Beranda Tiket Wisata

Gili Air Tiket & Ragam Aktivitas - Oktober 2022

0
Harga Tiket Masuk Gili Air : Rp12.000 - Rp250.000Jam Buka: 24 JamNo Telp: -Alamat: Gili Indah, Pemenang, Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat, Indonesia, -

Nusa Tenggara Barat memiliki 3 gili, di antaranya yaitu Gili Trawangan dan Gili Meno. Selain kedua tempat tersebut, ada satu gili lagi yaitu Gili Air. Gili ini merupakan gili yang berada paling timur. Luas wilayahnya hanya sekitar 15 kilometer persegi. Daya tarik utama terletak pada suasananya yang lebih tenang jika dibandingkan dengan Gili Trawangan. Lokasi wisata ini bisa diakses melalui Bali atau Lombok. Karena letaknya yang berada di tengah laut, maka untuk sampai ke sini hanya bisa menggunakan kapal Ferry maupun fast boat.

Gili Air merupakan tempat yang cocok bagi pecinta olahraga free-diving atau snorkeling. Pengunjung bisa menyewa peralatan snorkeling atau jasa pelatih free-diving yang tersedia di tepian pantai. Airnya yang jernih membuat pemandangan bawah air bisa terlihat dengan jelas.

Bahkan, jika beruntung, saat menyelam pengunjung bisa bertemu dengan penyu yang sedang berenang. Selanjutnya, bagi yang mempunyai hobi fotografi, tempat ini memiliki pemandangan laut dan langit yang indah saat siang hari. Lalu, saat sore hari, jangan lewatkan panorama matahari terbenam yang menawan.

Harga Tiket Masuk Gili Air

Untuk sampai ke Gili Air, pengunjung perlu membeli tiket kapal penyeberangan. Tersedia beberapa jenis kapal dengan harga dan fasilitas yang berbeda dari masing-masing kapalnya. Tiket kapal tersebut sudah termasuk dengan tiket masuk per orang.

Harga Tiket Perahu dan aktivitas
Tiket perahu (umum/privat)Rp12.000/Rp350.000
Snorkeling (umum/privat)Rp100.000/Rp1.500.00
Sewa SepedaRp50.000/hari
AndongRp150.000
KulinerRp15.000-Rp100.000

Baca: PANTAI PINK Lombok Tiket & Aktivitas

Jam Buka Gili Air

Wilayah pulau ini beroperasi setiap hari selama 24 jam. Waktu terbaik untuk berkunjung ke sini yaitu saat cuaca sedang cerah antara bulan Juli sampai Agustus. Untuk menikmati suasana yang lebih tenang, sebaiknya datang di hari biasa atau di waktu low season.

Jam Operasional
Setiap hari24 jam

Menikmati Pemandangan Alam di Gili Air

Air laut di Gili Air yang bening
Di Gili Air, lautnya jernih sebening kaca sehingga hamparan karang dan aneka biota laut bisa terlihat dari permukaan air. Foto: Google Map/Kata Kovacs

Pemandangan alam di Gili Air menjadi hal menarik untuk dilihat oleh pengunjung yang datang ke sini. Panorama laut dengan air yang jernih dan langit yang cerah akan memanjakan mata. Keindahan itu semakin bertambah dengan pasir putih yang ada di pantai.

Pengunjung bisa menikmati pemandangan tersebut sambil duduk bersantai di bawah pohon di tepi pantai. Selain bersantai, di sini juga cocok untuk dijadikan tempat untuk berjemur. Gunakan tikar sebagai alas untuk berjemur. Setelah bosan berjemur, pengunjung juga bisa berkeliling pantai dengan menaiki sepeda atau cidomo. Cidomo adalah kereta kuda tradisional khas Gili.

Gili ini tidak terlalu ramai, jika dibandingkan dengan Gili Trawangan. Hal itu membuat lokasi wisata ini sangat cocok bagi yang ingin menikmati suasana laut dan pantai yang sepi. Lalu, ombak yang tenang dan air lautnya yang jernih menarik minat pengunjung untuk berenang dan bermain air.

Tersedia juga ayunan di tepi pantai yang menarik untuk dicoba. Pemandangan akan semakin eksotis saat sore hari. Matahari terbenam akan mengubah warna langit menjadi jingga. Manfaatkan momen ini untuk memotret dan menghasilkan foto pemandangan yang menawan. Tak lupa juga untuk mengambil foto siluet di waktu matahari terbenam.

