KAMPUNG DURIAN Jember Tiket & Daya Tarik April 2024

  • Harga Tiket Masuk Wisata Kampung Durian Panti: Gratis - Rp125.000
  • Jam Buka: 06.00 - 23.00
  • Nomor Telepon: -
  • Alamat: Area Hutan, Pakis, Kec. Panti, Kabupaten Jember, Jawa Timur , Indonesia, 68153

Wisata Kampung Durian Panti merupakan salah satu wisata Jember yang memiliki keunikan tersendiri. Yang mana wisata ini sangat cocok bagi para pecinta durian. Karena di sini wisatawan akan bisa rekreasi sambil berkuliner buah durian. Tentu saja, durian di tempat ini dijamin baru dan segar karena langsung dipetik dari sumbernya.

Di area Wisata Kampung Durian ini juga terdapat area camping. Yang mana pengunjung bisa merasakan suasana alam yang sangat natural. Selain itu, tempat ini memiliki sebuah sungai dangkal yang bisa menjadi tempat seru-seruan. Wisatawan juga boleh berenang atau bermain air di sungai tersebut.

Harga Tiket Masuk Wisata Kampung Durian

Untuk masuk ke perkampungan durian ini sangatlah hemat dan ekonomis. Semua kalangan pengunjung bisa menjangkaunya. Pengunjung hanya perlu membayar tiket kendaraan dan akan ada biaya tambahan jika ingin camping.

Jenis TiketHarga
Tiket MasukGratis
Parkir Motor Termasuk OrangRp5.000
Parkir Mobil Termasuk OrangRp10.000
Sewa Tenda Per JamRp20.000
Flying FoxRp15.000
Camping: Bawa Tenda Sendiri / Tenda Kecil / CampingRp30.000 / Rp60.000 / Rp125.000
Harga Tiket Masuk Kampung Durian Panti

BACA: Tiket Masuk Taman Botani Sukorambi & Daya Tarik.

Jam Buka Wisata Kampung Durian

Destinasi wisata ini buka setiap hari. Sehingga tidak perlu ragu memilih waktu terbaik untuk datang ke sini. Namun bila ingin mencoba durian yang enak, bisa datang di musim durian. Yakni di sekitaran sekitar bulan Januari dan Juli.

HariJam Buka
Weekday06.00 – 22.00
Weekend06.00 – 23.00
Jam Buka Kampung Durian Panti

Daya Tarik Wisata Kampung Durian Panti

Destinasi Kampung Durian Panti ini indah dan masih alami. Nuansa pedesaan di lokasi ini sangat kental terasa. Alamnya bagus untuk menenangkan pikiran yang sedang suntuk. Apalagi suasananya di malam hari atau pagi subuhnya yang benar-benar segar karena udara sejuk.

Pemandangan yang Asri

Lokasi dari tempat wisata ini berada di bawah Gunung Argopuro. Sehingga sudah pasti pengunjungnya akan mendapat suguhan panorama alam pegunungan yang asri dan sejuk. Pemandangannya bisa menjadi rekomendasi bagi pengunjung yang suka hunting view hutan. Tanpa harus trekking ke gunung sebab jalur kampung durian lebih mudah diakses.

BACA: Teluk Love Jember, Tiket Masuk & Ragam Aktivitas.

Camping

Penyewaan tenda untuk pengunjung Kampung Durian Panti
Penyewaan tenda untuk pengunjung Kampung Durian Panti. Foto: google maps/Didit Wikan

Di Wisata Kampung Durian juga tersedia sarana camping ala riverside untuk pengunjung. Penyewaan tenda tersebut tepat berada di bantaran sungai. Ada tenda-tenda yang sudah dipersiapkan di atas deck kayu dengan pemandangan langsung ke sungai. Penyewaan tenda hitungannya per jam atau bisa pula disewa selama 1 malam.

Tenda yang ditawarkan disini cukup nyaman untuk ditempati. Wisatawan yang ingin menghabiskan malam di tenda, akan disuguhkan dengan suara gemericik air sungai. Selain itu, pengunjung juga dapat bersantai sambil ngopi di depan tenda, di atas deck kayunya. Bila ingin berhemat tanpa menyewa tenda, pengunjung juga boleh membawa tenda sendiri.

BACA: Harga Tiket Masuk DIRA PARK dan Wahana Permainan Menarik.

Sungai yang Jernih

Sungai yang jernih di Wisata Kampung Durian Panti
Sungai yang jernih di Wisata Kampung Durian Panti. Foto: google maps/Raf Sanjawan

Pengunjung Wisata Kampung Durian bisa berenang di sungai dengan air jernih yang mata airnya langsung turun dari pegunungan Argopuro. Sungainya tergolong dangkal dan hanya setinggi lutut. Cocok untuk anak-anak yang mau berenang atau sekedar ingin main air dengan catatan harus tetap diawasi. Karena arus sungainya lumayan deras.

