Beranda Tiket Wisata

Pantai Cemara Puger Tiket Masuk & Aktivitas September 2022

0
Harga Tiket Masuk Pantai Cemara Puger : -Jam Buka: 06.00-18.00No Telp: -Alamat: Jalan Lintas Selatan, Dusun Kalimalang, Desa Mojomulyo, Puger, Jember, Jawa Timur, Indonesia, 68164

Pantai Cemara Puger Jember memang cukup unik. Biasanya pantai identik dengan pohon kelapa berbeda dengan pantai ini. Justru pepohonan Cemara lebih mendominasi kawasannya. Pantai ini termasuk Pantai Selatan Jawa yang memiliki ciri khas tersendiri.

Sesuai dengan namanya, pantai ini banyak ditumbuhi pohon cemara menjulang tinggi. Bahkan, hutan pohon cemara yang ada di tempat ini menjadi salah satu daya tarik bagi wisatawan. Di sini, Wisatawan bisa menikmati keindahan hutan pohon cemara sekaligus pantainya dengan harga yang terjangkau.

Tiket Pantai Cemara Puger

Berwisata ke pantai Cemara Puger tidak ada biaya tiket masuk. Wisatawan yang datang ke tempat ini hanya perlu membayar biaya parkir kendaraan. Tiket masuk memang gratis, namun untuk wahana yang tersedia di Pantai ini tidak gratis. Kemudian untuk harga makanan dan minuman pun terjangkau.

Harga Tiket Masuk
Setiap HariGratis
Parkir MotorRp5.000
Parkir MobilRp10.000
Naik KudaRp15.000-Rp20.000
PerahuRp10.000

Baca: DIRA PARK Jember Tiket & Wahana

Jam Buka Cemara Puger

Area pantai selalu buka setiap hari untuk wisatawan. Dengan jam operasional dari pagi hingga sore hari. Biasanya, wisatawan mulai datang pada pukul 10.00 ke atas.

Jam Operasional
Setiap Hari06.00-18.00

Pesona Pantai Cemara Puger

Pantai Cemara Puger termasuk tempat wisata yang baru dibuka pada tahun 2020. Suasana sekitar pantai terasa sejuk dan asri karena rimbunnya pepohonan cemara. Tidak hanya itu, pemandangan pantai dan lautnya pun juga tak kalah menarik.

Hutan Cemara Teduh Di Tepi Pantai

Hutan pohon cemara
Area sekitar pantai terasa teduh terlindungi rimbunnya pohon cemara meskipun di siang hari. Foto: Google Maps/Herdiana Ardiyanti

Pantai Cemara Puger memiliki hutan pohon cemara yang tumbuh di sekitar area pantai. Hutan cemara ini laiknya seperti pintu masuk ke area pantai. Wisatawan akan melewati hutan ini untuk sampai ke pantai. Tidak hanya itu, pohon ini juga tumbuh di sekitar pasir pantai.

Hutan cemara ini menjadi spot favorit wisatawan. Hutan ini bisa menjadi tempat untuk berteduh dari sinar matahari. Suasana yang sejuk ditambah dengan hembusan angin membuat betah berlama-lama.

Hutan cemara ini sering menjadi spot foto. Foto dengan latar belakang pohon-pohon cemara tentunya menghasilkan sebuah gambar yang ciamik. Memang sesuai dengan namanya Pantai Cemara Puger. Nama “cemara” berasal dari pohon cemara yang ada di tempat ini, sedangkan nama “Puger” merupakan lokasi pantai ini di Kecamatan Puger.

Baca: Taman Botani Sukorambi Jember Tiket & Wahana

Pasir Hitam Eksotik

Laut dan pasir Pantai Cemara Puger
Pantai Cemara Puger memiliki ombak besar dan pasir bewarna cokelat kehitaman. Foto: Google Maps/ Bhekti_ Art

Kawasan pantai berada di pesisir selatan Jawa. Tak heran jika karakteristik ombaknya cukup tinggi. Wisatawan dilarang untuk berenang atau mandi di laut. Bahkan, ada papan larangan bahwa pantai ini termasuk zona tsunami.

