Beranda Tiket Wisata

6 Pesona WISATA GILI TRAWANGAN Desember 2021

Gili TrawanganHarga Tiket: Rp15.000 - Rp500.000Jam Buka: 07.00 - 17.00No Telp: -Alamat: Kepulauan Gili, Pemenang, Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat, Indonesia, -

Di sebelah barat Pulau Lombok, terdapat gugusan pulau-pulau kecil. Kepulauan ini terkenal sebagai ‘Gili’. Salah satu pulaunya merupakan destinasi wisata Indonesia yang sudah mendunia. Namanya Gili Trawangan, pulau kecil dengan sejuta pesona.

Berada di belakang Bali dan Borobudur, Gili Trawangan merupakan spot wisata andalan Indonesia. Pulau ini tersohor karena pantainya yang bersih nan indah serta kehidupan lokalnya yang menarik. Tidak heran jika pulau ini jadi alternatif berlibur selain Bali bagi turis mancanegara. 

Biaya ke Gili Trawangan

Memasuki Gili Trawangan tentu saja tidak ada biaya apapun. Wisatawan hanya perlu memperhatikan biaya perjalanan dan fasilitas rekreasi yang diinginkan. Selain itu, biaya makan dan akomodasi selama di sana juga perlu menjadi perhatian.

Estimasi Biaya Ke Gili Trawangan
Parkir Kendaraan di Pelabuhan Bangsal /hariRp25.000
Tiket Public Boat /orangRp15.000
Tiket Speed Boat /orangRp85.000
Tiket Kapal Cepat dari Bali mulai dari Rp500.000
Paket Snorkeling
Paket Public Boat /orang sudah termasuk peralatanRp150.000
Paket Private Glass Boat /kapalmulai dari Rp950.000
Paket Lo-Boat /orang (max. 20 orang)mulai dari Rp95.000
Biaya Transportasi
Cidomo (delman)Rp40.000 – Rp125.000
Sewa Sepeda (per jam – per hari)Rp15.000 – Rp50.000

Baca: 11 Tempat Wisata Terbaik di Lombok

Jam Buka Loket Penyebrangan

Gili Trawangan selalu terbuka untuk turis sepanjang tahun. Namun, wisatawan perlu memperhatikan jam buka loket tiket kapal. Sementara fasilitas di Gili Trawangan kebanyakan masih buka hingga malam hari. 

Jam Buka Loket Penyebrangan
Loket Tiket 08.00 – 17.00 WITA

Eksotisme Wisata Gili Trawangan Bak Surga

Pantai Gili Trawangan
Suasana laut Gili Trawangan yang tenang dengan gradasi warna cantik – Foto: Google Maps/Natalia Gigena

Gili Trawangan adalah pulau terbesar dari gugusan Kepulauan Gili di NTB. Pulau ini menawarkan berbagai pesona alam dan kehidupan kearifan lokal yang menarik. Eksotismenya mamang selalu berhasil memikat wisatawan lokal hingga mancanegara. Maka tak heran pulau ini seringkali jadi alternatif bagi mereka yang bosan dengan suasana ramai di Bali. 

Dibandingkan dengan pulau tetangganya, Gili Trawangan memang sangat menggoda untuk dikunjungi. Alam yang terjaga, fasilitas lengkap, kehidupan kesehariannya serta biaya yang murah jadi beberapa alasannya. Berikut adalah sejumlah spot wisata dan aktivitas rekreasi yang bisa dicoba di Gili Trawangan.

Baca: GUNUNG RINJANI Tiket Pendakian & Keindahan

Deretan Pantai Memikat

Wisatawan berpose di atas ayunan di Pantai Gili Trawangan
Ayunan di pinggir Pantai yang populer sebagai spot menikmati sunset sekaligus spot foto – Foto: Google Maps/amir beleq kekah

Selama berada Gili Trawangan tentu tidak bisa melewatkan pesona pantainya. Pulau kecil ini dikelilingi pesisir yang indah. Dengan pantainya memiliki ciri khas landai dan berpasir putih lembut. Ditambah dengan ombak sekitar yang selalu tenang.

Pantai yang nyaman membuat banyak aktivitas dan keramaian berpusat di sini. Wisatawan dapat berjemur, bermain pasir, bermain ombak, atau mencoba aneka jenis watersport. Berbagai bar juga menempati sebagian besar kawasan bibir pantai. 

Pantainya yang cantik sudah pasti mengundang untuk diabadikan dalam jepretan kamera. Wisatawan bisa menikmati panorama sunset  di bagian barat pulau atau sunrise di sebelah timur. Lanskap Gunung Agung dan Gunung Rinjani dapat terlihat ketika cuaca cerah. Jangan sampai ketinggalan juga untuk berfoto di spot ayunan pantainya.

Baca: PANTAI SENGGIGI Lombok Tiket & Daya Tarik

Snorkeling & Diving

Ikan hiu melintas di spot snorkeling
Berbagai spot snorkeling tersedia dengan daya tariknya masing-masing – Foto: Google Maps/Mario Agustinus

Keindahan laut di pesisir Gili Trawangan memang tidak perlu diragukan lagi. Dari bibir pantai, lautnya menyajikan gradasi warna biru yang memikat. Ternyata, pemandangan bawah lautnya pun tidak boleh terlewatkan. 