Airnya bersuhu dingin akan terasa menyejukkan. Pengunjung juga bisa menyewa ban pelampung saat berenang. Dengan harga sewa yang cukup murah di kantong.

BACA: TAMAN SUPER GALAXY, Tiket & Aktivitas Seru.

Piknik

Kawasan Wisata Kampung Durian Panti merupakan tempat yang sejuk dan rindang. Tempat ini cocok untuk lokasi piknik atau sekedar duduk santai. Pengunjung dapat membawa alas duduk sendiri misalnya tikar, kain, atau karpet. Namun bila tidak ingin repot, dapat menyewa alas duduk yang disewakan pengelola wisata kampung durian.

Ramai Saat Musim Durian

Karena kampung ini merupakan perkebunan durian yang notabene merupakan buah musiman. Maka produksi buah durian di desa ini tidak berlangsung sepanjang waktu. Di mana jika musim durian sedang berlangsung maka akan ramai oleh penjual dan pembeli.

Musim durian terjadi dua kali dalam satu tahun, yaitu sekitar bulan Januari dan Juli. Jika ingin merasakan kelezatan durian di desa ini, bisa datang pada bulan tersebut. Bila musim durian belum tiba, perkampungan ini kemungkinan lebih sepi.

Membeli Durian dengan Harga Murah

Sepanjang jalan menuju lokasi, pengunjung akan melihat hampir tiap rumah menjual durian. Meskipun ada komoditas lain seperti buah alpukat dan rambutan, namun durian tetap menjadi primadona. Di kampung ini harga durian tentu saja lebih murah dan terjangkau.

Khusus pengunjung yang pandai menawar pasti bisa mendapatkan harga terbaik dan durian yang enak. Untuk harganya bervariasi, tergantung besar kecilnya buah durian. Buah duriannya bisa dimakan ditempat atau dibawa pulang. Di tempat ini pembeli bisa makan di area piknik atau tenda pinggir sungai. Bisa juga membeli lebih banyak untuk oleh-oleh keluarga di rumah.

Bermain Wahana Flying fox

Wahana flying fox kursi sultan
Wahana flying fox kursi sultan. Foto: google maps/Soul racing Muffler

Rekreasi di Wisata Kampung Durian semakin keren karena adanya wahana flying fox. Namun ada yang berbeda dari flying fox yang satu ini. Yang mana saat meluncur pengunjung sambil duduk di kursi yang terbuat dari rotan. Wahana ini juga dikenal dengan flying fox kursi sultan.

Namun bagi anak kecil yang ingin menaiki flying fox harus bersama orang dewasa. Karena ada patokan berat minimum untuk menaiki wahana ini. Dan apabila anak sendirian maka bebannya kurang berat. Dan bisa mengakibatkan luncuran flying fox berhenti di pertengahan jalan.

Spot Foto Instagrammable

Spot foto instagrammable di Wisata Kampung Durian
Spot foto instagrammable di Wisata Kampung Durian. Foto: google maps/Riana Wahyuni

Kampung Durian Panti kini semakin mengembangkan kawasannya untuk menarik lebih banyak wisatawan. Berbagai dekorasi dibuat demi mempercantik suasana Kampung Durian. Terdapat beberapan dekorasi yang bagus untuk spot foto. Diantaranya dekorasi sayap kupu-kupu,  hiasan bentuk love, serta payung warna-warni yang melayang.

Fasilitas

Fasilitas berupa tempat parkir kendaraan tersedia disini. Kemudian ada fasilitas mushala untuk beribadah dan warung sederhana. Serta ada fasilitas toilet umum yang bersih bagi pengunjung.

Lokasi Wisata Kampung Durian

Destinasi wisata ini berlokasi di Area Hutan, Pakis, Kec. Panti, Kabupaten Jember, Jawa Timur 68153. Dari Kota Jember ke Wisata Kampung Durian berjarak 22 km. Bila menempuhnya dengan berkendara akan menghabiskan waktu sekitar 47 menit.

Berikan Rating

4.6 - 26 Pembaca

Berikan Nilai

Harga dapat berubah sewaktu-waktu terutama pada saat peak season seperti Hari Raya Lebaran, Musim Liburan serta Natal dan Tahun Baru. Oleh karena itu ada baiknya pembaca langsung menghubungi kontak tempat wisata atau akomodasi terkait. Meskipun begitu kami juga secara berkala melakukan pembaruan harga.
Bagikan konten ke:

Berikan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *