Beranda Tiket Wisata

WISATA KEBUN GOWA Tiket & Wahana Desember 2021

Wisata Kebun GowaHarga Tiket: Rp15.000 - Rp25.000Jam Buka: 08.00 - 17.00No Telp: -Alamat: Jl. Malino, Bontomanai, Bontomarannu, Gowa, Sulawesi Selatan, Indonesia, 92171

Wisata Kebun Gowa merupakan sebuah taman hiburan dengan konsep perkebunan. Lokasinya berada di Sulawesi Selatan, tepatnya di Bontomarannu, Kabupaten Gowa. Taman ini menghadirkan beragam fasilitas hiburan yang dikelilingi suasana kebun buah.

Wisatawan bisa mendapatkan sedikit edukasi seputar tanaman buah maupun hias. Selain itu, tersedia berbagai wahana yang bisa dinikmati bersama keluarga. Semua hiburan ini bisa didapatkan tanpa perlu merogoh kocek terlalu dalam. Tidak heran jika Wisata Kebun Gowa tak pernah sepi dari pengunjung.

Tiket Masuk Wisata Kebun Gowa

Harga tiket masuk Wisata Kebun Gowa termasuk terjangkau. Tarif tiket berlaku untuk pengunjung di atas usia 2 tahun. Tiket tersebut sudah termasuk tarif berenang di waterboom dan penggunaan gazebo. Tidak perlu cemas karena harga tiket wahana lainnya pun relatif murah.

Harga Tiket Masuk
Senin – Jumat Rp15.000
Sabtu – Minggu & Hari RayaRp25.000

Baca Juga: Pilihan Destinasi Wisata Terbaik di Gowa

Jam Buka

Wisata Kebun Gowa buka setiap hari. Hindari akhir pekan dan hari libur jika tidak ingin terjebak kepadatan pengunjung. 

Jam Operasional
Setiap Hari 08.00 – 17.00 WIB

Wisata Kebun Gowa

Pepohonan rindang yang menyejukkan suasana
Suasana sekitar taman yang teduh dan asri – Foto: Google Maps/Ruang Edhelpher

Destinasi wisata di Sulawesi Selatan tidak hanya terbatas pada Kota Makassar. Tak jauh dari kota tersebut, terdapat Kabupaten Gowa. Jika Makassar menawarkan wisata pesisir yang dinamis, Gowa adalah kebalikannya. Daerah ini memiliki sejumlah panorama dataran tinggi yang menyejukkan mata.

Gowa memiliki tanah yang subur maka tak heran jika hasil pertanian merupakan pendukung utama. Hal ini membuatnya sangat potensial sebagai kawasan agrowisata. Berbagai destinasi wisata bertema pertanian pun tersebar kabupaten ini.

Salah satu diantaranya yaitu Wisata Kebun Gowa. Berjarak sekitar 18 kilometer dari pusat kota Makassar, tempat ini selalu ramai wisatawan. Terlebih ketika akhir pekan atau musim liburan tiba. Wisata Kebun Gowa memang menawarkan ruang rekreasi yang memikat bagi keluarga. Sejuknya perkebunan buah berkolaborasi dengan fasilitas hiburan yang berkualitas.

Baca Juga: MALINO HIGHLANDS Tiket, Wahana & Aktivitas

Agrowisata Kecil untuk Keluarga

Aneka tanaman yang menghiasi taman Wisata Kebun Gowa
Barisan tanaman hias di antara rimbunnya kebun buah – Foto: Google Maps/fachrul mujahid

Sesuai namanya, daya tarik taman wisata ini terutama adalah kebun. Kebun yang dimaksud yaitu kebun aneka buah. Pengunjung dapat menemukan berbagai jenis buah yang biasa menjadi konsumsi sehari-hari. Seperti di antaranya, jeruk, mangga, rambutan, hingga durian.

Hanya pengelola yang boleh memetik buah di sini. Namun, pengunjung bisa ikut mencicipi jika memang sedang musimnya. Jadi, jangan sampai memetik sembarangan, ya.

Kebun buah ini juga menjadi media edukasi bagi si buah hati. Pengunjung dapat mengenalkan karakter dan ciri-ciri berbagai jenis pohon secara langsung. Tidak hanya buah, di sini juga terdapat tanaman hias yang variatif. Selain menjadi wahana edukasi, keberadaan tanaman-tanaman ini sekaligus menjadi penyejuk.

