ke sini wajib mengunjungi arena permainan anak tersebut.

Suasana di arena permainan anak juga sangat asri. Hal ini karena di sekelilingnya tumbuh berbagai macam pepohonan yang rindang. Di area ini, kita juga dapat piknik sambil menggelar tikar, sembari mengawasi anak-anak bermain.

Berfoto di Lapangan Banteng

Berfoto di Area Taman Bunga Lapangan Banteng
Banyak area menarik untuk berfoto di sini, salah satunya yaitu di taman bunganya. Foto: Instagram lapangan_banteng

Tak lengkap rasanya jika tidak berfoto di Lapangan Banteng. Pasalnya, banyak area foto menarik di sini. Seperti di area tugu, kita dapat berfoto dengan latar belakang tugu dan kolam yang indah. Selain itu, dari area ini kita juga bisa memotret langit yang cerah dengan leluasa.

Selanjutnya, terdapat area berfoto di area taman bunga atau di jalan setapak yang berpagar pepohonan di kanan dan kiri jalan. Dengan latar belakang taman bunga, kita dapat menghasilkan foto yang indah dan terkesan ceria. Kemudian, jika berfoto di area jalan setapak, kita bisa mendapatkan foto dengan hasil yang estetik dan juga menyejukkan mata.

Jejak Pahlawan di Kutipan Dinding

Berfoto di Kutipan Dinding Lapangan Banteng
Kutipan dinding dari pahlawan nasional dibuat untuk memantik semangat kebangsaan yang melihatnya. Foto: Instagram lapangan_banteng

Salah satu lokasi yang juga menjadi ikon Lapangan Banteng yaitu dinding yang berisi kutipan-kutipan pemantik semangat kebangsaan. Kutipan tersebut berasal dari perkataan dari beberapa tokoh nasional Indonesia dan terabadikan di dinding-dinding marmer.

Selain melihat-lihat, kita juga dapat berfoto di area ini. Pembuatan kutipan dinding ini dengan harapan dapat membangkitkan ingatan jasa para pahlawan Indonesia. Dengan tujuan agar kita bisa meresapi semangat kebangsaan dalam kehidupan sehari-hari.

Pertunjukkan Air Mancur

Air Mancur Lapangan Banteng
Air Mancur yang berhiaskan lampu warna-warni yang menari-menari. foto: Google Maps/ Ivana Teng

Pertunjukkan air mancur adalah acara yang paling ditunggu oleh pengujung. Dalam pertunjukkan ini, kita dapat melihat atraksi air mancur yang menari-nari. Selagi air mancur menari-nari, terdengar instrumen lagu-lagu nasional mengiringi jalannya pertunjukkan.

Kemudian, dalam pertunjukkan, lampu sorot yang berwarna-warni juga dinyalakan sesuai dengan tema lagu nasional. Pertunjukkan air mancur menari ini hanya berlangsung pada hari Sabtu atau Minggu. Jam pertunjukannya dibagi menjadi 3 bagian, yaitu pukul 18.30 WIB, 19.30 WIB, dan 20.15 WIB.

Lapangan Banteng Sediakan Berbagai Fasilitas

Lapangan Banteng memiliki beberapa fasilitas umum. Fasilitas tersebut yaitu toilet umum, musala, area permainan anak, area olahraga, tempat cuci tangan, dan area parkir untuk motor.

Untuk area parkir mobil, saat ini pengelola belum menyiapkannya di bagian dalam taman. Bagi kita yang membawa mobil dapat memarkirkan kendaraannya di area luar Lapangan.

Lokasi dan Rute Taman Lapangan Banteng

Lapangan Banteng berlokasi di kawasan Gambir, Pasar Baru, Jakarta Pusat. Untuk sampai ke taman ini kita dapat menggunakan kendaraan pribadi maupun angkutan umum. Jika menggunakan angkutan umum, kita bisa menaiki KRL atau Transjakarta.

Untuk moda transportasi KRL, kita akan turun di Stasiun Juanda dan berjalan kaki melewati gereja Kathedral. Kemudian, untuk Transjakarta, bisa menggunakan koridor 6H dan langsung turun di depan Lapangan Banteng. Selain koridor tersebut, kita juga dapat turun di Deplu atau Juanda dengan naik Transjakarta koridor 2, 2A, 2D, 3, 5C, 5H, atau 7F.

Ulasan Pembaca

4.3 - 28 Pembaca

Berikan Nilai

Harga dapat berubah sewaktu-waktu terutama pada saat peak season seperti Hari Raya Lebaran, Musim Liburan serta Natal dan Tahun Baru. Oleh karena itu ada baiknya pembaca langsung menghubungi kontak tempat wisata atau akomodasi terkait. Meskipun begitu kami juga secara berkala melakukan pembaruan harga.
Bagikan konten ke:

Berikan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *