Beranda Tiket Wisata

PANTAI TANJUNG AAN Tiket & Daya Tarik - Juli 2022

0
Harga Tiket Masuk Pantai Tanjung Aan : Rp5.000 - Rp15.000Jam Buka: 24 JamNo Telp: -Alamat: Jl Tanjung Aan, Kuta, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat, Indonesia, -

Pantai Tanjung Aan salah satu pantai eksotik di kawasan selatan Lombok. Pantai berpasir putih dengan air laut biru sangat cocok untuk menghabiskan waktu. Selain itu, lokasinya pun tak jauh dari Bandara Internasional Lombok. Apalagi saat ini, akses jalan telah dibangun dengan baik, sehingga nyaman melakukan perjalanan menuju pantai ini.

Berbagai aktivitas seru dapat tersedia di objek wisata ini. Wisatawan dapat bersantai di atas pasir berpayung atap jerami. Atau menghabiskan waktu dengan melakukan aktivitas air, seperti berenang atau berselancar. Serta mengunjungi area lain di kawasan sekitar pantai yang tak kalah indahnya.

Harga Tiket Masuk Pantai Tanjung Aan Lombok

Untuk berekreasi di pantai tiket masuknya tidaklah mahal. Bahkan, harga tiket masuk sudah termasuk biaya parkir.

Harga Tiket Masuk
Tiket masuk motorRp5.000
Tiket masuk mobilRp10.000
Tiket masuk mini busRp15.000

Baca: PANTAI PINK Lombok Tiket & Aktivitas

Jam Buka Pantai Tanjung Aan Lombok

Objek wisata ini tidak menetapkan jam operasional yang ketat. Area pantai biasanya ramai kunjungan pada saat pagi atau sore hari. Dan semakin padat saat sore hari, karena suasana pantai sudah lebih teduh. Ditambah dengan pemandangan matahari terbenam di sini begitu indah.

Jam Operasional
Setiap hari24 jam

Indahnya Pantai Tanjung Aan Lombok

Keindahan Pemandangan Pantai Tanjung Aan
Keindahan Pemandangan Pantai Tanjung Aan. Foto: Gmap/Hieu Nguyen

Pantai Tanjung Aan dapat menjadi lokasi yang tepat untuk menyegarkan pikiran kala suntuk. Objek wisata ini memiliki keindahan yang begitu alami. Pasir putih yang unik, menghampar di sepanjang 2 kilometer garis pantai. Bertemu langsung dengan air laut yang bergradasi.

Di dekat pantai, air lautnya berwarna hijau tosca, dengan kedalaman yang cukup dangkal. Semakin ke tengah lautan, warna air laut berubah menjadi lebih biru. Objek wisata ini menghadap langsung ke Samudera Hindia. Namun, tak membuat kawasan pantai memiliki ombak yang tinggi.

Ombak yang tinggi hanya ada di kejauhan di depan bibir pantai, yang terhalang bukit karang. Sedangkan ombak yang sampai di bibir pantai merupakan ombak kecil yang tak berbahaya. Pemandangan kawasan pantai semakin indah dengan adanya batuan karang yang tersebar di sekitar areanya. Keindahannya tak sampai di situ adanya bukit-bukit dengan rumput hijau yang tampak asri ikut menyemarakkan kawasan pantai.

Baca: PANTAI SEGER Lombok Tiket & Daya Tarik Memukau

Pasir Putih yang Unik

Salah satu keunikan di pantai ini adalah pasir putihnya. Tak sembarang pasir putih, karena di sini terdapat dua jenis pasir di satu pantai. Ada bagian pantai yang memiliki pasir halus. Area ini sering mendapat julukan masyarakat sebutan Pantai Tepung. Karena halusnya pasir di pantai ini yang seolah seperti tepung. Serta nyaman jika berjalan di atas kawasan pasir ini.

Sementara di sisi yang lain, terdapat area berpasir tidak halus seperti tepung. Melainkan seperti butiran merica, yang bulat-bulat. Sehingga masyarakat juga menjulukinya dengan Pantai Merica. Meskipun tak halus, namun wisatawan masih tetap dapat berjalan di atas pasir tanpa alas kaki.

