Beranda Tiket Wisata

GOR Ken Arok Sarana Wisata dan Olahraga Alternatif - Oktober 2022

0
Harga Tiket Masuk GOR Ken Arok : GratisJam Buka: 07.00 - 16.00No Telp: -Alamat: Jl. Mayjen Sungkono, Buring, Kedungkandang, Malang, Jawa Timur, Indonesia, 65135

Salah satu fasilitas olahraga yang ada di Kota Malang yaitu GOR Ken Arok. Gedung ini merupakan bangunan tipe A di Jawa Timur. berdiri di atas tanah seluas sekitar 44 ribu meter persegi, GOR ini bisa menampung 5.000 sampai 7.500 orang. Tujuan pembangunan GOR Ken Arok yaitu sebagai pusat kegiatan olahraga dan seni budaya di kawasan Malang.

Tak hanya menjadi tempat berolahraga untuk atlet, warga sekitar juga sering mengunjungi GOR ini. Di bagian luar gedung merupakan tempat yang biasa digunakan pengunjung untuk berolahraga. Olahraga yang umum dilakukan di sini antara lain yaitu jogging dan senam bersama.

Pada sore hingga malam, banyak pedagang kaki lima yang berjualan di depan GOR. Selain berwisata kuliner, tak jarang pengunjung juga nongkrong di tenda-tenda pedagang kaki lima tersebut. Fungsi lain dari GOR ini yaitu sebagai gedung serbaguna, di mana acara formal seperti wisuda atau pernikahan sering berlangsung di sini.

Harga Tiket Masuk GOR Ken Arok

Apabila ingin berolahraga atau berekreasi di GOR Ken Arok, pengunjung tidak perlu membayar tiket untuk masuk. Tiket masuk hanya diperlukan ketika ingin menonton pertandingan yang sedang berlangsung. Besar harga tiket pertandingan tergantung dari kebijakan penyelenggara.

Harga Tiket Masuk
Per orangGratis

Baca: LEMBAH INDAH Malang Tiket & Ragam Aktivitas

Jam Buka GOR Ken Arok

GOR Ken Arok buka setiap hari mulai dari pukul 07.00 hingga pukul 16.00. Datang saat pagi atau sore hari jika ingin berolahraga tanpa terkena cahaya matahari yang terlalu terik. Apabila ingin berwisata kuliner, pengunjung bisa datang pada waktu sore menjelang malam hari.

Jam Operasional
Setiap hari07.00-16.00

Aktivitas Menarik di GOR Ken Arok

Pengunjung bersepeda di kawasan GOR Ken Arok
Selain digunakan sebagai tempat pertandingan olahraga, GOR Ken Arok juga bisa menjadi tempat berolahraga bagi pengunjung, seperti bersepeda. Foto: Google Map/Didit Pratama

Di GOR Ken Arok, pengunjung bisa berolahraga di bagian luarnya. Olahraga yang bisa dilakukan seperti jogging, senam, dan bersepeda. Arena luar GOR sudah terpasang paving-block. Pemasangan paving-block ini menambah kenyamanan pengunjung dalam melakukan olahraga.

Selain berolahraga, kegiatan lainnya yaitu piknik dan berjalan-jalan santai. Pohon rindang yang banyak tumbuh di sekitar area gedung ini bisa menjadi area tempat duduk dan bersantai.

Pada sore hari, banyak pedagang makanan yang berjualan di bagian luar GOR. Di waktu tersebut pengunjung biasanya mulai banyak berdatangan ke GOR untuk berwisata kuliner. Beraneka ragam makanan dijual di sini, mulai dari jajanan ringan, makanan berat, sampai aneka minuman. Selain pedagang kaki lima, ada juga warga sekitar GOR yang membuka tempat makan dan nongkrong di area depan rumahnya. Dengan banyaknya pilihan tempat tersebut tak heran jika kawasan sekitar GOR selalu ramai pengunjung.

