Beranda Tiket Wisata

PANTAI PAYANGAN Tiket & Pesona Bukit Karang Eksotis – Desember 2022

0
Harga Tiket Masuk Pantai Payangan : Rp7.500Jam Buka: 24 JamNo. Telepon: -Alamat: Dusun Payangan, Desa Sumberrejo, Ambulu, Jember, Jawa Timur, Indonesia, 68172

Pantai Payangan adalah wisata pantai yang berada di pesisir selatan Kabupaten Jember. Berjarak sekitar 32 km dari pusat kota, tempat wisata ini merupakan salah satu destinasi favorit yang ada di Jember. Menjadi favorit karena areanya memiliki pemandangan bentang alam yang luar biasa. Selain itu kawasan ini juga sangat unik karena memiliki tiga pantai empat bukit dan satu pulau.

Bagian pertama pantai yang menghadap ke arah barat daya yaitu kawasan bagi para nelayan untuk mencari ikan. Kemudian pantai bagian kedua kawasannya dihiasi gugusan batu karang besar dan terpisah sebuah bukit. Sementara pantai ketiga adalah pantai yang paling luas yang berada di sisi sebelah utara.

Harga Tiket Pantai Payangan

Harga tiket masuk ke Pantai Payangan sangat ekonomis dan terjangkau. Selain tiket masuk kawasan pantai, wisatawan juga akan terkena tarif lagi jika naik ke bukit yang berada di area pantai. Dari bukti tersebut pemandangan sekitar akan terlihat sangat indah.

Harga Tiket Masuk Pantai Payangan
Tiket masuk Rp7.500
Naik bukit Rp5.000
Biaya Parkir
Motor Rp5.000
Mobil Rp10.000

Baca: Pantai Watu Ulo Jember Tiket & Ragam Aktivitas

Jam Buka Pantai Payangan

Menariknya di pantai ini tidak ada batasan jam operasional alias selalu buka 24 jam. Hal itu membuat wisatawan bisa datang kapan saja. Namun waktu favorit adalah ketika cuaca sedang cerah agar bisa menikmati keindahan maksimal sekitar pantai.

Jam Buka
Setiap Hari 24 Jam

Pantai Luas dengan Beragam Keindahan

area tepi pantai dengan laut biru dan perbukitan hijau di pantai peyangan
Keindahan area tepi pantai dengan laut biru dan perbukitan hijaunya. Foto/Gmaps/rud

Pantai Payangan memiliki garis pantai yang sangat panjang. Banyak keindahan yang bisa ditelusuri dari pantai ini, sebab tempat wisata ini memiliki tiga bagian pantai. Ciri khas dari pantai ini adalah ombaknya yang besar dengan warna pasir coklat kehitaman. Selain itu batu-batu karang besar dan bukit yang menjorok ke arah laut menambah keeksotisan pemandangan.

Pantai Payangan lokasinya bersebelahan dengan Pantai Watu Ulo. Jarak keduanya sekitar 3,2 km. Maka tak heran kedua pantai ini memiliki banyak kemiripan.

Baca: PANTAI PAPUMA Tiket & Ragam Pesona Memikat

Bermain Air di Tepi Pantai

Sebagai pantai selatan yang ombaknya besar, bermain air adalah salah satu kegiatan favorit di pantai ini. Kontur tanah yang landai di sekitar bibir pantai membuat kegiatan bermain air di pantai ini sangat aman. Pasir hitam yang basah diterpa ombak pantai menjadi arena bermain yang menyenangkan bersama keluarga atau sahabat.

Mendaki ke Bukit Samboja

Keindahan laut dari atas bukit
Wisatawan bisa naik ke puncak bukit Samboja untuk menikmati pemandangan luar biasa dari Pantai Payangan. Foto/Gmaps/Papa RoMa.

Untuk menikmati keindahan dari Pantai Payangan wisatawan bisa mencoba untuk naik ke atas bukit Samboja. Bukit ini berada sebelah barat daya dan membatasi area pantai nelayan dengan pantai karang. Jalan menuju ke puncak pun mudah untuk dilalui karena berupa anak tangga. Selain itu hamparan bunga warna-warni yang berada di kanan kiri membuat pesona di bukit ini semakin indah.

