Beranda Tiket Wisata

Wisata Umbulan Tanaka Tiket & Ragam Aktivitas – Februari 2023

0
Wisata Umbul Tanaka Harga Tiket Masuk : Rp5.000. Jam Buka : 07.00 – 17.00 WIB. Nomor Telepon : -. Alamat / Lokasi : Dusun Arjomulyo, Desa Bangelan, Wonosari, Malang, Jawa Timur, Indonesia, 65164.

Wisata Umbulan Tanaka tempat rekreasi keluarga yang mengusung tema ala negeri Jepang. Kawasan wisata ini memang bukan yang yang baru di Kabupaten Malang dan sudah berdiri sejak Oktober 2020 silam. Meski begitu keindahan alamnya tidak kalah dengan wisata lainnya.

Wisata ini berada di sebelah selatan lereng Gunung Kawi. Lokasinya jauh dari pusat Kota Malang dan ada di sebuah desa agak terpencil. Sebelumnya kawasan ini merupakan sungai biasa yang dimanfaatkan untuk irigasi sawah. Namun karena airnya terlihat jernih dan alami akhirnya juga dimanfaatkan menjadi tempat wisata.

Harga Tiket Masuk Wisata Umbulan Tanaka

Wisata Umbul Tanaka termasuk wisata murah meriah. Karena harga tiketnya sangat ramah di kantong pelajar atau mahasiswa. Jangan lupa siapkan juga biaya untuk parkir bagi yang membawa kendaraan.

Harga Tiket Masuk Wisata Umbulan Tanaka
Jenis Tiket Harga
Tiket masuk Rp5.000
Parkir motor Rp3.000
Parkir mobil Rp5.000

Baca: FLORA WISATA San Terra Tiket Masuk, Jam Buka, & Wahana

Jam Buka Wisata Umbul Tanaka

Kawasan wisata ini selalu buka setiap hari dan tidak pernah libur. Baik hari biasa, akhir pekan maupun tanggal merah tetap beroperasi seperti biasa. Sedangkan jam bukanya mulai dari pagi hingga sore hari.

Jam Buka
Hari Jam
Setiap hari 07.00 – 17.00 WIB

Daya Tarik Wisata Umbulan Tanaka

Wisata Umbulan Tanaka menyuguhkan suasana liburan yang berbeda dari tempat lain. Di sini pengunjung bisa merasakan langsung bagaimana keindahan negeri Sakura Jepang. Lengkap dengan ornamen bunga Sakura yang menghiasi setiap sudutnya. Selain itu terdapat pula kolam renang, tempat bersantai, kuliner, dan air terjun buatan.

Keindahan Alam Ala Negeri Jepang

Anak perempuan berfoto di Wisata Umbul Tanaka.
Suasana tempat wisata yang menawarkan liburan ala negeri Sakura Jepang. Foto : Googlemap/Herman Sinyo

Sama seperti namanya yang menggunakan bahasa Jepang. Konsep wisata umbul Tanaka juga menghadirkan suasana ala negeri sakura. Hal ini terlihat dengan adanya beberapa ornamen khas Jepang. Misalnya bunga Sakura, jembatan melengkung, dan pintu gerbang khas kuil Shinto bernama Torii.

Keindahan bunga sakura memang menjadi daya tarik utama di wisata Umbul Tanaka. Bentuk bunganya yang berwarna merah muda memikat siapa pun untuk berswa-foto. Pengunjung bisa menemukannya di sepanjang aliran sungai yang terpasang di sisi jembatan. Meski hanya replika tetapi keberadaannya mampu menggambarkan suasana Jepang seperti negeri aslinya.

Sebagai pelengkap berdiri pula sebuah jembatan melengkung berwarna merah. Lengkap dengan Torii atau pintu gerbang kuil Shinto di kedua ujungnya. Bangunannya mempunyai 2 bambu vertikal sebagai penyangga 2 bambu horizontal di bagian atasnya. Kedua bangunan tersebut terletak di atas kolam yang ada sekat di air terjunnya.

Baca: JATIM PARK 1 Harga Tiket, Jam Buka, & 10 Wahana Seru

Kolam Renang Wisata Umbul Tanaka

Keramaian kolam renang Wisata Umbul Tanaka.
Wahana kolam renang dengan air yang jernih dan menyegarkan. Foto : Googlemap/Khotibul Kahn

Wisata Umbul Tanaka menyediakan fasilitas kolam renang dengan tingkat kedalaman berbeda. Mulai dari yang dangkal hingga yang paling dalam. Tidak perlu bingung untuk membedakannya karena petugas sudah membuat sekat khusus. Jadi pengunjung bisa memilih tempat berenang dengan sangat mudah.