Pantai Cemara Puger memang memiliki karakteristik ombak khas pantai Selatan Jawa, namun untuk warna pasir pantainya berbeda. Pasir yang ada di pantai ini memiliki ciri pasir pantai yang ada di pantai Utara Jawa yaitu berwarna cokelat kehitaman dengan tekstur yang lembut.

Di tepi pantai tidak tersedia tempat berteduh. Hanya ada beberapa pohon cemara yang tumbuh itu pun sedikit. Jadi, suasananya cukup panas ditambah dengan pasir pantai yang berwarna hitam. Meskipun demikian, hal itu tidak menjadi masalah bagi Wisatawan yang ingin merasakan suasana pantai.

Baca: Kebun Teh Gunung Gambir Jember Tiket & Pesona

Berkuda dan Berperahu

Berkuda di Pantai Cemara Puger
Wisatawan naik kuda untuk berkeliling Pantai Cemara Puger. Foto: Google Maps/Heru Suyitno

Wisatawan yang merasa lelah namun masih ingin menikmati pantai, alternatifnya bisa menyewa berbagai wahana. Di sekitar pantai wisatawan bisa mencoba naik kuda atau berperahu.

Selama menunggang kuda akan menyusuri sepanjang bibir pantai. Ada pendamping yang bertugas mendampingi wisatawan saat naik kuda. Jadi, keamanannya terjamin. Selanjutnya, ada penyewaan perahu. Rute naik perahu ini bukan di laut, namun di genangan air yang ada di sisi kanan pantai yang menjadi tempat untuk berenang.

Baca: TELUK LOVE Jember Tiket & Aktivitas

Piknik di Tepi Pantai

Wisatawan piknik di Pantai Cemara Putih
Berpiknik salah satu aktivitas menarik selama berekreasi di pantai ini. Foto: Google Maps/Heru Suyitno

Pantai Cemara Puger bisa menjadi alternatif tempat untuk berpiknik. Di sini, Wisatawan bisa menggelar tikar untuk duduk-duduk di tepi pantai sambil menikmati bekal yang dibawa. Apalagi ditemani hembusan angin pantai yang segar menjadi pendukung suasana piknik.

Selama berpiknik tidak akan mengecewakan. Di samping pemandangan pohon cemara yang berjejer rapi, Wisatawan juga bisa menemukan pemandangan lain yang tidak kalah menarik. Yaitu hamparan rawa yang berada di sisi kiri pantai. Kemudian di sisi kanan pantai area berenang dan bermain air. Tidak hanya itu, Wisatawan juga akan menemukan pemandangan perahu-perahu yang menepi di sisi kiri pantai.

Baca: PANTAI PAPUMA Jember Tiket & Ragam Pesona Memikat

Area Berkemah

Tenda berdiri di Pantai Cemara Puger
Agar bisa menikmati keindahan pantai lebih lama pengunjung bisa berkemah. Foto: Google Maps/Abela Ridmaoktavia

Tidak hanya cocok untuk lokasi piknik, kawasan pantai juga cocok untuk lokasi perkemahan. Pantai ini menyediakan area Camping Ground. Area untuk perkemahan berada di bawah hutan cemara.

Selama berkemah wisatawan bisa menikmati pemandangan matahari terbit di pagi hari. Saat sore hari pun juga bisa melihat pemandangan langit senja. Di pantai ini, langit menampilkan pemandangan senja yang begitu indah. Sedangkan di malam hari, Wisatawan bisa menikmati suasana pantai dengan suara deburan ombak dan syahdunya suara hewan.

Fasilitas

Saat ini, fasilitas yang ada tersedia masih sangat terbatas. Namun, fasilitas yang dibutuhkan seperti toilet, musala hingga penjual-penjual makanan dan minuman sudah ada.

Alamat Pantai Cemara Puger

Wisata pantai ini berada di pinggir jalur lintas Selatan Jawa. Lokasi ini tepatnya di Jalan Lintas Selatan, Dusun Kalimalang, Desa Mojomulyo, Kecamatan Puger, Kabupaten Jember Jawa Timur 68164.

Tanggapan:

4.5 / 5. dari 22

Berikan Rating

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan berkomentar
Silakan masukkan nama Anda di sini