Baca: GUNUNG RINJANI Tiket Pendakian & Keindahan

Snorkeling

pengunjung yang sedang snorkeling di Gili Air
Gili Air memiliki laut dengan air yang bening seperti kaca dan menjadi salah satu surga bagi para penyelam yang suka snorkeling atau freediving. Foto: Google Map/Made Sumardika

Air laut yang jernih dan ombak yang tenang yang dimiliki Gili Air menjadikannya sebagai tempat yang cocok untuk melakukan snorkeling. Jika tidak membawanya, pengunjung bisa menyewa peralatan snorkeling yang tersedia di kios tepi pantai.

Untuk mendapatkan pemandangan laut yang indah, disarankan untuk mulai menyelam di sekitar Bel Resort & Spa dan Sunrise Resort. Tidak hanya pemandangan laut yang indah, jika beruntung maka pengunjung bisa bertemu dengan penyu di sini.

Selain snorkeling, olahraga freediving atau menyelam tanpa menggunakan alat bantu penyelaman juga bisa dilakukan di sini. Olahraga ini hanya boleh dilakukan oleh orang yang sudah ahli atau orang awam yang ditemani oleh pelatih. Ada beberapa tempat di tepi pantai yang menawarkan jasa pelatih bagi yang tertarik untuk mencoba olahraga freediving.

Baca: Rinjani Waterpark Tiket & Wahana

Fakta Menarik dari Gili Air

Ayunan di Gili Air
Penamaan Air pada Gilir Air memiliki makna tersendiri, yaitu wisata ini menawarkan beragam aktivitas yang berkaitan dengan air. Foto: Google Map/Eliza M.

Gili Air terletak di bagian paling timur dari Gili Trawangan dan Gili Meno. Selain itu, gili ini juga merupakan yang paling dekat dengan Lombok. Masyarakat yang tinggal di sini kebanyakan adalah Suku Bugis dan Suku Sasak. Untuk Gili Air sendiri, masyarakat ini memiliki sebutan khusus yaitu Tengaq Aiq. Sebutan tersebut muncul karena letak Gili Air yang berada di tengah laut.

Penamaan Air pada Gilir Air memiliki makna tersendiri. Air di sini berarti lokasi wisata ini menawarkan beragam aktivitas yang berkaitan dengan air. Tidak hanya pemandangannya yang menakjubkan, gili ini juga memiliki hutan Mangrove. Hutan ini menarik untuk dikunjungi menggunakan sepeda yang bisa disewa di sekitar pantai.

Fasilitas

Fasilitas yang ada di Gili Air tergolong lengkap. Tersedia banyak restoran dan bar di sini. Jika kekurangan uang tunai, di sini juga terdapat beberapa mesin ATM. Bagi yang menyukai freediving dan snorkeling, tersedia tempat-tempat untuk menyewakan peralatannya serta instrukturnya. Apabila hendak bermalam di sini, tersedia banyak penginapan dengan beragam jenis dan harga. Jenis penginapan tersebut antara lain yaitu homestay, hotel, bungalow, cottage, resort.

Angkutan Menuju Gili Air

Gili Air berlokasi di Desa Gili Indah, Kepulauan Pemenang, Kabupaten Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat. Terdapat dua rute untuk sampai ke sini, yaitu melalui Mataram dan Bali. Jika berangkat dari Mataram, bisa memilih satu dari 2 jalur, yaitu Mataram-Senggigi-Pemenang atau Mataram-Pusuk-Pemenang.

Dari pelabuhan Bangsal di Pemenang, terdapat 2 jenis kapal untuk menyeberang yaitu kapal umum dan fast boat. Selanjutnya, jika ingin berangkat dari Bali pengunjung bisa berangkat dari Pelabuhan Padangbai.

Apabila ingin langsung sampai ke Gili, bisa gunakan fast boat. Namun, jika ingin lebih murah, dari Padang Bai pengunjung bisa naik kapal Ferry menuju ke Lembar. Dari Lembar, perjalanan dilanjutkan menuju ke Pelabuhan Bangsal. Dari sana, pengunjung bisa menyeberang ke Gili Air.

Tanggapan:

4.5 / 5. dari 17

Berikan Rating