Tampilannya tidak seperti kolam renang pada umumnya. Bentuk kolamnya menyerupai sungai alami di wilayah pedesaan. Di mana terdapat aliran air menuju ke bawah yang bentuknya seperti air terjun mini. Supaya semakin seru ditambahkan pula perosotan anak-anak.

Air kolamnya sendiri menggunakan sumber mata air asli dari pegunungan. Maka tak heran jika warnanya bening dan terlihat sangat jernih. Dan saat memasuki area wisata pun airnya masih tetap segar dan murni. Karena petugas tidak menambahkan zat apa pun dan membiarkan tampilan air seperti dari sumbernya.

Baca: ECO GREEN PARK Tiket & Wahana

Bersantai Di Gazebo Nuansa Alam

Wisata Umbul Tanaka merupakan tempat yang paling pas buat bersantai. Suasananya begitu hening dan jauh dari hiruk pikuk perkotaan. Lokasinya pun berada di wilayah pedesaan terpencil dengan pemandangan alam yang masih asri. Di mana-mana akan terlihat hamparan pepohonan rindang yang berhiaskan langit biru.

Untuk menikmati keindahan alamnya pengunjung bisa duduk santai di dalam gazebo. Sebuah bangunan yang hanya memiliki 1 lantai dan 4 tiang bambu menopang bagian atapnya. Sebagian besar dindingnya terbuat dari anyaman bambu bermotif ketupat. Warna bangunannya di didominasi cokelat dengan campuran hitam pada bagian atapnya.

Selain gazebo terdapat pula kursi dan meja dari kayu yang letaknya di tengah-tengah sungai. Bentuknya memanjang dan berwarna agak kecokelatan. Sebenarnya fasilitas tersebut milik salah satu kafe yang ada di sekitar tempat wisata. Tetapi tidak mengapa, pengunjung bisa memanfaatkannya sebagai tempat bersantai sekaligus bermain air.

Baca: PANTAI BALEKAMBANG Tiket & Aktivitas

Wisata Kuliner

Tidak hanya terkenal dengan keindahan alamnya seperti di negeri sakura. Objek wisata ini juga terkenal akan wisata kulinernya yang menggugah selera. Kebanyakan makanan yang dijual adalah menu-menu khas Nusantara. Misalnya sempol, gorengan, tempura, tahu kres, jagung bakar, dan nasi tiwul.

Namun dari semua menu yang paling favorit adalah Nasi Tiwul. Makanan ini merupakan pengganti nasi beras yang terbuat dari ketela pohon. Meski pengganti tetapi di sini penyajiannya masih dicampur dengan nasi putih. Tak ketinggalan ditambahkan pula lauk berupa 1 ikan bumbu pedas dan sepotong timun.

Sementara untuk minumannya yang paling populer adalah kopi hitam khas Gunung Kawi. Menu lainnya ada kopi susu, es degan, wedang jahe, dan masih banyak lagi. Soal harga tidak perlu khawatir karena masih cukup terjangkau untuk kalangan menengah ke bawah.

Baca: Kebun Teh Wonosari Tiket & Aktivitas

Air Terjun Buatan

Tiga Anak berfoto di depan air terjun buatan Wisata Umbul Tanaka.
Menikmati keindahan air terjun buatan sembari duduk santai di tengah sungai. Foto : Googlemap/Tri Yunianti

Menariknya Wisata Umbul Tanaka mempunyai wahana air terjun buatan. Ukurannya tergolong mini dan bentuknya memanjang. Alirannya airnya sendiri cenderung pelan dan tidak terlalu deras. Bagian bawahnya berhiaskan berbatuan besar dan ada satu meja dan beberapa kursi.

Tenang saja kolamnya sangat dangkal dan hanya setinggi mata kaki orang dewasa. Pengunjung bisa bersantai sekaligus bermain air dan menikmati suara gemercik air terjun. Terlebih lagi kondisi sekitar sangat sejuk dengan adanya embusan angin sepoi-sepoi. Saat melangkah harap berhati-hati karena permukaan tanahnya banyak dipenuhi kerikil-kerikil kecil.

Fasilitas Wisata Umbul Tanaka

Meski harga tiket masuknya tergolong murah, tetapi fasilitas umumnya sudah sangat memadai. Di antaranya ada toilet, area parkir, dan mushola. Bagi yang merasa lapar bisa mengunjungi cafe atau warung di sekitar area wisata. Sebelum pulang sempatkan waktu sebentar untuk membeli oleh-oleh di toko suvenir.

Lokasi Wisata Umbul Tanaka

Tempat wisata ini beralamat di Dusun Arjomulyo, Desa Bangelan, Kecamatan Wonosari, Kabupaten Malang, Jawa Timur. Jika dari pusat Kota Malang kurang lebih jaraknya sekitar 36 km.

Tanggapan:

4.7 / 5. dari 28

Berikan Rating

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan berkomentar
Silakan masukkan nama Anda di sini