Beranda Tiket Wisata

9 Aktivitas Seru di PANTAI SENGGIGI Lombok - November 2020

Pantai Senggigi
Harga Tiket: Gratis Jam Buka: 24 Jam No. Telepon: - Alamat: Senggigi,Batu Layar,Lombok Barat,Nusa Tenggara Barat,Indonesia,83355.

Pantai Senggigi merupakan salah satu tempat wisata primadona wisatawan di Nusa Tenggara Barat. Terletak di sebelah barat pesisir Pulau Lombok, pantai ini memiliki garis pantai terpanjang.

Wisata Pantai ini menawarkan keindahan panorama laut dan kenyamanan suasana berlibur. Pemandangan taman bawah laut Senggigi juga menakjubkan untuk dijelajahi.

Harga Tiket Masuk Pantai Senggigi

Harga Tiket Masuk Pantai
TiketGratis

Baca: Wisata Pantai di Lombok

Jam Buka

Jam Buka
Senin – Minggu24 Jam

Ragam Aktivitas di Pantai Senggigi

Berbagai aktivitas menarik bisa dilakukan di area pantai yang sudah terkenal ini. Mulai dari water-sport, berenang, bermain di tepi pantai atau sekedar bersantai. Menikmati keindahan pantai juga tidak kalah mengasyikkan.

Water Sport

Bermain kano menjadi pilihan olahraga air untuk mengelilingi bentang garis Pantai Senggigi Lombok Barat NTB - ekakelana_99
Bermain kano menjadi pilihan olahraga air untuk mengelilingi bentang garis pantai – Foto : Instagram/ekakelana_99

Di pantai ini, wisatawan dapat melakukan watersport mulai dari nuansa santai hingga yang memacu adrenalin. Wahana olahraga air yang banyak digemari wisatawan adalah parasailingsnorkeling, serta banana boat.

Ombak yang relatif tenang menjadikan pantai ini sebagai tempat favorit menikmati taman bawah laut. Dengan snorkeling maupun menyelam, wisatawan dapat menyaksikan pemandangan alam bawah laut yang memesona. Terumbu karang dengan ikan beraneka warna menyuguhkan pemandangan alam bawah laut yang memukau.

Bagi penggemar adrenalin rush, area perairan pantai juga menyediakan berbagai wahana. Wisatawan dapat menaiki wahana jet ski dengan durasi per 15 menit. Sedangkan untuk menyusuri Pantai Senggigi, wisatawan bisa menggunakan kano yang disewakan per jam.

Baca: Tempat Wisata Menarik di Lombok Barat

Berenang

Pantai Senggigi menghadap langsung ke arah Selat Lombok. Wilayah pesisirnya landai dengan ombak lautnya yang tenang.

Arus gelombang yang tenang dimanfaatkan oleh para wisatawan untuk berenang. Sambil berenang, wisatawan juga dapat menikmati pemandangan Gunung Agung Pulau Bali di seberang lautan.

Menikmati Suasana dan Panorama Pantai

Pasir putih dengan gradasi warna laut yang memukau menjadi dan jajaran bukit menghijau
Pasir putih dengan gradasi warna laut yang memukau menjadi dan jajaran bukit menghijau daya tarik Pantai Senggigi Lombok – Foto : GoogleMAps/Masita Smr

Memasuki kawasan pantai, wisatawan akan disambut segarnya angin pantai yang berhembus lembut. Garis pantainya terbentang hampir sepanjang 10 km dengan hamparan pasir putih. Ombak yang tenang di pantai ini memberikan rasa tenteram dalam suasana nyaman.

Pantai Senggigi dengan pesona panoramanya bagaikan lukisan di kanvas alam yang luas terbentang. Wisatawan dapat melihat gradasi warna lautnya dari jernih hijau toska hingga warna biru. Bukit-bukit tangguh yang menghijau pun nampak menjadi latar sebagai bagian dari pantai ini.

Bermain Air

Saat pagi hari, suasana pantai belum terlalu ramai dengan belum banyak wisatawan berkunjun. Wisatawan dapat bebas bermain air laut, bebas bermain pasir pantai dengan rekan dan keluarga. Pemandangan di pagi hari pun tak kalah menarik dengan langit biru yang cerah.

Wisata Kuliner

Menikmati sajian kuliner sambil menikmati pemandangan langsung ke laut lepas
Menikmati sajian kuliner sambil menikmati pemandangan langsung ke laut lepas – Foto : GoogleMaps/Emma Japase

Area pesisir pantai menyediakan tempat-tempat dengan aneka ragam pilihan kuliner. Yang menjadi favorit wisatawan tentu saja sajian khas laut ala Pantai Senggigi.

Beberapa restoran maupun café sekaligus menyediakan tempat bersantai dengan view langsung menghadap laut lepas. Buka hingga malam hari, suasananya akan berganti romantis dengan adanya rangkaian lampu-lampu hias.

