Beranda Tiket Wisata

Kebun Teh Gunung Gambir Tiket & Pesona Desember 2021

Kebun Teh Gunung GambirHarga Tiket: Rp10.000Jam Buka: 07.00 - 16.00No Telp: -Alamat: Pasi, Gelang, Sumberbaru, Jember, Jawa Timur, Indonesia, 68156

Jember memiliki objek wisata alam memukau berupa kebun teh yang bernama Kebun Teh Gunung Gambir. Kebun teh ini telah berdiri sejak tahun 1918 di bawah pemerintahan kolonial Belanda. Kemudian diambil alih dan kini berada di bawah kepemilikan PT Perkebunan Nusantara XII. Pengelola juga menyematkan nama Wisata Agro Rengganis Kebun Teh Gunung Gambir.

Penyematan nama ini karena kebun teh tersebut tidak hanya sekedar kebun teh. Tempat ini juga menjadi objek wisata alam yang menyenangkan dan banyak penggemarnya. Wisatawan akan mendapat suguhan indahnya hamparan kebun teh yang hijau dan segar. Ditambah lagi berbagai spot foto serta spot wisata lain yang dapat dinikmati oleh wisatawan.

Harga Tiket Masuk Kebun Teh Gunung Gambir

Objek wisata ini menetapkan tarif masuk dan tarif parkir yang berbeda. Kendati demikian, harganya pun masih sangat terjangkau bagi semua kalangan.

Harga Tiket Masuk
Tiket masukRp10.000
Tarif Parkir
MotorRp2.000
MobilRp5.000

Baca Juga: 6 Tempat Wisata Terbaik di Jember

Jam Buka Kebun Teh

Objek wisata ini dapat dinikmati sepanjang hari, apalagi wisatawan dapat menginap di sini. Jika tidak menginap, waktu yang tepat untuk berkunjung adalah di pagi hari atau sore hari.

Jam Operasional
Setiap hari24 jam

Asyiknya Teawalk di atas Perkebunan Teh

Jembatan Layang Klobungan
Jembatan Layang Klobungan. Foto: Gmap/mas joko tresno

Berada di kebun teh tentu akan menyenangkan sembari berjalan-jalan. Apalagi bisa dekat dengan tanaman teh yang hijau dan segar. Wisatawan dapat melakukan teawalk, atau berjalan-jalan di kebun teh. Tanpa harus menginjak tanah, karena telah tersedia arena untuk berjalan di atas kebun.

Yaitu sebuah jembatan kayu dengan panjang kurang lebih 200 meter. Jembatan ini terbuat dari kayu hutan dan terpotong dengan tiang dari bambu. Dengan bentuk memanjang dan berdiri di atas kebun teh yang hijau. Jembatan ini terkenal dengan Jembatan Layang Klobungan.

Di kawasan jembatan telah memiliki dengan berbagai ornamen menarik. Wisatawan dapat sesekali berhenti untuk berfoto. Apalagi hamparan tanaman teh dapat terlihat dengan begitu jelas dan dekat. Namun tentunya, harus bergantian dengan wisatawan lain karena kapasitas hanya 30 orang.

Beragam Spot Foto Menarik

Spot Foto Menarik di tengah Kebun Teh
Spot Foto Menarik di tengah Kebun Teh. Foto: Gmap/Andik Kelinci

Kebun Teh Gunung Gambir menyediakan berbagai spot foto yang menarik. Alamnya yang indah tentunya menjadi spot menarik untuk berfoto-foto. Hamparan tanaman teh serta kontur perbukitan membuat pemandangan menjadi lebih indah. Ditambah dengan, pepohonan dan pegunungan yang menjadi latar belakangnya menambah keindahan tersendiri.

Tidak hanya alamnya yang indah, di jembatan layang pun tersedia spot foto. Ada spot foto berbentuk bintang yang terbuat dari kayu. Wisatawan dapat berfoto di sini dengan latar belakang tulisan “Pesona Gunung Gambir”. Siapapun akan tahu bahwa foto ini diambil di objek wisata ini.

