Banyak cara untuk mengagumi ciptaan Tuhan, salah satunya dengan berwisata alam. Bisa berinteraksi dengan tumbuhan dan hewan di alam bebas merupakan keindahan tersendiri. Hal ini bisa dilakukan di Taman Botani Sukorambi yang terdapat di Kota Jember.

Taman wisata di kota santri ini memiliki konsep yang cukup unik dan menarik. Mengedepankan rekreasi namun sambil belajar, dan cocok untuk segala umur. Terdapat beragam koleksi tanaman, hewan dan berbagai wahana untuk bagi pengunjung segala usia.

Harga Tiket Masuk Taman Botani Sukorambi

Menikmati berbagai aktivitas di taman wisata ini pengunjung tidak perlu membayar mahal. Harga tiket dapat dibeli dengan belasan ribu saja. Tidak ada perbedaan antara tiket anak dan dewasa hanya berlaku tiket sesuai periode kunjungan.

Harga Tiket Masuk Taman Botani Sukorambi
Hari BiasaRp15.000
Akhir Pekan & Hari LiburRp20.000

Baca: Dira Park Jember Tiket & Wahana

Jam Buka Taman Botani Sukorambi

Taman ini sudah buka mulai pagi sampai sore hari setiap hari kecuai hari Jumat. Pengunjung bisa datang dan berekreasi di taman wisata ini pada jam-jam tersebut.

Jam Operasional
Sabtu – Kamis07.00 – 16.00

Wahana Wisata Taman Botani Sukorambi

area taman botani sukorambi
Area taman rekreasi sukorambi jember dengan danau buatan dan berbagai wahana permainan. Foto: Google Maps/Rhoshandhayani KT

Taman wisata alam ini dimulai dari ide Bapak H. Abd. Kahar Muzakir. Dengan dana pensiun terbatas, beliau yang berlatarbelakang orang pertanian ini ingin mempertahankan kesibukannya. Beliau ingin membuat wisata alternatif bernuansa alam untuk masyarakat Jember, Jawa Timur.

Didirikannya taman wisata alam ini juga sebagai sumbangsih beliau di dunia pendidikan. Beliau ingin meberikan sarana belajar tentang alam sekaligus mengajak masyarakat sadar lingkungan. Daya tarik lebih lengkap tentang wisata ini telah dikupas pada artikel di bawah.

1. Bermain di rumah pohon

Rumah pohon di taman botani sukorambi.
Wahana Rumah pohon . Foto : goole maps/August Rhequivalent

Pengunjung bisa mulai mencoba wahana rumah pohon ketika tiba di Taman Botani Sukorambi. Tinggi rumah pohon ini sekitar 5 meter dari permukaan tanah. Dari rumah pohon, pengunjung bisa melihat pemandangan keindahan area taman rekreasi yang eksotis ini.

Rumah pohon ini tak terlalu luas, ukurannya hanya 2×2 meter. Oleh sebab itu, kapasitas rumah pohon hanya 6 orang bersamaan. Jadi pengunjung harus bergantian untuk menikmati keindahan alam dari rumah pohon.

Baca: Malang Night Paradise Tiket & Wahana

2. Bermain flying fox jungle

Bermain flying fox di Taman Botani Sukorambi
Bermain flying fox di taman botani sukorambi.

Flying fox merupakan salah satu wahana yang jarang absen di wisata alam. Begitu pula dengan Taman Botani Sukorambi ini. Terdapat wahana flying fox dengan nama Flying Fox Jungle.

Flying fox jungle begitu menantang pengunjung, karena memiliki panjang sekitar 160 meter. Selain itu juga memiliki ketinggian yang cukup memacu adrenalin, yaitu 40 meter. Namun jangan khawatir, pengunjung yang mencoba wahana ini akan dilengkapi berbagai alat pengaman.

Dengan spesifikasi tersebut, flying fox jungle tentu sangat cocok bagi para petualang ekstrim. Pengunjung akan dibawa melintasi lembah dan pepohonan hijau dengan kecepatan penuh. Tentu akan menjadi pengalaman seru yang tak terlupakan.

3. Menjajal flying fox tombro

Tak hanya flying fox jungle, Taman Botani Sukorambi juga memiliki flying fox lain. Pengelola memberi nama flying fox ini dengan sebutan Flying fox tombro. Flying fox tombro lebih dikhususkan bagi pemula.

Flying fox tombro memiliki panjang sekitar 100 meter dan tak terlalu curam. Kemiringan flying fox tombro hanya sekitar 15 derajat. Itulah mengapa flying fox tombro lebih ramah bagi pemula.

4. Kolam renang khusus muslimah

kolam renang
Di taman rekreasi ini juga tersedia berbagai jenis kolam renang.

Wahana yang satu ini jarang, bahkan belum pernah ada di tempat wisata sejenis. Adalah sebuah kolam renang yang dikhususkan bagi muslimah. Dengan adanya kolam renang khusus ini, membuat muslimah mendapat privasi ketika berenang.

Untuk bisa memasuki kolam renang muslimah, pengunjung dikenai tarif Rp. 10.000. Pengelola menjamin yang bisa masuk ke kolam renang ini hanyalah muslimah. Para karyawan yang melayani pengunjung pun semuanya muslimah.

5. Berkuda

berkuda di taman botani sukorambi jember
Di taman wisata ini pengunjung juga bisa mencoba berkuda. Foto: Google Mas/azzam azzmi

Selain berkeliling taman dengan kendaraan, pengelola juga menyediakan kuda. Pengunjung bisa menunggang kuda sembari mengelilingi sekitar area taman. Saat ini terdapat 3 kuda yang disediakan pengelola.

Pengunjung tak perlu khawatir apabila tak mahir menunggang kuda. Seorang pawang kuda akan mendampingi pengunjung selama berkuda mengelilingi taman. Tarif menunggang kuda ini cukup terjangkau, yaitu Rp. 10.000.

6. Keindahan 500 jenis flora dan fauna

burung merak
Burung merak salah satu jenis fauna yang ada di taman wisata ini. Foto: Google Maps/Kikin Java ID

Taman Botani Sukorambi memiliki sekitar 500 koleksi flora dan fauna. Aneka flora dan fauna tersebut tersebar menghiasi setiap sudut taman. Dari banyaknya koleksi itu, tak sedikit flora yang termasuk langka.

Tak hanya dari Jawa, beberapa tanaman berasal dari luar Jawa bahkan luar negeri. Untuk koleksi satwa, terdapat berbagai mamalia hingga unggas. Keanekaragaman satwa dan flora ini cocok sebagai tempat edukasi anak dan pelajar.

Fasilitas Taman Botani Sukorambi

Taman wista ini benar-benar dibangun untuk memanjakan pengunjung. Hal ini bisa dilihat dari lengkapnya fasilitas yang tersedia. Mulai dari lahan parkir yang luas, gazebo, kamar mandi, pondok seni hingga villa.

Lokasi dan Kontak Taman Botani Sukorambi

Taman rekreasi ini cukup mudah ditemukan, sekitar 10 menit dari Kota Jember. Alamatnya Jalan Mujahir, Sukorambi, Krajan, Sukorambi, Kabupaten Jember, Jawa Timur 68151. Untuk reservasi atau pertanyaan lebih lanjut bisa menghubungi 085100707600.

Perhatian: Harga Tiket dapat mengalami perubahan sewaktu-waktu terutama pada musim liburan dan lebaran. Ada baiknya untuk kepastian harga tiket langsung menghubungi tempat wisata terkait.