GUNUNG GAMBIR Tiket Masuk & Daya Tarik Kebun Teh

Gunung Gambir Harga Tiket Masuk: Rp10.000. Jam Buka: 07.00 - 17.00 WIB. Nomor Telepon: -. Alamat Lokasi: Lanasan, Gelang, Sumberbaru, Jember, Jawa Timur, Indonesia, 68156

Gunung Gambir menghadirkan pesona area perkebunan teh yang begitu luas. Kebun teh di areal agro wisata Gunung Gambir luasnya berkisar 183 hektar. Suasana khas pegunungan menjadikan destinasi wisata ini memiliki udara yang sejuk. Alam yang asri serta udara yang bersih sangat bagus sebagai tempat healing.

Area wisata ini berkonsep modern serta memiliki spot foto di setiap sudut. Sejak tahun 2018 silam, perkebunan ini sudah terbuka untuk umum sebagai tempat wisata.

Areanya di bawah pengelolaan dari PT Perkebunan Nusantara XII. Kemudian mendapatkan julukan sebagai Wisata Agro Rengganis (WAR).

Harga Tiket Masuk Gunung Gambir

Area rekreasi yang sangat luas tidak menjadikan tarif wisata menjadi mahal. Bisa dikatakan kalau tarif masuk ke tempat wisata ini relatif terjangkau. Apalagi wisatawan bisa menggunakan lahan parkir kendaraan yang gratis juga.

Harga Tiket Masuk Gunung Gambir
Tiket MasukRp10.000

Baca: TELUK LOVE Jember Tiket & Aktivitas

Jam Buka Gunung Gambir

Gunung Gambir merupakan area publik yang buka sepanjang hari. Pengunjung juga bebas datang kapan pun karena areanya buka 24 jam. Sehingga wisatawan bisa mengisi waktu cukup lama saat berada di sini. Namun untuk obyek wisata perkebunan tehnya memiliki jam buka dari pagi sampai sore saja.

Jam Buka Perkebunan Teh
Setiap hari07.00 – 17.00 WIB

Daya Tarik Wisata Kebun Teh Gunung Gambir

Area wisata Gunung Gambir menawarkan sejumlah daya tarik yang membuat pengunjung penasaran. Selain kebun teh yang menghijau, banyak ornamen unik serta fasilitas rekreasi.

Misalnya jembatan di atas perkebunan teh, menara, jembatan sasak gantung, dan sebagainya. Berikut beberapa daya tarik wisata selama berada di sini.

Alam Asri dan Alami

Wisatawan bisa mendapatkan suguhan keindahan panorama alam serta kebun teh. Terasa penuh dengan kesejukan serta menyegarkan mata. Musim paling baik mengunjungi destinasi ini pada saat musim kemarau yang cerah. Bila musim hujan kemungkinan longsor terjadi di beberapa lereng gunung.

Hijaunya tumbuhan di perkebunan akan memanjakan mata. Setiap orang bisa merasa nyaman dan leluasa untuk berselfie. Lokasinya yang jauh dari perkotaan membuat tempat rekreasi bertema alam ini tetap lestari.

Baca: Taman Botani Sukorambi Jember Tiket & Wahana

Tea Walk

Jembatan untuk tea walk di atas perkebunan teh
Jembatan untuk tea walk di atas perkebunan teh. Foto: google maps/Ulfa Utami

Pengelola membangun jembatan panjang di atas perkebunan teh. Jembatannya berbahan kayu dan berada tepat di atas tanaman teh.

Tujuannya agar wisatawan dapat menikmati pemandangan perkebunan dari atas tanpa merusak tanaman yang ada. Beberapa destinasi pariwisata perkebunan di Indonesia juga banyak yang telah mempunyai fasilitas jembatan seperti ini.

Berkeliling perkebunan teh menggunakan jembatan ini belakangan populer dengan istilah tea walk. Model jembatannya, ada yang berpagar di pinggirnya, dan ada pula yang tak berpagar.