Baca: MALANG NIGHT PARADISE Tiket & Wahana

Area Foto yang Instagramable

Patung Ken Arok sebagai lokasi berfoto yang Instagramable
Patung Ken Arok menjadi salah satu tempat berfoto yang instagramable karena merupakan ikon dari GOR ini. Foto: Google Map/Atang Triastama

Selain berolahraga atau wisata kuliner, di area GOR juga terdapat beberapa tempat berfoto yang instagramable. Tempat tersebut salah satunya yaitu dinding yang berisi beraneka ragam mural. Di sini sering menjadi area berfoto yang menarik karena bisa menghasilkan foto yang unik.

Mural tersebut sering menjadi latar berfoto. Tidak hanya dinding mural, jalanan di sampingnya juga bisa menjadi tempat berfoto. Ambil foto tepat di tengah dan agak jauh sehingga potret seluruh tubuh dan mural bisa terlihat.

Area selanjutnya yang menarik sebagai tempat berfoto yaitu di patung Ken Arok. Patung ini merupakan ikon dari GOR. Berfoto di ini bisa menjadi kenang-kenangan di hari lain bahwa pernah berkunjung ke sini. Agar patung bisa terlihat secara keseluruhan ambil foto dengan jarak yang agak jauh. Posisikan kamera secara portrait dan agak ke atas. Pilih waktu di pagi hari yang cerah agar langit yang biru bisa membuat hasil foto semakin bagus.

Baca: BATU NIGHT SPECTACULAR BNS Malang Tiket & 10 Wahana Keren

Cerita Dibalik Penamaan GOR Ken Arok

Penamaan gedung ini sempat menjadi perdebatan. Pro dan kontra tersebut tetap terjadi meski Ken Arok merupakan sosok yang memiliki hubungan erat dengan kota Malang dan Kerajaan Singosari. Hal itu karena Ken Arok memiliki kehidupan yang kelam, seperti menjadi preman, pencuri, perampok, bahkan pembunuh.

Namun, Peni Suparto, Walikota Malang saat itu, mengatakan bahwa Ken Arok juga memiliki sisi positif yang bisa menjadi contoh anak muda. Sisi positif tersebut seperti kegigihannya dalam memerdekakan Kerajaan Singosari dari pemerintahan Kerajaan Kediri.

Pada bagian depan GOR beridiri patung Ken Arok setinggi 5 meter. Ketika membangun patung ini, Pemerintah Kota Malang mengadakan upacara ‘Buka Bumi’. Upacara tersebut bertujuan agar pembangunan patung berjalan dengan lancar.

Fasilitas

GOR Ken Arok dilengkapi dengan beberapa fasilitas, khususnya untuk atlet yang sedang bertanding di sini. Fasilitas tersebut yaitu area olahraga indoor dan outdoor. Di area indoor terdapat fasilitas lapangan bola basket, voli, tenis meja, bulu tangkis, tinju, dan senam aerobik.

Selain untuk berolahraga, di kawasan indoor juga terdapat ruangan untuk pentas seni dan tari. Di bagian luar, terdapat kawasan olahraga outdoor. Kawasan ini berfungsi bagi yang ingin olahraga sepak bola, voli, atletik, jogging, bersepda, dan bola basket.

Ruangan tambahan yang khusus untuk atlet yaitu ruang ganti, ruang pijat, ruang pemanasan, loker, sampai ruang konferensi pers. Fasilitas lain yang ada di sini yaitu toilet, musala, lahan parkir, dan beberapa kios yang menjual makanan.

Lokasi GOR Ken Arok

Gedung Olah Raga ini terletak di Jalan Mayjend Sungkono, Kelurahan Buring, Kecamatan Kedungkandang, Malang, Jawa Timur. Lokasi gedung olahraga ini cukup strategis karena berdiri tepat di tepi jalan tak jauh dari bangunan SMA Negeri 10 Malang.

Tanggapan:

4.3 / 5. dari 24

Berikan Rating