Ketika sampai di puncak, pemandangan luar biasa akan tersaji jelas. Lautan biru dengan batuan karang besar dan kapal nelayan yang berlalu lalang menjadi keunikan dari Pantai Payangan. Dari puncak Bukit Samboja akan terlihat juga garis Pantai Roro Ayu sampai Pantai Canga’an yang panjang melengkung dan tampak seperti bulan sabit. Di puncak Bukit Samboja juga sudah tersedia gazebo sehingga cocok untuk bersantai.

Baca: TELUK LOVE Jember Tiket & Aktivitas

Keunikan Teluk Love

Ciri khas Pantai Payangan yaitu Teluk Love
Wisatawan bisa naik ke puncak Bukit Suroyo untuk melihat pemandangan teluk yang berbentuk seperti hati yaitu Teluk Love. Foto: Instagram.com/@Sindydesiedera.

Selain bukit Samboja, wisatawan juga bisa menaiki bukit lain yang berada di sekitar Pantai Payangan. Kali ini letaknya berada di timur pantai yaitu Bukit Suroyo. Dari puncak bukit ini wisatawan akan dapat melihat pemandangan ‘landmark’ dari Pantai Payangan yaitu Teluk Love. Bukit Suroyo juga sering disebut dengan Bukit Domba. Hal itu karena banyak domba yang berlalu lalang mencari makan di bukit ini. Namun hal itu justru menjadi nilai tambah bagi tempat tersebut.

Keunikan dari Teluk Love ini karena bentuknya yang seperti hati. Keindahan dari Teluk Love hanya bisa dinikmati dari puncak Bukit Suroyo. Selain itu wisatawan juga bisa menikmati keindaan lain dari puncak bukit. Hijaunya deretan pergunungan kawasan Taman Nasional Meru Betiri yang berbaris membuat pemandangan semakin asri. Selain itu juga akan tampak Pantai Papuma yang berada di sisi sebelah timur.

Baca: Taman Super Galaxy Jember Tiket & Daya Tarik

Spot Foto Instagramable

Pantai dengan susunan batu-batu karang besar
Banyak keindahan yang menarik untuk diabadikan, salah satunya adalah pemandangan pantai dengan batuan karang yang besar. Foto: Gmaps/Ahmed Al Hazarim.

Di Pantai Payangan juga banyak spot foto yang instagramable dan wajib untuk diabadikan. Salah satu yang menjadi favorit yaitu di area pantai batu karang. Di sana terdapat banyak batu-batu karang besar yang bisa menjadi latar belakang untuk hasil foto yang cantik. Selain itu Bukit Samboja dan Bukit Suroyo juga menjadi favorit.

Wisata Kuliner di Pantai Payangan

Wisatawan bisa berwisata kuliner di warung-warung yang berjejer di pinggir pantai. Berbagai sajian olahan hasil laut bisa ditemukan di tempat ini. Salah satu yang menjadi andalan yaitu ikan bakarnya. Ikan bakar akan disajikan lengkap dengan nasi hangat dan sambal yang semakin menggugah selera.

Ikannya pun sudah pasti segar karena merupakan hasil tangkapan langsung dari warga yang menjadi nelayan. Bahkan wisatawan bisa juga membeli langsung ikan-ikan tersebut dari para nelayan. Harganya akan lebih murah karena tanpa perantara.

Berkemah

Pantai Payangan juga sangat menunjang untuk kegiatan berkemah. Ada beberapa spot favorit untuk berkemah yaitu di pinggir pantai atau di bukit Samboja maupun Suroyo. Dengan berkemah wisatawan bisa menikmati momen sunset sekaligus sunrise yang indah lebih leluasa.

Fasilitas

Kawasan pantainya memiliki fasilitas yang sudah sangat lengkap dan menunjang. Disana ada area parkir luas, toilet, mushola dan gazebo untuk bersantai.

Lokasi Pantai Payangan

Pantai Payangan berlokasi di Dusun Payangan, Desa Sumberrejo, Kecamatan Ambulu. Jarak pantai ini dari pusat Kota Jember adalah sekitar 32km. Dari pusat kota ke Pantai Payangan bisa ditempuh dalam waktu kurang lebih satu jam.

Tanggapan:

4.5 / 5. dari 22

Berikan Rating