Menyambangi Pura Bolong Pantai Senggigi

Pemandangan indah Pura Bolong menjadi pelengkap wisata di Pantai Senggigi. Pura ini berdiri kokoh di atas batu karang yang memiliki lubang di bagian tengahnya. Lokasi tempat pura ini berada berhadapan langsung dengan Selat Lombok dan Gunung Agung Bali.

Berkunjung ke pura ini, wisatawan langsung disambut buih-buih ombak yang tenang dan relatif bersahabat. Berada di area sekitar Pura Batu Bolong, wisatawan dapat merasakan nuansa tenang yang damai.

Memasuki areanya, wisatawan harus berjalan menuruni anak tangga untuk menuju pura. Pura pertama berdiri di bawah pohon rindang, sementara pura kedua di atas karang. Karang tempat pura kedua menjulang setinggi sekitar 4 meter dan memiliki lubang di bawahnya.

Menyemarakkan Festival

Beberapa festival seringkali digelar di kawasan wisata Pantai Senggigi dengan dukungan dari pemerintah daerah setempat. Salah satunya Jelajah Gowes Nusantara yang diramaikan oleh wisatawan dan penggemar sepeda lokal maupun nasional. Mengiringi gowesan pedal ribuan peserta, Pantai Senggigi menyuguhkan eksotisme pemandangan indah sepanjang pantai.

Momen pergantian tahun juga menjadi ajang digelarnya event yang menyemarakkan wisata Pantai Senggigi. Salah satunya acara zikir bersama yang digelar sebagai pengingat dan bentuk rasa syukur. Gelaran acara ini mengundang ulama dari berbagai Negara serta publik secara luas.

Festival Pesona Senggigi juga digelar, bertema Coffee and Art yang menawarkan ragam kopi asli NTB. Atraksi festival ini diisi aktivitas yang berhubungan dengan kopi dan seni. Selain Coffe and Art, juga digelar Senggigi Sunset Jazz dan  Tradisi Perang Topat.

Wisata Halal

Nusa Tenggara Barat terus berupaya memberikan ciri khas dalam pariwisata terutama terkait wisata halal. Wisata pantai halal menjadi daya tarik masyarakat muslim dunia yang populasinya terus meningkat. Pantai halal tersebut memiliki luas area sekitar lima hektar.

Konsep pantai halal yang dibuat di Senggigi mengadopsi konsep pantai halal di Turki. Pantai Halal memiliki keunikan di mana lokasi antara pantai wanita dan pria dipisahkan. Tentunya didukung dengan fasilitas penunjang seperti resto halal.

Adanya pantai halal menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan asal Timur Tengah. Wisatawan-wisatawan tersebut dinilai cukup perhatian dengan fasilitas wisata yang memenuhi kaidah syariah.

Menikmati Momen Sunset di Pantai Senggigi

Menikmati romantisnya suasana momen terbenamnya matahari di cakrawala laut Pantai Senggigi Lombok Barat NTB - koko_brengs
Menikmati romantisnya suasana momen terbenamnya matahari di cakrawala laut Pantai Senggigi – Foto : Instagram/koko_brengs

Melewati senja sambil memandang matahari terbenam menjadi saat-saat bernuansa romantis di pantai ini. Pemandangan langit keemasan dengan semburat merah sinar matahari menjadi pemandangan yang indah dan menakjubkan.

Menikmati sunset adalah salah satu pilihan terbaik saat berwisata ke Lombok. Pada waktu-waktu tertentu, wisatawan bisa melihat pemancing tradisional mencari ikan dengan menceburkan diri dalam laut.

Swafoto

Setiap momen liburan sangat berharga untuk diabadikan. Terutama berlatarkan keindahan khas Pantai Senggigi yang tak bisa ditemukan di tempat lain. Eksotisme pantai dengan gradasi warna lautnya yang memukau menjadi latar istimewa untuk berfoto.

Setiap aktivitas wisata memiliki sisi atraktifnya masing-masing. Mengambil gambar di wisata pantai andalan Lombok ini menjadi kenang-kenangan yang menyimpan memori. Dengan spot-spot dramatis, Pantai Senggigi juga menjadi objek wisata incaran para fotografer profesional.

Lokasi Pantai Senggigi

Objek wisata pantai ini berjarak sekitar 17 km sebelah Utara Kota Mataram atau sekitar 30 menit perjalanan. Tepatnya di Senggigi, Batu Layar, Kabupaten Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat 83355.

Perhatian: Harga Tiket dapat mengalami perubahan sewaktu-waktu terutama pada musim liburan dan lebaran. Ada baiknya untuk kepastian harga tiket langsung menghubungi tempat wisata terkait.
Sangat BurukBurukBiasaBagusSangat Bagus 5,00 | 1 Pembaca

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan berkomentar
Silakan masukkan nama Anda di sini