Pasa saat melewati jembatan yang tak berpagar sebaiknya berhati-hati jika berpapasan dengan pengunjung lainnya. Sebab jembatannya tidak terlalu lebar, hanya muat untuk dua orang berjalan berdampingan.

Baca: PANTAI PAYANGAN Tiket & Pesona Bukit Karang Eksotis

Menara Pandang

Di beberapa sudut di tengah areal perkebunannya, terdapat sejumlah menara. Wahana menara desainnya bertingkat-tingkat serta boleh wisatawan naiki. Semua pengunjung bebas berselfie ataupun memotret panorama perkebunan teh yang menawan dari atas sana.

Jembatan Gantung

Jembatan gantung di wisata Gunung Gambir
Jembatan gantung di dalam kawasan wisata. Foto: google maps/M Alim

Obyek wisata Gunung Gambir mempunyai sebuah jembatan gantung atau sasak gantung. Namun jembatan ini hanya bisa menampung kapasitas maksimal sekitar 6 orang.

Pada saat wisatawan sedang ramai akan ada penjagaan dari pengelola destinasi rekreasi ini. Agar situasi tetap aman terkendali dan membuat wisatawan nyaman menaiki jembatan.

Spot Foto Instagramable

Spot foto instagrammable di Gunung Gambir
Spot foto Instagramable di Gunung Gambir. Foto: google maps/Gysaila Shaqila

Area selfi yang tersedia sangat keren dan menarik. Cukup banyak obyek foto bertemakan cinta, seperti gembok cinta, ornamen berbentuk hati, dan sebagainya.

Sehingga menjadikan lokasi tersebut dibumbui nuansa romantis. Wisatawan yang mengajak pasangannya dapat mengabadikan momen di wahana ini.

Taman Kecil

Area taman di pinggir sungai kecil
Area taman di pinggir sungai kecil. Foto: google maps/Erni Novianti

Sebuah taman kecil yang cantik ada di sekitar perkebunan teh. Lokasinya berada sebelum jembatan gantung. Di taman tersebut ada berbagai jenis tanaman hias yang membuat tempat ini semakin berwarna. Ada tanaman andong merah, tanaman miana, serta tanaman hias cantik lainnya.

Di tengah-tengah taman terdapat sebuah sungai kecil berbatu. Airnya mengalir dari suatu sumber air yang keluar dari lubang bernama Klobungan.

Supaya wisatawan dapat bersantai telah tersedia, bangku di taman tersebut. Sehingga taman ini menjadi sebuah spot menarik di agro wisata Gunung Gambir.

Kuliner

Agro wisata tersebut memiliki kantin yang menyediakan banyak pedagang. Mulai dari makanan berat, makanan ringan, berbagai macam minuman dapat pengunjung beli. Sehingga wisatawan tidak perlu membawa banyak bekal makanan saat berwisata ke lokasi ini.

Fasilitas

Fasilitas yang terdapat di area wisata sudah mampu memuaskan kegiatan rekreasi. Karena sudah ada area parkir, musala, toilet, gazebo serta kantin.

Kemudian tersedia banyak spot foto yang unik serta Instagramable khusus bagi para pengunjung. Di samping itu, terdapat menara pandang, jembatan, dan taman kecil yang indah.

Lokasi Gunung Gambir

Gunung Gambir berlokasi di Lanasan, Gelang, Kec. Sumberbaru, Kabupaten Jember, Jawa Timur. Dari Kota Jember menuju ke perkebunan teh ini berjarak 64,1 km. Bila menempuhnya menggunakan kendaraan menghabiskan waktu sekitar 2 jam 10 menit.

Jalan Menuju Gunung Gambir

Akses jalan menuju ke lokasi wisata ini sudah mulus dan beraspal. Kondisi jalannya pun tidak sulit untuk dilalui karena tidak terlalu menanjak.

Namun bila pengunjung datang membawa mobil, maka harus berhati-hati karena akses jalan yang sempit. Akan sulit bila dilalui oleh 2 mobil yang sedang berpapasan.

4.6 - 25 Pembaca

Berikan Nilai

Bagikan Konten ke:

Berikan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *