Beranda Tiket Wisata

PANTAI SEGER Lombok Tiket & Daya Tarik Memukau - Juli 2022

0
Harga Tiket Masuk Pantai Seger : Rp5.000Jam Buka: 24 JamNo Telp: -Alamat: Kuta, Pujut, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat, Indonesia, 83573

Pantai Seger menjadi salah satu destinasi wisata yang wajib dikunjungi ketika ke Lombok Tengah. Keindahan alamnya menawarkan daya tarik tersendiri. Selain keindahannya, pantai ini juga menyimpan legenda yang masih dipercaya masyarakat turun-temurun. Bahkan hingga kini, festival untuk memperingati legenda tersebut masih terus berlangsung dengan meriah.

Tak sampai di situ saja, kawasan pantai ini juga menjadi Kawasan Ekonomi Khusus (KEK). Hingga kini, kawasan pantai ini masih terus mengalami proses pengembangan. Apalagi ditambah dengan kawasannya merupakan tempat berlangsungnya kejuaraan moto GP dunia.

Harga Tiket Masuk Pantai Seger Lombok

Objek wisata ini menetapkan tarif yang masih sangat terjangkau. Bahkan, tidak ada perbedaan tarif untuk anak-anak maupun dewasa. Begitu juga untuk hari biasa maupun hari libur.

Harga Tiket Masuk
Tiket masukRp 5.000

Baca: Taman Narmada Lombok Tiket & Daya Tarik

Jam Buka Pantai Seger Lombok

Objek wisata ini buka sepanjang hari. Waktu yang tepat untuk berkunjung adalah pagi untuk melihat matahari terbit. Serta pada sore hari saat matahari mulai terbenam. Ditambah dengan datanglah di bulan Februari hingga Maret, untuk menyaksikan festival Bau Nyale.

Jam Operasional
Setiap hari24 jam

Menikmati Pesona Pantai Seger yang Menyegarkan

Pemandangan Indah Pantai Seger
Pemandangan Indah Pantai Seger. Foto: Gmap/Deny saputra

Pantai Seger memiliki lanskap indah perpaduan pantai dengan perbukitan. Dari kejauhan, tampak pantainya yang berair jernih dan biru dari kejauhan. Birunya pun bergradasi, mulai dari biru muda hingga tua mendekati tengah lautan. Di dekat kawasan pantai, wisatawan dapat menyaksikan indahnya dasar laut yang penuh ganggang dan batu karang.

Jika air laut sedang surut, batu karang dan ganggang laut ini akan tampak jelas. Kawasan pantainya sendiri terbagi menjadi 2, yaitu pantai dengan ombak yang tenang dan ombak yang tinggi. Di mana kawasannya hanya terbelah kawasan pasir dan jembatan kayu. Kawasan pasirnya sendiri begitu luas, dengan 2 tipe jenis pasir.

Ada kawasan pasir dengan butiran besar seperti merica, dan ada yang berbutir halus. Keindahan tak hanya sampai di situ, karena kawasan pantai juga berkeliling hijaunya perbukitan. Perbukitan ini tampak hijau, dengan rumput yang menyelimutinya. Serta karang-karang raksasa yang juga diselimuti semak hijau dan rerumputan.

Baca: PANTAI PINK Tiket & Aktivitas

Serunya Berenang, Snorkeling, Hingga Berselancar di Satu Pantai

Tempat yang tepat untuk Berenang, Snorkeling, dan Berselancar
Tempat yang tepat untuk Berenang, Snorkeling, dan Berselancar. Foto: Gmap/Ahtisham Kayanai

Berbicara mengenai aktivitas perairan, Pantai Seger dapat menyediakan 2 hal sekaligus. Pertama berenang di pantai yang berombak tenang, dan berselancar di bagian pantai berombak tinggi. Kawasan yang berombak tenang berada di salah satu sisi pantai. Kawasan ini memiliki bukit dan batuan karang, sehingga ombak besar terhalang masuk.

Wisatawan bisa berenang tenang dan santai sekitar pantai ini. Bahkan, bisa juga melakukan snorkeling di kawasan ini. Airnya yang jernih memungkinkan wisatawan untuk dapat melihat indahnya alam bawah laut dengan jelas. Ikan, terumbu karang, dan ganggang laut, menjadi pemandangan indah yang dapat ditemui.

Kawasan untuk berenang dan snorkeling ini seolah seperti kolam laut alami yang berbenteng perbukitan. Beranjak dari kawasan ini, terdapat kawasan lautan lepas. Di sini ombaknya berdebur cukup tinggi, sehingga menjadi tempat yang tepat untuk berselancar. Tak jarang wisatawan mancanegara datang dengan papan selancar untuk mengarungi ombak di pantai ini.

Baca: BUKIT MERESE Lombok: 7 Aktivitas & Atraksi Menarik

Patung Putri Mandalika yang Ikonik

Patung Putri Mandalika yang Ikonik
Patung Putri Mandalika yang Ikonik. Foto: Gmap/Sofi Reksoyudo

Daya tarik lain dari objek wisata ini yaitu keberadaan patung Putri Mandalika. Patung seorang perempuan yang dikejar oleh beberapa patung laki-laki di salah satu sisi pantai. Patung ini menggambarkan kisah Putri Mandalika yang tengah dikejar para pangeran. Pangeran ingin mempersunting sang putri, namun putri memilih mengorbankan diri ke laut.

Alkisah, terdapat kerajaan bernama Tunjung Bitu, yang di bawah kepemimpinan seorang raja bernama Tojang Beru. Sang raja memiliki permaisuri bernama Dewi Seranting, dan seorang putri bernama Putri Mandalika. Sang putri memiliki paras yang sangat cantik, serta tingkah lakunya yang sopan. Kecantikan dan baiknya sikap sang putri menarik banyak pangeran untuk memperistrinya.

Namun, Putri sadar bahwa jika ia memilih salah satu pangeran, maka akan terjadi pertumpahan darah. Kemudian sang putri bertapa, dan memutuskan bahwa ia meminta seluruh pemuda berkumpul sebelum fajar. Setelah itu, sang putri mengucapkan terima kasih, kemudian menceburkan diri ke laut. Sang putri tidak ketemu meski banyak yang mencari. Hanya cacing laut warna-warni yang muncul dan dipercaya jelmaan putri.

Baca: PANTAI KUTA Lombok Tiket & Aktivitas

Festival Bau Nyale untuk Memperingati Putri Mandalika

Masyarakat percaya bahwa tindakan sang putri adalah suatu keputusan yang bijaksana. Karena putri tidak ingin terjadi pertumpahan darah dan hancurnya kerajaan karena dirinya. Sehingga ia berkorban, dan menurut kepercayaan tubuhnya bukan hilang di laut. Melainkan moksa dan menjelma menjadi cacing warna-warni yang ada di pantai.

Untuk memperingati legenda tersebut, diadakanlah festival Bau Nyale setiap tahunnya. Sesuai dengan kejadian pada legenda, yaitu pada tanggal 20 bulan 10 penanggalan Suku Sasak. Di penanggalan Masehi, acara tersebut biasanya terselenggara antara bulan Februari dan Maret. Para tetua adat akan menentukan waktu yang tepat untuk menyelenggarakan acara ini.

Masyarakat Lombok akan datang ke Pantai Seger, untuk mencari nyale. ‘Bau’ artinya adalah ‘menangkap’, sedangkan ‘nyale’ adalah ‘cacing laut’, sejenis filum annelida. Cacing ini berwarna-warni, dan akan memenuhi kawasan pantai saat bulan Februari hingga Maret. Dan setelah tertangkap, biasanya masyarakat akan mengolah cacing menjadi makanan khas Lombok yang lezat.

Baca: Cafless Waterpark Tiket & 6 Wahana Seru

Menikmati Pemandangan dari Ketinggian Bukit

Pemandangan Indah dari Bukit Seger
Pemandangan Indah dari Bukit Seger. Foto: Gmap/Muhammad Iftor

Bukit Seger, adalah nama untuk menyebut perbukitan di kawasan pantai ini. Wisatawan dapat dengan mudah mendaki bukit yang berkarpet rerumputan ini. Dari atas, pemandangan lautan akan terlihat lebih indah. Apalagi jika wisatawan datang saat pagi ketika matahari terbit.

Atau sore hari ketika matahari mulai terbenam. Suasana dan pemandangannya akan tampak begitu romantis dan tak terlupakan.

Lokasi Pantai Seger Lombok

Obyek wisata pantai ini berlokasi di Desa Kuta, Kecamatan Pujut, Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat.

Tanggapan:

4.8 / 5. dari 19

Berikan Rating