Baca: BUKIT MERESE Lombok: 7 Aktivitas & Atraksi Menarik

Berenang di Tepi Pantai

Di sekitar pantai tak banyak menyediakan permainan air. Meski begitu, wisatawan masih dapat bermain di laut dengan berenang. Di dekat bibir pantai adalah lokasi terbaik untuk berenang. Karena laut masih dangkal dan ombak yang datang pun terbilang tenang.

Waktu yang tepat untuk berenang adalah di pagi atau sore hari. Karena kawasan pantai sudah teduh dan nyaman untuk berenang.

Baca: PANTAI SENGGIGI Lombok Tiket & Daya Tarik

Mengunjungi Batu Payung yang Ikonik

Pantai Batu Payung
Pantai Batu Payung. Foto: Gmap/Kaitlind Marek

Tak jauh dari Pantai Tanjung Aan, ada pantai lain yang tak kalah indah. Bukan pasir putih yang menjadi pesona utamanya. Melainkan adanya batu karang besar yang mirip payung di pesisirnya. Batu karang ini berdiri kokoh dengan bagian bawah lebih kecil dari bagian atas.

Bagian bawah batu telah terkikis ombak, sehingga tampak seperti tiang. Sementara bagian atas masih tetap lebar, keseluruhan karang ini terlihat seperti payung. Wisatawan biasanya berfoto dekat dengan batu karang ikonik ini. Namun perlu diperhatikan batu karang ini tidak bisa dipanjat, karena tingginya mencapai puluhan meter.

Untuk mencapai Pantai Batu Payung, dari Tanjung Aan wisatawan dapat menyewa perahu pribadi. Harga satu kali jalan sebesar Rp 300.000, namun bisa lebih murah jika menawar. Wisatawan akan diantar ke Pantai Batu Payung, dan kembali lagi ke Tanjung Aan. Sepanjang perjalanan, wisatawan akan menyaksikan indahnya pemandangan laut yang menakjubkan.

Baca: Rinjani Waterpark Tiket & Wahana

Bersantai Sambil Menikmati Kelapa Muda

Bersantai di Bawah Gazebo
Bersantai di Bawah Gazebo. Foto: Gmap/krisna setyawan

Di kawasan pasir pantai, terdapat gazebo yang terbuat dari bambu. Dengan atap jerami, sangat khas dan unik. Dan di dalamnya tentu lebih teduh. Wisatawan bisa duduk santai di gazebo ini tanpa dipungut biaya.

Paling enak sambil bersantai menikmati air kelapa yang menyegarkan. Kelapa di sini dibanderol dengan harga Rp 15.000 per buah. Dan sudah termasuk gula atau sirop jika ingin ditambahkan, serta es batu. Menikmati kelapa dengan pemandangan indah pantai tentu akan sangat menenangkan.

Baca: Cafless Waterpark Tiket & 6 Wahana Seru

Menutup Sore di Bukit Merese

Pemandangan Indah dari Bukit Merese
Pemandangan Indah dari Bukit Merese. Foto: Gmap/Tips Karyawan Bintang

Masih berada di kawasan pantai, terdapat sebuah bukit bernama Bukit Merese. Wisatawan bisa menuju bukit dengan berjalan kaki di jalan yang tersedia. Atau langsung menaiki bukit dari kawasan pantai, dengan mendaki batu-batu karang.

Bukit ini terdiri dari hamparan tanah lapang yang berisi rumput hijau. Ada beberapa pepohonan dan semak yang mempercantik kawasan bukit. Dari atas bukit, wisatawan dapat menyaksikan pemandangan lautan dan Pantai Tanjung Aan. Pemandangan yang indah dan menawan, serta tepat dijadikan lokasi berfoto.

Waktu yang tepat untuk mendaki bukit ini adalah di sore hari. Karena dari atas sini, pemandangan matahari terbenamnya begitu menawan.

Fasilitas di Pantai Tanjung Aan Lombok

Objek wisata ini menyediakan fasilitas yang cukup lengkap, meskipun masih terbilang sederhana. Ada kawasan parkir, mushola kecil, serta kamar bilas yang berupa bilik dari kayu. Sudah banyak juga warung dan pedagang keliling di kawasan ini. Wisatawan juga dapat membeli aksesoris seperti gelang manik-manik yang dijual oleh anak-anak setempat.

Alamat Pantai Tanjung Aan Lombok

Wisata pantai ini berlokasi di kawasan Mandalika, Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat.

Tanggapan:

4.8 / 5. dari 24

Berikan Rating