Waterboom di Gowa Discovery Park
Waterboom di Gowa Discovery Park. Foto: Gmap/Amiluddin Emil

Objek wisata keluarga selalu digemari oleh wisatawan. Karena dengan begitu, seluruh keluarga dapat merasakan serunya liburan dalam satu tempat. Salah satu objek wisata keluarga di Gowa, adalah Gowa Discovery Park (GDP).

Gowa Discovery Park letaknya dekat dengan wisata sejarah Benteng Somba Opu. Benteng Somba Opu dulunya menjadi saksi bisu perjuangan rakyat Gowa melawan penjajah. Dengan adanya GDP, diharapkan mampu menarik wisatawan untuk datang ke Benteng Somba Opu.

Kolam sliding di Goa Discovery park
Salah satu wahana peluncuran air di GDP. Foto: Gmap/Iman Prasetyo

Harga Tiket Masuk Gowa Discovery Park

Menjadi objek wisata yang terbilang lengkap, tak lantas membuat GDP bertarif mahal. Harga tiket masuknya masih wajar untuk objek wisata keluarga.

Harga Tiket Masuk Gowa Discovery Park
Waterboom (Bonus Tiket Taman Satwa) Rp65.000
Outbound Rp40.000
Tiket Terusan (Waterboom, Taman Satwa, Outbound) Rp100.000

Jam Operasional Gowa Discovery Park

Taman wisata ini dibuka setiap hari, jadi pengunjung dapat mengunjungi kapan saja. Buka mulai pukul 09.00 – 17.30 WITA setiap hari biasa. Sementara hari Sabtu dan Minggu buka lebih awal, yaitu 08.30 – 17.30 WITA.

Jam Buka
Senin – Jumat 09.00 – 17.30 WIB
Sabtu Minggu 08.30 – 17.30 WIB

Daya Tarik Wisata Gowa Discovery Park

Tempat wisata yang masih berada di kawasan situs bersejarah Benteng Somba Opu. GDP sengaja dibangun berdekatan dengan situs bersejarah tersebut. Hal ini dikarenakan, supaya pengunjung yang datang, menyempatkan juga mengunjungi benteng.

GDP dapat dikatakan objek wisata yang lengkap. Karena, di sini pengunjung dapat bermain di waterboom, outbound, serta mengunjungi taman burung. Jadi, seharian berada di sini sangat disarankan supaya puas bermain.

Taman burung di GDP
Taman Burung dengan koleksi beragam spesies burung. Foto: Gmap/Fahar md

Gowa Discovery Park dibuka sejak 2013. Objek wisata yang berdiri di lahan 7,2 hektar ini langsung menarik minat wisatawan. Terbukti, di hari pertama buka pengunjung yang datang hingga berdesakan.

Setelah membayar tiket masuk, pengunjung akan disambut dengan petugas berbadan kekar. Petugas akan mengecek tiket pengunjung satu per satu. Di sini juga terdapat denah sebagai penunjuk arah lokasi.

Setelah itu, pengunjung dapat menuju ke wahana permainan sesuai dengan tiket yang dibeli.

Baca: Bugis Waterpark Tiket & Wahana Keren

Berenang dan Bermain Air di Waterboom Gowa Discovery Park

Waterboom adalah wahana yang paling digemari pengunjung. Buktinya, pengunjung yang datang selalu memadati berbagai kolam.

Di sini, terdapat berbagai kolam yang dapat digunakan. Ada kolam arus, kolam family, kolam balita, kolam bak tumpah, dan kolam sliding.

Waterboom di Gowa Discovery Park
Waterboom dengan berbagai kolam dan wahana permainan air. Foto: Gmap/Amiluddin Emil

Lokasi kolamnya pun berdekatan satu sama lain. Jadi, pengunjung dapat mengunjungi semuanya tanpa harus berjalan jauh.

Ketika bermain di waterboom, pengunjung tidak diperbolehkan mengenakan celana jeans. Oleh karena itu, sebelum berangkat persiapkan pakaian renang dari rumah.

Saat bermain, tidak perlu khawatir mengenai barang bawaan. Karena, pengelola telah menyediakan gazebo yang dapat disewa untuk menyimpan barang bawaan.

Gazebo ini berada di bawah pohon rindang, sehingga suasana di sini pun sejuk. Untuk menyewa gazebo, diperlukan biaya sewa sebesar Rp 100.000. Biaya ini untuk sewa selama satu hari penuh hingga pulang meninggalkan waterboom.

Baca: Trans Studio Makassar Tiket & 4 Studio Seru

Wahana Outbound

Untuk menguji adrenalin, pengunjung dapat mencoba wahana outbound di sini. Tentunya keseruan akan sangat terasa. Wahana outbound dapat dicoba sebelum berbasah ria di waterboom.

Taman Burung Gowa Discovery Park

taman burung di Gowa Discovery Park
Area Taman Burung di Gowa Discovery Park. Foto Gmap – Anon Sulistyo

Ketika memasuki wahana Taman Burung, pengunjung akan disambut suasana rindang. Di sini, pepohonan tumbuh subur memayungi flora dan fauna di bawahnya. Untuk memasuki wahana ini, tangan pengunjung akan ditandai dengan stempel berwarna merah.

Di sini terdapat kurang lebih 16 kandang burung dengan ukuran bermacam – macam. Dimana setiap kandang memamerkan aneka spesies burung. Ada burung kepodang, jalak bali, nuri, elang paria dan elang laut, serta cendrawasih.

Menikmati Santap Siang di Gowa Discovery Park

Yang unik di sini, pengunjung dapat berinteraksi dengan burung dari jarak sangat dekat. Dimana pengunjung dapat masuk ke dalam kandang raksasa yang dikelilingi burung.

Di kandang raksasa ini terdapat kurang lebih 18 jenis burung yang terbang leluasa. Indahnya suara burung bagaikan musik alam yang menemani pengunjung berwisata. Meski dapat berinteraksi, pengunjung harus tetap berhati – hati dan jangan sampai menyakiti burung.

Fasilitas Gowa Discovery Park

Fasilitas umum yang tersedia diantaranya, area parkir, toilet, kamar bilas, dan mushola. Selain itu, terdapat juga tempat makan dengan berbagai macam menu. Ditambah lagi ada toko souvenir yang siap menyediakan oleh – oleh bagi pengunjung.

Kontak & Lokasi Gowa Discovery Park

Untuk menuju objek wisata ini, dapat menggunakan kendaraan pribadi. Jika belum pernah datang, pengunjung dapat berpedoman pada Google Maps. Lokasinya berada di Untuk informasi selanjutnya, pengunjung dapat menghubungi nomor telepon GDP di 085756374513 Atau Facebook.

Perhatian: Harga Tiket Bisa mengalami perubahan sewaktu-waktu. Ada baiknya untuk kepastian harga tiket langsung menghubungi tempat wisata terkait.
Very PoorPoorAverageGoodExcellent 4,21 / 24 pembaca