Selain itu, ada juga payung-payung kecil yang tergantung di atas jembatan. Spot foto buatan berupa kupu-kupu yang ada di tengah kebun juga menjadi daya tarik tersendiri. Ada juga spot foto berbentuk hati yang tentunya cocok bagi pasangan. Selain terkesan indah, romantisme di objek wisata ini juga terasa.

Menikmati Kebun dari Atas Gardu Pandang

Gardu Pandang di Kebun Teh
Gardu Pandang di Kebun Teh. Foto: Gmap/Iwan Hary

Menikmati kebun teh tidak hanya dari bawah saja. Wisatawan juga dapat menikmatinya dari atas gardu pandang. Gardu pandang ini ada di tengah perkebunan teh. Yang mana terdiri dari dua lantai.

Di lantai pertama tidak terlalu tinggi, kurang lebih 2 meter tingginya. Yang mana lantai kedua menjadi atap dari lantai pertama. Sementara lantai kedua berada lebih tinggi dari lantai pertama. Di lantai kedua ini tidak beratap, sehingga wisatawan leluasa jika ingin memfoto dari atas.

Wisatawan dapat naik ke gardu pandang ini dengan anak tangga. Keseluruhan bangunan terbuat dari kayu, begitu juga tiang penyangga. Bangunan ini sendiri berbentuk melingkar dan di sekelilingnya terdapat pagar. Sehingga wisatawan lebih aman ketika berada di gardu pandang.

Menikmati Legitnya Teh Asli Kebun Teh Gambir

Objek wisata ini berada di ketinggian 900 mdpl. Tentunya, udara di sini begitu sejuk, bahkan di siang hari pun tidak terasa panas. Berada di kebun teh tidak afdol jika tidak merasakan langsung teh asli kebun ini. Banyak varian teh yang dihasilkan dari sini, namun teh hitam dan teh hijau yang paling juara.

Di sini terdapat deretan warung yang menghadap langsung kebun teh. Para penjual menyediakan teh hasil dari kebun ini. Wisatawan dapat memesan salah satunya dan menikmati langsung tehnya. Menikmati teh hangat dengan berteman gorengan serta suguhan pemandangan indah, akan menambah kenikmatan.

Menginap di Kebun Teh Gunung Gambir

Wisatawan dapat menikmati objek wisata ini di sepanjang waktu jika menginap. Di sini tersedia camping ground yang dapat digunakan. Namun, wisatawan harus membawa sendiri peralatan perkemahan termasuk tenda. Serta harus melapor pada petugas jika akan berkemah di kawasan ini.

Jika ingin menginap namun tidak ingin berkemah, tetap bisa dilakukan. Yaitu dengan menginap di villa yang ada tidak jauh dari kawasan perkebunan. Harga villa bervariasi, mulai dari Rp 150.000 per malam. Dan villa ini pun sudah memiliki kolam renang, yang akan menambah keseruan.

Bangunan Terbengkalai yang Estetik

Bangunan Terbengkalai Bekas Pabrik
Bangunan Terbengkalai Bekas Pabrik. Foto: Gmap/Izzha Umam

Tak jauh dari perkebunan, terdapat sebuah bangunan yang sudah terbengkalai. Bangunan ini merupakan bangunan bekas pabrik pengolahan teh. Serta bekas bangunan pemukiman para pekerja pabrik pada masa kolonial Belanda.

Di sini tampak bangunan yang sudah rusak hanya menyisakan puing-puingnya saja. Ditambah dengan bangunannya pun tampak berkarat. Mesin-mesin pabrik masih tampak wujudnya, dan tentu sudah berkarat.

Bangunan ini tentu memberikan pemandangan yang berbanding terbalik dengan keindahan kebun teh. Namun siapa sangka, jika justru memunculkan kesan estetik tersendiri.

Lokasi Kebun Teh Gunung Gambir

Wisata kebun teh ini berlokasi di Desa Gelang, Kecamatan Sumber Baru, Kabupaten Jember, Jawa Timur.

Tanggapan:

4.7 / 5. dari 12

Kasi Bintang