MUSEUM PATAH HATI: Tiket Masuk, Ragam Spot dan Fasilitas Maret 2024

MUSEUM PATAH HATI

  • Harga Tiket Masuk: Rp49.000 - Rp89.000
  • Jam Buka: 10.00 - 21.00 WIB
  • Nomor Telepon: -
  • Alamat: -, -, Jakarta dan Bandung, -, Indonesia, -

Museum Patah Hati merupakan museum yang membungkus pameran seni dalam bentuk yang unik, fun, dan instagramable. Pameran ini menghadirkan berbagai instalasi seni yang berfungsi sekaligus sebagai spot foto. Beberapa instalasi bahkan merupakan wahana permainan. Museum ini merupakan pop-up event yang hanya hadir dalam waktu tertentu di lokasi berbeda.

Harga Tiket Masuk

Harga tiket masuk Museum Patah Hati berbeda-beda di setiap lokasinya. Kisaran harga tiket mulai dari Rp49.000 hingga Rp89.000. 

Baca: Art1 Museum Tiket & Koleksi Seni

Jam Buka

Museum Patah Hati buka setiap hari mulai pukul 10 pagi hingga pukul 9 malam. 

Pojok Patah Hati Berkedok Pameran Seni!

Museum Patah Hati adalah pameran seni interaktif dengan gaya kekinian. Galeri seni biasanya identik dengan suasana tenang dan syahdu. Berbeda halnya dengan Museum Patah Hati yang menyajikan berbagai instalasi seni dengan gaya seru, nyeleneh, satir, namun tetap atraktif. 

Pameran ini menghadirkan sejumlah instalasi seni yang multifungsi. Selain indah dipandang, setiap instalasi juga bisa menjadi spot foto hingga wahana permainan. Meski ditujukan bagi kalangan anak muda, namun museum ini bisa jadi pilihan destinasi wisata unik bagi keluarga.

Tunnel of Love

tunnel of love, spot foto, museum patah hati
Instalasi terowongan penuh bunga – Foto: Gmaps/Syadni Zaen

Memasuki museum, pengunjung harus melewati sebuah terowongan berwarna mencolok. Terowongan bernama Tunnel of Love ini merupakan instalasi pertama yang menyambut pengunjung. Seluruh terowongan penuh dengan bunga dan lampu neon. Spot ini cukup populer sebagai arena berfoto pengunjung karena tampilannya cantik dan penuh estetika.

Dari Tunnel of Love, pengunjung akan masuk ke ruangan berisi beberapa samsak yang tergantung. Setiap samsak memiliki tulisan lucu seperti ‘buaya darat’ dan ‘nikung temen sendiri’. Pengunjung bisa melampiaskan emosi dengan meninju samsak tersebut dengan sarung tinju. Setelah puas, pengunjung selanjutnya akan bergerak ke Pintu Broken Heart.

Baca: Museum 3D Kota Tua Tiket & Koleksi

Pintu Broken Heart

Dari ruang penuh samsak tinju, pengunjung harus melewati Pintu Broken Heart untuk ke ruangan selanjutnya. Pintu berbentuk hati yang terbelah ini tertutup rapat. Ada cara unik untuk membukanya.

Setiap pengunjung yang ingin melewatinya harus menjawab pertanyaan dari petugas. Tidak hanya menjawab, pengunjung juga harus berteriak sekerasnya ke arah pintu. Selain sebagai target pelampiasan emosi, pintu ini juga memberikan pengalaman unik tersendiri.

Labirin Friendzone

Setelah pintu terbuka, pengunjung akan memasuki sebuah labirin bernama Labirin Friendzone. Labirin ini memiliki sejumlah ruangan berisi instalasi menarik. Pengunjung akan menyusuri pengalaman patah hati hingga berhasil move on.  

Beberapa instalasi tidak hanya indah dipandang, tetapi juga bersifat interaktif. Misalnya, pengunjung harus berjuang menyalakan sebuah lampu di ruangan Cinta Bertepuk Sebelah Tangan. Kemudian meluncur di ‘Slide to Move On’ untuk menggambarkan cara bersenang-senang melupakan kesedihan akibat patah hati. Ada juga permainan unik Game Bucin yang memberi kesempatan pengunjung untuk membawa pulang aneka snack

Baca: MOJA MUSEUM Tiket & Spot Foto Kreatif

Cinta Bertepuk Sebelah Tangan

Museum Patah Hati
Museum unik bertemakan patah hati.