Selama berkeliling taman wisata ini, pengunjung tidak perlu khawatir kepanasan. Karena kemanapun kaki melangkah, rindangnya pepohonan akan selalu menyapa. Menjelajah setiap sudut taman memang lebih nikmat dengan berjalan kaki perlahan.

Baca: Gowa Discovery Park Tiket & Aktivitas

Waterboom

Kolam dengan seluncuran ekstrem
Area waterboom dengan berbagai jenis kolam renang dan wahana permainan air yang beragam – Foto: Google Maps/indrawan santoso

Inilah wahana favorit lainnya bagi wisatawan yang datang ke Wisata Kebun Gowa. Taman ini menyediakan beberapa kolam renang lengkap dengan wahana permainannya. Ada kolam untuk orang dewasa dan anak-anak.

Kolam renang di sini memiliki kedalaman maksimal 1,6 meter. Setiap kolam memiliki pancuran dan seluncuran. Salah satu yang terbaru yaitu perosotan ekstrem yang melingkar di ketinggian. Di sini juga tersedia penyewaan pelampung karet untuk menambah keseruan saat meluncur.

Wahana Permainan

Wahana kereta ulat yang cukup mendebarkan di Wisata Kebun Gowa
Variasi wahana permainan yang tersedia tidak hanya bisa dinikmati anak-anak tetapi juga orang dewasa – Foto: Google Maps/wisata kebun gowa

Area lainnya yang selalu ramai yaitu playground. Wahana yang tersedia bisa bersanding dengan permainan yang biasanya ada di pusat perbelanjaan besar. Ada permainan koin, kereta, hingga boom boom car. Semuanya sangat cocok untuk anak-anak hingga usia SD.

Wisata Kebun Gowa menyuguhkan taman hiburan yang sekelilingnya suasana kebun. Bermain di sini memberikan kesan wisatawan sedang bermain di halaman rumah sendiri. Keasrian suasananya dapat dinikmati melalui wahana ATV atau sepeda listrik. Bagi yang ingin menghemat tenaga, wahana ini bisa berguna untuk kendaraan berkeliling.

Kolam Pancing

Dekorasi jalan yang instagrammable
Banyak lokasi dengan tatanan yang menarik untuk dijadikan tempat berfoto di kawasan wisata ini – Foto: Google Maps/Macin Gun

Wisata Kebun Gowa tidak hanya memiliki sarana hiburan bagi anak-anak. Orang dewasa pun dapat menikmati waktunya di sini. Selain berkeliling melihat berbagai jenis tanaman, pengunjung juga bisa memancing. 

Tersedia kolam berukuran 4 kali 4 meter dengan aneka jenis ikan. Ikan yang tersedia antara lain ikan mas dan nila. Ada juga penyewaan alat pancing bagi pengunjung yang tidak membawa sendiri. Sedangkan ikan hasil tangkapan bisa dibawa pulang dengan membayar sesuai berat tangkapannya.

Ikan ini bahkan bisa dimasak di tempat, lho. Cukup dengan membayar 5 ribu rupiah, wisatawan sudah bisa menikmati hasil pancingannya. Selain itu ada banyak area duduk dan gazebo gratis yang bisa menjadi tempat istirahat. Jangan takut kehabisan tempat, karena sarana ini tersebar di seluruh penjuru taman.

Fasilitas Wisata Kebun Gowa

Fasilitas di taman wisata ini terbilang sangat lengkap. Area parkir, toilet umum, dan musala tersedia di sini. Warung makan serta tempat duduk dan gazebo pun tersebar di sekitar taman. Taman ini bahkan memiliki akomodasi penginapan dengan harga terjangkau.

Lokasi Wisata Kebun Gowa

Objek wisata ini terletak di Jalan Poros Malino, Kelurahan Bontomanai, Kecamatan Bontomarannu, Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan. Jaraknya kurang lebih 19 kilometer saja dari pusat Kota Makassar. Lokasinya dapat dicapai dengan kendaraan pribadi roda dua atau roda empat.

Tanggapan:

4.4 / 5. dari 31

Berikan Rating