Gili Trawangan memiliki banyak spot bawah laut yang menarik. Wisatawan dapat menikmatinya dengan snorkeling maupun diving. Spot ini tersebar di sekitar pulau hingga ke Gili Meno dan Gili Air. Beberapa spot snorkeling yang cukup populer yaitu Shark Spot, Meno’s Wall, Bounty Wreak, dan Coral Garden.

Baca: Pesona Keindahan GILI KEDIS Lombok Barat

Trawangan Night Market

Salah satu penjaja seafood di Night Market
Berbagai varian makanan laut yang disajikan segar di Trawangan Night Market – Foto: Google Maps/Muslim SP

Berlibur ke pesisir pantai tentunya tidak lepas dari kuliner laut. Gili Trawangan menyajikan beragam santapan hasil laut. Terdapat sejumlah tempat makan yang menghidangkan menu laut khas pulau ini. Wisatawan bisa memilih mulai dari warung kecil hingga restoran mewah.

Namun, Trawangan Night Market mungkin akan jadi destinasi wisata kuliner favorit. Pasar kuliner ini buka pada saat malam hari di sekitar Dermaga Trawangan. Sejumlah lapak sederhana menawarkan olahan seafood segar yang menggugah selera. Jika ingin mencicipi cita rasa lokal, pasar ini adalah tujuan wajib.

Baca: ABANGAN LOMBOK Tiket & Aktivitas

Hiburan Malam

Jiggy Booze Bar ramai dipadati wisatawan di malam hari
Ramainya kehidupan malam hari Gili Trawangan oleh para turis lokal maupun mancanegara di salah satu bar – Foto: Google Maps/Josu Nuin

Banyaknya turis mancanegara membuat pilihan rekreasi menjadi semakin variatif. Layaknya Bali, sejumlah bar yang menghidangkan minuman beralkohol mudah ditemui di sini. Kawasan ini biasanya mulai buka ketika menjelang malam hari. Semakin malam, bar dan kafe justru akan semakin padat pengunjung.

Suasana pesta memeriahkan malam-malam di Gili Trawangan. Hampir setiap hari pesta digelar secara bergiliran di bar dengan tema berbeda. Misalnya, Sama Sama Bar selalu siap memutar musik reggae. Sementara Tir Na Nog menawarkan konsep Irish Bar yang tidak biasa.

Baca: PANTAI KUTA Lombok Tiket & Aktivitas

Kehidupan Lokal Gili Trawangan

Wisatawan menggunakan sepeda sebagai akomodasi transportasi
Peraturan daerah melarang penggunaan kendaraan bermotor sehingga sepeda dan cidomo (delman) menjadi pilihan transportasi utama di sana – Foto: Google Maps/gigih alambara

Meski jadi yang terluas di gugusan Kepulauan Gili, Gili Trawangan nyatanya tidak seluas itu. Pulau ini hanya memiliki luas sekitar 3 x 2 kilometer persegi.

Luas ini bisa dijelajahi hanya dengan berjalan kaki selama 2-3 jam saja. Sehingga, penggunaan kendaraan bermotor pun tidak terlalu diperlukan. Akomodasi transportasi di pulau ini hanya diperbolehkan untuk sepeda dan cidomo atau delman. Tidak heran jika kualitas udara di pulau ini pun terjaga kebersihannya.

Selain larangan kendaraan bermotor, ada peraturan lainnya yang menarik. Pemerintah daerah menyiapkan sanksi sosial yang ‘istimewa’ bagi para pelaku kriminal. Misalnya, orang yang kedapatan mencuri akan diarak keliling pulau dengan tulisan ‘I’m Thief, Don’t Do What I Did’ (Saya Pencuri, Jangan Meniru Apa yang Saya Lakukan). Beberapa tempat wisata di sini juga melarang pengunjungnya mengenakan bikini, lho.

Lokasi dan Akses ke Gili Trawangan

Kawasan wisata kepulauan ini terletak di barat laut Pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat. Pulau kecil ini bisa dijangkau dengan perahu khusus dari Lombok maupun Bali. Ada dua pilihan perahu, yaitu public boat dan speed boat.

Public boat berangkat dari Pelabuhan Bangsal. Waktu tempuh perjalanannya sekitar 35 – 45 menit. Meski lama, namun perahu ini memiliki tarif yang lebih murah. Perahu jenis ini biasanya hanya berangkat ketika perahu sudah terisi penuh oleh penumpang.

Sedangkan speed boat cocok untuk wisatawan yang ingin suasana privat dan menghemat waktu. Dengan biaya yang lebih mahal, wisatawan akan tiba dalam waktu 20 menit. Perahu ini bisa mengangkut hingga 8 orang dan berangkat dari Teluk Nara.

Selanjutnya jika dari Bali, tersedia kapal cepat dari beberapa titik. Beberapa pelabuhan yang selalu ramai adalah Pelabuhan Padang Bai dan Tanjung Benoa. Waktu keberangkatan tergantung cuaca dan bisa memakan waktu hingga 2,5 jam perjalanan. 

Tanggapan:

5 / 5. dari 1

Kasi Bintang