Ruangan Cinta Bertepuk Sebelah Tangan berisi aneka dekorasi dialog dan permainan kata-kata yang memenuhi dinding. Setiap dekorasi merupakan lampu yang bisa menyala jika pengunjung menekan tombol. Lampu-lampu ini menyala satu per satu dan memberi kesan tersendiri. 

Uniknya, ada satu lampu berbentuk hati berukuran raksasa di tengah ruangan. Ada dua tombol untuk menyalakan lampu ini yang harus ditekan bersama-sama. Hati raksasa tersebut tidak akan menyala jika hanya menggunakan satu tombol. Hal ini untuk menggambarkan bahwa berjuang bersama akan menyalakan cinta dengan baik, bukannya berjuang sendiria. 

Tinggal Kenangan

spot foto aesthetic
Ruangan penuh kenangan bersama ‘sang mantan’ Foto: Gmaps/Syadni Zaen

Selanjutnya adalah Ruang Tinggal Kenangan yang merupakan galeri barang-barang ‘kenangan mantan’. Memiliki tampilan yang lebih bold dengan seluruh sisi ruangan penuh dengan kata-kata ‘tinggal kenangan’ berwarna hitam-putih. 

Ruang tersebut Memajang sejumlah barang-barang yang lekat sebagai hadiah dalam hubungan pacaran. Barang-barang tersebut antara lain buket bunga dan boneka yang terpajang lengkap dengan pigura dan ceritanya masing-masing. 

Radiant Garden

instalasi instagramable
Pengunjung berfoto di instalasi Radiant Garden – Foto: Gmaps/Nindia saputri

Instalasi Radiant Garden adalah ruang penuh cermin dengan kursi melayang di tengahnya. Ruangan cantik ini menggambarkan waktu untuk kembali bersinar setelah melewati patah hati. Layout-nya yang aesthetic membuat ruangan ini jadi favorit sebagai spot selfie

Slide to Move On

Slide to Move On merupakan instalasi seni sekaligus wahana bermain. Di dalam ruangan ini terdapat tiga seluncuran yang mengarah ke hamparan bola plastik. Pengunjung bisa meluncur di sini untuk melupakan patah hati yang sudah berlalu. Kemudian, move on ke hal-hal lain yang lebih menggembirakan.

Instalasi dan Wahana Lainnya

berfoto dengan pesan-kesan dari pengunjung
Pengunjung membaca catatan yang ditinggalkan oleh pengunjung lainnya di Ruang Golden Moments – Foto: Gmaps/Putra Lestamaa

Masih banyak ruang-ruang pameran lainnya yang menarik di pameran ini. Di Ruang Golden Moment misalnya, pengunjung bisa meninggalkan catatatn pesan-kesannya di wall of fame. Ada juga Pojok Kenangan yang menampilkan tayangan-tayangan seru untuk melupakan patah hati. Selain itu, ada sesi tarot dan palm reading untuk pengunjung yang ingin membaca ramalan tarot atau telapak tangan.

Pengunjung Museum Patah Hati juga bisa membawa oleh-oleh ketika pulang. Salah satunya yaitu dengan memainkan games capit berhadiah snack. Uniknya, pengunjung bukan bermain menggunakan mesin capit. Melainkan mengikatkan diri ke alat dan menjadikan badannya sebagai pencapit.

Fasilitas

Di Museum Patah Hati terdapat beberapa ruangan instalasi. Ruangan tersebut di antaranya Ruang Broken Heart, Labirin Friendzone, Ruang Cinta Bertepuk Sebelah Tangan, Ruang Tinggal Kenangan, Ruang Radiant Garden, Ruang Slide to Move On, Pojok Santai Penuh Kenangan, Klinik Romantika, dan Ruang Golden Moment. Museum ini juga menyediakan petugas pemandu di setiap ruangan dan aneka games menarik. 

Lokasi Museum Patah Hati

Museum Patah Hati sudah buka di dua lokasi yaitu Jakarta dan Bandung. Lokasi di Jakarta yaitu di Chillax Sudirman, Jalan Jenderal Sudirman 22 Kav. XXII-XXIII. Sedangkan lokasi pop up ada di Fandom Superland, Braga Citywalk, Jalan Braga No. 99-101, Braga, Kecamatan Sumur Bandung, Kota Bandung, Jawa Barat. Ke depannya, kemungkinan museum ini akan digelar di kota yang berbeda.

Berikan Rating

4.8 - 15 Pembaca

Berikan Nilai

Bagikan konten ke: